Dampak Penerapan Quizizz dalam Meningkatkan Kemampuan Grammar dan Vocabulary
Dampak Penerapan Quizizz dalam Meningkatkan Kemampuan Grammar dan Vocabulary Siswa SMP Negeri 3 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pentingnya Penguasaan Grammar dan Vocabulary dalam Belajar Bahasa Inggris
Di era globalisasi ini, Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang digunakan di berbagai belahan dunia. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik menjadi salah satu kunci untuk meraih kesuksesan. Dalam mempelajari Bahasa Inggris, terdapat dua aspek penting yang perlu dikuasai, yaitu grammar dan vocabulary.
Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Hampir semua negara menggunakan bahasa ini untuk berkomunikasi, baik dalam bidang pendidikan, bisnis, politik, maupun budaya. Oleh karena itu, menguasai bahasa Inggris menjadi sangat penting di era globalisasi ini.
Kemampuan berbahasa Inggris yang baik dapat membuka banyak peluang bagi seseorang. Dengan bahasa Inggris, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara, mendapatkan informasi dan pengetahuan baru, serta meningkatkan peluang kerja dan karir.
Dalam mempelajari Bahasa Inggris, terdapat dua aspek penting yang perlu dikuasai, yaitu grammar dan vocabulary. Grammar adalah struktur dasar bahasa yang mengatur bagaimana kata-kata disusun menjadi kalimat yang benar. Sedangkan vocabulary adalah kosakata yang kita gunakan untuk mengekspresikan diri.
Grammar sangat penting untuk membangun kalimat yang benar dan mudah dipahami. Dengan grammar yang baik, kita dapat menyampaikan ide dan gagasan dengan jelas dan efektif.
Vocabulary yang luas memungkinkan kita untuk mengekspresikan diri dengan lebih kaya dan beragam. Semakin banyak kosakata yang kita kuasai, semakin mudah pula bagi kita untuk memahami bacaan dan percakapan dalam bahasa Inggris.
Menguasai grammar dan vocabulary merupakan kunci utama untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan baik. Dengan kedua aspek ini, kita dapat berkomunikasi dengan efektif dan mencapai kesuksesan di era globalisasi.
Grammar adalah struktur bahasa yang mengatur bagaimana kata-kata digabungkan untuk membentuk kalimat yang benar. Grammar membantu kita memahami makna kalimat dengan tepat dan menghasilkan kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa. Tanpa grammar yang baik, komunikasi dalam Bahasa Inggris akan menjadi sulit dan tidak efektif.( Celce-Murcia, M., & Larsen-Freeman, D. (1999)
Vocabulary adalah kosakata yang dimiliki seseorang dalam suatu bahasa. Vocabulary yang luas memungkinkan kita untuk memahami bacaan dan percakapan dengan lebih mudah, serta mengekspresikan diri dengan lebih jelas dan tepat. Semakin banyak vocabulary yang dikuasai, semakin baik pula kemampuan kita dalam berkomunikasi dan memahami informasi dalam Bahasa Inggris. (Nation, I. S. P. (2001)
Penguasaan grammar dan vocabulary yang baik saling terkait dan menunjang satu sama lain. Grammar membantu kita memahami struktur kalimat, sedangkan vocabulary menyediakan kata-kata yang diperlukan untuk mengisi struktur tersebut. Dengan demikian, keduanya merupakan fondasi yang esensial dalam penguasaan Bahasa Inggris.
Grammar dan vocabulary adalah dua aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Grammar adalah struktur bahasa yang mengatur bagaimana kata-kata digabungkan untuk membentuk kalimat yang benar. Vocabulary adalah kosakata yang dimiliki seseorang dalam suatu bahasa.
1.1. Pentingnya Grammar
Grammar penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris karena:
Membantu memahami makna kalimat: Grammar membantu kita memahami bagaimana kata-kata dihubungkan dan bagaimana kalimat disusun. Hal ini penting untuk memahami makna kalimat dengan benar.
Membantu menghasilkan kalimat yang benar: Grammar membantu kita menghasilkan kalimat yang benar secara tata bahasa. Hal ini penting untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.
Meningkatkan kepercayaan diri: Ketika kita memiliki pemahaman yang baik tentang grammar, kita akan lebih percaya diri saat berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris.
1.2. Pentingnya Vocabulary
Vocabulary penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris karena:
Membantu memahami bacaan dan percakapan: Vocabulary membantu kita memahami makna kata-kata dalam bacaan dan percakapan. Hal ini penting untuk memahami informasi yang disampaikan dengan benar.
Membantu mengekspresikan diri: Vocabulary membantu kita mengekspresikan diri dengan lebih jelas dan tepat. Hal ini penting untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.
Meningkatkan kemampuan belajar: Vocabulary yang luas membantu kita belajar lebih mudah dan lebih cepat. Hal ini karena kita dapat memahami konsep baru dengan lebih mudah.Schmitt, N. (2000)
1.3. .Hubungan antara Grammar dan Vocabulary
Grammar dan vocabulary saling terkait. Grammar membantu kita memahami bagaimana kata-kata dihubungkan untuk membentuk kalimat yang benar. Vocabulary membantu kita memahami makna kata-kata dalam kalimat. Ketika kita memiliki pemahaman yang baik tentang grammar dan vocabulary, kita akan lebih mampu berkomunikasi secara efektif dalam Bahasa Inggris.
Grammar dan vocabulary merupakan dua aspek fundamental dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang saling terkait dan tak terpisahkan.
Grammar bagaikan kerangka kalimat yang menuntun kita dalam menyusun kata-kata menjadi kalimat yang koheren dan bermakna. Ibarat fondasi, grammar memberikan struktur dan aturan yang menuntun bagaimana kata-kata dihubungkan dan dirangkai dengan tepat.Celce-Murcia, M., & Larsen-Freeman, D. (1999)
Di sisi lain, vocabulary bagaikan batu bata penyusun kalimat yang memberikan makna dan isi. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, semakin kaya dan beragam pula kalimat yang dapat dibentuk.Nation, I. S. P. (2001): Schmitt, N. (2000), Vocabulary memperluas cakrawala ekspresi dan memungkinkan kita untuk menyampaikan ide dan gagasan dengan lebih presisi dan jelas.
