Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester ganjil dengan tujuan pembelajaran "Peserta didik mampu membicarakan hobi dan kegiatan rutin sehari-hari
Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester ganjil dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning (PBL) untuk mencapai tujuan pembelajaran "Peserta didik mampu membicarakan hobi dan kegiatan rutin sehari-hari mereka." Modul ini dirancang untuk dua kali pertemuan (masing-masing 80 menit).
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Ajaran: 2024/2025
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase: D
Kelas: VII (Tujuh)
Semester: 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu: 2 x 80 menit (2 Pertemuan)
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)
Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi
Kompetensi Awal yang Harus Dimiliki Siswa
Siswa mampu memahami kosakata dasar terkait kegiatan sehari-hari dan hobi (misalnya: read, play, study, watch, sing, dance).
Siswa mampu menggunakan simple present tense untuk menyatakan fakta atau kebiasaan dasar (meskipun belum sempurna).
Siswa mampu mengenali dan menyebutkan beberapa kegiatan yang mereka lakukan secara rutin.
Profil Pelajar Pancasila
Siswa yang diharapkan memiliki Profil Pelajar Pancasila yang relevan adalah:
Berkebinekaan Global: Siswa menghargai dan memahami berbagai jenis hobi dan kegiatan rutin yang mungkin berbeda antar individu dan budaya.
Bergotong Royong: Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan pembelajaran.
Mandiri: Siswa memiliki inisiatif dalam mencari informasi dan memecahkan masalah terkait hobi dan kegiatan rutin.
Bernalar Kritis: Siswa mampu menganalisis informasi tentang hobi dan kegiatan rutin serta menyajikannya secara logis.
Kreatif: Siswa mampu menghasilkan ide-ide baru dalam menyampaikan informasi tentang hobi dan kegiatan rutin, serta menciptakan produk pembelajaran yang inovatif.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu membicarakan hobi dan kegiatan rutin sehari-hari mereka dengan menggunakan struktur kalimat yang tepat dalam bahasa Inggris.
Indikator Keberhasilan
Peserta didik dapat mengidentifikasi kosakata terkait hobi dan kegiatan rutin sehari-hari.
Peserta didik dapat menggunakan simple present tense untuk menyatakan hobi dan kegiatan rutin mereka.
Peserta didik dapat bertanya dan menjawab pertanyaan tentang hobi dan kegiatan rutin orang lain.
Peserta didik dapat mempresentasikan hobi dan kegiatan rutin mereka secara lisan.
Pertanyaan Pemantik
"Apa yang biasanya kalian lakukan setelah pulang sekolah?"
"Kegiatan apa yang paling kalian sukai di akhir pekan?"
"Apakah kalian tahu apa itu 'hobi'?"
"Bagaimana cara kita menceritakan kegiatan yang sering kita lakukan dalam bahasa Inggris?"
Daftar Perlengkapan Ajar
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/penghapus
Laptop/proyektor
Speaker (opsional, untuk audio)
Kartu gambar/flashcards (hobi dan kegiatan rutin)
Spidol warna-warni
Kertas karton/flipchart
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Alat tulis siswa (pulpen, pensil)
Kamus Bahasa Inggris (elektronik/cetak)
Ringkasan Materi Ajar
Materi akan berfokus pada penggunaan simple present tense untuk mendeskripsikan hobi dan kegiatan rutin. Ini mencakup:
Kosakata (Vocabulary): Berbagai kata kerja dan kata benda yang berkaitan dengan hobi (reading, drawing, playing football, cooking, gardening) dan kegiatan rutin (wake up, go to school, study, eat lunch, do homework, sleep).
Struktur Kalimat (Sentence Structure):
Subjek + Verb (base form/verb-s/es) + Objek/Keterangan.
Penggunaan adverbs of frequency (always, usually, often, sometimes, rarely, never).
Pembentukan kalimat tanya (Do/Does + Subjek + Verb...?) dan kalimat negatif (Subjek + do/does not + Verb...).
