modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 1 deskripsi ciri fisik, kepribadian, serta karakteristik benda atau hewan

 

modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning, fokus pada deskripsi ciri fisik, kepribadian, serta karakteristik benda atau hewan.


Modul Ajar Bahasa Inggris: Describing People, Animals, and Objects

Identitas Modul

  • Nama Penyusun: Dody, S.Pd.

  • Instansi: SMP Negeri 3 Mnj

  • Tahun Ajaran: 2025/2026

  • Jenjang Sekolah: SMP

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

  • Fase: D

  • Kelas: VIII (Delapan)

  • Semester: 1 (Satu)

  • Materi Pokok: Describing People, Animals, and Objects

  • Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit)

  • Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)

  • Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi


Kompetensi Awal yang Harus Dimiliki Siswa

Peserta didik diharapkan sudah memiliki pemahaman dasar tentang:

  • Kosakata dasar yang berkaitan dengan anggota tubuh, warna, dan ukuran.

  • Struktur kalimat sederhana (Subjek + Verb + Objek/Komplemen).

  • Penggunaan kata sifat (adjectives) dalam kalimat.

  • Kemampuan menyimak dan berbicara sederhana dalam Bahasa Inggris.


Profil Pelajar Pancasila

  • Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai dan memahami keberagaman ciri fisik dan kepribadian orang dari berbagai latar belakang.

  • Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas.

  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi dan menggunakan penalaran logis dalam mengidentifikasi ciri-ciri deskriptif.

  • Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dan orisinal dalam mendeskripsikan sesuatu secara lisan maupun tertulis.


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menggunakan kosakata serta struktur kalimat yang tepat untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik dan kepribadian orang, serta karakteristik benda atau hewan secara lisan dan tertulis.


Indikator Keberhasilan

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  • Mengidentifikasi kosakata yang relevan untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik (misalnya: tall, short, slim, curly hair, blue eyes).

  • Mengidentifikasi kosakata yang relevan untuk mendeskripsikan kepribadian (misalnya: kind, friendly, shy, diligent, honest).

  • Mengidentifikasi kosakata yang relevan untuk mendeskripsikan karakteristik benda (misalnya: big, small, round, heavy, old, new).

  • Mengidentifikasi kosakata yang relevan untuk mendeskripsikan karakteristik hewan (misalnya: furry, fast, wild, tame, loud, quiet).

  • Menggunakan struktur kalimat yang tepat (misalnya: He has..., She is..., It looks like..., They are...) untuk mendeskripsikan.

  • Menyusun paragraf deskriptif sederhana tentang seseorang, benda, atau hewan secara lisan.

  • Menulis paragraf deskriptif sederhana tentang seseorang, benda, atau hewan.


Pertanyaan Pemantik

  • Pertemuan 1:

  • "Coba bayangkan teman sebangkumu. Bisakah kamu mendeskripsikan dia hanya dengan kata-kata, tanpa menunjuknya?"

  • "Bagaimana cara kita memberitahu orang lain tentang ciri-ciri hewan peliharaan kita agar mereka bisa membayangkannya?"

  • Pertemuan 2:

  • "Jika kamu ingin membeli sesuatu secara online, informasi apa saja yang penting untuk dideskripsikan agar pembeli tidak salah pilih?"

  • "Pernahkah kamu mencoba mendeskripsikan seseorang yang kamu kagumi? Kata-kata apa saja yang kamu gunakan?"


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Papan tulis/Whiteboard

  • Spidol/penghapus

  • Speaker/proyektor (jika diperlukan untuk media audio/visual)

  • Kartu kosakata bergambar (sesuai diferensiasi konten)

  • Gambar-gambar orang, hewan, dan benda (beragam, sesuai diferensiasi konten)

  • Kertas A4/folio

  • Spidol warna/pensil warna

  • Lembar kerja siswa

  • Benda-benda sederhana di sekitar kelas (untuk aktivitas mendeskripsikan)

  • Teks deskriptif pendek (cetak atau digital)


Ringkasan Materi Ajar

Deskripsi Fisik (Physical Appearance):

  • Wajah dan Rambut: round face, oval face, square face, long hair, short hair, straight hair, curly hair, wavy hair, blonde, brown, black, red hair.

  • Mata: big eyes, small eyes, round eyes, slanted eyes, blue eyes, brown eyes, green eyes.

