Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas VII Semester Ganjil

 


Modul Ajar Bahasa Inggris

SMP Negeri 3 Mnj - Kelas VII Semester Ganjil

Identitas Modul

  • Nama Penyusun: Dody, S.Pd.

  • Institusi: SMP Negeri 3 Mnj

  • Tahun Pelajaran: 2024/2025

  • Jenjang Sekolah: SMP

  • Fase/Kelas: D/VII (Tujuh)

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

  • Materi Pokok: Greetings and Introduction

  • Alokasi Waktu: 1 x 80 menit (1 Pertemuan)

  • Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)

Kompetensi Awal yang Harus Dimiliki Siswa

Peserta didik telah memiliki pengetahuan dasar tentang kosakata sederhana dalam bahasa Inggris dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan meskipun masih terbatas.

Profil Pelajar Pancasila

  • Bergotong Royong: Peserta didik berkolaborasi dalam kelompok untuk menyelesaikan permasalahan dan berbagi ide.

  • Mandiri: Peserta didik bertanggung jawab atas proses belajarnya dan mencari solusi secara mandiri.

  • Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dalam merancang dialog dan presentasi.

  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis situasi dan memilih ungkapan yang tepat sesuai konteks.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu menyapa dan memperkenalkan diri serta orang lain dengan menggunakan ungkapan yang sesuai (formal dan informal).

Indikator Keberhasilan

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi ungkapan sapaan dan perkenalan (formal dan informal).

  • Peserta didik dapat menggunakan ungkapan sapaan dan perkenalan diri dalam situasi yang sesuai.

  • Peserta didik dapat memperkenalkan orang lain dengan ungkapan yang tepat.

  • Peserta didik dapat membedakan penggunaan sapaan dan perkenalan formal dan informal.

Pertanyaan Pemantik

  • "Pernahkah kalian bertemu orang baru dan ingin berkenalan dengannya? Apa yang kalian katakan?"

  • "Bagaimana cara kita menyapa guru atau kepala sekolah dibandingkan dengan teman sebaya?"

  • "Ketika ada teman baru di kelas, bagaimana cara kalian memperkenalkannya kepada teman-teman lain?"

Daftar Perlengkapan Ajar

  • Papan tulis/Whiteboard

  • Spidol/Marker

  • Proyektor (jika ada)

  • Speaker (jika ada)

  • Kartu dialog/Kartu situasi (terlampir)

  • Kertas plano/Poster

  • Spidol warna-warni

Ringkasan Materi Ajar

Greetings (Sapaan):

  • Formal:

  • Good morning/afternoon/evening.

  • How do you do? (Digunakan saat pertama kali bertemu, responsnya juga "How do you do?")

  • Hello, Mr./Mrs./Ms. [Nama keluarga]

  • Informal:

  • Hi!

  • Hello!

  • What's up?

  • How are you?

  • How's it going?

Introduction (Perkenalan):

  • Introducing yourself (Memperkenalkan diri sendiri):

  • My name is [Nama Lengkap].

  • I am [Nama Lengkap].

  • Nice to meet you.

  • Pleased to meet you.

  • Introducing others (Memperkenalkan orang lain):

  • This is [Nama orang].

  • I'd like to introduce you to [Nama orang].

  • May I introduce you to [Nama orang]?

Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Contoh dialog sapaan dan perkenalan (formal dan informal).

  • Kartu situasi untuk skenario role-play.

  • Lembar kerja untuk melengkapi dialog rumpang.


Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

  1. Orientasi dan Sapaan (Beriman, Bertakwa, Berakhlak Mulia):

  • Guru menyapa peserta didik dengan ramah, misalnya "Good morning, class!" dan peserta didik merespons.

  • Guru memulai dengan berdoa bersama (jika memungkinkan sesuai konteks sekolah).

  • Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

  1. Apersepsi (Berpikir Kritis):

  • Guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk memancing pengetahuan awal peserta didik dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari:

  • "Pernahkah kalian bertemu orang baru dan ingin berkenalan dengannya? Apa yang kalian katakan?"

  • "Bagaimana cara kita menyapa guru atau kepala sekolah dibandingkan dengan teman sebaya?"

  • "Ketika ada teman baru di kelas, bagaimana cara kalian memperkenalkannya kepada teman-teman lain?"

  • Guru mencatat jawaban peserta didik di papan tulis.

  1. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:

  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan ini: "Hari ini kita akan belajar bagaimana menyapa dan memperkenalkan diri serta orang lain dalam bahasa Inggris, baik dalam situasi formal maupun informal."

B. Kegiatan Inti (60 menit)

  1. Mengidentifikasi Masalah (Mandiri & Bernalar Kritis) - 15 menit:

  • Guru menayangkan beberapa gambar/video singkat yang menunjukkan situasi perkenalan (misalnya, pertemuan bisnis, pertemuan teman sebaya di taman, murid baru di sekolah, memperkenalkan orang tua ke teman).

