Modul ajar Bahasa Inggris tentang penggunaan artikel (a, an, the) untuk kelas VII semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka
Modul ajar Bahasa Inggris tentang penggunaan artikel (a, an, the) untuk kelas VII semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning (PBL).
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Ajaran: 2024/2025
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase/Kelas: D/VII (Tujuh)
Semester: Ganjil
Materi Pokok: Articles (a, an, the)
Alokasi Waktu: 2 pertemuan x 80 menit (Total 160 menit)
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan sudah memiliki pemahaman dasar tentang:
Kosakata benda (nouns) dalam bahasa Inggris.
Konsep dasar tentang tunggal (singular) dan jamak (plural).
Profil Pelajar Pancasila
Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis penggunaan kata sandang dalam berbagai konteks kalimat.
Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan kalimat atau teks pendek dengan penggunaan kata sandang yang tepat.
Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan berbagi pengetahuan.
Mandiri: Peserta didik mampu menunjukkan inisiatif dan tanggung jawab dalam belajar.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggunakan kata sandang (a, an, the) dengan tepat sebelum kata benda.
Indikator Keberhasilan
Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan fungsi dan penggunaan a, an, dan the.
Peserta didik dapat memilih artikel a atau an dengan tepat berdasarkan bunyi huruf awal kata benda.
Peserta didik dapat menggunakan artikel the untuk kata benda yang spesifik atau sudah disebutkan sebelumnya.
Peserta didik dapat mengaplikasikan penggunaan a, an, the dalam kalimat sederhana dengan akurasi minimal 80%.
Pertanyaan Pemantik
Pernahkah kalian melihat kata "a", "an", atau "the" di depan sebuah benda dalam bahasa Inggris? Kira-kira, apa bedanya ya?
Jika kalian ingin mengatakan "sebuah apel" atau "sebuah buku", apakah sama penggunaannya? Kenapa bisa berbeda?
Bayangkan jika kita tidak menggunakan kata "a", "an", atau "the" sama sekali. Apa yang akan terjadi dengan pemahaman kita terhadap suatu kalimat?
Daftar Perlengkapan Ajar
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/penghapus
Laptop dan proyektor
Speaker (jika diperlukan untuk audio)
Kartu kata bergambar (flashcards) benda-benda
Lembar kerja peserta didik (LKPD)
Spidol warna-warni
Kertas plano/karton
Benda-benda di sekitar kelas untuk demonstrasi (misalnya: buku, pensil, tas, meja, kursi, penghapus, botol air, jam dinding)
Ringkasan Materi Ajar
Articles (Kata Sandang): a, an, the
A dan An (Indefinite Articles):
Digunakan untuk benda tunggal yang tidak spesifik atau baru pertama kali disebutkan.
A digunakan sebelum kata benda tunggal yang dimulai dengan bunyi konsonan. Contoh: a book, a cat, a table.
An digunakan sebelum kata benda tunggal yang dimulai dengan bunyi vokal (a, e, i, o, u). Contoh: an apple, an elephant, an ice cream, an orange, an umbrella, an hour (bunyi 'h' tidak dibaca).
Penting: Fokus pada bunyi huruf awal, bukan hanya hurufnya.
The (Definite Article):
Digunakan untuk benda yang spesifik, sudah diketahui, atau sudah disebutkan sebelumnya.
Dapat digunakan untuk kata benda tunggal maupun jamak.
Contoh: The sun (hanya ada satu), I have a dog. The dog is black (anjingnya sudah diketahui).
Digunakan juga untuk benda unik (misalnya: the moon, the earth), superlative adjectives (the best), dan lain-lain.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Infografis/Poster tentang penggunaan a, an, the.
Daftar kosakata benda-benda di sekitar kelas.
Video pendek/animasi tentang articles.
PowerPoint presentasi ringkasan materi.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 menit): Pengenalan dan Pemahaman "a" dan "an"
Pendahuluan (15 menit)
Pembukaan (5 menit):
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran.
