Modul Ajar Bahasa Inggris: Kls 7 sem ganjil Describing People
Modul Ajar Bahasa Inggris: Describing People
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Ajaran: 2024/2025
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase: D (Kelas VII)
Materi Pokok: Describing People (Ciri-ciri fisik dan sifat/kepribadian)
Alokasi Waktu: 2 x Pertemuan (2 x 80 menit)
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan sudah memiliki:
Kemampuan dasar dalam memahami dan menggunakan kosakata sederhana dalam bahasa Inggris.
Pemahaman dasar tentang struktur kalimat sederhana (subjek-predikat-objek).
Kemampuan untuk merespons instruksi sederhana dalam bahasa Inggris.
Profil Pelajar Pancasila
Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai keberagaman ciri fisik dan sifat/kepribadian orang lain, serta memahami bahwa setiap individu itu unik.
Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan bersama.
Mandiri: Peserta didik mampu mengambil inisiatif dalam pembelajaran, mencari informasi, dan menyelesaikan tugas secara bertanggung jawab.
Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan gagasan dan tindakan yang orisinal dalam mendeskripsikan ciri-ciri fisik dan sifat/kepribadian.
Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi dan mengevaluasi deskripsi yang dibuat.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu mendeskripsikan ciri-ciri fisik dan sifat/kepribadian diri sendiri dan orang lain secara sederhana menggunakan kata sifat (adjectives) yang tepat dalam bahasa Inggris.
Indikator Keberhasilan
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
Mengidentifikasi kosakata (vocabulary) terkait ciri-ciri fisik (physical appearance) seperti tinggi, berat, warna rambut, warna mata, dll.
Mengidentifikasi kosakata (vocabulary) terkait sifat/kepribadian (personality traits) seperti ramah, pemalu, cerdas, humoris, dll.
Menggunakan adjectives yang tepat untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik.
Menggunakan adjectives yang tepat untuk mendeskripsikan sifat/kepribadian.
Menyusun kalimat deskriptif sederhana tentang diri sendiri atau orang lain.
Membuat deskripsi singkat tentang seseorang (baik lisan maupun tulisan).
Menganalisis deskripsi yang diberikan dan mengidentifikasi informasi kunci.
Pertanyaan Pemantik
"Pernahkah kalian mencoba mendeskripsikan teman atau anggota keluarga kalian dalam bahasa Inggris?"
"Apa saja kata-kata yang bisa kita gunakan untuk menjelaskan bagaimana seseorang terlihat?"
"Selain penampilan, hal apa lagi yang bisa kita deskripsikan dari seseorang?"
"Mengapa penting untuk bisa mendeskripsikan seseorang?"
Daftar Perlengkapan Ajar
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/kapur
Proyektor (opsional)
Laptop/Komputer
Speaker (opsional, jika ada audio/video)
Kartu kata (flashcards) gambar orang dengan berbagai ciri fisik dan sifat (contoh: tall, short, chubby, thin, long hair, short hair, bald, curly, straight, brave, shy, funny, kind, diligent).
Kertas Manila/HVS besar dan spidol warna untuk poster
Lembar kerja peserta didik (LKPD)
Pensil/Pulpen warna
Ringkasan Materi Ajar
Materi ini akan fokus pada penguasaan kosakata terkait ciri-ciri fisik (physical appearance) dan sifat/kepribadian (personality traits) dalam bahasa Inggris, serta penggunaannya dalam kalimat deskriptif sederhana.
1. Physical Appearance
Tinggi/Berat: tall, short, medium height, heavy, light, slim, fat/chubby, thin.
Rambut: long hair, short hair, straight hair, curly hair, wavy hair, blonde hair, black hair, brown hair, red hair, bald.
Mata: big eyes, small eyes, round eyes, blue eyes, brown eyes, black eyes, green eyes.
Wajah: round face, oval face, square face, freckles, dimples.
Umum: beautiful, handsome, pretty, ugly, old, young, middle-aged.
Struktur kalimat: He/She has... (untuk ciri fisik seperti rambut, mata), He/She is... (untuk ciri fisik seperti tinggi, berat).
Contoh: She has long, black hair. He is tall and slim.
2. Personality Traits
Positif: kind, friendly, smart/clever, diligent, honest, brave, funny, polite, generous, cheerful, patient, confident, creative, calm.
Negatif (untuk pengenalan saja, bisa dibahas lebih lanjut di pertemuan berikutnya): lazy, rude, selfish, shy, arrogant, noisy.