  • Guru meminta peserta didik mengidentifikasi perbedaan cara sapaan dan perkenalan yang digunakan dalam setiap situasi.

  • Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai ungkapan yang belum dipahami.

  • Guru menstimulus pertanyaan, "Apa yang akan terjadi jika kita salah menggunakan ungkapan sapaan atau perkenalan di situasi yang berbeda?"

  • Guru mencatat "masalah" atau "tantangan" yang muncul dari diskusi di papan tulis, misalnya: "Bagaimana memilih ungkapan yang tepat antara formal dan informal?"

  1. Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (Bergotong Royong) - 10 menit:

  • Peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil (4-5 orang). Pembagian kelompok dapat dilakukan secara heterogen berdasarkan kemampuan atau gaya belajar, untuk mendukung diferensiasi.

  • Setiap kelompok diberikan lembar kerja berisi ringkasan materi (sapaan dan perkenalan formal/informal) dan contoh dialog.

  • Guru menjelaskan tugas kelompok: Menganalisis contoh dialog, mengidentifikasi perbedaan formal dan informal, serta bersiap untuk membuat dialog sendiri.

  1. Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (Diferensiasi Proses) - 20 menit:

  • Diferensiasi Konten/Proses:

  • Kelompok A (Visual/Audio): Peserta didik difokuskan pada pengamatan video dan mendengarkan contoh dialog. Mereka bisa membuat mind map atau diagram perbandingan formal/informal.

  • Kelompok B (Kinestetik/Interpersonal): Peserta didik didorong untuk langsung mempraktikkan dialog sederhana dan berinteraksi. Mereka bisa menggunakan kartu situasi untuk memicu dialog.

  • Kelompok C (Tulis/Pembaca): Peserta didik diberikan teks dialog yang lebih kompleks untuk dianalisis dan dimodifikasi. Mereka bisa membuat daftar ungkapan formal dan informal.

  • Guru berkeliling, memantau, dan memberikan bimbingan kepada setiap kelompok.

  • Guru mendorong peserta didik untuk berdiskusi, saling membantu, dan mengidentifikasi ungkapan-ungkapan yang relevan.

  • Setiap kelompok diminta untuk merumuskan satu "kasus/masalah" terkait sapaan dan perkenalan, misalnya "Bagaimana cara menyapa tamu penting dari luar negeri di acara sekolah?" atau "Bagaimana memperkenalkan teman baru yang pemalu kepada teman sekelas?".

  1. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Kreatif & Bergotong Royong) - 10 menit:

  • Setiap kelompok membuat skenario dialog (minimal 3-4 kalimat per orang) berdasarkan "kasus/masalah" yang mereka rumuskan, dengan memperhatikan penggunaan ungkapan formal dan informal yang tepat.

  • Setiap kelompok diminta untuk mempersiapkan presentasi singkat (role-play) dari dialog yang telah mereka buat.

  • Guru mengingatkan untuk fokus pada kejelasan pengucapan dan intonasi.

  1. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (Bernalar Kritis & Kolaboratif) - 5 menit:

  • Setiap kelompok mempresentasikan dialog mereka di depan kelas.

  • Kelompok lain memberikan masukan dan pertanyaan terkait dialog yang ditampilkan.

  • Guru memberikan feedback konstruktif dan meluruskan pemahaman yang keliru.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

  1. Refleksi (Mandiri & Bernalar Kritis):

  • Guru meminta peserta didik untuk merangkum pembelajaran hari ini, misalnya: "Apa yang kalian pelajari hari ini tentang sapaan dan perkenalan?"

  • Guru menanyakan, "Kapan kita menggunakan ungkapan formal dan kapan kita menggunakan ungkapan informal?"

  • Guru mendorong peserta didik untuk menyebutkan satu hal baru yang mereka pelajari.

  1. Penugasan (Mandiri):

  • Guru memberikan tugas rumah: Peserta didik diminta untuk membuat dialog sapaan dan perkenalan singkat dengan anggota keluarga atau teman di rumah, kemudian merekamnya dalam bentuk audio/video pendek (opsional, disesuaikan dengan ketersediaan sarana siswa).

  1. Doa dan Salam:

  • Guru menutup pelajaran dengan doa dan mengucapkan salam penutup.


Rencana Asesmen

  • Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran):

  • Mengajukan pertanyaan pemantik di awal untuk mengetahui pemahaman awal siswa.

  • Observasi partisipasi siswa dalam diskusi awal.

  • Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran):

  • Observasi kinerja kelompok: Mengamati keaktifan, kolaborasi, dan kontribusi setiap anggota kelompok saat diskusi dan membuat dialog.