Guru meminta peserta didik untuk menyiapkan buku dan alat tulis.
Apersepsi (5 menit):
Guru menunjukkan beberapa benda di kelas (misal: sebuah buku, sebuah apel, sebuah jam).
Guru menanyakan, "What is this?" Peserta didik menjawab "It is a book." atau "It is an apple."
Guru menuliskan jawaban di papan tulis dan melingkari "a" dan "an".
Guru melontarkan pertanyaan pemantik awal: "Ada yang tahu kenapa kita menggunakan 'a' untuk buku dan 'an' untuk apel? Padahal sama-sama 'sebuah'?"
Penyampaian Tujuan (5 menit):
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Hari ini kita akan belajar menggunakan kata 'a' dan 'an' dengan tepat sebelum kata benda."
Kegiatan Inti (50 menit)
Orientasi Masalah (15 menit) - Problem-Based Learning:
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil (4-5 orang).
Guru menampilkan gambar-gambar benda tunggal (misal: apple, chair, orange, uniform, hour, university) di layar.
Guru memberikan masalah: "Di depan kalian ada gambar-gambar benda. Tugas kalian adalah memasangkan kata 'a' atau 'an' di depan setiap gambar tersebut. Diskusikan dengan kelompokmu dan jelaskan mengapa kalian memilih 'a' atau 'an'!"
Guru menekankan untuk memperhatikan bunyi huruf awal, bukan hanya hurufnya.
Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar (15 menit) - Berdiferensiasi Konten & Proses:
Diferensiasi Konten:
Kelompok A (Perlu Bantuan Ekstra): Diberikan kartu kata dengan hanya benda-benda berbunyi konsonan atau vokal yang jelas (misal: cat, dog, ant, egg). Diberikan panduan singkat tentang bunyi vokal/konsonan.
Kelompok B (Cukup Mandiri): Diberikan kartu kata dengan kombinasi benda-benda umum.
Kelompok C (Tantangan Lebih): Diberikan kartu kata yang meliputi benda-benda dengan bunyi "h" yang tidak dibaca (hour, honest) atau bunyi "u" yang seperti "y" (university, uniform). Diberikan tantangan untuk menemukan pola di balik pengecualian ini.
Diferensiasi Proses:
Guru berkeliling, membimbing diskusi kelompok, dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
Guru mendorong peserta didik untuk berani mencoba dan melakukan percobaan.
Guru memfasilitasi diskusi tentang mengapa bunyi awal penting.
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (20 menit) - Kolaboratif & Aktif:
Setiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di kertas plano/karton yang sudah disediakan.
Masing-masing kelompok menyiapkan perwakilan untuk mempresentasikan hasil.
Guru mendorong kelompok lain untuk bertanya atau memberikan tanggapan.
Penutup (15 menit)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit):
Setiap kelompok mempresentasikan hasil pemasangan 'a' atau 'an' dan menjelaskan alasannya.
Guru memberikan umpan balik dan mengoreksi jika ada kesalahan.
Guru merangkum konsep 'a' dan 'an' dengan penekanan pada bunyi huruf awal.
Refleksi dan Tindak Lanjut (5 menit):
Guru bertanya: "Apa yang sudah kita pelajari hari ini?"
Guru memberikan penguatan materi.
Guru memberikan tugas rumah: mencari 5 benda di rumah dan menuliskan 'a' atau 'an' di depannya, lalu jelaskan alasannya.
Pertemuan 2 (80 menit): Pemahaman dan Aplikasi "the" serta Penggabungan "a, an, the"
Pendahuluan (15 menit)
Pembukaan (5 menit):
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran.
Guru mereview singkat materi 'a' dan 'an' dari pertemuan sebelumnya dengan beberapa contoh cepat.
Guru meminta peserta didik untuk menunjukkan tugas rumahnya.
Apersepsi (5 menit):
Guru mengambil sebuah buku dari meja. "I have a book. The book is red."