Hubungan timbal balik antara grammar dan vocabulary dapat dilihat dalam beberapa aspek:
Grammar membantu memahami makna kalimat: Dengan memahami struktur kalimat yang tepat, kita dapat lebih mudah menafsirkan makna kata-kata yang terkandung di dalamnya.
Vocabulary membantu memahami penggunaan grammar: Pengetahuan tentang kosakata membantu kita memilih struktur grammar yang tepat untuk digunakan dalam kalimat.
Grammar membantu meningkatkan vocabulary: Dengan mempelajari grammar, kita dapat mempelajari bagaimana kata-kata baru dibentuk dan digunakan dalam kalimat.
Vocabulary membantu meningkatkan grammar: Dengan mempelajari vocabulary, kita dapat lebih mudah memahami dan menggunakan struktur grammar yang kompleks.
Bisa kita ambil kesimpulan bahwa grammar dan vocabulary bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Penguasaan grammar yang baik membantu kita memahami dan menggunakan vocabulary dengan tepat, dan penguasaan vocabulary yang luas membantu kita memahami dan menggunakan struktur grammar dengan lebih mudah.
Grammar dan vocabulary merupakan dua aspek penting dalam belajar Bahasa Inggris. Grammar adalah struktur dasar Bahasa Inggris yang mengatur bagaimana kata-kata digabungkan untuk membentuk kalimat yang benar. Vocabulary adalah kosakata Bahasa Inggris yang digunakan untuk mengekspresikan ide dan gagasan.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa penguasaan grammar dan vocabulary penting dalam belajar Bahasa Inggris
Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi
Grammar dan vocabulary yang baik memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dan mudah dipahami oleh orang lain. Ketika Anda menggunakan grammar yang benar, orang lain akan lebih mudah memahami apa yang Anda katakan. Dan ketika Anda memiliki vocabulary yang luas, Anda dapat mengekspresikan ide dan gagasan Anda dengan lebih jelas dan tepat.
Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis
Grammar dan vocabulary yang baik memungkinkan Anda untuk membaca dan menulis dengan lebih mudah dan efektif. Ketika Anda memahami grammar yang digunakan dalam teks, Anda akan lebih mudah memahami isi teks. Dan ketika Anda memiliki vocabulary yang luas, Anda dapat menulis dengan lebih jelas dan tepat.
Meningkatkan Kepercayaan Diri
Ketika anda memiliki penguasaan grammar dan vocabulary yang baik, Anda akan lebih percaya diri ketika berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Anda akan lebih berani untuk berkomunikasi dengan orang lain dan tidak akan khawatir membuat kesalahan.
Rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keaktifan siswa
Rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keaktifan siswa merupakan dua permasalahan yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Winkel, W. S. (2012).
Faktor internal yang dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa antara lain:
Kurangnya motivasi belajar
Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi akan cenderung tidak tertarik dengan pelajaran dan tidak berusaha keras untuk memahami materi yang diajarkan.
Keterampilan belajar yang kurang memadai
Siswa yang tidak memiliki keterampilan belajar yang memadai, seperti cara membaca yang efektif, cara mencatat yang baik, dan cara mengerjakan soal yang tepat, akan kesulitan dalam memahami materi dan menyelesaikan tugas.
Kesulitan belajar
Siswa yang memiliki kesulitan belajar, seperti disleksia, ADHD, atau autisme, membutuhkan bantuan dan perhatian khusus agar dapat belajar dengan efektif. Trianto, T. (2010).
Faktor eksternal yang dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa antara lain:
Metode pembelajaran yang kurang menarik:
Metode pembelajaran yang monoton dan tidak menarik dapat membuat siswa merasa bosan dan tidak bersemangat untuk belajar.
Media pembelajaran yang kurang memadai:
Media pembelajaran yang kurang memadai, seperti buku teks yang outdated atau alat peraga yang tidak menarik, dapat membuat siswa kesulitan dalam memahami materi.
Lingkungan belajar yang tidak kondusif:
Lingkungan belajar yang tidak kondusif, seperti kelas yang bising atau ramai, dapat membuat siswa sulit untuk fokus belajar.
Kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
Kurangnya motivasi belajar
Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi akan cenderung pasif dalam pembelajaran dan tidak mau berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Ketidakpercayaan diri
Siswa yang tidak percaya diri dengan kemampuannya mungkin merasa malu untuk bertanya atau menjawab pertanyaan di kelas.
Gaya belajar yang berbeda
Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Ada siswa yang lebih suka belajar dengan cara mendengarkan, ada yang lebih suka belajar dengan cara melihat, dan ada yang lebih suka belajar dengan cara melakukan. Jika gaya belajar siswa tidak sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan guru, maka siswa akan menjadi pasif dalam pembelajaran.
Kurangnya stimulus
Jika pembelajaran tidak memberikan stimulus yang cukup kepada siswa, maka siswa akan menjadi bosan dan tidak tertarik untuk belajar.
Media pembelajaran yang kurang menarik dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keaktifan siswa. Media pembelajaran yang menarik dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan terlibat dalam pembelajaran. Berikut adalah beberapa contoh media pembelajaran yang menarik:
Video: Video dapat digunakan untuk menjelaskan konsep yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami.
Animasi : Animasi dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik.
Game : Game dapat digunakan untuk membantu siswa belajar sambil bermain.
Simulasi : Simulasi dapat digunakan untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang realistis.
Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik untuk membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.
1.3. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran yang Menarik
Media pembelajaran adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran yang menarik dapat membantu siswa untuk lebih fokus, terlibat, dan memahami materi pembelajaran dengan lebih baik.
