modul ajar Bahasa Inggris dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk kelas VII semester 2, dengan fokus mendeskripsikan orang, hewan, dan benda
modul ajar Bahasa Inggris dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk kelas VII semester 2, dengan fokus mendeskripsikan orang, hewan, dan benda menggunakan kata sifat, disajikan dalam 1 kali pertemuan (80 menit) dengan model pembelajaran Problem-Based Learning.
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Ajaran: 2024/2025
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase: D
Kelas: VII
Semester: 2
Materi Pokok: Describing People, Animals, and Objects (Mendeskripsikan Orang, Hewan, dan Benda)
Alokasi Waktu: 1 pertemuan (80 menit)
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)
Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi
Kompetensi Awal
Peserta didik telah memiliki kemampuan dasar dalam:
Mengenali dan memahami beberapa kata sifat dasar (misalnya, big, small, tall, short, beautiful, ugly).
Membuat kalimat sederhana dalam bahasa Inggris (Subject + Verb + Adjective).
Memiliki kosakata dasar tentang orang, hewan, dan benda.
Profil Pelajar Pancasila
Berkebinekaan Global: Peserta didik menghargai perbedaan ciri fisik dan karakteristik orang, serta keberagaman hewan dan benda di dunia.
Bergotong Royong: Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan berbagi pengetahuan.
Mandiri: Peserta didik menunjukkan inisiatif dalam mencari informasi dan menyelesaikan tugas.
Bernalar Kritis: Peserta didik menganalisis informasi dan mengevaluasi penggunaan kata sifat yang tepat dalam deskripsi.
Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dalam mendeskripsikan sesuatu dan menggunakan kosakata secara inovatif.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mendeskripsikan orang, hewan, dan benda (misalnya, ciri-ciri fisik, karakter, hobi) dengan menggunakan kata sifat (adjectives) yang sesuai secara lisan dan tertulis.
Indikator Keberhasilan
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Mengidentifikasi kata sifat yang tepat untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik orang, hewan, dan benda.
Mengidentifikasi kata sifat yang tepat untuk mendeskripsikan karakter atau sifat non-fisik orang dan hewan.
Membuat kalimat sederhana menggunakan kata sifat untuk mendeskripsikan orang, hewan, dan benda.
Mendeskripsikan orang, hewan, atau benda secara lisan dan tertulis menggunakan minimal 3-5 kata sifat yang relevan.
Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok dan presentasi.
Pertanyaan Pemantik
Pernahkah kalian melihat seseorang atau sesuatu yang sangat unik? Bisakah kalian ceritakan ciri-cirinya? Kata sifat apa yang kalian gunakan untuk menjelaskannya?
Bagaimana cara kita menjelaskan kepada orang lain tentang penampilan atau sifat seekor kucing kesayangan atau mobil baru kita agar mereka bisa membayangkannya?
Mengapa penting bagi kita untuk bisa mendeskripsikan sesuatu dengan jelas?
Daftar Perlengkapan Ajar
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/Alat tulis
Proyektor (opsional)
Laptop/Komputer
Speaker (opsional)
Kartu kata sifat (flashcards)
Gambar-gambar orang, hewan, dan benda yang bervariasi (dicetak atau ditampilkan digital)
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Kartu deskripsi (berisi deskripsi singkat yang salah/kurang tepat untuk dianalisis)
Benda-benda konkret (misalnya, buku, pensil, tas, dll. yang bisa dideskripsikan)
Kamus Bahasa Inggris (online/cetak)
Ringkasan Materi Ajar
Materi ini berfokus pada penggunaan kata sifat (adjectives) untuk mendeskripsikan orang, hewan, dan benda. Kata sifat adalah kata yang menjelaskan atau memodifikasi kata benda atau kata ganti.
Kategori Kata Sifat:
Ciri-ciri Fisik (Physical Appearance):
Orang: tall, short, slim, fat, young, old, beautiful, handsome, long hair, short hair, big eyes, small nose.
Hewan: big, small, long tail, short legs, furry, scaly, colorful, striped.
