Modul Ajar Bahasa Inggris Mengenali dan menyebutkan beberapa kata benda umum dalam Bahasa Inggris. Memahami instruksi sederhana dalam Bahasa Inggris. Memiliki motivasi untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Pelajaran: 2025/2026
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase: D
Kelas: VII (Tujuh)
Semester: 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit = 160 menit)
Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan telah memiliki kemampuan dasar dalam:
Mengenali dan menyebutkan beberapa kata benda umum dalam Bahasa Inggris.
Memahami instruksi sederhana dalam Bahasa Inggris.
Memiliki motivasi untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila yang akan dikembangkan dalam modul ini adalah:
Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai dan memahami keberagaman keluarga di berbagai budaya.
Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas.
Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dan orisinal dalam mempresentasikan informasi.
Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi dan memecahkan masalah terkait topik keluarga.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan anggota keluarga serta hubungan antaranggota keluarga dengan benar dalam Bahasa Inggris.
Indikator Keberhasilan
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
Mengidentifikasi nama-nama anggota keluarga (misalnya: mother, father, brother, sister, grandmother, grandfather, uncle, aunt, cousin).
Menyebutkan nama-nama anggota keluarga dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menjelaskan hubungan antaranggota keluarga (misalnya: He is my father, She is my sister).
Menggunakan kosakata anggota keluarga dalam kalimat sederhana.
Pertanyaan Pemantik
Do you know who are the people in your house? (Apakah kalian tahu siapa saja orang-orang di rumah kalian?)
What do you call your mother's brother in English? (Apa sebutan paman dari ibu kalian dalam Bahasa Inggris?)
How do you introduce your family members to someone? (Bagaimana cara kalian memperkenalkan anggota keluarga kepada seseorang?)
Daftar Perlengkapan Ajar
Whiteboard/Papan Tulis dan Spidol/Kapur
Proyektor dan Layar (jika ada)
Speaker (untuk audio)
Laptop/Komputer
Kertas A4/folio
Alat tulis (pulpen, pensil, penghapus)
Spidol warna (untuk presentasi)
Kartu kata (flashcards) gambar anggota keluarga
Ringkasan Materi Ajar
Materi akan berfokus pada kosakata dasar mengenai anggota keluarga dan cara menyatakan hubungan antaranggota keluarga.
Kosakata Anggota Keluarga:
Mother (mom)
Father (dad)
Brother
Sister
Grandmother (grandma)
Grandfather (grandpa)
Uncle
Aunt
Cousin
Son
Daughter
Niece
Nephew
Pola Kalimat Sederhana:
This is my mother.
He is my father.
She is my sister.
They are my grandparents.
He is my uncle, my mother's brother.
She is my aunt, my father's sister.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Gambar-gambar anggota keluarga untuk flashcards.
Contoh family tree (pohon keluarga) sederhana.
Audio pelafalan kosakata anggota keluarga.
Video pendek tentang keluarga atau perkenalan anggota keluarga.
Teks naratif singkat tentang keluarga (untuk peserta didik dengan tingkat pemahaman teks yang lebih tinggi).
Lembar kerja kosong untuk menggambar pohon keluarga.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 menit)
Topik: Mengenal Kosakata Anggota Keluarga dan Hubungan Sederhana
Model Pembelajaran: Problem Based Learning
Tahap 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)
Pemanasan (5 menit): Guru menyapa peserta didik, memeriksa kehadiran, dan memotivasi mereka dengan pertanyaan pemantik terkait keluarga.
Penyajian Masalah (10 menit):
Guru menunjukkan gambar-gambar anggota keluarga atau video singkat tentang perkenalan keluarga.
Guru mengajukan pertanyaan seperti: What do you see in the pictures? Who are they? Do you know their names in English?
Guru memaparkan sebuah skenario atau masalah: "Bayangkan ada teman dari luar negeri yang datang berkunjung. Dia ingin tahu tentang keluargamu, tetapi dia tidak tahu nama-nama anggota keluarga dalam Bahasa Inggris. Bagaimana kalian bisa membantu dia memahami siapa saja anggota keluarga kalian?"
Tahap 2: Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar (20 menit)
Pembentukan Kelompok (5 menit): Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil (4-5 orang). Pembagian kelompok dapat dilakukan secara heterogen berdasarkan kemampuan atau minat (diferensiasi).
Pembagian Tugas (15 menit):
Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok: "Diskusikan dalam kelompok, bagaimana kalian bisa memperkenalkan anggota keluarga kalian kepada teman asing tersebut? Kosakata apa yang kalian butuhkan? Bagaimana cara mengucapkannya?"