Berikut adalah beberapa alasan pentingnya penggunaan media pembelajaran yang menarik
1. Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa
Media pembelajaran yang menarik dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Siswa akan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
2. Mempermudah Pemahaman Materi Pembelajaran
Media pembelajaran yang menarik dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan konsep yang abstrak dan menghubungkannya dengan pengalaman mereka.
3. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini karena siswa yang lebih termotivasi, aktif, dan mudah memahami materi pembelajaran akan lebih mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4. Mengembangkan Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Media pembelajaran yang menarik dapat membantu mengembangkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Siswa dapat menggunakan media pembelajaran untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan menyelesaikan masalah.
5. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif
Media pembelajaran yang menarik dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Siswa akan lebih merasa nyaman dan senang belajar di lingkungan yang kondusif.
Berikut adalah beberapa contoh media pembelajaran yang menarik:
Video; Video dapat digunakan untuk menjelaskan konsep yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami.
Animasi; Animasi dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik.
Game; Game dapat digunakan untuk membantu siswa belajar sambil bermain.
Simulasi ‘;Simulasi dapat digunakan untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang realistis.
Infografis; Infografis dapat digunakan untuk menyajikan informasi yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami.
Peta minda ;Peta minda dapat digunakan untuk membantu siswa untuk mengorganisir informasi dan menghubungkan ide-ide.
Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik untuk membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.
1.4. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Quiz
Quiz merupakan salah satu media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Quiz dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif.
Berikut adalah beberapa pentingnya penggunaan media pembelajaran quiz;
Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa
Quiz dapat membantu meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Siswa akan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar karena quiz memberikan kesempatan kepada mereka untuk menunjukkan kemampuannya dan mendapatkan umpan balik secara langsung.
Mempermudah Pemahaman Materi Pembelajaran
Quiz dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pembelajaran. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam quiz, siswa dapat menguji pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Penggunaan media pembelajaran quiz dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini karena siswa yang lebih termotivasi, aktif, dan mudah memahami materi pembelajaran akan lebih mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Mengembangkan Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Quiz dapat membantu mengembangkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Siswa dapat menggunakan quiz untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan menyelesaikan masalah.
Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif
Quiz dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Siswa akan lebih merasa nyaman dan senang belajar di lingkungan yang kondusif.
Berikut adalah beberapa contoh penggunaan media pembelajaran quiz;
Quiz online: Quiz online dapat digunakan untuk memberikan latihan kepada siswa secara mandiri.
Quiz interaktif:Quiz interaktif dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan engaging.
Game edukasi:Game edukasi yang berbasis quiz dapat digunakan untuk membantu siswa belajar
Meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa, serta pencapaian nilai mereka dalam belajar bahasa Inggris, merupakan tujuan penting dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan strategi dan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan media ajar quiz.
Dengan mempertimbangkan materi di atas ,maka i penulis akan mencoba melihat pengaruh penggunaan media ajar quiz dalam pembelajarannya bisa meningkatkan Kemampuan Grammar dan Vocabulary Siswa.
BAB II: TINJAUAN PUSTAKA
Kajian tentang Pentingnya Motivasi dalam Belajar Siswa
Motivasi adalah dorongan yang dimiliki siswa untuk belajar dan mencapai tujuan pembelajaran. Motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2008)
Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang motivasi belajar, antara lain:
Teori Hierarki Kebutuhan Maslow
Teori ini menyatakan bahwa manusia memiliki kebutuhan yang berjenjang, mulai dari kebutuhan fisiologis (seperti makan dan minum) hingga kebutuhan aktualisasi diri (seperti keinginan untuk mencapai potensi diri). Kebutuhan yang lebih rendah harus terpenuhi terlebih dahulu sebelum seseorang dapat fokus pada kebutuhan yang lebih tinggi.
Teori Prestasi McClelland
Teori ini menyatakan bahwa manusia memiliki tiga kebutuhan utama, yaitu kebutuhan untuk berprestasi, kebutuhan untuk berafiliasi, dan kebutuhan untuk berkuasa. Orang yang memiliki kebutuhan untuk berprestasi tinggi akan termotivasi untuk mencapai tujuan yang menantang dan belajar dengan giat.
Teori Harapan Atkinson
Teori ini menyatakan bahwa motivasi belajar seseorang dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu:
Nilai harapan (expectancy value) Keyakinan siswa bahwa mereka mampu mencapai tujuan pembelajaran.
Nilai insentif (incentive value) Seberapa penting bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Tingkat kesulitan tugas (task difficulty) Persepsi siswa tentang tingkat kesulitan tugas yang harus mereka selesaikan.Schunk, D. H. (2012).
Pentingnya Motivasi dalam Belajar Siswa dengan alasan antara lain:
Motivasi belajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa alasan mengapa motivasi belajar penting:
Meningkatkan Prestasi : BelajarSiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih giat belajar dan berusaha untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Meningkatkan Keaktifan dan Partisipasi Siswa : Siswa yang termotivasi akan lebih aktif dan partisipatif dalam pembelajaran. Mereka akan lebih mudah fokus pada materi pembelajaran dan lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.
Meningkatkan Ketekunan dan Daya Tahan : Siswa yang termotivasi akan lebih tekun dan tahan banting dalam menghadapi kesulitan belajar. Mereka tidak mudah menyerah dan akan terus berusaha untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Meningkatkan Kepercayaan Diri : Siswa yang termotivasi akan lebih percaya diri dalam kemampuan mereka untuk belajar dan mencapai prestasi. Hal ini akan mendorong mereka untuk terus belajar dan berkembang. Pintrich, P. R., & Zusho, A. (2002).
Kajian tentang Pembelajaran Interaktif
Pengertian pembelajaran interaktif.
Pembelajaran interaktif adalah proses belajar mengajar yang melibatkan interaksi aktif antara guru, siswa, dan sumber belajar. Interaksi ini dapat terjadi secara langsung di kelas atau melalui media online.
Ciri-ciri pembelajaran interaktif:
Adanya komunikasi dua arah: Guru dan siswa saling bertukar informasi dan ide.
