Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 1 Mengidentifikasi tujuan teks pengumuman dan iklan sederhana.
Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning (PBL). Modul ini akan fokus pada teks pengumuman dan iklan, serta dirancang untuk 4 kali pertemuan (80 menit per pertemuan) agar peserta didik aktif, kreatif, dan kolaboratif.
Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8: Pengumuman dan Iklan
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Ajaran: 2024/2025
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase: D
Kelas: VIII (Delapan)
Semester: 1 (Satu)
Materi Pokok: Pengumuman (Announcement) dan Iklan (Advertisement) Sederhana
Alokasi Waktu: 4 Pertemuan x 80 menit (Total 320 menit)
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)
Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan telah memiliki kemampuan dasar:
Memahami kosakata dasar bahasa Inggris.
Mampu membaca teks pendek dalam bahasa Inggris.
Mampu memahami instruksi sederhana dalam bahasa Inggris.
Mampu menulis kalimat sederhana dalam bahasa Inggris.
Profil Pelajar Pancasila
Dalam pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang akan dikembangkan adalah:
Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi dalam teks pengumuman dan iklan, serta merumuskan pertanyaan dan solusi.
Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dalam membuat pengumuman atau iklan sederhana.
Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk.
Mandiri: Peserta didik mampu menunjukkan inisiatif dan tanggung jawab dalam proses belajar dan menyelesaikan tugas.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
Mengidentifikasi tujuan teks pengumuman dan iklan sederhana.
Mengidentifikasi informasi penting dalam teks pengumuman dan iklan sederhana.
Mengidentifikasi fitur kebahasaan (language features) teks pengumuman dan iklan sederhana.
Menyusun pengumuman sederhana sesuai konteks.
Menyusun iklan sederhana sesuai konteks.
Indikator Keberhasilan
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan dari sebuah pengumuman/iklan.
Peserta didik dapat menemukan setidaknya 3 informasi penting dari sebuah pengumuman/iklan yang diberikan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi setidaknya 2 fitur kebahasaan dalam pengumuman/iklan (contoh: penggunaan kata kerja perintah, waktu, tempat, harga).
Peserta didik dapat menulis pengumuman sederhana dengan struktur yang tepat dan informasi yang jelas.
Peserta didik dapat menulis iklan sederhana dengan informasi produk/jasa yang jelas dan kalimat persuasif.
Pertanyaan Pemantik
"Pernahkah kalian melihat atau mendengar pengumuman di sekolah atau tempat umum? Kira-kira, apa tujuan dari pengumuman itu?"
"Di mana kalian biasa melihat iklan? Apa saja yang biasanya diiklankan? Menurut kalian, mengapa orang membuat iklan?"
"Apakah pengumuman dan iklan itu sama? Apa perbedaannya?"
"Jika kalian ingin memberitahukan sesuatu yang penting kepada teman-teman satu sekolah, kira-kira bentuk pengumuman seperti apa yang akan kalian buat?"
Daftar Perlengkapan Ajar
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/pen
Proyektor (opsional)
Komputer/Laptop
Speaker (opsional, untuk audio)
Kartu kata (word cards)
Lembar kerja peserta didik (LKPD)
Contoh-contoh teks pengumuman (cetak/digital)
Contoh-contoh teks iklan (cetak/digital)
Kertas HVS/karton
Alat tulis dan pewarna (spidol, pensil warna, krayon)
Gunting dan lem (opsional, untuk proyek kolase iklan)
Ringkasan Materi Ajar
Announcement (Pengumuman)
Definition: A public statement that informs people about something. (Pernyataan publik yang memberitahukan sesuatu kepada orang lain.)
Purpose: To inform the public about an event, a change, or a new rule/policy. (Untuk menginformasikan publik tentang suatu acara, perubahan, atau peraturan/kebijakan baru.)
Generic Structure:
Title/Type of Announcement: What is the announcement about? (Judul/Jenis pengumuman: Tentang apa pengumuman itu?)
Date & Time: When will it happen? (Tanggal & Waktu: Kapan akan terjadi?)
Place/Location: Where will it happen? (Tempat/Lokasi: Di mana akan terjadi?)