Ungkapan (Expressions): Cara mengungkapkan hobi dan kegiatan rutin, seperti "My hobby is...", "I like to...", "I usually...", "Every day, I...".
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Flashcards bergambar hobi dan kegiatan rutin.
Daftar kosakata hobi dan kegiatan rutin.
Tabel konjugasi simple present tense (untuk panduan).
Contoh dialog pendek tentang hobi dan kegiatan rutin.
Video pendek tentang rutinitas sehari-hari seseorang (opsional, jika memungkinkan).
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 menit)
Topik: Mengenal Hobi dan Kegiatan Rutin: Fokus pada Pemahaman dan Kosakata
Pendahuluan (10 menit)
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.
Guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk memancing ide siswa tentang kegiatan sehari-hari dan hobi mereka. (Melatih kreatif dan bernalar kritis).
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Orientasi Siswa pada Masalah (15 menit)
Guru menunjukkan beberapa gambar atau video singkat tentang berbagai hobi dan kegiatan rutin.
Guru bertanya: "Bagaimana kita bisa menjelaskan kegiatan-kegiatan ini dalam bahasa Inggris?"
Guru menugaskan siswa dalam kelompok kecil (3-4 orang) untuk mendiskusikan 3-5 kegiatan rutin yang mereka lakukan setiap hari dan 2-3 hobi yang mereka atau teman mereka miliki. (Melatih kolaborasi dan bernalar kritis).
Mengorganisasi Siswa untuk Belajar (20 menit)
Guru membagikan daftar kosakata terkait hobi dan kegiatan rutin.
Guru menjelaskan secara singkat penggunaan simple present tense untuk menyatakan kebiasaan/rutinitas. (Fokus pada contoh kalimat positif).
Setiap kelompok diminta untuk menuliskan kegiatan rutin dan hobi yang telah mereka diskusikan menggunakan kosakata yang baru dipelajari dan simple present tense. (Melatih mandiri dan kreatif dalam menyusun kalimat).
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (25 menit)
Setiap kelompok diminta untuk membuat mind map atau poster sederhana yang menggambarkan kegiatan rutin satu anggota kelompok atau hobi favorit kelompok mereka, menggunakan gambar dan kalimat singkat dalam bahasa Inggris. (Melatih kreatif dan kolaborasi).
Guru berkeliling, membimbing, dan memberikan umpan balik pada setiap kelompok, terutama pada penggunaan kosakata dan struktur kalimat.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)
Beberapa perwakilan kelompok diminta untuk mempresentasikan mind map atau poster mereka di depan kelas secara singkat. (Melatih aktif berbicara).
Guru memberikan apresiasi dan koreksi jika diperlukan.
Pertemuan 2 (80 menit)
Topik: Membicarakan Hobi dan Kegiatan Rutin: Fokus pada Komunikasi Interaktif
Pendahuluan (10 menit)
Guru menyapa siswa dan me-review singkat materi pertemuan sebelumnya tentang kosakata dan simple present tense.
Guru memotivasi siswa dengan pertanyaan: "Apakah kita hanya perlu tahu tentang hobi dan kegiatan rutin kita sendiri? Bagaimana kita bisa tahu tentang hobi teman kita?"
Orientasi Siswa pada Masalah (15 menit)
Guru menampilkan sebuah masalah: "Bayangkan kalian bertemu teman baru dari negara lain. Kalian ingin berkenalan dan tahu lebih banyak tentang mereka, termasuk hobi dan kegiatan rutin mereka. Bagaimana cara kalian menanyakan hal itu dan menjawab pertanyaan mereka?"
Guru memutarkan rekaman audio singkat atau video dialog tentang seseorang yang menanyakan dan menjawab tentang hobi/rutinitas.
Siswa diminta untuk mengidentifikasi pertanyaan dan jawaban kunci dari dialog tersebut.
Mengorganisasi Siswa untuk Belajar (20 menit)
Guru menjelaskan lebih lanjut pembentukan kalimat tanya (*Do/Does...?) dan kalimat negatif dalam simple present tense.
Guru memberikan contoh-contoh pertanyaan dan jawaban tentang hobi dan kegiatan rutin.
