Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 1 Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks laporan faktual yang dibaca atau didengar
Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning, sesuai Kurikulum Merdeka.
Modul Ajar Bahasa Inggris: Teks Laporan Faktual
Identitas Modul
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan sudah memiliki kemampuan dasar dalam:
Memahami kosakata dasar dalam bahasa Inggris.
Mengenali kalimat sederhana dalam bahasa Inggris.
Mengidentifikasi ide pokok dari teks pendek.
Profil Pelajar Pancasila
Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi dalam teks laporan faktual.
Kreatif: Peserta didik mampu menyajikan informasi dengan cara yang berbeda dan menarik.
Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah.
Mandiri: Peserta didik mampu bertanggung jawab atas proses belajarnya sendiri.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks laporan faktual yang dibaca atau didengar.
Peserta didik mampu memahami informasi umum dan spesifik dari teks laporan faktual yang dibaca atau didengar.
Indikator Keberhasilan
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sosial teks laporan faktual (misalnya: memberikan informasi tentang suatu fenomena secara objektif).
Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian-bagian struktur teks laporan faktual (misalnya: general classification dan description).
Peserta didik dapat mengenali unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan faktual (misalnya: simple present tense, kata benda umum, kata kerja tindakan).
Peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang informasi umum dari teks laporan faktual yang disajikan.
Peserta didik dapat menemukan informasi spesifik dari teks laporan faktual yang disajikan.
Pertanyaan Pemantik
Pernahkah kalian membaca teks yang menjelaskan tentang suatu hal secara mendetail dan objektif, seperti tentang hewan, tumbuhan, atau fenomena alam? Teks jenis apakah itu?
Bagaimana cara kita mengetahui informasi yang akurat tentang suatu topik?
Mengapa penting untuk memahami informasi faktual?
Daftar Perlengkapan Ajar
Proyektor/Infocus
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/kapur
Speaker (jika diperlukan untuk audio)
Laptop/komputer
Ringkasan Materi Ajar
Teks Laporan Faktual (Report Text)
Teks laporan faktual adalah jenis teks yang memberikan informasi tentang sesuatu secara umum dan objektif. Teks ini menggambarkan bagaimana suatu fenomena terjadi atau bagaimana sesuatu terlihat.
Fungsi Sosial:
Memberikan informasi yang objektif tentang suatu subjek (misalnya: hewan, tumbuhan, objek, fenomena alam, dll.).
Mengklasifikasikan dan mendeskripsikan suatu fenomena secara ilmiah.
Struktur Teks (Generic Structure):
General Classification (Klasifikasi Umum): Bagian ini memperkenalkan subjek yang akan dijelaskan dan memberikan klasifikasi umum tentang subjek tersebut. Biasanya berupa definisi atau pernyataan umum.
Description (Deskripsi): Bagian ini menjelaskan subjek secara lebih rinci, termasuk sifat-sifatnya, bagian-bagiannya, kebiasaannya, fungsi-fungsinya, dan hal-hal lain yang relevan secara faktual.
Unsur Kebahasaan (Language Features):
Menggunakan Simple Present Tense (karena menyatakan fakta).
Menggunakan kata benda umum (general nouns) daripada kata benda spesifik (misalnya: "dogs" daripada "my dog").
Menggunakan kata kerja tindakan (action verbs) untuk menjelaskan perilaku atau fungsi.
Menggunakan kata kerja penghubung (relating verbs atau linking verbs) seperti is, are, has, have untuk mendeskripsikan.
Menggunakan istilah teknis atau ilmiah yang relevan dengan topik.
Contoh Topik: Hewan (Panda, Gajah), Tumbuhan (Bunga Matahari, Pohon Mangga), Fenomena Alam (Aurora, Gunung Berapi), Objek (Komputer, Mobil).
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Contoh-contoh teks laporan faktual (cetak/digital) dengan berbagai tingkat kesulitan.
Audio/video klip teks laporan faktual (jika ada).
Kartu kosakata terkait topik teks laporan.
Tabel analisis struktur teks dan unsur kebahasaan.
