Modul ajar Bahasa Inggris

 Modul Ajar Bahasa Inggris

 SMP Negeri 3 Manonjaya

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris 

Kelas: VII/semester 2

 Jumlah Pertemuan: 1 (2 jam pelajaran)

 Model Pembelajaran: Problem Based Learning

Identitas Penulis:

  • Nama: Beni Alpian, S.Pd.

  • Jabatan: Guru Bahasa Inggris

  • Sekolah: SMP Negeri 3 Manonjaya

Kompetensi Awal:

  • Memiliki pengetahuan dasar tentang kosakata benda, hewan, dan orang dalam Bahasa Inggris.

  • Mampu menyusun kalimat tanya dan jawab sederhana dalam Bahasa Inggris.

  • Mampu bekerja sama dalam kelompok.

Profil Pelajar Pancasila:

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

  • Berkebinekaan global.

  • Bergotong royong.

  • Mandiri.

  • Bernalar kritis.

  • Kreatif.

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menanyakan dan memberikan informasi tentang orang, hewan  dalam Bahasa Inggris secara mandiri.

  • Siswa dapat bernalar kritis dalam menganalisis informasi tentang orang, hewan 

  • Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah.

  • Siswa dapat berkreasi dalam menyajikan informasi tentang hewan

Indikator Keberhasilan:

  • Siswa dapat menyusun kalimat tanya dan jawab tentang orang, hewan dengan benar.

  • Siswa dapat menggunakan kosakata tentang orang, hewan yang  tepat.

  • Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas.

  • Siswa dapat menyajikan informasi tentang orang, hewan  dengan kreatif.

Pertanyaan Pemantik:

  • Apa saja yang ingin kamu ketahui tentang orang, hewan, ,dalam Bahasa Inggris?

  • Bagaimana cara menanyakan informasi tentang orang, hewan, ,dalam Bahasa Inggris?

  • Bagaimana cara memberikan informasi tentang orang, hewan, ,dalam Bahasa Inggris?

  • Bagaimana cara bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah?

  • Bagaimana cara menyajikan informasi dengan kreatif?

Daftar Perlengkapan Ajar:

  • Kertas

  • Pensil

  • Buku Bahasa Inggris

  • Kamus Bahasa Inggris

  • Papan tulis

  • Spidol

  • Laptop

  • Proyektor

Daftar Lampiran Materi Pendukung:

  • Lembar kerja

  • Lembar observasi

  • Video

Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan (10 menit):

  • Guru menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.

  • Guru memberikan apersepsi tentang topik pembelajaran.

  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (70 menit):

  • Langkah 1: Mengidentifikasi Masalah (10 menit)

    • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil.

    • Guru memberikan sebuah situasi atau masalah kepada setiap kelompok.

    • Setiap kelompok berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah dalam situasi tersebut.

  • Langkah 2: Mencari Solusi (30 menit)

    • Setiap kelompok melakukan riset untuk mencari solusi dari masalah yang telah diidentifikasi.

    • Guru memberikan sumber belajar kepada siswa, seperti buku, internet, video, dan audio.

  • Langkah 3: Menyusun Rencana (10 menit)

    • Setiap kelompok menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah.

    • Rencana tersebut harus memuat langkah-langkah yang akan dilakukan, sumber daya yang dibutuhkan, dan waktu yang diperlukan.

  • Langkah 4: Melaksanakan Rencana (10 menit)

    • Setiap kelompok melaksanakan rencana yang telah disusun.

    • Guru memantau kegiatan siswa dan memberikan bantuan jika diperlukan.

  • Langkah 5: Presentasi (10 menit)

    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.

    • Guru dan siswa memberikan masukan kepada kelompok yang presentasi.

Penutup (10 menit):

  • Guru memberikan kesimpulan tentang materi pembelajaran.

  • Guru memberikan refleksi kepada siswa tentang pembelajaran yang telah dilakukan.

Rencana Asesmen:

  • Observasi

  • Penilaian Kinerja

  • Lembar Kerja

  • Presentasi

Rencana Diferensiasi:

  • Diferensiasi Produk:

    • Memberikan pilihan kepada siswa untuk menyajikan hasil belajarnya dengan cara yang berbeda.

Sarana dan Prasarana:

  • Ruang kelas

  • Papan tulis

  • Spidol

  • Laptop

  • Proyektor

  • Alat tulis

Referensi Materi/Media Pembelajaran:

  • Buku Bahasa Inggris

  • Kamus Bahasa Inggris

  • Internet

  • Video

Lembar Kerja/Latihan/Asesmen:

  • Lembar kerja tentang menanyakan dan memberikan informasi tentang orang, hewan, 

Referensi:

  • Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VII

  • Kamus Bahasa Inggris

  • Internet

  • Video pembelajaran tentang orang, hewan, ,dalam Bahasa Inggris


Tasikmalaya, 7 Maret 2024

Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah SMPN 3 Manonjaya


…………………………. …………………………………..






Contoh Instrumen Refleksi:


Jurnal Pembelajaran:

Tulislah tentang apa yang kamu pelajari dalam pembelajaran ini.


Apa yang kamu sukai dari pembelajaran ini?


Apa yang ingin kamu pelajari lebih lanjut tentang orang, hewan, ,dalam Bahasa Inggris?




Lembar Refleksi

Berikan penilaian terhadap dirimu sendiri tentang kemampuanmu dalam menanyakan dan memberikan informasi tentang  hewan, ,dalam Bahasa Inggris.