Benda: new, old, big, small, heavy, light, round, square, red, blue, wooden, plastic.
Karakter/Sifat Non-fisik (Character/Personality):
Orang/Hewan: kind, friendly, smart, brave, shy, playful, aggressive, calm.
Kondisi/Keadaan (Condition):
Benda: clean, dirty, broken, useful, comfortable, expensive, cheap.
Pola Kalimat Sederhana:
Subject + to be (is/am/are) + Adjective.
Contoh: She is beautiful. The cat is playful. The bag is red.
Subject + have/has + Adjective + Noun.
Contoh: He has short hair. The elephant has big ears. It has a new screen.
Contoh Deskripsi Singkat:
Orang: My brother is tall and slim. He has short black hair and big brown eyes. He is also very kind and funny.
Hewan: My dog is small and fluffy. It has long ears and a curly tail. It's very energetic and friendly.
Benda: This bag is new and blue. It's quite big and spacious. It's also very useful for carrying books.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Daftar kosakata kata sifat (adj_vocabulary_list.pdf)
Contoh-contoh kalimat deskripsi (example_descriptions.docx)
Panduan penggunaan to be dan have/has (grammar_guide.pdf)
Galeri gambar orang, hewan, dan benda untuk latihan deskripsi (image_gallery.pptx)
Langkah Pembelajaran (80 Menit)
Pendahuluan (10 menit)
Pembukaan (3 menit):
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran peserta didik.
Guru memotivasi peserta didik dengan bertanya kabar dan menanyakan kesiapan belajar.
Apersepsi (4 menit):
Guru menunjukkan sebuah gambar objek sederhana (misalnya, sebuah pensil atau buku) dan bertanya: "What is this? How would you describe it to someone who has never seen it?" (Apa ini? Bagaimana kalian akan mendeskripsikannya kepada seseorang yang belum pernah melihatnya?).
Guru menuliskan beberapa kata kunci dari jawaban peserta didik di papan tulis.
Pertanyaan Pemantik dan Tujuan Pembelajaran (3 menit):
Guru mengajukan pertanyaan pemantik: "Mengapa penting bagi kita untuk bisa mendeskripsikan sesuatu dengan jelas? Hari ini kita akan belajar bagaimana mendeskripsikan orang, hewan, dan benda menggunakan kata-kata sifat yang tepat."
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan ini.
Kegiatan Inti (60 menit)
Fase 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)
Pemberian Masalah Berdiferensiasi (10 menit):
Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok (3-4 orang).
Guru menyajikan sebuah "masalah" kepada setiap kelompok. Masalah ini berupa gambar/teks deskripsi yang kurang lengkap atau ambigu tentang seseorang, hewan, atau benda, dan meminta mereka untuk "melengkapi" deskripsi tersebut agar lebih jelas.
Diferensiasi Konten:
Kelompok dengan tingkat penguasaan rendah: Diberikan gambar dan deskripsi yang sangat sederhana dengan sedikit kata sifat yang hilang/salah, fokus pada ciri fisik dasar.
Kelompok dengan tingkat penguasaan sedang: Diberikan gambar dan deskripsi yang membutuhkan lebih banyak detail, termasuk kombinasi ciri fisik dan beberapa karakter/kondisi.
Kelompok dengan tingkat penguasaan tinggi: Diberikan teks deskripsi tanpa gambar, dan mereka harus menebak apa/siapa yang dideskripsikan, kemudian menyempurnakannya, atau mereka diberikan beberapa gambar dengan instruksi untuk membuat deskripsi yang paling detail dan kreatif.
Guru menekankan bahwa tujuannya adalah membuat deskripsi yang sangat jelas sehingga orang lain bisa membayangkan objek/orang/hewan tersebut dengan tepat.
Stimulus Awal (5 menit):
Guru membagikan kartu-kartu kata sifat (flashcards) kepada setiap kelompok sebagai alat bantu awal untuk memicu ide.
Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan apa saja yang kurang dari deskripsi yang mereka terima dan kata sifat apa yang mungkin bisa ditambahkan.