Siswa dalam kelompok yang sama dari pertemuan sebelumnya, atau kelompok baru (sesuaikan kebutuhan diferensiasi), berlatih membuat pertanyaan dan jawaban.
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (25 menit)
Kegiatan "Find Someone Who...": Guru membagikan lembar kerja "Find Someone Who..." kepada setiap siswa. Lembar ini berisi daftar kegiatan/hobi (misalnya: "Find someone who likes to read books," "Find someone who plays football every Sunday"). Siswa harus bergerak di dalam kelas, bertanya kepada teman-teman mereka (dalam bahasa Inggris), dan mencatat nama teman yang sesuai. (Melatih aktif, kolaboratif, dan komunikasi interaktif).
Peran (Role Play): Setelah "Find Someone Who...", setiap kelompok diminta untuk menyusun sebuah dialog singkat (3-5 menit) di mana mereka saling bertanya dan menjawab tentang hobi dan kegiatan rutin, berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari kegiatan sebelumnya. Dialog harus melibatkan setidaknya 3 orang. (Melatih kreatif, kolaboratif, dan komunikasi lisan).
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)
Beberapa kelompok diminta untuk menampilkan dialog role play mereka di depan kelas. (Melatih percaya diri dan komunikasi lisan).
Guru dan siswa lain memberikan umpan balik konstruktif.
Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini dan mengaitkannya dengan tujuan pembelajaran.
Rencana Asesmen
1. Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran Dimulai)
Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal siswa tentang kosakata hobi/rutinitas dan simple present tense.
Bentuk: Pertanyaan lisan singkat di awal pertemuan pertama atau kuesioner singkat.
Contoh: "Sebutkan 3 kegiatan yang kamu lakukan setiap pagi!" atau "Apa arti play?"
2. Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran Berlangsung)
Observasi Selama Diskusi Kelompok: Guru mengamati partisipasi, pemahaman, dan kolaborasi siswa saat membuat mind map atau poster. (Melatih gotong royong dan bernalar kritis).
Penilaian Produk: Penilaian mind map/poster dan dialog role play kelompok. Fokus pada kelengkapan informasi, penggunaan bahasa Inggris yang relevan, dan kreativitas. (Melatih kreatif).
Penilaian Lisan (saat role play): Kelancaran, ketepatan penggunaan kosakata dan struktur kalimat, serta kemampuan bertanya dan menjawab.
Lembar Kerja "Find Someone Who...": Mengecek pemahaman dan kemampuan siswa dalam bertanya dan mencatat informasi.
3. Asesmen Sumatif (Akhir Unit/Materi)
Tujuan: Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan.
Bentuk:
Proyek Individu (Pilihan): Siswa membuat rekaman video singkat (1-2 menit) tentang rutinitas sehari-hari mereka atau hobi favorit mereka, dengan menjelaskan dalam bahasa Inggris. Atau, siswa membuat presentasi lisan singkat di depan kelas (dengan atau tanpa slides). (Melatih mandiri dan kreatif).
Tes Tertulis: Soal pilihan ganda atau isian singkat tentang penggunaan simple present tense dan kosakata terkait hobi/rutinitas. Menulis 3-5 kalimat tentang hobi mereka.
Rencana Diferensiasi
Diferensiasi akan dilakukan berdasarkan: Konten, Proses, dan Produk.
1. Diferensiasi Konten:
Siswa dengan Kosakata Terbatas: Sediakan flashcards bergambar besar dan daftar kosakata bergambar. Berikan lembar kerja dengan lebih banyak pilihan jawaban.
Siswa dengan Kosakata Kaya: Sediakan kosakata yang lebih spesifik atau idiom yang berkaitan dengan hobi. Tantang mereka untuk menggunakan adverbs of frequency yang lebih beragam.
Teks/Audio: Sediakan materi bacaan/audio dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.
2. Diferensiasi Proses:
Kelompok Belajar: Bentuk kelompok heterogen (campuran kemampuan) untuk mendorong siswa saling membantu (bergotong royong), atau kelompok homogen untuk memberikan dukungan yang lebih terfokus.