Receiver/Target Audience: Who is it for? (Penerima/Target audiens: Untuk siapa?)
Sender: Who makes the announcement? (Pengirim: Siapa yang membuat pengumuman?)
Contact Person/Information: How can people get more information? (Kontak/Informasi: Bagaimana orang bisa mendapatkan informasi lebih lanjut?)
Language Features:
Simple Present Tense or Simple Future Tense.
Clear and concise language.
Often uses imperative verbs (e.g., "Please come," "Be present").
Advertisement (Iklan)
Definition: A public notice or announcement promoting a product, service, or event. (Pemberitahuan atau pengumuman publik yang mempromosikan produk, layanan, atau acara.)
Purpose: To persuade people to buy a product, use a service, or attend an event. (Untuk membujuk orang membeli produk, menggunakan layanan, atau menghadiri suatu acara.)
Generic Structure:
Product/Service Name: What is being advertised? (Nama produk/layanan: Apa yang diiklankan?)
Headline/Catchy Phrase: To attract attention. (Judul/Frasa menarik: Untuk menarik perhatian.)
Description/Benefits: What are its features and advantages? (Deskripsi/Manfaat: Apa fitur dan keunggulannya?)
Contact Information: How to get it? (Informasi kontak: Bagaimana cara mendapatkannya?)
Call to Action: What should people do? (Ajakan bertindak: Apa yang harus dilakukan orang?)
Language Features:
Persuasive words (e.g., "new," "amazing," "limited offer," "free").
Catchy slogans.
Imperative verbs (e.g., "Buy now!", "Visit us!").
Often uses evocative language and imagery.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Contoh teks pengumuman dari sekolah (misal: lomba, kegiatan ekstrakurikuler, libur).
Contoh teks pengumuman dari tempat umum (misal: pengumuman kereta, pengumuman di pusat perbelanjaan).
Contoh teks iklan produk (makanan, minuman, pakaian, gadget).
Contoh teks iklan jasa (les privat, kursus, bengkel).
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk setiap pertemuan.
Rubrik penilaian untuk analisis teks dan pembuatan produk.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1: Mengenali Pengumuman (Announcement)
Tujuan: Peserta didik mampu mengidentifikasi tujuan, informasi penting, dan fitur kebahasaan dalam teks pengumuman.
Kegiatan Pembuka (10 menit)
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran.
Pertanyaan Pemantik: "Pernahkah kalian melihat atau mendengar pengumuman di sekolah atau tempat umum? Kira-kira, apa tujuan dari pengumuman itu?" (Melatih Bernalar Kritis dan mengaktifkan pengetahuan awal).
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulus (Pemberian Masalah) - Diferensiasi Konten:
Guru menayangkan beberapa contoh teks pengumuman sederhana (bisa dari sekolah, atau pengumuman umum seperti "Lost and Found").
Kelompok A (Visual): Menampilkan pengumuman dalam bentuk poster/gambar.
Kelompok B (Auditori): Menyiapkan pengumuman dalam bentuk audio (rekaman suara).
Kelompok C (Pembaca): Menyiapkan pengumuman dalam bentuk teks tertulis.
Peserta didik diminta mengamati contoh-contoh tersebut.
Problem Statement (Identifikasi Masalah) - Kolaboratif:
Secara berpasangan atau kelompok kecil (2-3 orang), peserta didik mendiskusikan pertanyaan: "Apa saja informasi yang kalian dapatkan dari pengumuman-pengumuman ini? Mengapa pengumuman ini dibuat?"
Guru membimbing diskusi, mendorong pertanyaan lebih lanjut tentang tujuan dan isi pengumuman.
Data Collection (Pengumpulan Data) - Berdiferensiasi Proses:
Guru membagikan LKPD 1 yang berisi beberapa teks pengumuman berbeda.
Diferensiasi Level Kesulitan:
Teks 1 (Dasar): Pengumuman sangat sederhana, informasi jelas, kosakata familiar.
Teks 2 (Menengah): Pengumuman sedikit lebih kompleks, ada beberapa kosakata baru.