Siswa aktif terlibat dalam proses belajar: Siswa tidak hanya mendengarkan ceramah, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan seperti diskusi, tanya jawab, dan pemecahan masalah.
Penggunaan berbagai media pembelajaran:
Media pembelajaran yang menarik dan interaktif dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah.
Suasana belajar yang menyenangkan: Siswa merasa senang dan antusias untuk belajar.
Joyce, B., & Weil, M. (2011).
Tujuan pembelajaran interaktif:
Meningkatkan motivasi belajar siswa.
Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.
Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.
Memperkuat kerjasama dan komunikasi antar siswa.
Reigeluth, C. M. (2013).
Manfaat pembelajaran interaktif:
Meningkatkan hasil belajar siswa: Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran tradisional.
Meningkatkan motivasi belajar siswa: Siswa yang terlibat dalam pembelajaran interaktif lebih termotivasi untuk belajar.
Mengembangkan keterampilan siswa, Pembelajaran interaktif membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan komunikasi.
Membuat belajar lebih menyenangkan: Siswa merasa senang dan antusias untuk belajar dalam suasana yang interaktif.
Contoh metode pembelajaran interaktif:
Diskusi:Siswa berdiskusi tentang suatu topik dengan kelompoknya.
Tanya jawab: Siswa bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami.
Pemecahan masalah: Siswa bekerja sama untuk menyelesaikan suatu masalah.
Simulasi:Siswa melakukan simulasi untuk mempelajari suatu proses atau peristiwa.
Permainan:Siswa bermain game edukasi untuk belajar sambil bermain.
Smith, M. K., & Jones, S. R. (1996
Jenis-jenis pembelajaran interaktif.
Pembelajaran interaktif adalah proses belajar mengajar yang melibatkan interaksi aktif antara guru, siswa, dan sumber belajar. Interaksi ini dapat terjadi secara langsung di kelas atau melalui media online. Berikut adalah beberapa jenis pembelajaran interaktif:
Diskusi: Siswa berdiskusi tentang suatu topik dengan kelompoknya. Guru bertindak sebagai fasilitator dan membimbing diskusi. Diskusi dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerjasama.
Tanya jawab: Siswa bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami.
Guru memberikan penjelasan dan jawaban yang jelas. Tanya jawab dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.
Pemecahan masalah: Siswa bekerja sama untuk menyelesaikan suatu masalah.
Guru memberikan panduan dan arahan. Pemecahan masalah dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kerjasama.
Simulasi: Siswa melakukan simulasi untuk mempelajari suatu proses atau peristiwa. Simulasi dapat membantu siswa memahami konsep yang abstrak dengan lebih mudah.
Permainan: Siswa bermain game edukasi untuk belajar sambil bermain. Permainan dapat membantu siswa belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Pembelajaran berbasis proyek: Siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan suatu proyek. Proyek dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah.
Pembelajaran kooperatif: Siswa bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama. Pembelajaran kooperatif dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama, dan toleransi.
Pembelajaran online: Siswa belajar menggunakan platform online seperti Moodle atau Google Classroom. Pembelajaran online dapat membantu siswa belajar kapan saja dan di mana saja.
9. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa
Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi motivasi belajar siswa:
Faktor Internal
Minat dan bakat siswa : Siswa yang memiliki minat dan bakat pada suatu bidang studi akan lebih termotivasi untuk belajar.
Kepercayaan diri : Siswa yang percaya diri dengan kemampuannya akan lebih termotivasi untuk belajar.
Keterampilan belajar : Siswa yang memiliki keterampilan belajar yang baik akan lebih mudah memahami materi pembelajaran dan lebih termotivasi untuk belajar.
Sikap terhadap belajar : Siswa yang memiliki sikap positif terhadap belajar akan lebih termotivasi untuk belajar.
Faktor Eksternal
Guru : Guru yang inspiratif dan memotivasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Metode pembelajaran :Metode pembelajaran yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Lingkungan belajar : Lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dukungan orang tua : Dukungan orang tua terhadap pendidikan anak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
10. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa:
Membuat pembelajaran menjadi menarik dan interaktif
Memberikan penghargaan dan pengakuan atas prestasi belajar siswa
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan cara yang mereka sukai
Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman
Memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa
Motivasi belajar merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penting bagi guru, orang tua, dan pihak sekolah untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa dan menggunakan strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
2.2. Manfaat Quiz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Quiz adalah salah satu jenis media ajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Quiz dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Meningkatkan Keaktifan dan Partisipasi Siswa
Quiz dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Siswa akan lebih aktif dan partisipatif dalam pembelajaran karena mereka ingin menjawab pertanyaan quiz dengan benar.
2. Memberikan Umpan Balik yang Segera
Quiz dapat memberikan umpan balik yang segera kepada siswa tentang pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa untuk mengetahui bagian mana yang sudah mereka kuasai dan bagian mana yang masih perlu mereka pelajari.
3. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Ketika siswa dapat menjawab pertanyaan quiz dengan benar, mereka akan merasa senang dan percaya diri dengan kemampuan mereka. Hal ini dapat mendorong mereka untuk terus belajar dan berusaha untuk mencapai prestasi yang lebih baik.
4. Meningkatkan Motivasi Belajar
Quiz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara:
5. Memberikan rasa pencapaian
Ketika siswa dapat menjawab pertanyaan quiz dengan benar, mereka akan merasa senang dan puas karena mereka telah mencapai tujuan pembelajaran.
6. Menciptakan rasa ingin tahu
Quiz dapat membuat siswa penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang materi pembelajaran.
7. Memberikan tantangan
Quiz dapat memberikan tantangan kepada siswa untuk belajar lebih giat dan berusaha untuk mencapai prestasi yang lebih baik.Brookhart, S. M. (2011).
Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan quiz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa:
Buat quiz yang menarik dan interaktif
Gunakan berbagai jenis pertanyaan quiz
Berikan umpan balik yang positif dan konstruktif
Gunakan quiz sebagai alat belajar, bukan sebagai alat tes
Quiz adalah salah satu jenis media ajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Quiz dapat membuat pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan, dan menantang. Quiz juga dapat memberikan umpan balik yang segera kepada siswa tentang pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa untuk belajar dengan lebih efektif dan mencapai prestasi yang lebih baik.Guskey, T. R. (2007).: McMillan, J. H. (2007).
Jenis-jenis Quiz yang Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Berikut adalah beberapa jenis quiz yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa:
1. Quiz Pilihan Ganda : Quiz pilihan ganda adalah jenis quiz yang paling umum digunakan. Quiz ini terdiri dari beberapa pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban. Siswa harus memilih jawaban yang benar dari pilihan yang tersedia.
2. Quiz Benar-Salah : Quiz benar-salah adalah jenis quiz yang terdiri dari beberapa pernyataan. Siswa harus menjawab pernyataan tersebut dengan benar atau salah.
3. Quiz Jawaban Singkat : Quiz jawaban singkat adalah jenis quiz yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa dengan kalimat singkat.
4. Quiz Isian : Quiz isian adalah jenis quiz yang terdiri dari beberapa kalimat dengan beberapa kata yang hilang. Siswa harus mengisi kata-kata yang hilang dengan jawaban yang benar.
5. Quiz Essay : Quiz essay adalah jenis quiz yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa dengan uraian panjang.
6. Quiz Matching : Quiz matching adalah jenis quiz yang terdiri dari dua kolom. Kolom pertama berisi beberapa istilah dan kolom kedua berisi beberapa definisi. Siswa harus mencocokkan istilah dengan definisi yang benar.
7. Quiz Crossword : Quiz crossword adalah jenis quiz yang berbentuk teka-teki silang. Siswa harus mengisi kotak-kotak kosong dengan jawaban yang benar.
8. Quiz Jeopardy : Quiz Jeopardy adalah jenis quiz yang terinspirasi dari acara TV Jeopardy. Quiz ini terdiri dari beberapa kategori dan beberapa pertanyaan dengan nilai yang berbeda. Siswa harus menjawab pertanyaan dengan benar untuk mendapatkan poin.
9. Quiz Kahoot : Quiz Kahoot! adalah jenis quiz online yang dapat dimainkan oleh banyak siswa secara bersama-sama. Quiz ini menggunakan format pilihan ganda dan siswa harus menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat untuk mendapatkan poin.
10. Quiz Quizizz : Quiz Quizizz adalah jenis quiz online yang mirip dengan Kahoot!. Quiz ini juga menggunakan format pilihan ganda dan siswa harus menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat untuk mendapatkan poin.
McMillan, J. H. (2007).
Tips Memilih Jenis Quiz yang Tepat
Berikut adalah beberapa tips untuk memilih jenis quiz yang tepat:
Sesuaikan jenis quiz dengan materi pembelajaran
Sesuaikan jenis quiz dengan gaya belajar siswa.
Gunakan berbagai jenis quiz untuk membuat pembelajaran lebih variatif
Quiz adalah salah satu jenis media ajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Ada berbagai jenis quiz yang dapat digunakan, dan guru dapat memilih jenis quiz yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran, gaya belajar siswa, dan tujuan pembelajaran.
2.3. Previous Studies
Dampak Penggunaan Quizizz terhadap Kemampuan Grammar Siswa SMP
Peneliti: Asep Saepudin, Universitas Pendidikan Indonesia (2021)
Metode : Penelitian quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest group design.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan grammar siswa yang menggunakan Quizizz dengan yang tidak. Siswa yang menggunakan Quizizz menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam kemampuan grammar mereka.
Pengaruh Penerapan Quizizz terhadap Peningkatan Vocabulary Siswa Kelas VIII SMP
Peneliti: Neni Kurniawati, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (2022)
Metode: Penelitian tindakan kelas dengan desain kolaboratif.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Quizizz efektif dalam meningkatkan vocabulary siswa. Siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan vocabulary setelah mengikuti pembelajaran dengan Quizizz.
Meningkatkan Kemampuan Grammar dan Vocabulary Siswa SMP melalui Game Edukasi Quizizz
Peneliti:Dini Novitasari, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (2023)
Metode: Penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan grammar dan vocabulary siswa yang belajar dengan Quizizz dibandingkan dengan yang belajar dengan metode konvensional. Siswa yang belajar dengan Quizizz menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam kemampuan grammar dan vocabulary mereka.
Kesimpulan:
Berdasarkan tiga previous study di atas, dapat disimpulkan bahwa Quizizz memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan grammar dan vocabulary siswa SMP. Quizizz dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa.
3. Rumusan Masalah
Pertanyaan Umum:
Bagaimana pengaruh penggunaan media ajar quiz terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas 7 A SMP Negeri 3 Manonjaya?
Pertanyaan Spesifik
Motivasi Belajar
Apakah terdapat perbedaan signifikan pada tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media ajar quiz?
Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan media ajar quiz dalam meningkatkan motivasi belajar mereka?
Prestasi Belajar
Apakah terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media ajar quiz?
Bagaimana pengaruh penggunaan media ajar quiz terhadap kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal latihan dan ulangan?
Pertanyaan Operasional
Motivasi Belajar
Bagaimana cara mengukur tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media ajar quiz?
Aspek-aspek apa saja yang termasuk dalam motivasi belajar siswa?
Instrumen apa yang digunakan untuk mengukur persepsi siswa terhadap penggunaan media ajar quiz?
Prestasi Belajar
Bagaimana cara mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media ajar quiz?
Materi apa saja yang akan diujikan untuk mengukur prestasi belajar siswa?
Bagaimana cara menganalisis pengaruh penggunaan media ajar quiz terhadap kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal latihan dan ulangan?
4. Tujuan Penelitian
Tujuan umum
Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas 7 A SMP Negeri 3 Manonjaya melalui penggunaan media ajar quiz.
Tujuan spesifik
Motivasi Belajar
Meningkatkan tingkat motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Meningkatkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran.
Meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menjawab pertanyaan di kelas.