Struktur kalimat: He/She is... (untuk sifat/kepribadian).
Contoh: She is very kind and friendly. He is smart but sometimes shy.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Gambar-gambar orang dengan berbagai ciri fisik untuk latihan identifikasi.
Daftar kosakata (vocabulary list) ciri-ciri fisik dan sifat/kepribadian.
Contoh-contoh kalimat deskriptif.
Teks deskripsi singkat (misalnya tentang tokoh kartun atau selebriti) untuk latihan membaca pemahaman.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 menit): Fokus pada Physical Appearance
Pendahuluan (15 menit)
Salam dan Doa: Guru membuka pelajaran dengan salam dan memimpin doa.
Apersepsi & Pertanyaan Pemantik: Guru bertanya kepada peserta didik, "Pernahkah kalian mendeskripsikan seseorang dalam bahasa Inggris?" Guru menampilkan beberapa gambar orang (kartun atau tokoh terkenal) dan bertanya, "Bagaimana cara kita mendeskripsikan orang ini? Kata apa yang bisa kita gunakan?"
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu mampu mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang dalam bahasa Inggris.
Aktivasi Pengetahuan Awal (Diferensiasi Proses):
Visual Learner: Guru menunjukkan flashcards dengan gambar orang dan meminta siswa menyebutkan satu atau dua kata yang mereka tahu untuk mendeskripsikan gambar tersebut (misal: girl, boy, old man).
Auditory Learner: Guru menyebutkan beberapa kata sifat sederhana (tall, short, fat) dan meminta siswa membayangkan orangnya.
Kinesthetic Learner: Guru meminta siswa berdiri jika mereka merasa deskripsi yang guru sebutkan cocok dengan mereka (misal: "Siapa yang punya rambut panjang?").
Kegiatan Inti (50 menit)
1. Identifikasi Masalah & Eksplorasi (PBL Tahap 1 & 2):
* Problem: Guru menampilkan gambar misterius seseorang (misalnya, siluet, atau gambar yang sengaja diblur) dan berkata, "Coba tebak siapa ini? Kalian hanya boleh bertanya dengan deskripsi fisik Yes/No questions." (Contoh: Is he tall? Does he have short hair?)
* Peserta didik akan kesulitan jika hanya menggunakan kalimat sederhana. Guru kemudian memunculkan pertanyaan, "Bagaimana kita bisa mendeskripsikan orang ini dengan lebih jelas agar teman-teman bisa menebaknya dengan benar?"
* Brainstorming Kosakata (Kolaboratif & Kreatif): Peserta didik dalam kelompok kecil (3-4 orang) diminta untuk brainstorming kata-kata bahasa Inggris yang mereka ketahui untuk mendeskripsikan penampilan fisik. Mereka menuliskan di kertas besar. Guru berkeliling memfasilitasi.
2. Pengumpulan Informasi & Pengembangan Solusi (PBL Tahap 3 & 4):
* Penyajian Materi (Diferensiasi Konten): Guru menyajikan kosakata baru terkait ciri-ciri fisik (physical appearance) melalui:
* Visual: Menampilkan flashcards dengan gambar dan kata sifatnya.
* Auditory: Mengucapkan kata-kata dengan jelas dan meminta siswa mengulangi.
* Read/Write: Menuliskan kosakata di papan tulis dan memberikan daftar kosakata.
* Latihan Identifikasi & Aplikasi (Aktif & Kreatif):
* "Guess My Friend" (Kolaboratif): Guru meminta setiap kelompok memilih satu anggota kelompoknya (secara rahasia) untuk dideskripsikan ciri-ciri fisiknya. Kelompok lain harus menebak siapa yang dideskripsikan. Ini melatih siswa menggunakan adjectives yang benar dan menyusun kalimat sederhana.
* "Draw and Describe" (Kreatif): Peserta didik secara individu atau berpasangan diminta menggambar karakter fiktif mereka sendiri. Setelah itu, mereka menuliskan 3-5 kalimat deskriptif tentang ciri-ciri fisik karakter tersebut. Guru menekankan penggunaan adjectives yang sudah dipelajari.
3. Presentasi Hasil & Evaluasi (PBL Tahap 5):
* Presentasi (Aktif): Setiap kelompok mempresentasikan deskripsi "Guess My Friend" dan "Draw and Describe" mereka.