Dukungan Guru:
Untuk siswa yang kesulitan: Berikan bimbingan langsung yang lebih intensif, panduan langkah demi langkah, dan sering memeriksa pemahaman. Berikan kalimat rumpang untuk diisi.
Untuk siswa yang cepat memahami: Berikan tugas tambahan yang lebih menantang, seperti menyusun dialog yang lebih panjang, membuat cerita pendek tentang hobi seseorang, atau meneliti hobi unik dari berbagai budaya.
Pilihan Kegiatan: Berikan pilihan dalam bagaimana siswa ingin berlatih (misalnya, membuat daftar, menggambar, berbicara dengan teman).
3. Diferensiasi Produk:
Pilihan Penyajian:
Siswa yang suka visual: Boleh membuat poster, mind map, atau komik tentang hobi/rutinitas.
Siswa yang suka berbicara: Boleh membuat presentasi lisan, rekaman audio, atau role play.
Siswa yang suka menulis: Boleh menulis paragraf pendek, esai deskriptif, atau jurnal tentang hobi/rutinitas mereka.
Tingkat Kerumitan: Atur ekspektasi produk berdasarkan kemampuan siswa. Misalnya, siswa yang kesulitan cukup membuat 3-4 kalimat deskripsi, sedangkan siswa yang lebih mahir bisa membuat 5-7 kalimat dengan detail lebih.
Sarana dan Prasarana
Ruang Kelas: Ruang kelas yang memadai dengan meja dan kursi yang dapat diatur untuk kerja kelompok.
Peralatan: Laptop, proyektor, papan tulis interaktif (jika ada), speaker.
Bahan Ajar: Buku paket Bahasa Inggris kelas VII, kamus (cetak/digital), flashcards, lembar kerja, kertas karton, spidol.
Akses Internet: Untuk mencari materi pendukung (gambar, video, artikel) jika diperlukan.
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.
Online Dictionaries (Oxford Learner's Dictionaries, Cambridge Dictionary).
YouTube: Video tentang rutinitas sehari-hari, "My Hobbies" video.
Website edukasi seperti BBC Learning English, EnglishClub.com.
Aplikasi pembelajaran bahasa (Duolingo, Memrise - opsional).
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
Contoh Lembar Kerja 1 (Pertemuan 1):
Nama:
Kelas:
A. Lengkapi kalimat dengan kata yang tepat dari daftar di bawah ini:
(Play, read, wake up, study, eat, go to)
I always _____ at 5 AM.
She likes to _____ books.
We _____ football every Saturday.
My brother _____ in his room.
They _____ dinner together.
I _____ to school by bike.
B. Buat 3 kalimat tentang kegiatan rutinmu dan 2 kalimat tentang hobimu, menggunakan simple present tense.
Contoh Lembar Kerja 2 (Pertemuan 2): "Find Someone Who..."
Nama:
Kelas:
Instruksi: Berkeliling di kelas dan tanyakan kepada teman-temanmu. Jika ada yang cocok dengan pernyataan, tulis nama mereka di kolom "Nama Teman".
Instrumen Refleksi
Refleksi Guru:
Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan baik?
Bagian mana dari pembelajaran yang paling efektif?
Bagian mana yang perlu ditingkatkan di masa mendatang?
Bagaimana siswa merespons pendekatan PBL dan diferensiasi?
Apa tantangan yang saya hadapi, dan bagaimana saya mengatasinya?
Apakah semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan? Bagaimana saya bisa meningkatkan partisipasi?
Refleksi Siswa:
Apa yang paling kalian pelajari hari ini?
Bagian mana yang paling sulit bagi kalian?
Apa yang paling kalian sukai dari pembelajaran hari ini?
Bagaimana kalian bisa menggunakan bahasa Inggris untuk membicarakan hobi dan kegiatan rutin di luar kelas?
Apakah kalian merasa terbantu dengan kegiatan kelompok?
Apa yang ingin kalian pelajari lebih lanjut?
Komentar
Posting Komentar