Guru menyediakan kartu kata (flashcards) bergambar anggota keluarga dan daftar kosakata anggota keluarga.
Diferensiasi Proses:
Peserta didik dengan kebutuhan pendukung: Guru memberikan kartu kata dengan label nama anggota keluarga dan bimbingan langsung dalam pengucapan. Mereka fokus pada pengidentifikasian visual dan pelafalan dasar.
Peserta didik reguler: Guru memberikan kartu kata dan meminta mereka untuk mencocokkan dengan nama yang benar serta berlatih pengucapan.
Peserta didik dengan tantangan lebih: Guru memberikan gambar tanpa label dan meminta mereka untuk menuliskan nama anggota keluarga dalam Bahasa Inggris serta membuat kalimat sederhana. Mereka juga bisa diminta untuk mencari anggota keluarga yang lebih spesifik (misalnya: great-grandmother, step-mother).
Tahap 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (25 menit)
Diskusi Kelompok (15 menit):
Peserta didik dalam kelompok berdiskusi dan berlatih menyebutkan anggota keluarga.
Guru berkeliling, memantau, dan memberikan bimbingan, koreksi pelafalan, dan penguatan positif.
Guru dapat memutar audio pelafalan kosakata untuk membantu peserta didik.
Aktivitas Kolaboratif: Peserta didik saling membantu dalam kelompok untuk menghafal kosakata dan berlatih pengucapan. Mereka bisa menggunakan permainan tebak kata dengan flashcards.
Pembuatan Peta Keluarga Sederhana (10 menit):
Setiap kelompok diminta untuk membuat "pohon keluarga" sederhana (gambar/sketsa) yang berisi nama anggota keluarga mereka atau keluarga fiktif yang mereka buat.
Aktivitas Kreatif: Peserta didik dapat menggambar anggota keluarga, menuliskan nama mereka, dan menunjukkan hubungan antaranggota keluarga dengan garis atau panah.
Tahap 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (15 menit)
Presentasi Kelompok (10 menit): Setiap kelompok mempresentasikan pohon keluarga mereka di depan kelas dan memperkenalkan anggota keluarga yang ada di dalamnya dengan Bahasa Inggris.
Aktivitas Aktif: Guru mendorong setiap anggota kelompok untuk berperan aktif dalam presentasi (misalnya, satu memperkenalkan ibu, yang lain memperkenalkan ayah, dll.).
Umpan Balik (5 menit): Guru memberikan umpan balik konstruktif terhadap presentasi, terutama pada pelafalan dan penggunaan kosakata. Peserta didik lain dapat bertanya atau memberikan komentar.
Tahap 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (5 menit)
Refleksi Diri (3 menit): Guru meminta peserta didik untuk merenungkan apa yang telah mereka pelajari tentang kosakata anggota keluarga dan bagaimana mereka memecahkan masalah perkenalan keluarga.
Penguatan (2 menit): Guru menguatkan kembali kosakata utama dan pola kalimat yang telah dipelajari.
Pertemuan 2 (80 menit)
Topik: Memperdalam Hubungan Antaranggota Keluarga dan Mempraktikkan Perkenalan
Model Pembelajaran: Problem Based Learning
Tahap 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)
Review (5 menit): Guru mengulang kosakata anggota keluarga dari pertemuan sebelumnya dengan permainan singkat (misalnya, flashcard drill atau tebak kata).
Penyajian Masalah (10 menit):
Guru menunjukkan gambar keluarga yang lebih kompleks atau sebuah family tree yang lebih besar.
Guru mengajukan pertanyaan: If you look at this family tree, how do you explain the relationship between a person and another person? For example, what is the relationship between this boy and this woman?
Guru memaparkan skenario: "Sekarang kalian sudah tahu nama-nama anggota keluarga. Bagaimana jika teman asing kalian ingin tahu lebih banyak tentang hubungan antara anggota keluarga kalian? Misalnya, siapa pamanmu? Siapa sepupumu? Bagaimana kalian menjelaskannya dengan Bahasa Inggris?"
Tahap 2: Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar (20 menit)
Pembentukan Kelompok (5 menit): Peserta didik kembali ke kelompok sebelumnya atau membentuk kelompok baru.
Pembagian Tugas (15 menit):
Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok: "Diskusikan, bagaimana cara menjelaskan hubungan antaranggota keluarga secara lebih rinci? Buatlah beberapa contoh kalimat untuk menjelaskan hubungan tersebut."
Guru menyediakan contoh pola kalimat untuk menjelaskan hubungan (misalnya: He is my uncle, my mother's brother).