Guru menuliskan kalimat di papan tulis dan melingkari "a" dan "the".
Guru melontarkan pertanyaan pemantik kedua: "Kenapa tadi pertama saya bilang 'a book', tapi kedua kalinya saya bilang 'the book'? Apa bedanya?"
Penyampaian Tujuan (5 menit):
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Hari ini kita akan belajar menggunakan kata 'the' dengan tepat dan mengombinasikan 'a', 'an', dan 'the' dalam kalimat."
Kegiatan Inti (50 menit)
Orientasi Masalah (15 menit) - Problem-Based Learning:
Guru menampilkan cerita pendek atau percakapan sederhana yang sengaja menghilangkan artikel 'a', 'an', dan 'the'.
Contoh cerita: "I saw ______ cat. ______ cat was black. ______ cat had ______ big tail. ______ tail was bushy."
Masalah: "Tugas kalian adalah mengisi bagian yang kosong dengan 'a', 'an', atau 'the' agar cerita ini menjadi masuk akal dan mudah dipahami."
Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar (15 menit) - Berdiferensiasi Proses:
Guru membagi peserta didik menjadi kelompok baru.
Guru memfasilitasi diskusi tentang kapan menggunakan 'the' (untuk benda yang spesifik atau sudah disebutkan).
Guru membagikan LKPD yang berisi cerita-cerita serupa namun dengan tingkat kesulitan berbeda.
Diferensiasi Proses:
Kelompok A (Perlu Bantuan Ekstra): Diberikan cerita yang lebih pendek dan dengan petunjuk lebih jelas. Guru lebih intens mendampingi kelompok ini.
Kelompok B (Cukup Mandiri): Diberikan cerita dengan tingkat kesulitan sedang.
Kelompok C (Tantangan Lebih): Diberikan cerita yang lebih panjang dengan beberapa pengecualian atau penggunaan articles yang lebih kompleks (misal: benda unik, nama geografis tertentu).
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (20 menit) - Aktif & Kolaboratif:
Setiap kelompok menganalisis cerita dan mengisi artikel yang tepat.
Peserta didik didorong untuk saling berbagi ide dan membenarkan jika ada kesalahan.
Guru memberikan kertas plano/karton kepada setiap kelompok untuk menuliskan cerita yang sudah dilengkapi.
Penutup (15 menit)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit):
Setiap kelompok membacakan cerita yang sudah mereka lengkapi di depan kelas.
Guru memberikan umpan balik dan mengoreksi penggunaan artikel.
Guru merangkum kembali kapan menggunakan 'a', 'an', dan 'the'.
Refleksi dan Tindak Lanjut (5 menit):
Guru memberikan pertanyaan reflektif: "Menurut kalian, apa pentingnya menggunakan 'a', 'an', dan 'the' dalam bahasa Inggris?"
Guru memberikan asesmen formatif singkat (kuis kecil) atau latihan individu sebagai penguatan.
Guru memberikan informasi tentang materi selanjutnya.
Rencana Asesmen
Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran):
Singkat: Guru menanyakan beberapa benda di kelas dan meminta siswa mengidentifikasi apakah itu tunggal/jamak.
Observasi guru selama diskusi kelompok di awal pertemuan 1.
Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran):
Observasi: Guru mengamati keaktifan, kolaborasi, dan partisipasi peserta didik dalam diskusi kelompok dan presentasi.
Penilaian Kinerja: Hasil kerja kelompok (pemasangan artikel pada gambar/cerita) dan presentasi.
Pertanyaan Lisan: Guru mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman individu.
Kuis Singkat: Di akhir pertemuan 2, berikan kuis singkat berupa pilihan ganda atau mengisi bagian yang kosong.
Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran):
Lembar kerja/latihan individu untuk mengukur pemahaman penggunaan a, an, the dalam berbagai konteks kalimat. (Bisa berupa melengkapi kalimat, menulis kalimat pendek, atau mengidentifikasi kesalahan).