  • Bentuk Tubuh: tall, short, medium height, slim, thin, fat, chubby, well-built.

  • Ciri Khas: moustache, beard, glasses, dimples, freckles, scar.

Deskripsi Kepribadian (Personality Traits):

  • Positif: kind, friendly, honest, diligent, patient, creative, intelligent, humorous, brave, confident, generous.

  • Negatif: lazy, rude, stubborn, arrogant, shy (bisa positif/negatif tergantung konteks), selfish.

Deskripsi Benda (Describing Objects):

  • Ukuran: big, small, huge, tiny, long, short, wide, narrow.

  • Bentuk: round, square, rectangular, triangular, oval, star-shaped.

  • Warna: red, blue, green, yellow, black, white, brown, purple, pink, orange, grey.

  • Bahan: wooden, plastic, metal, glass, paper, fabric.

  • Kondisi: new, old, broken, clean, dirty, empty, full.

  • Kegunaan: useful, decorative, portable.

Deskripsi Hewan (Describing Animals):

  • Ukuran: big, small, enormous, tiny.

  • Bentuk Tubuh: furry, scaly, feathered, long tail, short legs.

  • Warna: (sama seperti benda)

  • Suara: loud, quiet, noisy.

  • Habitat: wild, tame, domestic, aquatic, terrestrial.

  • Tingkah Laku: fast, slow, aggressive, playful, gentle, shy.

Struktur Kalimat Umum:

  • Untuk ciri fisik dan kepribadian:

  • Subject + is/am/are + adjective. (e.g., She is tall. They are friendly.)

  • Subject + has/have + noun phrase. (e.g., He has short hair. It has big eyes.)

  • Untuk karakteristik benda/hewan:

  • It is a/an + adjective + noun. (e.g., It is a red car.)

  • It has + adjective + noun. (e.g., It has a long tail.)

  • It looks like... (e.g., It looks like a big box.)


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Gambar-gambar untuk latihan deskripsi: Beragam gambar orang, hewan, dan benda dengan karakteristik yang jelas.

  • Daftar Kosakata (Vocabulary List): Tersedia dalam beberapa tingkatan (dasar, menengah, lanjutan) untuk diferensiasi konten.

  • Contoh Paragraf Deskriptif: Beberapa contoh teks deskriptif tentang orang, hewan, dan benda dengan penekanan pada penggunaan kosakata dan struktur yang tepat.

  • Panduan Penulisan Deskripsi Sederhana: Checklist atau langkah-langkah dalam menyusun deskripsi.


Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (80 menit)

Topik: Mendeskripsikan Ciri Fisik dan Kepribadian Orang

  • Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kabar peserta didik.

  2. Guru melakukan presensi.

  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan mengaitkannya dengan pentingnya deskripsi dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, mengenali orang).

  4. Guru melontarkan pertanyaan pemantik: "Coba bayangkan teman sebangkumu. Bisakah kamu mendeskripsikan dia hanya dengan kata-kata, tanpa menunjuknya?" Peserta didik diminta untuk memikirkan jawabannya.

  • Kegiatan Inti (60 menit) - Problem-Based Learning & Diferensiasi

  1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Statement):

  • Guru menampilkan beberapa gambar orang (gambar yang jelas dengan berbagai ciri fisik dan ekspresi). Guru memberikan skenario: "Bayangkan kalian adalah seorang detektif yang harus menemukan seseorang berdasarkan ciri-ciri yang diberikan. Bagaimana cara kalian mendeskripsikan orang tersebut agar orang lain bisa menemukan?" (Memancing ide dan kosakata).

  • Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil (3-4 orang). Pembagian kelompok dapat mempertimbangkan keberagaman kemampuan.

  1. Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar (Problem Exploration):

  • Setiap kelompok diberikan satu "kasus": sebuah gambar orang (berbeda untuk setiap kelompok) dan sebuah "misi" untuk mendeskripsikan orang tersebut secara detail.

  • Diferensiasi Konten:

  • Kelompok dengan dukungan lebih (membutuhkan scaffolding): Diberikan gambar dengan ciri-ciri yang sangat jelas dan daftar kosakata bantuan yang lebih banyak (berupa word bank atau kartu kosakata bergambar). Fokus pada deskripsi fisik yang sederhana.