Teks 3 (Tantangan): Pengumuman lebih panjang, informasi tersirat, kosakata lebih bervariasi.
Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk mengidentifikasi:
Tujuan pengumuman.
Informasi penting (siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana).
Fitur kebahasaan yang ditemukan (contoh: "Please come," "Will be held").
Guru berkeliling, memberikan bimbingan dan pertanyaan pancingan.
Data Processing & Verification (Pengolahan Data & Verifikasi) - Kolaboratif & Kreatif:
Setiap kelompok memilih satu pengumuman dari LKPD dan mempresentasikannya di depan kelas. Mereka menjelaskan tujuan, informasi penting, dan fitur kebahasaan yang ditemukan.
Kelompok lain dapat memberikan masukan atau pertanyaan.
Guru mengoreksi dan melengkapi jawaban, serta menekankan struktur umum pengumuman.
Generalization (Perumusan Kesimpulan):
Bersama-sama, peserta didik dan guru merumuskan kesimpulan tentang definisi, tujuan, struktur, dan fitur kebahasaan teks pengumuman.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru meminta peserta didik merefleksikan pembelajaran hari ini.
Guru memberikan penguatan materi dan memberikan tugas singkat untuk mencari contoh pengumuman di lingkungan sekitar.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2: Mengenali Iklan (Advertisement)
Tujuan: Peserta didik mampu mengidentifikasi tujuan, informasi penting, dan fitur kebahasaan dalam teks iklan.
Kegiatan Pembuka (10 menit)
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran.
Pertanyaan Pemantik: "Di mana kalian biasa melihat iklan? Apa saja yang biasanya diiklankan? Menurut kalian, mengapa orang membuat iklan?" (Melatih Bernalar Kritis dan mengaktifkan pengetahuan awal).
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulus (Pemberian Masalah) - Diferensiasi Konten:
Guru menayangkan beberapa contoh teks iklan sederhana (bisa berupa gambar produk, poster, atau tulisan pendek).
Kelompok A (Visual): Menampilkan iklan dalam bentuk poster/gambar produk.
Kelompok B (Auditori): Menampilkan iklan dalam bentuk jingle/iklan radio pendek.
Kelompok C (Pembaca): Menampilkan iklan dalam bentuk teks deskripsi produk.
Peserta didik diminta mengamati contoh-contoh tersebut.
Problem Statement (Identifikasi Masalah) - Kolaboratif:
Secara berpasangan atau kelompok kecil (2-3 orang), peserta didik mendiskusikan pertanyaan: "Informasi apa saja yang kalian dapatkan dari iklan-iklan ini? Apa yang membuat kalian tertarik pada iklan tersebut? Apa tujuan pembuat iklan?"
Guru membimbing diskusi, mendorong pertanyaan lebih lanjut tentang tujuan dan elemen iklan.
Data Collection (Pengumpulan Data) - Berdiferensiasi Proses:
Guru membagikan LKPD 2 yang berisi beberapa teks iklan berbeda.
Diferensiasi Level Kesulitan:
Teks 1 (Dasar): Iklan produk sederhana, bahasa lugas, informasi jelas.
Teks 2 (Menengah): Iklan jasa/produk sedikit lebih kompleks, ada kalimat persuasif.
Teks 3 (Tantangan): Iklan dengan bahasa yang lebih menarik, mungkin ada unsur humor/majas.
Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk mengidentifikasi:
Tujuan iklan.
Informasi penting (nama produk/jasa, keunggulan, harga, kontak).
Fitur kebahasaan yang ditemukan (contoh: "Buy now!", "Limited offer", kata-kata sifat menarik).
Guru berkeliling, memberikan bimbingan dan pertanyaan pancingan.
Data Processing & Verification (Pengolahan Data & Verifikasi) - Kolaboratif & Kreatif:
Setiap kelompok memilih satu iklan dari LKPD dan mempresentasikannya di depan kelas. Mereka menjelaskan tujuan, informasi penting, dan fitur kebahasaan yang ditemukan.
Kelompok lain dapat memberikan masukan atau pertanyaan.
Guru mengoreksi dan melengkapi jawaban, serta menekankan struktur umum iklan.
