Modul Ajar Bahasa Inggris: Describing People Identitas Modul Nama Penyusun: Dody, S.Pd. Institusi: SMP Negeri 3 Mnj Tahun Ajaran: 2024/2025 Jenjang Sekolah: SMP Mata Pelajaran: Bahasa Inggris Fase: D (Kelas VII) Materi Pokok: Describing People (Ciri-ciri fisik dan sifat/kepribadian) Alokasi Waktu: 2 x Pertemuan (2 x 80 menit) Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL) Kompetensi Awal Peserta didik diharapkan sudah memiliki: Kemampuan dasar dalam memahami dan menggunakan kosakata sederhana dalam bahasa Inggris. Pemahaman dasar tentang struktur kalimat sederhana (subjek-predikat-objek). Kemampuan untuk merespons instruksi sederhana dalam bahasa Inggris. Profil Pelajar Pancasila Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai keberagaman ciri fisik dan sifat/kepribadian orang lain, serta memahami bahwa setiap individu itu unik. Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan bersama. Mandiri: Peserta didi...
Modul ajar dengan pendekatan Deep Learning untuk materi Teks Naratif pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk kelas 8/2 Modul Ajar: Teks Naratif (Narrative Texts) A. Informasi Umum Nama Penulis/Penyusun: Doddy, S.Pd Institusi: SMP Negeri 3 Tgr Tahun Penyusunan: 2025 Jenjang Sekolah/Tingkat: Fase D/Kelas 8 Semester: Genap Mata Pelajaran: Bahasa Inggris Topik/Materi Pokok: Teks Naratif (Narrative Texts): Fokusnya adalah pada penceritaan fiksi, seperti dongeng, legenda, atau cerita pendek. Siswa akan belajar tentang unsur-unsur narasi (karakter, setting, plot, konflik, resolusi) dan mengembangkan keterampilan bercerita. Alokasi Waktu: 4 Pertemuan x 80 menit = 320 menit Kata Kunci: Teks Naratif, Narrative Texts, Dongeng, Legenda, Cerita Pendek, Unsur Narasi, Karakter, Setting, Plot, Konflik, Resolusi, Bercerita, Deep Learning, Problem-Based Learning. Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL) Pendekatan: Deep Learning Sarana & Prasarana: Proyektor/Smartboard Komputer/Laptop Speak...
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Inovasi dalam penyajian pengajaran oleh guru sangatlah penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru seringkali membuat siswa pasif, kurang termotivasi, dan sulit memahami materi. Penulis merasa bahwa dengan adanya inovasi, pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga pemahaman siswa terhadap materi dapat meningkat secara signifikan. Hal ini sejalan dengan pendapat Hamalik (2012) yang menyatakan bahwa “inovasi pembelajaran adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mengadakan perubahan-perubahan positif dalam proses belajar mengajar demi tercapainya hasil belajar yang optimal.” Kurangnya inovasi dalam pengajaran PPKn khususnya pada materi Norma dan Keadilan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tkl tahun ajaran 2024/2025 menjadi masalah yang perlu disoroti. Sebagian besar siswa terlihat kurang antusias dan pemahaman mereka terhadap materi tersebut masih rendah. Fakta ini tercermi...
Buah Tomat ( Solanum lycopersicum ), salah satu komoditas hortikultura yang paling populer dan serbaguna di dunia. Tomat adalah tanaman dari keluarga Solanaceae (keluarga kentang dan terung). Meskipun secara botani diklasifikasikan sebagai buah karena mengandung biji dan berkembang dari bunga tanaman, di dapur dan secara hukum (untuk tujuan perdagangan dan pajak), tomat diperlakukan sebagai sayuran . I. Karakteristik Fisik Tomat Tomat memiliki morfologi yang beragam, tergantung varietasnya. Bentuk dan Ukuran: Tomat bervariasi dari bulat sempurna, oval (lonjong), hingga berbentuk seperti hati atau pir. Ukurannya juga sangat beragam, mulai dari yang sangat kecil ( cherry tomato atau grape tomato ) hingga yang sangat besar ( beefsteak tomato ). Warna: Warna buah tomat yang matang biasanya merah cerah karena tingginya kandungan antioksidan likopen . Namun, ada juga varietas yang matang berwarna kuning, oranye, ungu, bahkan hijau (seperti Tomat Hijau, yang dipanen sebelum matan...
M odul ajar dengan pendekatan Deep Learning bahasa Indonesia kls 7/ ganjil deep learning kurikulum nasional Modul Ajar Bahasa Indonesia A. Informasi Umum Nama Penulis/Penyusun: Doddy, S.Pd Institusi: SMP Negeri 3 Tgr Tahun Penyusunan: 2025 Jenjang Sekolah/Tingkat: Fase D/Kelas 7 Semester: Ganjil Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Topik/Materi Pokok: Memahami Isi Teks Deskripsi: Mengenali ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi. Siswa akan belajar mengidentifikasi informasi eksplisit dan tersirat dari teks deskripsi lisan maupun tulis, serta menyimpulkannya. Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit = 160 menit) Kata Kunci: Teks deskripsi, ciri objek, tujuan teks, informasi eksplisit, informasi tersirat, menyimpulkan, Problem-Based Learning, Deep Learning. Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL) Pendekatan: Deep Learning Sarana & Prasarana: Proyektor/Infocus Papan tulis/Whiteboard Spidol/Alat tulis Teks deskripsi (cetak/digital) Gambar/Video objek deskripsi Kamus Besar Baha...
Komentar
Posting Komentar