* Tanya Jawab & Koreksi: Guru dan siswa lain memberikan feedback dan koreksi jika ada kesalahan dalam penggunaan kosakata atau struktur kalimat.
Penutup (15 menit)
Refleksi Diri (Mandiri): Guru bertanya: "Apa saja kata-kata baru yang kalian pelajari hari ini untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik?" "Bagaimana perasaan kalian saat berhasil mendeskripsikan teman atau gambar kalian?"
Rangkuman: Guru merangkum poin-poin penting pembelajaran hari ini tentang physical appearance.
Penugasan (Opsional): Meminta siswa mencari gambar orang dari majalah/internet dan menulis 3-5 kalimat deskriptif tentang ciri-ciri fisiknya di buku catatan.
Doa dan Salam Penutup.
Pertemuan 2 (80 menit): Fokus pada Personality Traits dan Deskripsi Lengkap
Pendahuluan (15 menit)
Salam dan Doa: Guru membuka pelajaran dengan salam dan memimpin doa.
Apersepsi: Guru menampilkan beberapa gambar tokoh terkenal atau karakter film/kartun yang memiliki sifat/kepribadian menonjol (misal: Doraemon yang helpful, Spongebob yang cheerful, atau seseorang yang terlihat brave). Guru bertanya, "Selain penampilan fisik, apa lagi yang bisa kita deskripsikan dari orang-orang ini?"
Review Materi Pertemuan 1: Guru secara singkat mengulas kembali kosakata physical appearance dengan meminta siswa mendeskripsikan beberapa teman di kelas secara cepat.
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu mampu mendeskripsikan sifat/kepribadian diri sendiri dan orang lain, serta mengkombinasikannya dengan deskripsi fisik.
Kegiatan Inti (50 menit)
1. Identifikasi Masalah & Eksplorasi (PBL Tahap 1 & 2):
* Problem: Guru menunjukkan dua gambar orang yang terlihat mirip secara fisik, tetapi memiliki sifat yang kontras (misal: satu terlihat murung, satu terlihat ceria). Guru bertanya, "Bagaimana cara kita membedakan mereka? Apa yang bisa kita katakan tentang sifat mereka?"
* Brainstorming Kosakata (Kolaboratif & Kreatif): Dalam kelompok, peserta didik brainstorming kata-kata bahasa Inggris yang mereka ketahui untuk mendeskripsikan sifat/kepribadian. Mereka menuliskan di kertas besar.
2. Pengumpulan Informasi & Pengembangan Solusi (PBL Tahap 3 & 4):
* Penyajian Materi (Diferensiasi Konten): Guru menyajikan kosakata baru terkait sifat/kepribadian (personality traits) melalui:
* Visual: Menampilkan flashcards dengan kata sifat dan ekspresi wajah yang relevan.
* Auditory: Mengucapkan kata-kata dan memberikan contoh penggunaan dalam kalimat.
* Read/Write: Menuliskan kosakata di papan tulis dan memberikan daftar kosakata.
* Latihan Identifikasi & Aplikasi (Aktif & Kreatif):
* "Role Play: Guess the Personality" (Aktif & Kolaboratif): Dalam kelompok, satu siswa memerankan sebuah sifat (misal: shy, brave, funny) tanpa berbicara. Anggota kelompok lain harus menebak sifat tersebut dan membuat kalimat deskriptif.
* "My Ideal Friend" (Kreatif): Peserta didik diminta menuliskan deskripsi tentang "teman ideal" mereka, mencakup ciri-ciri fisik dan sifat/kepribadian yang diinginkan. Ini melatih mereka mengkombinasikan kedua jenis deskripsi.
* "Describe Your Hero/Heroine" (Mandiri & Kreatif): Peserta didik memilih satu tokoh pahlawan atau idola mereka (bisa fiktif atau nyata) dan menuliskan deskripsi lengkap tentang ciri-ciri fisik dan sifat/kepribadiannya.
3. Presentasi Hasil & Evaluasi (PBL Tahap 5):
* Presentasi (Aktif): Beberapa siswa secara sukarela mempresentasikan deskripsi "My Ideal Friend" atau "Describe Your Hero/Heroine" mereka di depan kelas.
* Peer-Correction & Guru Feedback: Guru dan siswa lain memberikan feedback konstruktif.