Generalization (Perumusan Kesimpulan):
Bersama-sama, peserta didik dan guru merumuskan kesimpulan tentang definisi, tujuan, struktur, dan fitur kebahasaan teks iklan.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru meminta peserta didik merefleksikan pembelajaran hari ini.
Guru memberikan penguatan materi dan memberikan tugas singkat untuk mencari contoh iklan di majalah/koran/internet.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3: Membuat Pengumuman Sederhana
Tujuan: Peserta didik mampu menyusun pengumuman sederhana sesuai konteks.
Kegiatan Pembuka (10 menit)
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran.
Pertanyaan Pemantik: "Jika kalian ingin memberitahukan sesuatu yang penting kepada teman-teman satu sekolah, kira-kira bentuk pengumuman seperti apa yang akan kalian buat?" (Melatih Kreatif dan mengaplikasikan pengetahuan).
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru mengingatkan kembali struktur dan fitur kebahasaan pengumuman.
Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulus (Pemberian Masalah) - Kolaboratif:
Guru memberikan beberapa skenario yang membutuhkan pengumuman (contoh: "Sekolah akan mengadakan lomba kebersihan kelas," "Akan ada kegiatan kerja bakti," "Ujian akan dimajukan").
Peserta didik diminta memilih salah satu skenario atau membuat skenario sendiri.
Problem Statement (Identifikasi Masalah) - Mandiri & Berpikir Kritis:
Peserta didik secara individu atau berpasangan, merumuskan: "Informasi apa saja yang harus ada dalam pengumuman ini agar semua orang paham? Bagaimana cara menyampaikan pesan agar mudah dimengerti?"
Data Collection (Pengumpulan Data) - Berdiferensiasi Proses:
Guru membagikan LKPD 3 yang berisi panduan membuat pengumuman.
Peserta didik diminta merencanakan pengumuman mereka.
Diferensiasi Produk (sesuai minat/kemampuan):
Opsi 1 (Teks Tertulis): Membuat pengumuman dalam bentuk teks di kertas.
Opsi 2 (Poster Digital Sederhana): Membuat pengumuman menggunakan aplikasi desain sederhana (misal: Canva Basic, Google Slides) di perangkat yang tersedia (jika memungkinkan).
Opsi 3 (Naskah Audio): Menulis naskah pengumuman yang akan dibacakan di pengeras suara sekolah.
Data Processing & Verification (Pengolahan Data & Verifikasi) - Kreatif & Mandiri:
Peserta didik mulai menyusun draf pengumuman mereka.
Guru berkeliling, memberikan umpan balik individual atau kelompok:
"Apakah tujuannya sudah jelas?"
"Apakah semua informasi penting sudah tercantum?"
"Apakah bahasanya sudah tepat dan mudah dipahami?"
"Apakah ada kata-kata persuasif yang bisa ditambahkan (jika relevan)?"
Peserta didik memperbaiki draf berdasarkan masukan.
Generalization (Perumusan Kesimpulan) - Kolaboratif:
Beberapa peserta didik/kelompok mempresentasikan pengumuman yang telah mereka buat.
Peserta didik lain memberikan apresiasi dan masukan konstruktif.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru meminta peserta didik merefleksikan proses pembuatan pengumuman.
Guru memberikan penguatan tentang pentingnya kejelasan dan kelengkapan informasi dalam pengumuman.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 4: Membuat Iklan Sederhana
Tujuan: Peserta didik mampu menyusun iklan sederhana sesuai konteks.
Kegiatan Pembuka (10 menit)
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran.
Pertanyaan Pemantik: "Apakah pengumuman dan iklan itu sama? Apa perbedaannya? Jika kalian punya produk atau jasa yang ingin ditawarkan, bagaimana kalian akan mengiklankannya?" (Melatih Bernalar Kritis dan mengaplikasikan pengetahuan).
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru mengingatkan kembali struktur dan fitur kebahasaan iklan.
Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulus (Pemberian Masalah) - Kolaboratif:
Guru memberikan beberapa skenario yang membutuhkan iklan (contoh: "Jual pensil warna bekas layak pakai," "Jasa bimbingan belajar," "Kantin sekolah menjual menu baru").
