Modul ajar Bahasa Inggris dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem Based Learning untuk kelas VII semester ganjil, fokus pada topik penamaan ruangan di rumah atau sekolah.


 Modul ajar Bahasa Inggris dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem Based Learning untuk kelas VII semester ganjil, fokus pada topik penamaan ruangan di rumah atau sekolah.


Modul Ajar Bahasa Inggris: My Home, My School

Ruangan di Rumah dan Sekolah


Identitas Modul

  • Nama Penyusun: Dody, S.Pd.

  • Institusi: SMP Negeri 3 Mnj

  • Tahun Pelajaran: 2024/2025

  • Jenjang Sekolah: SMP

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

  • Fase: D (Kelas VII)

  • Materi Pokok: Naming Rooms at Home and School

  • Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit)

  • Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)

  • Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi


Kompetensi Awal

Peserta didik diharapkan telah memiliki kemampuan dasar:

  • Mengenali beberapa kosakata dasar dalam Bahasa Inggris.

  • Memahami instruksi sederhana dalam Bahasa Inggris.

  • Menyebutkan beberapa benda di sekitar.


Profil Pelajar Pancasila

  • Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai dan mengenal perbedaan lingkungan (rumah dan sekolah) yang mungkin berbeda antarindividu.

  • Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan berbagi pengetahuan.

  • Mandiri: Peserta didik mampu mengidentifikasi kebutuhan belajarnya dan bertanggung jawab atas proses pembelajarannya sendiri.

  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan yang tepat.

  • Kreatif: Peserta didik mampu mengembangkan ide-ide baru dan menyajikan informasi dengan cara yang inovatif.


Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  • Mengidentifikasi dan menamai berbagai ruangan yang ada di rumah atau sekolah dalam Bahasa Inggris dengan tepat.

  • Menggunakan nama-nama ruangan tersebut dalam kalimat sederhana secara lisan maupun tulisan.


Indikator Keberhasilan

  • Peserta didik mampu menyebutkan minimal 80% nama-nama ruangan di rumah (misalnya: bedroom, living room, kitchen, bathroom, dining room, garage) dalam Bahasa Inggris.

  • Peserta didik mampu menyebutkan minimal 80% nama-nama ruangan di sekolah (misalnya: classroom, library, laboratory, teachers' room, canteen, principal's office) dalam Bahasa Inggris.

  • Peserta didik mampu melabeli gambar ruangan dengan nama yang tepat.

  • Peserta didik mampu membuat kalimat sederhana menggunakan nama-nama ruangan.


Pertanyaan Pemantik

  • Pernahkah kalian berpikir, ada berapa banyak ruangan di rumah atau sekolah kita?

  • Menurut kalian, apa nama ruangan ini dalam Bahasa Inggris? (sambil menunjukkan gambar/flashcard salah satu ruangan, misal: classroom)

  • Bagaimana kita bisa menjelaskan arah atau letak suatu benda di dalam ruangan ini kepada teman kita yang tidak tahu Bahasa Inggris?


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Proyektor dan layar/papan tulis

  • Spidol/kapur

  • Laptop/komputer dengan akses internet

  • Speaker (jika diperlukan untuk audio)

  • Flashcards gambar ruangan (rumah dan sekolah)

  • Spidol warna-warni

  • Kertas karton/flipchart

  • Gunting dan lem

  • Benda-benda kecil (mainan, pensil, dll.) sebagai properti pendukung

  • Aplikasi/web browser untuk mencari gambar atau video (opsional)


Ringkasan Materi Ajar

Materi akan berfokus pada pengenalan kosakata nama-nama ruangan di rumah dan sekolah dalam Bahasa Inggris. Ini mencakup pengucapan, penulisan, dan penggunaan dalam kalimat sederhana.

Contoh Kosakata:

  • Rooms at Home: bedroom, living room, kitchen, bathroom, dining room, garage, garden, terrace, attic, basement.