Apa yang ingin kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu?








LKPD 1

  1. What is the typical diet of a squirrel?

    1. Meat

    2. Seeds and nuts

    3. Grass

    4. Berries


  1. Which animal is known for its ability to pollinate flowers?

    1. Fish

    2. Bees

    3. Frogs

    4. Snakes


  1. Which bird is known for its ability to imitate human speech?

    1. Sparrow

    2. Crow

    3. Parrot

    4. Eagle


  1. What is the primary function of a butterfly's proboscis?

    1. To hear sounds

    2. To taste food

    3. To see colors

    4. To fly faster


  1. What do ants use to communicate with each other?

    1. Sound

    2. Visual signals

    3. Chemical signals

    4. Body movements


  1. Which animal is known for its ability to camouflage itself in its environment?

    1. Zebra

    2. Chameleon

    3. Elephant

    4. Tiger


  1. What is the primary food source for rabbits?

    1. Meat

    2. Grass and hay

    3. Fish

    4. Seeds


  1. What is the natural habitat of frogs?

    1. Deserts

    2. Oceans

    3. Swamps and ponds

    4. Mountains


  1. Which animal is known for building dams in rivers?

    1. Otter

    2. Dolphin

    3. Crocodile

    4. Shark


  1. Which bird is known for its ability to dive into water to catch fish?

    1. Sparrow

    2. Pelican

    3. Owl

    4. Pigeon


  1. Which animal is considered a scavenger and feeds on dead animals?

    1. Vulture

    2. Penguin

    3. Flamingo

    4. Hummingbird


  1. What is the primary diet of a koala?

    1. Meat

    2. Bamboo shoots

    3. Eucalyptus leaves

    4. Berries


  1. What is the primary function of a cat's whiskers?

    1. To help in smelling

    2. To aid in balance and navigation

    3. To help in hearing

    4. To help in tasting food


  1. Which animal is known for its ability to store food in its cheek pouches?

    1. Rabbit

    2. Chipmunk

    3. Kangaroo

    4. Tiger


  1. Which of the following animals is known for its ability to climb trees?

    1. Dog

    2. Cat

    3. Monkey

    4. Horse


  1. What is the primary habitat of a penguin?

    1. Desert

    2. Tundra

    3. Rainforest

    4. Polar regions


  1. Which animal is known for its ability to hibernate during the winter months?

    1. Bear

    2. Giraffe

    3. Hippopotamus

    4. Rhino


  1. What is the primary food source for an elephant?

    1. Grass and leaves

    2. Meat

    3. Fish

    4. Berries


  1. Which bird is known for its ability to migrate over long distances?

    1. Ostrich

    2. Hawk

    3. Albatross

    4. Sparrow


  1. Which animal is known for its ability to spin silk threads?

    1. Ant

    2. Spider

    3. Caterpillar

    4. Butterfly








LKPD2 susah

  1. Describe the physical characteristics of a cat commonly found in your neighborhood.

  2. Explain the typical habitat and behavior of squirrels in urban environments.

  3. Describe the diet and feeding habits of birds commonly seen in your area.

  4. Explain the role of ants in the ecosystem and their social structure within a colony.

  5. Discuss the adaptations of raccoons that allow them to thrive in both urban and rural environments.



Lembar Observasi :


Lembar Observasi Diskusi Kelompok

Kelas: VII 

Tema: It's a Beautiful Day 

Model Pembelajaran: Problem Based Learning

Nama Kelompok:

Anggota Kelompok:

Topik Diskusi:

Tanggal:

Waktu:

Petunjuk:

  • Berikan skor pada setiap aspek yang diamati dengan skala 1-5, dengan 1 sebagai skor terendah dan 5 sebagai skor tertinggi.

  • Berikan komentar pada setiap aspek yang diamati untuk menjelaskan skor yang diberikan.


Aspek yang Diamati:


  • Partisipasi:

Score (1 sd 5)

  • Apakah semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi?


  • Apakah semua anggota kelompok memberikan kesempatan kepada anggota lain untuk berbicara?


  • Apakah semua anggota kelompok memberikan kontribusi yang bermakna dalam diskusi?




  • Kerja Sama:

Score (1 sd 5)

  • Apakah semua anggota kelompok bekerja sama dengan baik?


  • Apakah semua anggota kelompok saling membantu dan mendukung satu sama lain?


  • Apakah semua anggota kelompok menyelesaikan tugas dengan tepat waktu?




  • Komunikasi:

Score (1 sd 5)

  • Apakah semua anggota kelompok berkomunikasi dengan jelas dan efektif?


  • Apakah semua anggota kelompok menggunakan bahasa yang sopan dan santun?


Apakah semua anggota kelompok mendengarkan dengan baik dan memahami apa yang disampaikan oleh anggota lain?




  • Keterampilan Berpikir Kritis:


Score (1 sd 5)

  • Apakah semua anggota kelompok mampu menganalisis informasi dengan baik?


  • Apakah semua anggota kelompok mampu mengajukan pertanyaan yang kritis?


  • Apakah semua anggota kelompok mampu memecahkan masalah dengan baik?




  • Keterampilan Berkreasi:

Score (1 sd 5)

  • Apakah semua anggota kelompok mampu menghasilkan ide-ide kreatif?


  • Apakah semua anggota kelompok mampu menyajikan hasil diskusi dengan kreatif?







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process