Fase 2: Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (15 menit)
Eksplorasi Kata Sifat (10 menit):
Guru meminta setiap kelompok untuk mengidentifikasi kata-kata sifat yang mereka tahu atau yang mereka butuhkan untuk melengkapi deskripsi mereka. Mereka bisa mencari di kamus atau menggunakan daftar kosakata yang telah diberikan.
Diferensiasi Proses:
Bagi yang kesulitan: Guru dapat memberikan bantuan langsung, mengarahkan ke bagian tertentu dari daftar kosakata, atau memberikan contoh kalimat.
Bagi yang sudah menguasai: Guru mendorong mereka untuk mencari sinonim atau antonim dari kata sifat yang mereka temukan untuk memperkaya deskripsi.
Pemahaman Struktur Kalimat (5 menit):
Guru secara singkat mengulas kembali struktur kalimat dasar untuk mendeskripsikan sesuatu (Subject + to be + Adjective atau Subject + have/has + Adjective + Noun). Guru dapat menuliskan contoh di papan tulis.
Guru berkeliling untuk memastikan setiap kelompok memahami dan mulai menggunakan struktur kalimat yang benar.
Fase 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (15 menit)
Penyempurnaan Deskripsi (10 menit):
Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk menyempurnakan deskripsi mereka. Mereka harus menambahkan minimal 3-5 kata sifat yang relevan dan menggunakan struktur kalimat yang benar.
Guru mengingatkan untuk berkolaborasi dan saling memberikan masukan dalam kelompok.
Kegiatan Kolaboratif: Peserta didik secara berpasangan atau berkelompok kecil saling membaca deskripsi dan memberikan umpan balik tentang kejelasan dan kelengkapan deskripsi yang dibuat teman mereka.
Persiapan Presentasi (5 menit):
Setiap kelompok menyiapkan satu perwakilan atau semua anggota untuk mempresentasikan hasil deskripsi mereka. Mereka juga bisa membawa objek yang mereka deskripsikan (jika memungkinkan) atau menunjukkan gambar aslinya (jika menggunakan gambar dari guru).
Melatih Kreativitas dan Keaktifan: Guru mendorong kelompok untuk berpikir bagaimana cara paling menarik untuk mempresentasikan deskripsi mereka (misalnya, dengan tebak-tebakan, atau deskripsi tanpa menunjukkan gambar terlebih dahulu).
Fase 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)
Presentasi Kelompok (8 menit):
Setiap kelompok mempresentasikan hasil deskripsi mereka. Setelah presentasi, kelompok lain dapat bertanya atau memberikan tanggapan.
Melatih Keaktifan: Guru memastikan setiap kelompok mendapatkan kesempatan untuk berbicara dan mendorong peserta didik untuk bertanya dan menanggapi dengan menggunakan bahasa Inggris yang sederhana.
Umpan Balik dan Penguatan (2 menit):
Guru memberikan umpan balik konstruktif terhadap presentasi masing-masing kelompok, menyoroti penggunaan kata sifat yang tepat dan struktur kalimat yang benar.
Guru mengapresiasi usaha setiap kelompok.
Fase 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (5 menit)
Refleksi Kelompok (3 menit):
Setiap kelompok diminta untuk merefleksikan proses pembelajaran yang telah mereka lalui:
Kesulitan apa yang mereka temui dalam mendeskripsikan?
Bagaimana cara mereka mengatasi kesulitan tersebut?
Apa yang paling menarik dari kegiatan ini?
Diskusi Kelas (2 menit):
Guru memimpin diskusi singkat tentang pentingnya menggunakan kata sifat dalam komunikasi sehari-hari.
Guru memberikan penguatan terhadap konsep penting yang telah dipelajari.
Penutup (10 menit)
Rangkuman Materi (5 menit):
Guru bersama peserta didik merangkum poin-poin penting tentang kata sifat dan cara menggunakannya untuk mendeskripsikan orang, hewan, dan benda.
Guru dapat menuliskan beberapa contoh kalimat terbaik dari peserta didik di papan tulis.