  • Rooms at School: classroom, library, laboratory, teachers' room, canteen, principal's office, school yard, hall, restroom, computer lab, sports hall, mosque/musala.

Contoh Kalimat Sederhana:

  • This is a living room.

  • I study in the classroom.

  • We eat in the canteen.

  • My bedroom is comfortable.


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Flashcards gambar ruangan (rumah dan sekolah)

  • Daftar kosakata nama ruangan (terlampir pada Lembar Kerja)

  • Contoh dialog sederhana tentang ruangan (terlampir pada Lembar Kerja)

  • Teks deskripsi ruangan sederhana

  • Video pengucapan nama-nama ruangan (link YouTube atau file video)


Langkah Pembelajaran (2 x 80 menit)

Pertemuan 1 (80 menit)

Topik: Naming Rooms at Home

Pendahuluan (10 menit)

  1. Pembukaan: Guru memberi salam, memeriksa kehadiran, dan memimpin doa.

  2. Apersepsi: Guru menampilkan beberapa gambar ruangan di rumah dan bertanya kepada peserta didik, "What room is this?" dalam Bahasa Indonesia untuk mengaitkan pengetahuan awal peserta didik.

  3. Pertanyaan Pemantik: Guru mengajukan pertanyaan pemantik.

  4. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti (60 menit)

Fase 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Based Learning)

  1. Guru menunjukkan sebuah video pendek atau serangkaian gambar tentang kegiatan sehari-hari di rumah. Guru kemudian bertanya, "Di ruangan mana kegiatan ini biasanya dilakukan?" (misal: cooking, sleeping, watching TV).

  2. Diferensiasi Konten: Guru dapat menyediakan beberapa opsi video/gambar dengan tingkat kompleksitas yang berbeda atau teks deskripsi singkat untuk siswa yang lebih cepat/lebih lambat dalam memahami.

  3. Peserta didik secara individu atau berpasangan diminta untuk mencatat ruangan-ruangan yang mereka lihat dan aktivitas yang terjadi di dalamnya.

Fase 2: Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar

  1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil (4-5 orang). Diferensiasi Proses: Kelompok dapat dibentuk berdasarkan minat (misalnya, kelompok yang suka menggambar, kelompok yang suka mencari informasi, kelompok yang suka berbicara) atau kemampuan belajar yang heterogen.

  2. Setiap kelompok diberikan "masalah": "Kalian adalah desainer interior. Kalian harus membuat denah rumah impian kalian dan melabeli setiap ruangan dalam Bahasa Inggris. Kalian juga harus menjelaskan fungsi utama setiap ruangan."

Fase 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok

  1. Setiap kelompok dibagikan lembar kerja yang berisi denah rumah kosong atau kertas kosong untuk menggambar denah.

  2. Peserta didik secara kolaboratif mendiskusikan ruangan-ruangan yang ingin mereka masukkan ke dalam denah rumah impian mereka.

  3. Diferensiasi Proses:

  • Kelompok yang membutuhkan dukungan: Guru memberikan flashcards nama-nama ruangan dalam Bahasa Inggris untuk dicocokkan dengan gambar atau denah yang mereka buat. Guru berkeliling memberikan bimbingan langsung dan pengucapan yang tepat.

  • Kelompok yang siap tantangan: Guru meminta mereka mencari kosakata ruangan lain di internet (misal: balcony, pantry, utility room) dan membuat kalimat deskriptif yang lebih kompleks.

  • Kelompok visual/kinestetik: Meminta mereka menggambar denah dengan detail, bahkan bisa membuat model sederhana dari kertas.

  1. Guru memfasilitasi diskusi dan membantu peserta didik dalam menemukan kosakata yang tepat serta memastikan pengucapan yang benar.

Penutup (10 menit)

  1. Refleksi: Guru mengajak peserta didik merefleksikan apa yang telah mereka pelajari tentang nama-nama ruangan di rumah. "Apa saja nama ruangan di rumah yang sudah kita pelajari hari ini?"