Diferensiasi Proses:
Peserta didik dengan kebutuhan pendukung: Guru memberikan kalimat rumpang untuk diisi atau mencocokkan hubungan dengan anggota keluarga (misalnya: My mother's brother is my _____). Mereka fokus pada pola kalimat dasar.
Peserta didik reguler: Guru meminta mereka untuk membuat kalimat lengkap yang menjelaskan hubungan antaranggota keluarga dari family tree yang diberikan.
Peserta didik dengan tantangan lebih: Guru meminta mereka untuk membuat skenario dialog pendek di mana mereka memperkenalkan anggota keluarga dan menjelaskan hubungan mereka kepada teman asing.
Tahap 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (25 menit)
Diskusi dan Latihan (15 menit):
Peserta didik dalam kelompok berlatih membuat kalimat untuk menjelaskan hubungan antaranggota keluarga.
Guru berkeliling, memberikan bimbingan dan koreksi tata bahasa serta pengucapan.
Aktivitas Aktif & Kolaboratif: Peserta didik bisa bermain peran sederhana di mana satu orang bertanya tentang hubungan keluarga dan yang lain menjawab.
Pembuatan Presentasi Interaktif (10 menit):
Setiap kelompok diminta untuk menyiapkan presentasi interaktif tentang keluarga mereka atau keluarga fiktif. Ini bisa berupa family tree yang lebih detail, gambar, atau mind map.
Aktivitas Kreatif: Peserta didik dapat menggunakan spidol warna, gambar, atau bahkan membuat boneka jari sederhana untuk mewakili anggota keluarga mereka.
Tahap 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (15 menit)
Presentasi dan Bermain Peran (10 menit): Setiap kelompok maju ke depan kelas dan mempresentasikan keluarga mereka, sekaligus menjelaskan hubungan antaranggota keluarga.
Aktivitas Aktif & Kreatif: Mereka bisa memerankan skenario perkenalan atau sesi tanya jawab dengan "teman asing".
Umpan Balik (5 menit): Guru memberikan umpan balik positif dan konstruktif, fokus pada kejelasan penjelasan hubungan dan kepercayaan diri dalam berbicara.
Tahap 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (5 menit)
Refleksi Individu (3 menit): Peserta didik menuliskan tiga hal baru yang mereka pelajari tentang keluarga dalam Bahasa Inggris dan bagaimana mereka merasa lebih percaya diri untuk memperkenalkan keluarga mereka.
Penguatan (2 menit): Guru memberikan rangkuman singkat tentang pentingnya memahami kosakata keluarga dan cara memperkenalkan keluarga dalam Bahasa Inggris. Guru juga mengapresiasi usaha dan kreativitas peserta didik.
Rencana Asesmen
Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Observasi: Mengamati partisipasi peserta didik saat pertanyaan pemantik.
Pertanyaan Lisan/Pre-test Singkat: Guru menanyakan beberapa kosakata dasar anggota keluarga untuk mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik.
Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)
Observasi: Mengamati keaktifan, kolaborasi, dan partisipasi peserta didik dalam diskusi kelompok dan saat presentasi.
Penilaian Kinerja: Penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam:
Menyebutkan kosakata anggota keluarga dengan pelafalan yang tepat.
Membuat kalimat sederhana untuk memperkenalkan anggota keluarga.
Menjelaskan hubungan antaranggota keluarga.
Lembar Kerja Kelompok: Penilaian terhadap pohon keluarga atau presentasi interaktif yang dibuat oleh kelompok.
Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran)
Tes Lisan Individu: Peserta didik secara individu memperkenalkan anggota keluarga mereka (minimal 3 anggota) dan menjelaskan hubungan salah satu anggota keluarga.
Tes Tertulis: Mencocokkan gambar anggota keluarga dengan namanya dalam Bahasa Inggris, atau mengisi bagian kosong pada kalimat yang menjelaskan hubungan anggota keluarga.
Rencana Diferensiasi
Diferensiasi Konten
Untuk peserta didik dengan kebutuhan pendukung: Materi dapat disajikan dalam bentuk gambar visual yang lebih banyak, audio untuk pelafalan, dan kosakata yang lebih terbatas serta sering diulang. Fokus pada kosakata dasar dan pola kalimat sangat sederhana.
Untuk peserta didik reguler: Materi disajikan dengan visual, audio, dan teks. Kosakata dan pola kalimat sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Untuk peserta didik dengan tantangan lebih: Materi dapat diperkaya dengan kosakata tambahan (misalnya: step-mother, half-brother, relative), teks naratif yang lebih panjang, dan tugas yang memerlukan elaborasi atau analisis lebih dalam (misalnya, membuat silsilah keluarga yang lebih kompleks atau skenario dialog yang lebih panjang).