Rubrik penilaian presentasi/diskusi.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1: Pengenalan Teks Laporan Faktual dan Fungsi Sosial (80 menit)
Pendahuluan (15 menit)
Guru memberikan salam dan melakukan pengecekan kehadiran.
Pertanyaan Pemantik: Guru mengajukan pertanyaan pemantik: "Pernahkah kalian membaca teks yang menjelaskan tentang suatu hal secara mendetail dan objektif, seperti tentang hewan, tumbuhan, atau fenomena alam? Teks jenis apakah itu?"
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti (55 menit)
Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Based Learning - Tahap 1): Guru menunjukkan beberapa gambar atau video singkat tentang objek atau fenomena yang familiar (misalnya: kucing, gunung berapi, proses hujan). Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan fakta-fakta yang mereka ketahui tentang gambar/video tersebut.
Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (Problem Based Learning - Tahap 2):
Guru membagikan beberapa contoh teks laporan faktual pendek dan sederhana (sesuaikan tingkat kesulitan dengan kemampuan awal siswa).
Peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil (4-5 orang).
Setiap kelompok diminta untuk membaca teks dan mendiskusikan: "Apa tujuan utama teks ini ditulis?" dan "Informasi apa saja yang bisa kita dapatkan dari teks ini?"
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Problem Based Learning - Tahap 3):
Peserta didik dalam kelompok mencari kesamaan dan perbedaan dari tujuan teks yang mereka diskusikan.
Guru membimbing diskusi kelompok, mengarahkan mereka pada pemahaman tentang fungsi sosial teks laporan faktual (misalnya: untuk memberikan informasi objektif tentang suatu hal secara umum).
Diferensiasi Proses:
Kelompok dengan dukungan lebih: Diberikan teks yang lebih singkat dan kosakata kunci yang sudah digarisbawahi. Guru memberikan scaffolding lebih intensif.
Kelompok mandiri: Diberikan teks dengan tingkat kesulitan sedang, didorong untuk mencari tahu makna kata sulit secara mandiri.
Kelompok tantangan: Diberikan teks yang sedikit lebih kompleks atau beberapa teks untuk dibandingkan fungsi sosialnya.
Penutup (10 menit)
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi singkat mengenai fungsi sosial teks laporan faktual.
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang fungsi sosial teks laporan faktual.
Guru memberikan penguatan materi dan memberikan tugas rumah untuk mencari contoh teks laporan faktual lain di internet atau buku.
Pertemuan 2: Membedah Struktur Teks Laporan Faktual (80 menit)
Pendahuluan (15 menit)
Guru menyapa peserta didik dan melakukan review singkat tentang fungsi sosial teks laporan faktual dari pertemuan sebelumnya.
Guru mengajukan pertanyaan: "Apakah ada pola tertentu dalam teks laporan faktual?"
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: mengidentifikasi struktur teks laporan faktual.
Kegiatan Inti (55 menit)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Problem Based Learning - Tahap 4):
Guru memberikan teks laporan faktual yang sama atau teks baru yang memiliki struktur jelas.
Peserta didik dalam kelompok diminta untuk mengidentifikasi bagian-bagian teks. Guru memberikan arahan: "Coba tentukan bagian mana yang memperkenalkan subjek secara umum, dan bagian mana yang menjelaskan detailnya."
Guru memperkenalkan konsep General Classification dan Description.
Peserta didik kembali ke kelompok dan mencoba mengidentifikasi kedua bagian tersebut dalam teks yang diberikan.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (Problem Based Learning - Tahap 5):
Setiap kelompok menyiapkan poster mini atau diagram alur untuk menampilkan struktur teks yang mereka temukan.
Aktivitas Kreatif & Kolaboratif: Kelompok dapat menggunakan spidol warna-warni, gambar, atau bentuk-bentuk unik untuk memvisualisasikan struktur teks.
Guru berkeliling, memberikan umpan balik, dan meluruskan konsep yang salah.
Diferensiasi Konten & Proses:
Diferensiasi Konten: Peserta didik yang kesulitan diberikan teks dengan penanda struktur yang lebih jelas (misalnya, diberi warna berbeda pada setiap bagian).
Diferensiasi Proses: Peserta didik yang lebih cepat dapat mencari contoh teks lain dan menganalisis strukturnya, atau membuat ringkasan singkat dari teks yang telah dianalisis.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil analisis struktur teks mereka di depan kelas.