  2. Penugasan: Peserta didik diminta untuk mencari 3-5 benda yang ada di setiap ruangan rumah mereka dan menuliskan namanya dalam Bahasa Inggris (misal: In the living room, there is a sofa, a TV, and a table.).

  3. Doa dan Penutup: Guru menutup pelajaran.

Pertemuan 2 (80 menit)

Topik: Naming Rooms at School

Pendahuluan (10 menit)

  1. Pembukaan: Guru memberi salam, memeriksa kehadiran, dan memimpin doa.

  2. Apersepsi: Guru meninjau kembali pembelajaran sebelumnya dengan menunjukkan beberapa gambar ruangan di rumah dan meminta peserta didik menyebutkan namanya dalam Bahasa Inggris.

  3. Pertanyaan Pemantik: Guru bertanya, "Selain di rumah, di mana lagi kita menghabiskan banyak waktu? Ruangan apa saja yang ada di sekolah kita?"

  4. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti (60 menit)

Fase 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

  1. Guru mengingatkan kembali masalah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya (menjadi desainer interior untuk rumah impian). Guru kini memperluasnya: "Sekarang, bayangkan kalian adalah arsitek yang merancang ulang SMP Negeri 3 Mnj. Ruangan apa saja yang kalian butuhkan agar sekolah menjadi nyaman dan lengkap? Gambarlah denahnya dan beri nama ruangannya dalam Bahasa Inggris."

  2. Peserta didik dalam kelompok melanjutkan proyek "desainer interior" mereka, namun kali ini fokus pada denah sekolah impian.

  3. Diferensiasi Proses:

  • Kelompok dapat memilih untuk membuat presentasi visual (gambar/poster), presentasi lisan, atau kombinasi keduanya.

  • Guru dapat menyediakan template denah sekolah sederhana untuk kelompok yang kesulitan.

  • Guru mendorong kelompok yang sudah mahir untuk membuat "virtual tour" singkat menggunakan denah mereka, menjelaskan fungsi setiap ruangan.

  1. Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan denah sekolah impian mereka di depan kelas, menyebutkan nama-nama ruangan dalam Bahasa Inggris dan menjelaskan fungsinya.

  • Kegiatan Kolaboratif: Saat presentasi, kelompok lain dapat memberikan pertanyaan atau masukan dalam Bahasa Inggris sederhana.

  • Kegiatan Aktif & Kreatif: Presentasi bisa dilakukan dengan cara yang menarik, misal menggunakan poster berwarna, atau dengan gestur/mimik.

Fase 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

  1. Setelah semua kelompok presentasi, guru dan peserta didik bersama-sama mengevaluasi presentasi. Guru memberikan umpan balik konstruktif terkait pengucapan, kosakata, dan kejelasan presentasi.

  2. Guru memfasilitasi diskusi tentang tantangan yang mereka hadapi dalam menyelesaikan proyek dan bagaimana mereka mengatasinya.

  3. Guru melakukan penguatan materi dengan merangkum kembali nama-nama ruangan di sekolah dan fungsinya.

Penutup (10 menit)

  1. Refleksi: Guru meminta peserta didik mengisi instrumen refleksi diri tentang pembelajaran hari ini (misalnya: "3 hal baru yang saya pelajari", "2 hal yang ingin saya ketahui lebih lanjut", "1 hal yang saya rasakan paling sulit").

  2. Penguatan Konsep: Guru menampilkan beberapa gambar ruangan (acak, rumah dan sekolah) dan meminta peserta didik menyebutkan namanya secara cepat.

  3. Doa dan Penutup: Guru menutup pelajaran.


Rencana Asesmen

1. Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran Dimulai atau di Awal Pertemuan 1):

  • Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang nama-nama ruangan dalam Bahasa Inggris.