Peserta didik diminta memilih salah satu skenario atau membuat skenario produk/jasa sendiri.
Problem Statement (Identifikasi Masalah) - Mandiri & Berpikir Kritis:
Peserta didik secara individu atau berpasangan, merumuskan: "Informasi apa saja yang harus ada dalam iklan ini agar menarik perhatian orang? Bagaimana cara membujuk orang untuk membeli/menggunakan produk/jasa ini?"
Data Collection (Pengumpulan Data) - Berdiferensiasi Proses:
Guru membagikan LKPD 4 yang berisi panduan membuat iklan.
Peserta didik diminta merencanakan iklan mereka.
Diferensiasi Produk (sesuai minat/kemampuan):
Opsi 1 (Teks Tertulis): Membuat iklan dalam bentuk teks di kertas.
Opsi 2 (Poster Sederhana/Sketsa): Membuat iklan dalam bentuk poster (gambar dan tulisan) di kertas atau sketsa di papan tulis.
Opsi 3 (Slogan/Jingle Pendek): Membuat slogan dan jingle singkat untuk iklan tersebut (jika ada waktu, bisa diperagakan).
Data Processing & Verification (Pengolahan Data & Verifikasi) - Kreatif & Mandiri:
Peserta didik mulai menyusun draf iklan mereka.
Guru berkeliling, memberikan umpan balik individual atau kelompok:
"Apakah nama produk/jasa sudah jelas?"
"Apakah keunggulannya sudah menonjol?"
"Apakah ada ajakan bertindak yang kuat?"
"Apakah bahasanya sudah persuasif?"
Peserta didik memperbaiki draf berdasarkan masukan.
Generalization (Perumusan Kesimpulan) - Kolaboratif:
Beberapa peserta didik/kelompok mempresentasikan iklan yang telah mereka buat.
Peserta didik lain memberikan apresiasi dan masukan konstruktif.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru meminta peserta didik merefleksikan proses pembuatan iklan dan perbedaan antara pengumuman dan iklan.
Guru memberikan penguatan tentang kekuatan persuasi dalam iklan.
Guru dan peserta didik merangkum pembelajaran dari keseluruhan modul.
Rencana Asesmen
1. Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Bentuk: Observasi dan pertanyaan lisan singkat di awal pertemuan 1 (pertanyaan pemantik).
Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang pengumuman dan iklan, serta minat belajar mereka.
2. Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)
Bentuk:
Observasi: Pengamatan keaktifan peserta didik dalam diskusi kelompok, partisipasi dalam tanya jawab, dan kolaborasi.
Penilaian Diri/Teman Sebaya: Peserta didik mengisi lembar refleksi singkat atau memberikan umpan balik kepada teman selama presentasi.
Performa: Penilaian saat peserta didik mengidentifikasi informasi penting dan fitur kebahasaan dari contoh teks pengumuman/iklan (melalui LKPD 1 & 2).
Produk: Penilaian draf pengumuman dan iklan yang dibuat peserta didik (melalui LKPD 3 & 4).
Tujuan: Memantau pemahaman peserta didik, memberikan umpan balik langsung, dan menyesuaikan strategi pembelajaran.
3. Asesmen Sumatif (Akhir Pembelajaran)
Bentuk:
Tes Tertulis: Soal esai singkat atau pilihan ganda untuk menguji kemampuan mengidentifikasi tujuan, informasi penting, dan fitur kebahasaan pengumuman/iklan.
Proyek Individu/Kelompok: Membuat satu pengumuman atau satu iklan (bisa dipilih salah satu sesuai konteks dan minat siswa) dengan kriteria yang jelas.
Tujuan: Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan.
Contoh Rubrik Penilaian Proyek (Membuat Pengumuman/Iklan):
Rencana Diferensiasi
1. Diferensiasi Konten:
Sumber Materi: Menyediakan beragam contoh pengumuman dan iklan (visual, audio, teks) untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda (visual, auditori, kinestetik/pembaca).