Penutup (10 menit)
Guru memberikan penguatan tentang struktur teks laporan faktual (General Classification dan Description).
Guru memberikan kesempatan untuk bertanya.
Guru menugaskan peserta didik untuk mencari teks laporan faktual lainnya dan mencoba mengidentifikasi strukturnya sebagai latihan.
Pertemuan 3: Mengidentifikasi Unsur Kebahasaan Teks Laporan Faktual (80 menit)
Pendahuluan (15 menit)
Guru menyapa peserta didik dan melakukan review tentang struktur teks laporan faktual.
Guru mengajukan pertanyaan: "Kata-kata dan tata bahasa apa saja yang sering kalian temukan dalam teks laporan faktual?"
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: mengidentifikasi unsur kebahasaan teks laporan faktual.
Kegiatan Inti (55 menit)
Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Based Learning - Tahap 1): Guru menampilkan teks laporan faktual pendek yang sudah diberi highlight beberapa kata kerja atau kata benda. Guru meminta peserta didik untuk menebak jenis kata apa saja itu dan bagaimana kata-kata itu digunakan dalam teks.
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Problem Based Learning - Tahap 3):
Guru menjelaskan unsur-unsur kebahasaan utama teks laporan faktual (Simple Present Tense, general nouns, action verbs, relating verbs). Guru memberikan contoh kalimat untuk setiap unsur.
Peserta didik dalam kelompok menerima lembar kerja yang berisi potongan teks laporan faktual.
Aktivitas Aktif & Kolaboratif: Peserta didik diminta untuk bekerja sama mencari dan mengidentifikasi unsur kebahasaan yang telah dijelaskan dalam teks, lalu menggarisbawahi atau mewarnai kata-kata tersebut sesuai kategorinya.
Diferensiasi Proses:
Kelompok dengan dukungan lebih: Disediakan daftar kosakata general nouns dan action verbs yang mungkin muncul, serta contoh kalimat simple present tense.
Kelompok mandiri: Diberikan teks dengan kesulitan sedang dan diminta untuk mengidentifikasi sendiri.
Kelompok tantangan: Diberikan teks dengan unsur kebahasaan yang lebih bervariasi atau diminta untuk mengidentifikasi juga adjectives atau adverbs yang digunakan.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil identifikasi unsur kebahasaan mereka di depan kelas. Guru memberikan umpan balik dan klarifikasi.
Penutup (10 menit)
Guru memberikan penguatan tentang unsur-unsur kebahasaan teks laporan faktual.
Guru memberikan kuis singkat atau teka-teki silang terkait kosakata dan tata bahasa yang sudah dipelajari.
Guru menugaskan peserta didik untuk mulai mengumpulkan ide-ide tentang topik laporan faktual yang mereka minati.
Pertemuan 4: Memahami Informasi Umum dari Teks Laporan Faktual (80 menit)
Pendahuluan (15 menit)
Guru menyapa peserta didik dan melakukan review singkat tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks laporan faktual.
Guru mengajukan pertanyaan: "Setelah membaca teks laporan faktual, informasi penting apa yang biasanya kalian ingat?"
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: memahami informasi umum dari teks laporan faktual yang dibaca atau didengar.
Kegiatan Inti (55 menit)
Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Based Learning - Tahap 1): Guru memutarkan audio atau menampilkan video singkat tentang laporan faktual (misalnya: dokumenter pendek tentang hewan langka atau fenomena alam). Guru meminta peserta didik untuk mencatat kata kunci yang mereka dengar atau lihat.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Problem Based Learning - Tahap 4):
Guru membagikan teks laporan faktual baru (cetak atau ditampilkan di proyektor).
Aktivitas Aktif, Kreatif & Kolaboratif: Peserta didik dalam kelompok diminta untuk membaca teks (atau mendengarkan audio/menonton video) dan membuat mind map atau infographic sederhana yang berisi informasi umum dari teks tersebut. Mereka harus fokus pada ide pokok dan fakta-fakta penting.
Diferensiasi Produk:
Peserta didik dengan preferensi visual/spasial: Dapat membuat mind map atau infographic.