Asesmen Formatif (3 menit):
Guru memberikan 2-3 pertanyaan singkat atau meminta peserta didik untuk menuliskan 1-2 kalimat deskripsi secara individual sebagai pengecekan pemahaman.
Contoh: "Describe your favorite animal in two sentences."
Tindak Lanjut (2 menit):
Guru memberikan tugas rumah (opsional): mencari 3 gambar orang/hewan/benda dari majalah/internet dan mendeskripsikannya menggunakan minimal 5 kata sifat.
Guru menutup pelajaran dengan salam dan motivasi.
Rencana Asesmen
Asesmen Diagnostik (Dilakukan sebelum pembelajaran)
Non-kognitif: Melalui observasi partisipasi dan antusiasme awal, serta jawaban pada pertanyaan pemantik.
Kognitif: Guru dapat memberikan beberapa gambar sederhana dan meminta siswa menyebutkan 1-2 kata sifat yang cocok untuk gambar tersebut (lisan/tertulis singkat) untuk mengetahui kosakata awal siswa.
Asesmen Formatif (Selama proses pembelajaran)
Observasi Guru:
Sikap: Keaktifan dalam kelompok, kolaborasi, kemandirian, dan bernalar kritis saat memecahkan masalah.
Pengetahuan: Penggunaan kata sifat yang sesuai, struktur kalimat yang benar dalam diskusi kelompok dan presentasi.
Keterampilan: Kemampuan mendeskripsikan secara lisan dan tertulis, kemampuan memberikan dan menerima umpan balik.
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Penilaian kelengkapan dan ketepatan deskripsi yang dibuat kelompok.
Presentasi Kelompok: Penilaian kelancaran, penggunaan kata sifat, dan kejelasan deskripsi.
Pertanyaan Lisan/Tertulis Singkat: Pengecekan pemahaman di akhir sesi inti.
Asesmen Sumatif (Setelah pembelajaran)
Tidak ada asesmen sumatif formal di pertemuan ini karena fokusnya adalah penguasaan konsep dasar dan praktik. Asesmen sumatif dapat digabungkan dengan materi selanjutnya.
Rencana Diferensiasi
1. Diferensiasi Konten (What)
Teks/Gambar yang Diberikan:
Tingkat Penguasaan Rendah: Gambar objek/orang/hewan yang sangat familiar dengan deskripsi yang hanya membutuhkan penambahan kata sifat dasar (misalnya, warna, ukuran).
Tingkat Penguasaan Sedang: Gambar yang sedikit lebih kompleks atau deskripsi dengan beberapa detail yang perlu diperbaiki/ditambahkan, mencakup ciri fisik dan karakter sederhana.
Tingkat Penguasaan Tinggi: Teks deskripsi tanpa gambar (siswa harus membayangkan dan menebak), atau gambar yang memerlukan deskripsi yang sangat detail dan kreatif, termasuk karakter, sifat, dan kondisi.
2. Diferensiasi Proses (How)
Dukungan Guru:
Tingkat Penguasaan Rendah: Guru lebih sering melakukan scaffolding, memberikan contoh kalimat langsung, dan mengarahkan pada sumber kosakata yang spesifik.
Tingkat Penguasaan Sedang: Guru memberikan petunjuk lebih umum, mendorong eksplorasi mandiri dengan panduan.
Tingkat Penguasaan Tinggi: Guru berfungsi sebagai fasilitator, menantang mereka untuk berpikir kritis, mencari sinonim, atau membuat deskripsi yang lebih kompleks dan nuansa.
Alat Bantu:
Tingkat Penguasaan Rendah: Lebih banyak menggunakan kartu kata sifat fisik, daftar kosakata yang sudah dikelompokkan.
Tingkat Penguasaan Sedang/Tinggi: Diberi kebebasan untuk menggunakan kamus, thesaurus, atau sumber online lain untuk memperkaya kosakata.
Waktu Pengerjaan: Fleksibilitas dalam alokasi waktu antar kelompok jika ada yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahami atau menghasilkan.