  • Bentuk: Guru menunjukkan gambar beberapa ruangan sederhana (misal: bedroom, kitchen, classroom) dan meminta peserta didik menyebutkan namanya (lisan atau tulisan, sesuai kemampuan).

2. Asesmen Formatif (Selama Proses Pembelajaran):

  • Observasi Partisipasi: Guru mengamati keaktifan, kolaborasi, dan kreativitas peserta didik selama diskusi kelompok dan presentasi.

  • Penilaian Produk: Penilaian denah rumah dan sekolah yang dibuat oleh kelompok (kelengkapan label, ketepatan kosakata).

  • Penilaian Kinerja: Penilaian saat presentasi kelompok (pengucapan, kelancaran, penggunaan kosakata yang tepat).

  • Kuis Singkat: Memberikan beberapa gambar ruangan dan meminta peserta didik menuliskan namanya dalam Bahasa Inggris.

3. Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran Selesai):

  • Tujuan: Mengukur pemahaman akhir peserta didik terhadap tujuan pembelajaran.

  • Bentuk:

  • Tes Tertulis: Melabeli gambar ruangan dengan nama yang tepat, mengisi bagian rumpang dalam kalimat deskripsi ruangan, atau menuliskan nama-nama ruangan yang disebutkan dalam sebuah deskripsi.

  • Tes Lisan: Peserta didik secara individu mendeskripsikan 3-5 ruangan yang ada di rumah atau sekolah mereka dalam Bahasa Inggris sederhana.


Rencana Diferensiasi

1. Diferensiasi Konten:

  • Visual Learners: Menyediakan flashcards bergambar, video, atau poster besar dengan nama-nama ruangan.

  • Auditory Learners: Memperdengarkan rekaman pengucapan nama ruangan, melibatkan dalam diskusi lisan.

  • Kinesthetic Learners: Kegiatan menggambar denah, menempel label, bermain peran, atau menyusun puzzle nama ruangan.

  • Teks/Deskripsi: Menyediakan teks deskripsi singkat tentang ruangan bagi peserta didik yang lebih suka membaca.

2. Diferensiasi Proses:

  • Bimbingan Bertingkat:

  • Untuk Peserta Didik yang Membutuhkan Dukungan Lebih: Guru memberikan bantuan langsung, menyediakan daftar kosakata dengan terjemahan, memberikan kalimat contoh sederhana, atau mengelompokkan dengan teman yang lebih kuat.

  • Untuk Peserta Didik yang Siap Tantangan: Guru memberikan tantangan tambahan seperti mencari kosakata ruangan yang lebih spesifik, membuat kalimat yang lebih kompleks, atau membuat mini-dialog tentang ruangan.

  • Pilihan Aktivitas: Memberikan pilihan bagi peserta didik untuk mempresentasikan hasil karya mereka dalam berbagai format (gambar, lisan, poster, digital).

  • Pengelompokan Fleksibel: Mengelompokkan peserta didik secara homogen (untuk fokus pada kebutuhan spesifik) atau heterogen (untuk mendorong kolaborasi dan saling membantu).

3. Diferensiasi Produk:

  • Tingkat Kerumitan: Peserta didik dapat menghasilkan produk dengan tingkat kerumitan yang berbeda (misalnya, denah sederhana vs. denah yang sangat detail dengan deskripsi lengkap).

  • Format Produk: Memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan pemahaman mereka melalui produk yang berbeda, seperti poster, peta pikiran, presentasi lisan, atau video pendek.


Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman

  • Papan tulis/Whiteboard

  • Spidol/kapur

  • Proyektor dan layar

  • Laptop/Komputer

  • Koneksi internet (jika memungkinkan)

  • Bahan-bahan prakarya (kertas, spidol warna, gunting, lem)


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Bahasa Inggris kelas VII Kurikulum Merdeka (jika ada).

  • Modul Bahasa Inggris yang relevan.