Diferensiasi Proses
Bimbingan: Guru memberikan bimbingan yang berbeda sesuai kebutuhan peserta didik. Bimbingan lebih intensif untuk kelompok yang membutuhkan pendukung, dan lebih bersifat fasilitator untuk kelompok yang mandiri.
Kelompok: Pembentukan kelompok heterogen memungkinkan peserta didik saling membantu dan belajar dari satu sama lain.
Waktu: Memberikan waktu tambahan bagi peserta didik yang membutuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu.
Alat Bantu: Menyediakan berbagai alat bantu (kartu kata, gambar, audio, contoh kalimat) yang dapat dipilih peserta didik sesuai gaya belajar mereka.
Diferensiasi Produk
Bentuk Presentasi: Peserta didik dapat memilih cara presentasi yang paling nyaman bagi mereka (misalnya, presentasi lisan, menggambar pohon keluarga, membuat mind map, atau bermain peran).
Tingkat Kerumitan: Tingkat kerumitan produk disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Peserta didik dengan kebutuhan pendukung mungkin hanya perlu menyebutkan nama anggota keluarga, sementara peserta didik dengan tantangan lebih bisa membuat narasi atau dialog yang lebih panjang.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman
Meja dan kursi
Papan tulis/whiteboard
Spidol/kapur
Proyektor dan layar (jika tersedia)
Komputer/laptop
Speaker
Akses internet (opsional, untuk mencari gambar/video tambahan)
Buku teks Bahasa Inggris kelas VII Kurikulum Merdeka
Kamus Bahasa Inggris (cetak/digital)
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Guru dan Buku Siswa Bahasa Inggris kelas VII Kurikulum Merdeka.
Youtube: Video perkenalan keluarga atau lagu-lagu tentang keluarga dalam Bahasa Inggris.
Website: Sumber belajar daring yang menyediakan flashcards atau latihan kosakata keluarga (misalnya, quizlet.com, eslgamesplus.com).
Gambar-gambar keluarga dari berbagai sumber (buku, majalah, internet).
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
Lembar Kerja Peserta Didik 1 (Pertemuan 1)
Nama Kelompok: __________________
Anggota Kelompok: __________________
Activity 1: Match the Words!
Match the English words with the correct pictures.
(Gambar-gambar anggota keluarga: mother, father, brother, sister, grandmother, grandfather)
Activity 2: My Family Tree!
Draw your family tree in the box below. Write the names of your family members in English! You can draw pictures too.
(Kotak kosong untuk menggambar pohon keluarga)
Lembar Kerja Peserta Didik 2 (Pertemuan 2)
Nama Kelompok: __________________
Anggota Kelompok: __________________
Activity 1: Complete the Sentences!
Complete the sentences about family relationships.
My mother's brother is my _____________.
My father's sister is my _____________.
My mother's mother is my _____________.
My uncle's children are my _____________.
My brother's daughter is my _____________.
Activity 2: Introduce Your Family!
Work with your group. Prepare a short presentation to introduce your family (real or imaginary) and explain the relationships between the family members. You can use pictures or drawings.
Asesmen Sumatif (Contoh Soal)
Tes Lisan (Individu):
Introduce your family members to me. Please mention at least three family members and explain one relationship (e.g., "This is my mother. She is my father's wife.").
Tes Tertulis:
Part A: Vocabulary
Match the English words with their Indonesian meanings.
Mother
Father
Brother
Sister
Grandfather
Grandmother
Uncle
Aunt
Cousin
Part B: Sentence Completion
Complete the sentences using the correct family member.
My mother and father are my _____________.
My grandmother's son is my _____________.
My aunt's daughter is my _____________.
Instrumen Refleksi
Refleksi Guru
Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan baik?
Strategi diferensiasi mana yang paling efektif? Mengapa?
Bagian mana dari pembelajaran yang perlu ditingkatkan di pertemuan berikutnya?
Bagaimana keterlibatan peserta didik dalam setiap tahap pembelajaran?
Apakah model Problem Based Learning efektif untuk topik ini?
Refleksi Peserta Didik
Apa yang paling kalian pelajari hari ini tentang anggota keluarga dalam Bahasa Inggris?
Bagian mana yang paling mudah? Bagian mana yang paling sulit?
Apakah kalian merasa terbantu dengan kegiatan kelompok? Mengapa?
Apakah kalian sekarang merasa lebih percaya diri untuk memperkenalkan keluarga kalian dalam Bahasa Inggris?
Apa yang akan kalian lakukan di rumah untuk melatih lagi materi ini?
Komentar
Posting Komentar