  • Kelompok standar: Diberikan gambar dengan ciri-ciri cukup jelas dan daftar kosakata standar.

  • Kelompok tantangan (advanced): Diberikan gambar yang lebih kompleks (misalnya, hanya terlihat sebagian wajah) atau diminta untuk juga menebak kemungkinan kepribadian dari ekspresi, serta daftar kosakata yang lebih luas.

  • Diferensiasi Proses:

  • Guru berkeliling, membimbing setiap kelompok, dan memberikan pertanyaan pancingan.

  • Peserta didik didorong untuk bertanya kepada guru atau teman sekelompok jika ada kosakata yang tidak diketahui. Guru juga dapat menyediakan kamus kecil atau akses ke kamus daring (jika memungkinkan).

  1. Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (Solution Generation):

  • Setiap kelompok berdiskusi dan menyusun draf deskripsi orang pada gambar. Mereka menuliskan kosakata yang relevan dan mencoba membentuk kalimat.

  • Aktivitas Kreatif & Kolaboratif: Guru meminta setiap kelompok untuk memilih satu "juru bicara" dan berlatih mendeskripsikan orang tersebut kepada kelompok lain. Mereka bisa menggunakan gerakan atau ekspresi untuk memperjelas.

  1. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Solution Presentation):

  • Setiap kelompok mempresentasikan deskripsi mereka di depan kelas. Kelompok lain mendengarkan dan mencoba menebak gambar yang dideskripsikan (jika memungkinkan).

  • Guru memberikan umpan balik dan koreksi tata bahasa/kosakata secara konstruktif.

  1. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (Reflection):

  • Guru dan peserta didik merefleksikan deskripsi yang sudah dibuat. "Apakah deskripsi kalian cukup jelas?" "Kosakata apa yang paling membantu?"

  • Guru menegaskan kembali kosakata kunci dan struktur kalimat untuk mendeskripsikan ciri fisik dan kepribadian.

  • Penutup (10 menit)

  1. Guru memberikan rangkuman singkat materi hari ini.

  2. Guru memberikan tugas rumah: mencari gambar 2 orang (teman, keluarga, atau tokoh publik) dan mencoba mendeskripsikan ciri fisik dan kepribadian mereka secara singkat dalam 2-3 kalimat.

  3. Guru menutup pelajaran dengan salam.


Pertemuan 2 (80 menit)

Topik: Mendeskripsikan Karakteristik Benda dan Hewan

  • Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kesiapan peserta didik.

  2. Guru mereview singkat materi sebelumnya (deskripsi orang). Peserta didik diminta menyebutkan beberapa kata sifat untuk mendeskripsikan orang.

  3. Guru melontarkan pertanyaan pemantik: "Bagaimana cara kita memberitahu orang lain tentang ciri-ciri hewan peliharaan kita agar mereka bisa membayangkannya?" atau "Jika kamu ingin membeli sesuatu secara online, informasi apa saja yang penting untuk dideskripsikan agar pembeli tidak salah pilih?"

  • Kegiatan Inti (60 menit) - Problem-Based Learning & Diferensiasi

  1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Statement):

  • Guru menampilkan gambar sebuah "benda misterius" atau "hewan aneh" (misalnya, hewan dari mitologi, atau benda dengan fungsi yang tidak biasa).

  • Guru memberikan skenario: "Kalian adalah seorang penjelajah yang menemukan benda/hewan ini. Kalian harus melaporkan penemuan ini kepada tim kalian. Bagaimana cara kalian mendeskripsikannya agar tim kalian bisa memahami apa itu?"

  • Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil (sama seperti Pertemuan 1 atau disesuaikan).

  1. Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar (Problem Exploration):

  • Setiap kelompok diberikan satu "masalah": sebuah gambar benda atau hewan (berbeda untuk setiap kelompok). Mereka diminta untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik, warna, ukuran, bentuk, dan karakteristik unik lainnya.

  • Diferensiasi Konten:

  • Kelompok dengan dukungan lebih: Diberikan gambar benda/hewan yang lebih familiar dan kosakata bantuan yang lebih spesifik.

  • Kelompok standar: Diberikan gambar benda/hewan yang umum dan daftar kosakata umum.

  • Kelompok tantangan: Diberikan gambar benda/hewan yang kurang familiar, atau diminta untuk juga mendeskripsikan suara/tingkah laku hewan/fungsi benda.