  • Situs web pembelajaran Bahasa Inggris (misal: ESL Kids Stuff, British Council LearnEnglish Kids).

  • Video-video edukasi di YouTube tentang nama-nama ruangan (contoh: Kids vocabulary: My House - Learn English for kids - English educational video).

  • Aplikasi kamus Bahasa Inggris.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

(Terlampir sebagai contoh. Ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan nyata dan bisa dicetak)

Lembar Kerja Kelompok: Denah Rumah Impianku

Nama Anggota Kelompok:





Petunjuk:

  1. Gambarlah denah rumah impian kalian di kertas kosong/lembar yang disediakan.

  2. Beri nama setiap ruangan dalam Bahasa Inggris.

  3. Tuliskan fungsi utama dari setiap ruangan tersebut dalam Bahasa Inggris sederhana.

  4. Bersiaplah untuk mempresentasikan denah kalian di depan kelas.

Contoh Kosakata Ruangan (Bisa ditambahkan/disesuaikan):

  • Bedroom: ___________________ (untuk tidur)

  • Living Room: ________________ (untuk bersantai/menonton TV)

  • Kitchen: ____________________ (untuk memasak)

  • Bathroom: __________________ (untuk mandi)

  • Dining Room: _______________ (untuk makan)

  • Garage: ____________________ (untuk parkir mobil)

  • Garden: ____________________ (untuk berkebun/bermain)


Lembar Kerja Kelompok: Desain Ulang Sekolahku

Nama Anggota Kelompok:





Petunjuk:

  1. Gambarlah denah sekolah impian kalian atau perbaharui denah SMP Negeri 3 Mnj.

  2. Beri nama setiap ruangan dalam Bahasa Inggris.

  3. Tuliskan fungsi utama dari setiap ruangan tersebut dalam Bahasa Inggris sederhana.

  4. Bersiaplah untuk mempresentasikan denah kalian di depan kelas.

Contoh Kosakata Ruangan Sekolah (Bisa ditambahkan/disesuaikan):

  • Classroom: ___________________ (untuk belajar)

  • Library: _____________________ (untuk membaca buku)

  • Laboratory: __________________ (untuk eksperimen)

  • Teachers' Room: ______________ (ruang guru)

  • Canteen: ____________________ (tempat makan)

  • Principal's Office: ____________ (kantor kepala sekolah)

  • School Yard: _________________ (lapangan sekolah)


Asesmen Individu: Naming Rooms

Nama: ______________________

Kelas: ______________________

Bagian A: Match the Pictures (Cocokkan Gambar)

  • Lihatlah gambar ruangan di bawah ini. Tuliskan nama ruangan yang tepat dalam Bahasa Inggris di bawah setiap gambar. (Sediakan 5-7 gambar ruangan di rumah dan sekolah)

Bagian B: Complete the Sentences (Lengkapi Kalimat)

  • Lengkapi kalimat berikut dengan nama ruangan yang tepat.

  1. I cook in the __________.

  2. We read books in the __________.

  3. My bed is in the __________.

  4. Students learn in the __________.

  5. I take a bath in the __________.


Instrumen Refleksi Peserta Didik

Nama: ______________________

Kelas: ______________________

Tanggal: ____________________

Petunjuk: Jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jujur.

  1. Apa saja 3 hal baru yang saya pelajari hari ini tentang ruangan di rumah atau sekolah?
    a. ___________________________________
    b. ___________________________________
    c. ___________________________________

  2. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling saya nikmati? Mengapa?


  3. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang saya rasa paling sulit? Mengapa?


  4. Bagaimana saya bisa menggunakan apa yang saya pelajari hari ini dalam kehidupan sehari-hari?


  5. Satu hal yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang materi ini adalah...


  6. Saya merasa pembelajaran hari ini:

  • Sangat Menyenangkan

  • Menyenangkan

  • Biasa Saja

  • Kurang Menyenangkan

  • Tidak Menyenangkan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process