3. Diferensiasi Produk (Output)
Bentuk Deskripsi:
Semua kelompok menghasilkan deskripsi lisan dan tertulis. Namun, kompleksitas dan kekayaan deskripsi yang diharapkan berbeda.
Tingkat Penguasaan Rendah: Fokus pada akurasi penggunaan 3-4 kata sifat dan struktur kalimat sederhana.
Tingkat Penguasaan Sedang: Diharapkan menggunakan 4-6 kata sifat dengan variasi dan mulai menggabungkan ciri fisik dan non-fisik.
Tingkat Penguasaan Tinggi: Diharapkan menggunakan lebih dari 6 kata sifat, dengan penggunaan yang bervariasi, mendetail, dan mungkin menyertakan opini atau perbandingan.
Presentasi:
Tingkat Penguasaan Rendah: Presentasi sederhana, fokus pada kejelasan deskripsi.
Tingkat Penguasaan Sedang/Tinggi: Dorongan untuk presentasi yang lebih kreatif, interaktif (misalnya, tebak-tebakan), atau menggunakan alat bantu visual tambahan.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman dan cukup luas untuk kegiatan kelompok.
Meja dan kursi yang dapat diatur ulang untuk memfasilitasi kerja kelompok.
Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
Jaringan internet (jika menggunakan sumber online).
Proyektor dan layar (jika menampilkan gambar/materi digital).
Printer untuk mencetak LKPD dan materi pendukung.
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (4th ed.). Pearson Longman.
Cambridge University Press. (2020). English Grammar in Use.
Materi ajar Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka untuk SMP/MTs Kelas VII.
Sumber gambar bebas royalti (misalnya, Unsplash, Pixabay).
Kamus online (misalnya, Cambridge Dictionary, Oxford Learner's Dictionaries).
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
Lampiran 1: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelompok
Nama Kelompok:
Anggota Kelompok:
Instruksi:
Amati gambar/baca deskripsi yang diberikan oleh guru.
Diskusikan dalam kelompok, kata sifat apa saja yang cocok untuk mendeskripsikan [orang/hewan/benda] tersebut.
Lengkapi deskripsi yang sudah ada, atau buatlah deskripsi baru, sehingga pembaca dapat membayangkan dengan jelas.
Gunakan minimal 3-5 kata sifat yang berbeda dan pastikan struktur kalimatnya benar.
[Ruang untuk Menempel Gambar/Menulis Teks Masalah yang Diberikan Guru]
Deskripsi Lengkap kami:
Lampiran 2: Lembar Asesmen Formatif (Untuk Guru)
Keterangan Skor:
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
Instrumen Refleksi
Refleksi Peserta Didik
Isilah pertanyaan berikut dengan jujur setelah pembelajaran ini.
Apa yang paling kamu sukai dari pembelajaran hari ini?
Bagian mana dari materi "describing people, animals, and objects" yang masih sulit bagimu? Mengapa?
Bagaimana perasaanmu saat bekerja dalam kelompok? Apa yang kamu pelajari dari teman-temanmu?
Apakah kamu merasa lebih percaya diri sekarang dalam mendeskripsikan sesuatu menggunakan bahasa Inggris? Mengapa/mengapa tidak?
Apa yang akan kamu lakukan di rumah untuk meningkatkan kemampuanmu dalam mendeskripsikan sesuatu?
Refleksi Guru
Setelah melaksanakan pembelajaran ini, saya merefleksikan:
Apakah tujuan pembelajaran tercapai sepenuhnya oleh mayoritas peserta didik? Jika tidak, bagian mana yang perlu diperbaiki?
Apakah model Problem-Based Learning (PBL) berjalan efektif dalam memfasilitasi keterlibatan peserta didik?
Bagaimana strategi diferensiasi yang diterapkan dapat mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda? Apa yang bisa ditingkatkan?
Apa tantangan terbesar yang saya hadapi selama pembelajaran dan bagaimana saya mengatasinya?
Apa hal terbaik yang terjadi dalam pembelajaran hari ini?
Rencana tindak lanjut saya untuk pertemuan berikutnya adalah...
Semoga modul ajar ini bermanfaat
Komentar
Posting Komentar