  • Diferensiasi Proses:

  • Guru menyediakan objek nyata di kelas (penghapus, pensil, buku, tas, dll.) untuk kelompok yang perlu latihan lebih konkret dalam mendeskripsikan benda.

  • Guru mendorong penggunaan kalimat lengkap dan variasi kosakata.

  1. Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (Solution Generation):

  • Setiap kelompok berdiskusi dan menyusun draf deskripsi benda/hewan. Mereka menggunakan kosakata yang relevan dan struktur kalimat yang tepat.

  • Aktivitas Aktif & Kreatif: Setiap kelompok membuat "teka-teki deskripsi". Mereka menuliskan deskripsi tanpa menyebutkan nama benda/hewan, kemudian kelompok lain akan menebak.

  • Aktivitas Kolaboratif: Guru dapat meminta setiap kelompok untuk membuat mind map atau poster sederhana tentang kosakata deskriptif untuk benda dan hewan.

  1. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Solution Presentation):

  • Setiap kelompok mempresentasikan "teka-teki deskripsi" mereka. Kelompok lain menebak.

  • Guru memberikan umpan balik dan koreksi.

  1. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (Reflection):

  • Guru dan peserta didik merefleksikan tantangan dalam mendeskripsikan benda/hewan. "Apa perbedaan mendeskripsikan orang, benda, dan hewan?"

  • Guru menegaskan kembali struktur kalimat dan kosakata untuk deskripsi benda dan hewan.

  • Penutup (10 menit)

  1. Guru memberikan penguatan materi secara keseluruhan (deskripsi orang, benda, dan hewan).

  2. Guru meminta peserta didik untuk mengisi instrumen refleksi diri tentang pemahaman dan kesulitan mereka.

  3. Guru menyampaikan tugas akhir proyek: "Choose one thing you love most (it can be your favorite person, pet, or object). Describe it in detail in a short paragraph (5-7 sentences)." (Diberi pilihan untuk presentasi lisan atau tulisan, sesuai diferensiasi produk).

  4. Guru menutup pelajaran dengan salam.


Rencana Asesmen

  • Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran):

  • Teknik: Observasi saat pertanyaan pemantik, atau kuis singkat lisan/tertulis berupa mencocokkan gambar dengan kosakata deskriptif sederhana.

  • Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang kosakata dan struktur kalimat deskriptif.

  • Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran):

  • Teknik:

  • Observasi: Pengamatan guru terhadap partisipasi, keaktifan, dan kolaborasi peserta didik dalam diskusi kelompok dan presentasi.

  • Penilaian Diri (Self-Assessment): Peserta didik mengisi lembar refleksi sederhana tentang pemahaman mereka.

  • Umpan Balik Teman Sebaya (Peer Feedback): Saat presentasi kelompok atau aktivitas tebak-tebakan, peserta didik dapat memberikan masukan kepada kelompok lain.

  • Penyelesaian Tugas Kelompok: Penilaian terhadap kelengkapan dan keakuratan deskripsi yang dibuat oleh setiap kelompok.

  • Instrumen: Rubrik observasi, lembar refleksi, checklist penilaian tugas kelompok.

  • Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran):

  • Teknik: Proyek Akhir (Produk)

  • Bentuk: Peserta didik memilih satu hal yang paling mereka sukai (orang, hewan, atau benda) dan mendeskripsikannya dalam sebuah paragraf pendek (5-7 kalimat).

  • Diferensiasi Produk:

  • Peserta didik dapat memilih untuk menyajikan deskripsi ini dalam bentuk:

  • Tulisan: Paragraf deskriptif dengan gambar (untuk siswa dengan kekuatan menulis).

  • Lisan: Presentasi lisan singkat di depan kelas (untuk siswa dengan kekuatan berbicara).

  • Visual/Kreatif: Membuat poster deskriptif dengan gambar dan label (untuk siswa dengan gaya belajar visual/kinestetik).

  • Rubrik Penilaian Proyek Akhir:

  • Kesesuaian Kosakata: Seberapa tepat kosakata yang digunakan untuk mendeskripsikan.

  • Ketepatan Struktur Kalimat: Penggunaan tata bahasa dan struktur kalimat yang benar.

  • Kekayaan Deskripsi: Seberapa detail dan bervariasi deskripsi yang diberikan.