Prestasi Belajar
Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang diajarkan dengan menggunakan media ajar quiz.
Meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal latihan dan ulangan.
Meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
5. Manfaat Penelitian
Bagi Siswa:
Meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Meningkatkan rasa ingin tahu dan semangat belajar siswa.
Meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menjawab pertanyaan di kelas.
Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang diajarkan dengan menggunakan media ajar quiz.
Meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal latihan dan ulangan.
Meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
Bagi Guru:
Mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Memberikan umpan balik kepada guru tentang tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
Membantu guru dalam mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Meningkatkan variasi metode pembelajaran yang digunakan guru.
Bagi Sekolah:
Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Meningkatkan prestasi belajar siswa secara keseluruhan.
Meningkatkan citra sekolah di masyarakat.
Memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Manfaat Praktis dan Aplikatif:
Media ajar quiz dapat digunakan oleh guru untuk mengajar di kelas.
Media ajar quiz dapat digunakan oleh siswa untuk belajar mandiri di rumah.
Media ajar quiz dapat dibagikan kepada guru-guru lain untuk digunakan dalam pembelajaran.
Hasil penelitian dapat digunakan untuk menyusun kebijakan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
BAB III: METODE PENELITIAN
6. Metodologi Penelitian
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajaran.
6.1. Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 A SMP Negeri 3 Manonjaya yang berjumlah 30 siswa.
6.2. Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 3 Manonjaya.
6.3. Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian yang digunakan adalah:
Tes motivasi belajar
Tes ini digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media ajar quiz.
Tes hasil belajar
Tes ini digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media ajar quiz.
Lembar observasi
Lembar observasi ini digunakan untuk mengamati keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
Angket
Angket ini digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media ajar quiz.
6.4. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian ini terdiri dari beberapa siklus, yaitu:
Siklus 1
1. Perencanaan:
Menyusun rencana pembelajaran yang menggunakan media ajar quiz.
Menyiapkan media ajar quiz.
Menyiapkan instrumen penelitian.
2. Pelaksanaan:
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media ajar quiz.
Mengamati keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
3. Observasi:
Mengumpulkan data hasil tes motivasi belajar dan tes hasil belajar.
Menganalisis data hasil tes dan observasi.
Merefleksikan pelaksanaan pembelajaran.
Siklus 2
1. Perencanaan:
Memperbaiki rencana pembelajaran berdasarkan hasil refleksi siklus 1
Menyempurnakan media ajar quiz.
2. Pelaksanaan:
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media ajar quiz yang telah diperbaiki.
Mengamati keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
3. Observasi:
Mengumpulkan data hasil tes motivasi belajar dan tes hasil belajar.
Menganalisis data hasil tes dan observasi.
Merefleksikan pelaksanaan pembelajaran.
BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
7. Hasil Penelitian dan Pembahasan
Hasil Penelitian
Tes motivasi belajar
Lembar tes motivasi terlampir..
Tes Hasil Belajar Grammar dan Vocabulary Bahasa Inggris Kelas 7 SMP (40 Soal Pilihan Ganda)
Lembar test hasil belajar terlampir.
Observasi belajar siswa
lembar observasi terlampir…
Pembahasan
Paparkan hasil penelitian secara sistematis dan logis.
Lakukan pembahasan hasil penelitian dengan mengaitkannya dengan teori dan penelitian terdahulu.
BAB V: PENUTUP
Kesimpulan
Rumuskan kesimpulan penelitian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan.
Dampak Penggunaan Quizizz terhadap Kemampuan Grammar Siswa SMP
Peneliti: Asep Saepudin, Universitas Pendidikan Indonesia (2021)
Metode : Penelitian quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest group design.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan grammar siswa yang menggunakan Quizizz dengan yang tidak. Siswa yang menggunakan Quizizz menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam kemampuan grammar mereka.
Pengaruh Penerapan Quizizz terhadap Peningkatan Vocabulary Siswa Kelas VIII SMP
Peneliti: Neni Kurniawati, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (2022)
Metode: Penelitian tindakan kelas dengan desain kolaboratif.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Quizizz efektif dalam meningkatkan vocabulary siswa. Siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan vocabulary setelah mengikuti pembelajaran dengan Quizizz.
Meningkatkan Kemampuan Grammar dan Vocabulary Siswa SMP melalui Game Edukasi Quizizz
Peneliti:Dini Novitasari, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (2023)
Metode: Penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan grammar dan vocabulary siswa yang belajar dengan Quizizz dibandingkan dengan yang belajar dengan metode konvensional. Siswa yang belajar dengan Quizizz menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam kemampuan grammar dan vocabulary mereka.
Kesimpulan:
Berdasarkan tiga previous study di atas, dapat disimpulkan bahwa Quizizz memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan grammar dan vocabulary siswa SMP. Quizizz dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa.
Rekomendasi/ saran
Berikan rekomendasi untuk perbaikan pembelajaran di masa depan.
9. Daftar Pustaka
Celce-Murcia, M., & Larsen-Freeman, D. (1999). The grammar book: An ESL/EFL teacher's resource. Heinle & Heinle.
Nation, I. S. P. (2001). Learning vocabulary in another language. Cambridge University Press.
Schmitt, N. (2000). Vocabulary learning strategies. Cambridge University Press.
Celce-Murcia, M., & Larsen-Freeman, D. (1999). The grammar book: An ESL/EFL teacher's resource. Heinle & Heinle.
Nation, I. S. P. (2001). Learning vocabulary in another language. Cambridge University Press.
Schmitt, N. (2000). Vocabulary learning strategies. Cambridge University Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Panduan Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Guru. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.: [URL yang tidak valid dihapus]
Trianto, T. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.: [URL yang tidak valid dihapus]
Winkel, W. S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.: [URL yang tidak valid dihapus]
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2008). Self-determination theory: A macrotheory of human motivation and development. Psychological Review, 115(2), 276-304.
Pintrich, P. R., & Zusho, A. (2002). The role of student motivation in self-regulated learning and academic achievement. Handbook of self-regulation, 102-134.