Penutup (15 menit)
Refleksi Diri (Mandiri): Guru bertanya: "Apa saja kata-kata baru yang kalian pelajari hari ini untuk mendeskripsikan sifat/kepribadian?" "Menurut kalian, mana yang lebih sulit dideskripsikan: fisik atau sifat? Mengapa?"
Rangkuman: Guru merangkum semua materi yang telah dipelajari tentang describing people (fisik dan sifat).
Penugasan Akhir (Individu): Peserta didik diminta membuat deskripsi singkat tentang diri mereka sendiri, mencakup ciri-ciri fisik dan 3-5 sifat/kepribadian mereka.
Doa dan Salam Penutup.
Rencana Asesmen
1. Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Observasi: Mengamati partisipasi siswa saat brainstorming dan respons terhadap pertanyaan pemantik untuk mengetahui pengetahuan awal mereka.
Lisan: Pertanyaan sederhana seperti "Can you describe your friend?" atau "What does your mother look like?"
2. Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)
Observasi Selama Kegiatan Kelompok: Mengamati keaktifan, kreativitas, dan kolaborasi siswa dalam kegiatan "Guess My Friend," "Draw and Describe," dan "Role Play: Guess the Personality."
Penilaian Produk: Menilai deskripsi tertulis pada kegiatan "Draw and Describe," "My Ideal Friend," dan "Describe Your Hero/Heroine" berdasarkan:
Ketepatan penggunaan kosakata (adjectives) fisik dan sifat.
Kelengkapan dan kejelasan deskripsi.
Struktur kalimat sederhana yang benar.
Penilaian Lisan: Menilai kemampuan siswa dalam mempresentasikan deskripsi dan menjawab pertanyaan.
Asesmen Diri: Melalui instrumen refleksi diri di akhir pertemuan.
3. Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran - Penugasan Akhir)
Produk Akhir: Penilaian deskripsi diri sendiri (ciri fisik dan sifat) yang dibuat oleh peserta didik.
Rubrik Penilaian Deskripsi Diri: | Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Bimbingan (1) | |---|---|---|---|---| | Penggunaan Kosakata (Fisik) | Menggunakan banyak kosakata fisik yang tepat dan bervariasi. | Menggunakan sebagian besar kosakata fisik yang tepat. | Menggunakan sedikit kosakata fisik yang tepat. | Kosakata fisik tidak tepat/sangat terbatas. | | Penggunaan Kosakata (Sifat) | Menggunakan banyak kosakata sifat yang tepat dan bervariasi. | Menggunakan sebagian besar kosakata sifat yang tepat. | Menggunakan sedikit kosakata sifat yang tepat. | Kosakata sifat tidak tepat/sangat terbatas. | | Struktur Kalimat | Semua kalimat gramatikal benar dan mudah dipahami. | Sebagian besar kalimat gramatikal benar dengan sedikit kesalahan minor. | Beberapa kesalahan gramatikal yang menghambat pemahaman. | Banyak kesalahan gramatikal sehingga sulit dipahami. | | Kelengkapan Deskripsi | Deskripsi sangat lengkap, mencakup banyak detail fisik dan sifat. | Deskripsi cukup lengkap, mencakup beberapa detail fisik dan sifat. | Deskripsi kurang lengkap, hanya beberapa detail. | Deskripsi sangat tidak lengkap/tidak jelas. |
Rencana Diferensiasi
1. Diferensiasi Konten:
Untuk peserta didik yang cepat memahami: Dapat diberikan daftar kosakata tambahan yang lebih kompleks (misal: stubborn, witty, clumsy, graceful) atau teks deskriptif yang lebih panjang untuk dianalisis. Mereka juga bisa diminta membuat deskripsi perbandingan antara dua tokoh.
Untuk peserta didik yang membutuhkan dukungan lebih: Diberikan daftar kosakata utama yang lebih sedikit dan dilengkapi dengan gambar yang jelas. Guru lebih sering memberikan contoh dan bimbingan langsung, serta penggunaan kalimat rumpang (fill-in-the-blanks) dalam latihan.
2. Diferensiasi Proses:
Kelompok Belajar: Pembentukan kelompok heterogen (campuran kemampuan) agar peserta didik saling membantu. Peserta didik yang lebih mahir dapat membantu menjelaskan kepada teman yang kesulitan.
Modifikasi Kegiatan:
Visual Learner: Lebih banyak menggunakan flashcards, gambar, dan video.
Auditory Learner: Lebih banyak mendengarkan contoh pengucapan, listening activities, dan diskusi lisan.