  • Penilaian produk (dialog): Menilai ketepatan penggunaan ungkapan formal/informal dalam dialog yang dibuat kelompok.

  • Penilaian presentasi/role-play: Menilai kelancaran, intonasi, dan pemahaman konteks saat mempraktikkan dialog.

  • Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran - bisa dalam pertemuan berikutnya atau sebagai penugasan):

  • Tes tertulis: Melengkapi dialog rumpang atau mencocokkan ungkapan dengan situasi yang tepat.

  • Praktik individu: Peserta didik secara individu melakukan role-play singkat dengan guru atau teman tentang perkenalan diri atau memperkenalkan orang lain.

Rencana Diferensiasi

  • Diferensiasi Konten:

  • Peserta didik yang sudah mahir dapat diberikan contoh dialog yang lebih kompleks atau diminta membuat skenario yang lebih menantang.

  • Peserta didik yang masih kesulitan diberikan contoh dialog yang lebih sederhana dan berulang.

  • Diferensiasi Proses:

  • Kelompok A (Visual/Audio): Menyediakan video pendek tentang situasi perkenalan atau flashcards bergambar ungkapan sapaan.

  • Kelompok B (Kinestetik/Interpersonal): Mendorong mereka untuk langsung berinteraksi dan mencoba berbagai skenario role-play dengan kartu situasi.

  • Kelompok C (Pembaca/Penulis): Memberikan lembar kerja berisi kalimat rumpang atau meminta mereka menuliskan daftar ungkapan formal dan informal beserta contoh penggunaannya.

  • Guru memberikan dukungan dan bimbingan yang bervariasi sesuai kebutuhan kelompok/individu.

  • Diferensiasi Produk:

  • Peserta didik dapat memilih cara menyajikan hasil karyanya (misalnya, role-play langsung, rekaman audio, atau poster dialog).

  • Untuk tugas rumah, peserta didik bisa memilih merekam audio/video atau hanya menuliskan dialognya.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman.

  • Perangkat audio-visual (proyektor, speaker) jika tersedia.

  • Papan tulis dan alat tulis.

  • Ruang gerak yang cukup untuk kegiatan kelompok.

Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.

  • Video YouTube: "English Greetings and Introductions for Beginners" (pilih video yang sesuai dan child-friendly).

  • Website belajar Bahasa Inggris (misalnya, British Council LearnEnglish, BBC Learning English).

  • Aplikasi kamus digital (misalnya, Google Translate, Oxford Learner's Dictionaries).

Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

A. Lembar Kerja Kelompok (Contoh)

Situasi 1: Kamu bertemu Kepala Sekolah dan memperkenalkan teman barumu yang berasal dari luar kota.

  • Buatlah dialognya! (Gunakan ungkapan formal)

Situasi 2: Kamu bertemu teman lamamu di pusat perbelanjaan dan memperkenalkan sepupumu.

  • Buatlah dialognya! (Gunakan ungkapan informal)

B. Asesmen Tertulis (Contoh)

Lengkapi dialog berikut dengan ungkapan yang tepat!

  1. A: Good morning, Mr. Budi.
    B: _____________________, Rina. How are you?
    A: I'm fine, thank you.

  2. X: Hi, Andi! This is my friend, _____________.
    Y: Nice to meet you, Nina.
    Z: Nice to meet you too, Yudi.

C. Kartu Situasi (Contoh)

  • Kartu 1: Kamu adalah seorang murid baru di kelas. Perkenalan dirimu kepada teman sebangkumu.

  • Kartu 2: Kamu adalah guru baru di sekolah. Perkenalkan dirimu kepada peserta didik.

  • Kartu 3: Kamu dan temanmu bertemu orang tua temanmu. Perkenalan temanmu kepada orang tuamu.

Instrumen Refleksi

Refleksi Peserta Didik:

  1. Hal baru apa yang saya pelajari hari ini?

  2. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling saya pahami?

  3. Bagian mana yang masih membuat saya bingung?

  4. Apa yang akan saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan saya dalam menyapa dan memperkenalkan diri?

  5. Apakah saya merasa nyaman berkolaborasi dengan teman-teman saya?

Refleksi Guru:

  1. Apakah tujuan pembelajaran tercapai?

  2. Bagaimana respon peserta didik terhadap model pembelajaran PBL? Apakah mereka terlihat aktif dan kreatif?

  3. Apakah strategi diferensiasi yang diterapkan efektif dalam mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik?

  4. Bagian mana dari modul ini yang perlu diperbaiki atau disesuaikan untuk pertemuan selanjutnya?

  5. Apakah ada peserta didik yang memerlukan perhatian khusus di pertemuan berikutnya?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process