  • Kreativitas (jika relevan): Desain visual atau cara penyampaian yang menarik.


Rencana Diferensiasi

Diferensiasi diterapkan pada Konten, Proses, dan Produk.

  • Diferensiasi Konten:

  • Materi Ajar:

  • Menyediakan daftar kosakata (vocabulary list) dengan tingkatan berbeda (dasar, menengah, lanjutan).

  • Menyediakan contoh teks deskriptif dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

  • Menggunakan gambar-gambar orang, hewan, dan benda yang bervariasi tingkat kesulitannya (misalnya, gambar dengan ciri-ciri sangat jelas vs. gambar yang perlu interpretasi).

  • Dukungan Tambahan:

  • Bagi peserta didik yang kesulitan, disediakan word bank atau sentence starters (e.g., He is..., She has..., It looks like...).

  • Bagi peserta didik yang cepat memahami, diberikan materi pengayaan seperti mendeskripsikan emosi, atau membuat deskripsi komparatif (membandingkan dua objek/orang).

  • Diferensiasi Proses:

  • Pengelompokan: Menggunakan pengelompokan heterogen (campuran kemampuan) untuk mendorong kolaborasi, tetapi juga dapat menggunakan pengelompokan homogen untuk memberikan bimbingan lebih terfokus pada kelompok yang memerlukan dukungan.

  • Peran Guru: Guru berperan sebagai fasilitator yang berkeliling kelas, memberikan bimbingan individual, dan bertanya untuk memprovokasi pemikiran.

  • Pilihan Aktivitas: Memberikan opsi dalam cara mengerjakan tugas dalam kelompok (misalnya, ada yang suka menulis, ada yang suka menggambar, ada yang suka berbicara).

  • Waktu Pengerjaan: Memberikan fleksibilitas waktu bagi kelompok yang membutuhkan lebih banyak waktu atau kelompok yang dapat menyelesaikan lebih cepat.

  • Diferensiasi Produk:

  • Pilihan Keluaran: Memberikan pilihan kepada peserta didik tentang bagaimana mereka ingin menyajikan hasil proyek akhir mereka (tulisan, lisan, atau visual/kreatif) sesuai dengan kekuatan dan minat mereka.

  • Rubrik Berjenjang: Menggunakan rubrik penilaian yang memungkinkan penilaian pada berbagai tingkat pencapaian, mengakui kemajuan individu.


Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman dan memungkinkan mobilitas peserta didik.

  • Papan tulis/Whiteboard dan alat tulis.

  • Proyektor dan layar (opsional, untuk tampilan gambar/video).

  • Komputer/laptop (untuk guru, dan mungkin untuk akses kamus daring jika tersedia).

  • Kamus Bahasa Inggris (cetak atau daring).

  • Alat peraga visual (gambar, kartu kosakata, benda-benda nyata).

  • Alat tulis dan kertas untuk peserta didik.


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Teks Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

  • Kamus Bahasa Inggris (Oxford Learner's Dictionary, Cambridge Dictionary, dll.).

  • Situs web pembelajaran Bahasa Inggris (misalnya, British Council LearnEnglish, ESL Kids World, dll. untuk ide kosakata dan latihan).

  • Video singkat di YouTube tentang deskripsi orang/hewan/benda (misalnya, "Describing people" atau "Describing animals" for kids).

  • Gambar-gambar dari internet atau majalah dengan beragam karakteristik.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

Contoh Lembar Kerja Pertemuan 1: Describing People

Nama:

Kelas:

Bagian A: Melengkapi Deskripsi (Melatih Kosakata)

Lengkapi kalimat deskripsi di bawah ini dengan kata sifat yang paling sesuai dari kotak.

  • (Box: tall, short, friendly, curly, blue, kind, slim, long)

  1. My brother is very ________. He always smiles and talks to everyone.

  2. She has beautiful ________ eyes.

  3. My friend is quite ________; he has a lot of hair on his head.

  4. The new teacher is ________ and always helps students.

  5. My sister is ________, she is not fat.

Bagian B: Mengidentifikasi Ciri-Ciri (Melatih Pemahaman)

Lihatlah gambar di bawah ini. Lingkari kata sifat yang paling tepat untuk mendeskripsikan orang tersebut.