Kinesthetic Learner: Melibatkan gerakan dalam permainan (role play), menempelkan flashcards, atau menggambar.
Pilihan Keluaran: Memberikan pilihan bagi siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka:
Menulis: Membuat deskripsi tertulis.
Lisan: Mempresentasikan deskripsi secara lisan.
Visual: Menggambar dan melabeli dengan deskripsi.
3. Diferensiasi Produk:
Tingkat Kerumitan:
Dasar: Mendeskripsikan diri sendiri atau teman terdekat dengan 3-5 kalimat sederhana.
Menengah: Mendeskripsikan seorang tokoh (pahlawan/idola) dengan lebih detail (fisik dan sifat, 5-8 kalimat).
Lanjutan: Membuat "teka-teki" deskripsi tentang seseorang (misalnya, guru atau tokoh terkenal) di mana siswa lain harus menebak, dan mencakup detail fisik serta sifat.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman dengan penataan meja yang fleksibel untuk diskusi kelompok.
Papan tulis/whiteboard, spidol/kapur.
Proyektor dan layar (jika tersedia).
Akses internet (jika memungkinkan, untuk mencari gambar atau video singkat).
Alat tulis dan kertas/buku tulis.
Perlengkapan ajar yang sudah disebutkan di atas (flashcards, kertas manila, dll.).
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Paket Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.
Online Dictionaries (Oxford Learner's Dictionaries, Cambridge Dictionary).
Video pembelajaran dari YouTube (misal: vocabulary tentang physical appearance atau personality traits untuk anak-anak).
Aplikasi belajar bahasa Inggris (misal: Duolingo, Memrise untuk kosakata).
Gambar-gambar dari internet (tokoh kartun, selebriti, atau orang biasa).
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
Contoh LKPD 1: "Describe My Face" (Pertemuan 1)
Name: ......................................
Class: .......................................
Instructions:
Look at the pictures below. Write adjectives to describe their physical appearance. Use words from the box or your own words.
(Kotak kata sifat: long, short, curly, straight, black, brown, blue, big, small, round, oval, tall, short, chubby, thin)
Picture of a girl with long, curly, brown hair and big eyes.
She has ........................... hair.
Her hair is ........................... and ...........................
She has ........................... eyes.
She is ........................... (tall/short).
Picture of a boy with short, black, straight hair and a round face.
He has ..........................., ........................... hair.
His hair is ...........................
He has a ........................... face.
He is ........................... (chubby/thin).
Contoh LKPD 2: "Who Am I?" (Pertemuan 2)
Name: ......................................
Class: .......................................
Instructions:
Read the descriptions below. Guess who is being described. Then, write a short description of yourself.
Part A: Guess Who!
"I am tall and slim. I have short, black hair and a round face. I am very kind and always smile. I like to help my friends. Who am I?"
Answer: ......................................................
Part B: Describe Yourself!
Write 3-5 sentences describing your physical appearance and your personality traits.
Example: I am a girl. I have long, black hair and brown eyes. I am short. I am a friendly and creative person. I like to read books.
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
Instrumen Refleksi
Refleksi Peserta Didik (Di akhir setiap pertemuan)
Lingkari jawaban yang paling sesuai:
Materi yang saya pelajari hari ini:
A. Sangat mudah
B. Cukup mudah
C. Cukup sulit
D. Sangat sulit
Saya paling suka kegiatan:
A. Tebak-tebakan gambar/teman
B. Menggambar dan mendeskripsikan
C. Bermain peran
D. Menulis deskripsi
Hal baru yang saya pelajari hari ini adalah:
..................................................................................................................................................
Apa yang masih membuat saya bingung?
..................................................................................................................................................
Bagaimana saya bisa menggunakan apa yang saya pelajari hari ini di luar kelas?
..................................................................................................................................................
Refleksi Guru (Setelah mengajar setiap pertemuan)
Apakah tujuan pembelajaran tercapai?
Bagian mana dari pembelajaran yang berjalan dengan baik? Mengapa?
Bagian mana yang perlu diperbaiki? Mengapa?
Bagaimana partisipasi peserta didik secara keseluruhan?
Apakah pendekatan diferensiasi sudah efektif? Apa yang bisa diubah untuk pertemuan selanjutnya?
Apa kesulitan yang dialami peserta didik? Bagaimana saya dapat membantu mereka?
Komentar
Posting Komentar