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (7th ed.). Boston: Pearson.
Brookhart, S. M. (2011). How to create and use formative assessments. Alexandria, VA: ASCD.
Guskey, T. R. (2007). Closing the achievement gap: Using formative assessment to differentiate instruction. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
McMillan, J. H. (2007). Classroom assessment: Principles and practice for effective teaching (5th ed.). Boston: Pearson.**
McMillan, J. H. (2007). Classroom assessment: Principles and practice for effective teaching (5th ed.). Boston: Pearson.https://kahoot.it/](https://kahoot.it/)*[https://quizizz.com/](https://quizizz.com/)**
Joyce, B., & Weil, M. (2011). Models of teaching (8th ed.). Boston: Pearson.**
Reigeluth, C. M. (2013). Instructional design theories and models: A new paradigm of instructional theory (3rd ed.). New York: Routledge.
Smith, M. K., & Jones, S. R. (1996). Instructional design: A systematic approach to designing, developing, and delivering instruction (2nd ed.). New York: Merrill
Joyce, B., & Weil, M. (2011). Models of teaching (8th ed.). Boston: Pearson.**
Reigeluth, C. M. (2013). Instructional design theories and models: A new paradigm of instructional theory (3rd ed.). New York: Routledge.**
Smith, M. K., & Jones, S. R. (1996). Instructional design: A systematic approach to designing, developing, and delivering instruction (2nd ed.). New York: Merrill.**
10. Lampiran
Lampirkan instrumen penelitian, data penelitian, dan dokumen lainnya yang relevan
Lembar Tes Motivasi Belajar Siswa
Lembar Tes Motivasi Belajar Siswa
Nama:..........
Kelas:...........
Petunjuk: Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur dan objektif. Pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan keadaan Anda.
1. Saya belajar karena:
(a) Saya ingin mendapatkan nilai yang bagus.
(b) Saya ingin menjadi pintar.
(c) Saya ingin belajar hal-hal baru.
(d) Saya ingin menyenangkan orang tua saya.
(e) Saya ingin membantu orang lain.
2. Ketika saya menghadapi kesulitan dalam belajar, saya:
(a) Mudah menyerah.
(b) Mencari bantuan dari guru atau teman.
(c) Mencoba mencari solusi sendiri.
(d) Merasa frustrasi dan marah.
(e) Memilih untuk belajar hal lain yang lebih mudah.
3. Saya merasa termotivasi untuk belajar ketika:
(a) Guru memberikan penjelasan yang menarik.
(b) Saya dapat memahami materi dengan mudah.
(c) Saya dapat mengerjakan soal dengan benar.
(d) Saya mendapatkan nilai yang bagus.
(e) Saya merasa belajar itu bermanfaat bagi masa depan saya.
4. Saya biasanya belajar:
(a) Hanya ketika ada tugas atau ujian.
(b) Ketika saya merasa mood untuk belajar.
(c) Ketika saya memiliki waktu luang.
(d) Setiap hari, meskipun hanya sebentar.
(e) Ketika saya merasa tertekan oleh guru atau orang tua.
5. Menurut saya, belajar adalah:
(a) Suatu kewajiban yang harus saya lakukan.
(b) Suatu kegiatan yang membosankan dan melelahkan.
(c) Suatu kesempatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.
(d) Suatu proses yang menyenangkan dan menantang.
(e) Suatu cara untuk mencapai cita-cita saya.
Skor:
Jawaban (a) = 1 poin
Jawaban (b) = 2 poin
Jawaban (c) = 3 poin
Jawaban (d) = 4 poin
Jawaban (e) = 5 poin
Interpretasi Skor:
15-20 poin:Motivasi belajar rendah
21-25 poin:Motivasi belajar sedang
26-30 poin: Motivasi belajar tinggi
Catatan:
Lembar tes ini hanya contoh dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.
* Sebaiknya lembar tes ini dijawab oleh siswa secara anonim agar mereka dapat menjawab dengan jujur.
* Hasil tes ini dapat digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan membantu guru dalam merancang strategi pembelajaran yang tepat.
Sumber:
[https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6328799/motivasi-belajar-bagi-siswa-dan-contoh-kata-kata-penyemangatnya](https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6328799/motivasi-belajar-bagi-siswa-dan-contoh-kata-kata-penyemangatnya)
[http://repo.undiksha.ac.id/7683/9/1413011052-LAMPIRAN.pdf](http://repo.undiksha.ac.id/7683/9/1413011052-LAMPIRAN.pdf)
Tes Hasil Belajar Grammar dan Vocabulary Bahasa Inggris Kelas 7 SMP (40 Soal Pilihan Ganda)
Nama:
Kelas:
Tanggal:
Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk setiap soal.
Soal 1-10: Grammar
1. Subject-verb agreement:
A. I am going to the store.
B. He are going to the store.
C. She is going to the store.
D. They are going to the store.
2. Tenses:
A. I am playing soccer now.
B. I played soccer yesterday.
C. I will play soccer tomorrow.
D. All of the above.
3. Adjectives:
A. The red ball is big.
B. The big red ball.
C. The ball is red and big.
D. The big ball is red.
4. Articles:
A. I have a dog.
>B. I have an apple.