Peserta didik dengan preferensi verbal/linguistik: Dapat membuat ringkasan tertulis atau daftar poin-poin penting.
Peserta didik dengan dukungan lebih: Diberikan template mind map atau checklist pertanyaan panduan untuk membantu menemukan informasi umum.
Peserta didik tantangan: Diminta untuk mengidentifikasi tidak hanya informasi umum tetapi juga menyimpulkan pesan keseluruhan atau implikasi dari teks.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (Problem Based Learning - Tahap 5):
Setiap kelompok mempresentasikan mind map atau infographic mereka di depan kelas.
Guru dan peserta didik lainnya memberikan umpan balik dan membandingkan pemahaman informasi yang didapat.
Guru meluruskan miskonsepsi dan memberikan penguatan tentang cara menemukan informasi umum.
Penutup (10 menit)
Guru merangkum kembali seluruh materi tentang teks laporan faktual (fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan, dan cara memahami informasi umum).
Guru memberikan tugas mandiri untuk mencari dan menganalisis teks laporan faktual lainnya, kemudian membuat ringkasan informasinya.
Guru menutup pelajaran dengan motivasi.
Rencana Asesmen
Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Non-kognitif: Melalui observasi, kuesioner singkat, atau diskusi awal, guru dapat menanyakan minat belajar siswa, gaya belajar, dan kesiapan belajar.
Kognitif: Tes singkat daring atau tertulis untuk mengidentifikasi pengetahuan awal siswa tentang kosakata deskriptif, simple present tense, atau kemampuan memahami ide pokok teks pendek.
Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)
Observasi: Mengamati keaktifan, partisipasi dalam diskusi kelompok, dan kolaborasi.
Presentasi Kelompok: Menilai kemampuan kelompok dalam mengidentifikasi dan menyajikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks.
Lembar Kerja: Penilaian hasil identifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada lembar kerja individu atau kelompok.
Kuis Singkat: Untuk mengecek pemahaman kosakata dan tata bahasa secara cepat.
Mind Map / Infographic: Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menyajikan informasi umum dari teks.
Umpan Balik Diri dan Antar Teman: Melalui instrumen refleksi sederhana yang disediakan.
Asesmen Sumatif (Akhir Bab/Unit)
Tes Tertulis:
Pilihan Ganda: Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks laporan faktual.
Esai Pendek/Menjodohkan: Menjawab pertanyaan pemahaman tentang informasi umum dan spesifik dari teks laporan faktual yang disajikan.
Proyek: Peserta didik secara individu atau kelompok diminta untuk memilih satu topik (misalnya: hewan, tumbuhan, objek) yang mereka minati, mencari informasi faktual, dan membuat outline atau draf singkat teks laporan faktual berdasarkan struktur yang sudah dipelajari. (Ini bisa menjadi tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya).
Rencana Diferensiasi
Diferensiasi Konten
Penyediaan Teks Berjenjang: Menyediakan teks laporan faktual dengan tingkat kesulitan yang bervariasi (kosakata, kompleksitas kalimat, panjang teks) sesuai dengan level kemampuan membaca peserta didik (berdasarkan hasil asesmen diagnostik).
Materi Tambahan/Pengayaan: Bagi peserta didik yang sudah mahir, dapat diberikan teks yang lebih kompleks, video dokumenter yang lebih panjang, atau diminta menganalisis lebih dari satu teks.
Dukungan Visual/Audio: Bagi peserta didik dengan gaya belajar visual/auditori, materi dilengkapi dengan gambar, video, atau rekaman audio.
Diferensiasi Proses
Kelompok Belajar Heterogen: Membentuk kelompok yang beragam kemampuan agar peserta didik dapat saling membantu.
Scaffolding Bervariasi:
Dukungan Penuh: Untuk peserta didik yang membutuhkan, guru memberikan panduan langkah demi langkah, checklist, atau kartu petunjuk yang lebih rinci.
Dukungan Sedang: Peserta didik diberikan sedikit arahan, namun didorong untuk mencari solusi secara mandiri.
Dukungan Minimal/Mandiri: Peserta didik yang mampu diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi dan menyelesaikan tugas dengan sedikit intervensi guru.