  • (Gambar seorang wanita tua dengan rambut putih pendek dan tersenyum)

  • young / old

  • short hair / long hair

  • happy / sad

Bagian C: Menulis Deskripsi Singkat (Melatih Produksi)

Pilih satu dari dua gambar di bawah ini (atau gambar teman sebangkumu) dan tuliskan 3-4 kalimat untuk mendeskripsikannya. Fokus pada ciri fisik dan kepribadian yang kamu lihat.

  • (Gambar A: Anak laki-laki dengan rambut hitam lurus, memakai kacamata)

  • (Gambar B: Perempuan dengan rambut bergelombang, tinggi, terlihat ceria)

Contoh Lembar Kerja Pertemuan 2: Describing Animals and Objects

Nama:

Kelas:

Bagian A: Mencocokkan Kosakata (Melatih Kosakata)

Tarik garis untuk mencocokkan kata sifat dengan kategori yang tepat.

  • Big, Small, Round, Soft, Fast, Green, Scaly, Heavy, Wild, Plastic

Kategori

Kata Sifat

Ukuran


Bentuk


Warna


Karakteristik Hewan


Bahan/Kondisi Benda


Bagian B: Menulis Deskripsi Teka-Teki (Melatih Kreativitas & Produksi)

Pilih satu benda di kelas atau satu hewan favoritmu. Tuliskan 3-5 kalimat untuk mendeskripsikannya TANPA menyebutkan namanya. Temanmu akan mencoba menebak.

Contoh: It is big. It has four legs. It likes to eat grass. It produces milk. (Answer: Cow)

Bagian C: Tugas Proyek Akhir

(Seperti yang dijelaskan di bagian Rencana Asesmen - Rubrik akan digunakan untuk menilai ini.)


Instrumen Refleksi

Refleksi Peserta Didik

  • Nama:

  • Kelas:

  • Tanggal:

Lingkari angka yang paling sesuai (1 = Sangat Tidak Setuju, 5 = Sangat Setuju)

  1. Saya merasa lebih percaya diri dalam mendeskripsikan ciri-ciri fisik orang. 1 2 3 4 5

  2. Saya merasa lebih percaya diri dalam mendeskripsikan kepribadian orang. 1 2 3 4 5

  3. Saya merasa lebih percaya diri dalam mendeskripsikan benda. 1 2 3 4 5

  4. Saya merasa lebih percaya diri dalam mendeskripsikan hewan. 1 2 3 4 5

  5. Saya memahami kosakata baru yang berkaitan dengan deskripsi. 1 2 3 4 5

  6. Saya memahami cara menggunakan struktur kalimat yang benar saat mendeskripsikan. 1 2 3 4 5

  7. Saya suka bekerja sama dalam kelompok saat belajar materi ini. 1 2 3 4 5

  8. Saya merasa aktif dan kreatif selama proses pembelajaran. 1 2 3 4 5

Apa bagian yang paling sulit bagi saya dalam pelajaran ini?


Apa yang paling saya sukai dari pelajaran ini?


Bagaimana cara saya bisa meningkatkan kemampuan deskripsi saya di masa depan?


Refleksi Guru

  • Materi:

  • Apakah tujuan pembelajaran tercapai?

  • Apakah ada bagian materi yang sulit dipahami oleh peserta didik? Mengapa?

  • Apakah durasi waktu cukup untuk materi ini?

  • Pembelajaran Berdiferensiasi:

  • Apakah diferensiasi konten, proses, dan produk sudah efektif?

  • Bagaimana peserta didik dengan kebutuhan yang berbeda merespons pendekatan ini?

  • Apa yang perlu diubah atau diperbaiki untuk pertemuan selanjutnya?

  • Model PBL:

  • Apakah masalah yang disajikan relevan dan menantang bagi peserta didik?

  • Apakah peserta didik terlibat aktif dalam pemecahan masalah?

  • Bagaimana model PBL membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi?

  • Kegiatan:

  • Apakah kegiatan yang dirancang dapat melatih keaktifan, kreativitas, dan kolaborasi peserta didik?

  • Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan individu dan kelompok?

  • Asesmen:

  • Apakah asesmen yang digunakan mampu mengukur pemahaman peserta didik secara akurat?

  • Apakah rubrik penilaian sudah jelas dan adil?

Semoga modul ajar ini bermanfaat 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process