Rencana Diferensiasi
Diferensiasi Konten:
Materi dan contoh disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik (seperti yang dijelaskan di langkah pembelajaran untuk Kelompok A, B, dan C).
Menyediakan infografis visual, video, atau contoh langsung bagi peserta didik dengan gaya belajar visual/auditori.
Diferensiasi Proses:
Pengelompokan peserta didik secara heterogen (berdasarkan kemampuan) atau homogen (untuk fokus pada kebutuhan spesifik).
Memberikan scaffolding (dukungan) yang berbeda-beda bagi setiap kelompok/individu.
Waktu pengerjaan yang fleksibel untuk beberapa tugas.
Guru memberikan dukungan lebih intensif kepada peserta didik yang memerlukan bantuan ekstra.
Diferensiasi Produk:
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman mereka melalui berbagai cara, seperti:
Menulis kalimat atau cerita pendek.
Membuat poster dengan contoh-contoh penggunaan articles.
Presentasi lisan.
Membuat mind map tentang konsep articles.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman dan memungkinkan pengaturan tempat duduk kelompok.
Papan tulis/whiteboard.
Laptop dan proyektor.
Akses internet (jika diperlukan untuk mencari contoh atau video).
Alat tulis dan kertas yang cukup.
Benda-benda konkret di sekitar kelas sebagai media pembelajaran.
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Paket Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.
Modul Bahasa Inggris yang relevan.
Situs web pembelajaran Bahasa Inggris (misalnya: British Council LearnEnglish, Grammarly Blog).
Video edukasi dari YouTube tentang "Articles a, an, the for kids/beginners".
Flashcards atau kartu bergambar dari berbagai sumber.
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
Contoh Lembar Kerja (LKPD) Pertemuan 1: A atau An?
Nama:
Kelas:
Petunjuk: Isilah bagian yang kosong dengan "a" atau "an".
___ apple
___ book
___ umbrella
___ hour
___ chair
___ elephant
___ uniform
___ honest man
___ cat
___ ice cream
Contoh Lembar Kerja (LKPD) Pertemuan 2: A, An, atau The?
Nama:
Kelas:
Petunjuk: Lengkapi cerita di bawah ini dengan "a", "an", atau "the".
I saw ______ big dog in ______ park yesterday. ______ dog was chasing ______ squirrel. ______ squirrel was very fast, and it quickly climbed up ______ tree. ______ tree was very tall. I think ______ dog was sad because it couldn't catch ______ squirrel.
Contoh Kuis Singkat (Asesmen Formatif)
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
She wants to eat ____ orange. a) a b) an c) the
____ sun is shining brightly today. a) A b) An c) The
I have ____ new pen. a) a b) an c) the
____ cat is sleeping on ____ mat. a) A, a b) The, the c) The, a
My brother is ____ university student. a) a b) an c) the
Instrumen Refleksi
Refleksi Peserta Didik
Hal baru apa yang saya pelajari hari ini tentang "a", "an", dan "the"?
Bagian mana dari materi ini yang menurut saya paling mudah dipahami?
Bagian mana yang masih membuat saya bingung atau kesulitan?
Apa yang akan saya lakukan untuk meningkatkan pemahaman saya?
Bagaimana perasaan saya saat bekerja dalam kelompok? Apakah saya sudah berkontribusi dengan baik?
Refleksi Guru
Apakah tujuan pembelajaran tercapai sepenuhnya?
Bagaimana partisipasi peserta didik dalam kegiatan ini? Apakah semua aktif terlibat?
Apakah strategi pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan sudah efektif? Bagian mana yang perlu disesuaikan?
Apakah model Problem-Based Learning mampu mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan kolaboratif?
Apa tantangan terbesar yang saya hadapi selama pembelajaran ini, dan bagaimana cara mengatasinya di masa depan?
Apakah ada peserta didik yang membutuhkan bantuan ekstra? Bagaimana saya akan menindaklanjutinya?
.
Komentar
Posting Komentar