Waktu Fleksibel: Memberikan kelonggaran waktu bagi peserta didik yang membutuhkan waktu lebih untuk memahami konsep atau menyelesaikan tugas.
Metode Penjelasan: Menggunakan berbagai cara dalam menjelaskan materi (visual, lisan, demonstrasi, contoh nyata).
Diferensiasi Produk
Pilihan Produk Akhir: Memberikan pilihan kepada peserta didik bagaimana mereka akan menunjukkan pemahaman mereka (misalnya: membuat mind map, ringkasan tertulis, presentasi lisan, diagram, poster).
Rubrik Penilaian yang Jelas: Menyediakan rubrik yang transparan agar peserta didik memahami ekspektasi dan kriteria penilaian.
Sarana dan Prasarana
Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman, cukup luas untuk aktivitas kelompok.
Teknologi: Proyektor, laptop, sound system (jika diperlukan untuk materi audio/video), akses internet.
Alat Tulis: Papan tulis, spidol/kapur, kertas HVS, alat tulis pribadi peserta didik.
Materi Cetak: Lembar kerja, contoh teks laporan faktual, kartu kosakata.
Bahan Kreatif: Kertas warna-warni, spidol warna, sticky notes (untuk aktivitas kreatif seperti mind mapping).
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Teks Bahasa Inggris Kelas VIII Kurikulum Merdeka.
Website edukasi: National Geographic Kids, BBC Bitesize, Britannica Kids (untuk contoh teks laporan faktual).
Video edukasi: YouTube (saluran edukasi yang relevan dengan topik laporan faktual).
Kamus Bahasa Inggris (cetak atau online).
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
(Contoh Lembar Kerja - Akan Dilampirkan Terpisah dalam Modul Lengkap)
Contoh Lembar Kerja Pertemuan 2: Analisis Struktur Teks
Nama:
Kelas:
Petunjuk: Baca teks laporan faktual di bawah ini. Garis bawahi kalimat yang termasuk General Classification dengan warna biru dan kalimat yang termasuk Description dengan warna hijau.
Teks Laporan Faktual: "Pandas"
Pandas are large, furry mammals native to south-central China. They are easily recognized by their distinctive black and white coats. Pandas are members of the bear family. (General Classification)
They typically live in mountainous regions, often at high altitudes. Their diet consists almost entirely of bamboo, though they occasionally eat other grasses, wild flowers, and even small rodents. Adult pandas can weigh up to 150 kilograms. They spend most of their day eating, often consuming 12-38 kilograms of bamboo daily. Pandas are solitary animals, communicating through calls and scent marking. Female pandas usually give birth to one or two cubs at a time. (Description)
Contoh Lembar Asesmen Formatif: Pemahaman Informasi Umum
Nama:
Kelas:
Petunjuk: Dengarkan/baca teks laporan faktual tentang "The Water Cycle". Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Apa topik utama dari teks laporan ini?
Secara umum, apa yang dijelaskan oleh teks ini?
Sebutkan dua tahapan utama dalam siklus air yang disebutkan dalam teks.
Instrumen Refleksi
Refleksi Guru
Apakah tujuan pembelajaran tercapai sepenuhnya? Jika tidak, bagian mana yang perlu diperbaiki?
Apakah pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berjalan efektif? Apa tantangannya?
Bagaimana partisipasi peserta didik dalam kegiatan kelompok? Apakah semua anggota aktif?
Apakah model Problem-Based Learning membantu peserta didik berpikir kritis?
Materi atau aktivitas apa yang paling diminati oleh peserta didik?
Apa yang akan saya ubah atau tingkatkan pada pembelajaran selanjutnya?
Refleksi Peserta Didik
Apa yang paling kalian pelajari hari ini tentang teks laporan faktual?
Bagian mana dari materi ini yang paling sulit kalian pahami? Mengapa?
Aktivitas apa yang paling kalian sukai dalam pembelajaran ini?
Apakah kalian merasa aktif dan kreatif dalam kelompok? Mengapa?
Apa yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan pemahaman kalian di pelajaran selanjutnya?
Semoga modul ajar ini bermanfaat
Komentar
Posting Komentar