C. I have the book.
D. All of the above.
5. Pronouns:
A. I am going to the store with my friend.
B. Me am going to the store with my friend.
C. My am going to the store with friend.
D. My friend and I are going to the store.
6. Verbs:
A. I am eating an apple.
B. I eat an apple.
C. I ate an apple.
D. All of the above.
7. Comparatives and superlatives:
A. My dog is bigger than your dog.
B. My dog is the biggest dog in the world.
C. My dog is more big than your dog.
D. My dog is most big dog in the world.
8. Adverbs:
A. He walks quickly
B. He quickly walks.
C. He walks fast.
D. He walks very quickly.
9. Prepositions:
A. The cat is on the table.
B. The cat is inthe table.
C. The cat is underthe table.
D. The cat is above the table.
10. Conjunctions:
A. I like pizza and ice cream.
B. I like pizza but ice cream.
C. I like pizza or ice cream.
D. All of the above.
Soal 11-40: Vocabulary
11. A. What is the opposite of "big"?**
A. Small
B. Tall
C. Wide
D. Heavy
12. A. What is the meaning of "happy"?
A. Sad
B. Angry
C. Excited
D. Pleased
13. A. What is the meaning of "tired"?
A. Awake
B. Energetic
C. Exhausted
D. Restless
14. A. What is the meaning of "hungry"?
A. Full
B. Thirsty
C. Starving
D. Satisfied
15. A. What is the meaning of "thirsty"?**
A. Dry
B. Wet
C. Sated
D. Parched
16. A. What is the meaning of "hot"?
A. Cold
B. Warm
C. Cool
D. Freezing
17. A. What is the meaning of "cold"?
A. Hot
B. Warm
C. Cool
D. Freezing
18. The word "beautiful" means ?
A. Ugly
B. Attractive
C. Plain
D. Gorgeous
19. What does "friendly" mean?
A. Unfriendly
B. Hostile
C. Kind
D. Polite
20. What does "intelligent"mean?**
A. Stupid
B. Smart
C. Clever
D. Wise
21. The similarity of "creative" is ?
A. Uncreative
B. Original
C. Imaginative
D. Innovative
22. The word "patient"means?**
A. Impatient
B. Calm
C. Tolerant
D. Peaceful
23. "responsible" means ?
A. Irresponsible
B. Reliable
C. Trustworthy
D. Dependable
24. The word "confident" means ?**
A. Insecure
B. Self-assured
C. Sure
D. Positive
25. "honest" similar to ..?**
A. Dishonest
B. Truthful
C. Sincere
D. Trustworthy
26. "generous" similar to ..?**
A. Stingy
B. Kind
C. Charitable
D. Giving
27. The word "brave"means ?**
A. Cowardly
B. Courageous
C. Strong
D. Fearless
28. "optimistic"in other word is ?
A. Pessimistic
B. Hopeful
C. Positive
D. Cheerful
29. "respectful" has the same meaning to ?**
A. Disrespectful
B. Courteous
C. Polite
D. Considerate
30. "helpful" similar to ?
A. Unhelpful
B. Kind
C. Supporting
D. Useful
31. "polite" means ?
A. Rude
B. Courteous
C. Well-mannered
D. Respectful
32. "kind" means ?
A. Mean
B. Friendly
C. Caring
D. Generous
33. The meaning of i "happy" is ?
A. Sad
B. Angry
C. Excited
D. Please
34. "sad" means ?
A. Happy
B. Angry
C. Excited
D. Depressed
35. "angry" means ?
A. Happy
B. Sad
C. Excited
D. Furious
36. The word "excited" means ?
A. Bored
B. Sad
C. Angry
D. Thrilled
37.the word "scared" means ?
A. Brave
B. Sad
C. Angry
D. Frightened
38. The word "surprised"means?
A. Unsurprised
B. Sad
C. Angry
D. Astonished
39. The word "confused" means?**
A. Clear
B. Sad
C. Angry
D. Bewildered
40. The word "bored" similar to ?
A. Excited
B. Sad
C. Angry
D. Uninterested
Kunci Jawaban:
**Soal 1-10: Grammar**
1. **C. She is going to the store.** (Subject-verb agreement: "She" is singular, so the verb needs to be singular - "is")
2. **D. All of the above.** (Simple present, simple past, and simple future tenses are all correct)
3. **B. The big red ball.** (Adjectives typically come before the noun they describe)
4. **D. All of the above.** ("A" is used before singular nouns with a consonant sound, "an" is used before singular nouns with a vowel sound, and "the" is used before definite nouns)
5. **D. My friend and I are going to the store.** (Pronouns should be in the subjective case when acting as the subject of the sentence)
6. **D. All of the above.** (Present continuous, simple present, and simple past tenses are all correct for the verb "eat")
7. **A. My dog is bigger than your dog.** (Comparative adjective)
8. **A. He walks quickly.** (Adverbs typically modify verbs)
9. **A. The cat is on the table.** (Prepositions show the relationship between a noun or pronoun and another word in the sentence)
10. **D. All of the above.** ("And" connects words or phrases, "but" contrasts them, and "or" indicates a choice)
11. **A. Small** (Opposite of "big")
12. **D. Pleased** (Happy is the closest synonym)
13. **C. Exhausted** (Tired implies a lack of energy)
14. **C. Starving** (Hungry emphasizes a strong desire to eat)
15. **D. Parched** (Thirsty implies a need for water)
16. **A. Cold** (Opposite of "hot")
17. **D. Freezing** (Coldest option)
18. **B. Attractive** (Opposite of "ugly")
19. **C. Kind** (Opposite of "unfriendly")
20. **B. Smart** (Opposite of "stupid")
21. **C. Imaginative** (Similar to "creative")
22. **C. Tolerant** (Opposite of "impatient")
23. **D. Dependable** (Similar to "responsible")
24. **B. Self-assured** (Opposite of "insecure")
25. **B. Truthful** (Opposite of "dishonest")
26. **C. Charitable** (Similar to "generous")
27. **B. Courageous** (Opposite of "cowardly")
28. **B. Hopeful** (Opposite of "pessimistic")
29. **D. Considerate** (Similar to "respectful")
30. **D. Useful** (Similar to "helpful")
31. **B. Courteous** (Opposite of "rude")
32. **C. Caring** (Similar to "kind")
33. **D. Pleased** (Happy is the closest synonym)
34. **D. Depressed** (Opposite of "happy")
35. **D. Furious** (Most intense option for "angry")
36. **D. Thrilled** (Excited in a positive way)
37. **D. Frightened** (Opposite of "brave")
38. **D. Astonished** (Most intense option for "surprised")
39. **D. Bewildered** (Confused to the point of being unable to think clearly)
40. **D. Uninterested** (Opposite of "excited")
Sip
BalasHapus