Tingkat Kesulitan Teks: Menyiapkan teks pengumuman/iklan dengan tingkat kesulitan kosakata dan struktur kalimat yang bervariasi dalam LKPD, sehingga peserta didik dapat memilih atau diarahkan ke teks yang sesuai dengan level mereka.
2. Diferensiasi Proses:
Pendampingan Guru: Memberikan scaffolding (bimbingan terstruktur) lebih banyak kepada peserta didik yang membutuhkan, misalnya dengan menyediakan kalimat pembuka, daftar kosakata, atau pertanyaan panduan.
Waktu Pengerjaan: Memberikan fleksibilitas waktu bagi peserta didik yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami konsep atau menyelesaikan tugas.
Kelompok Belajar: Membentuk kelompok belajar heterogen (campuran kemampuan) untuk mendorong tutor sebaya dan kolaborasi, serta kelompok homogen untuk memberikan tantangan lebih kepada peserta didik yang cepat memahami.
Alat Bantu: Menyediakan kamus, glosarium mini, atau akses ke kamus daring bagi peserta didik yang kesulitan dengan kosakata.
3. Diferensiasi Produk:
Pilihan Format Produk: Peserta didik diberi pilihan dalam menyajikan hasil karya mereka (misal: pengumuman/iklan dalam bentuk teks tertulis, poster manual/digital, sketsa, naskah audio, atau bahkan presentasi lisan).
Tingkat Kerumitan Produk: Memberikan kebebasan pada peserta didik yang memiliki kemampuan lebih untuk membuat pengumuman/iklan dengan detail lebih kompleks, bahasa yang lebih persuasif, atau desain yang lebih kreatif. Sementara itu, peserta didik yang masih membutuhkan bantuan dapat fokus pada pemenuhan struktur dasar dan informasi penting.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman.
Papan tulis/whiteboard dan spidol.
Proyektor dan layar (jika tersedia).
Komputer/laptop dengan koneksi internet (jika memungkinkan).
Speaker (untuk memutar audio contoh iklan/pengumuman).
Buku teks Bahasa Inggris Kelas 8.
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Kertas HVS/karton, alat tulis, pensil warna/spidol warna, gunting, lem.
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku Bahasa Inggris: English for Nusantara Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Contoh-contoh pengumuman dan iklan dari berbagai sumber (koran, majalah, internet, lingkungan sekitar).
Video tutorial tentang cara membuat pengumuman atau iklan sederhana (YouTube).
Situs web dengan contoh teks pengumuman/iklan dalam bahasa Inggris (misal: situs berita, blog pendidikan).
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
LKPD 1: Mengidentifikasi Pengumuman
Berisi 3-4 contoh teks pengumuman dengan tingkat kesulitan yang berbeda.
Instruksi: Baca pengumuman di bawah ini, kemudian lengkapi tabel:
Purpose (Tujuan):
Important Information (Informasi Penting): (Who, What, When, Where, Why, How)
Language Features (Fitur Kebahasaan): (Contoh kata/frasa yang ditemukan)
LKPD 2: Mengidentifikasi Iklan
Berisi 3-4 contoh teks iklan dengan tingkat kesulitan yang berbeda (produk/jasa).
Instruksi: Baca iklan di bawah ini, kemudian lengkapi tabel:
Purpose (Tujuan):
Important Information (Informasi Penting): (Product/Service, Benefits, Contact)
Language Features (Fitur Kebahasaan): (Contoh kata/frasa persuasif yang ditemukan)
LKPD 3: Membuat Pengumuman
Instruksi: Pilih satu skenario (atau buat skenario sendiri) dan buatlah sebuah pengumuman sederhana. Pastikan pengumumanmu memiliki tujuan yang jelas, informasi yang lengkap, dan bahasa yang mudah dipahami.
Skenario 1: Pengumuman lomba kebersihan kelas.
Skenario 2: Pengumuman kegiatan penggalangan dana.
Skenario 3: Pengumuman barang hilang/ditemukan.
Sertakan rubrik penilaian mandiri.
LKPD 4: Membuat Iklan
Instruksi: Pilih satu skenario (atau buat skenario sendiri) dan buatlah sebuah iklan sederhana. Pastikan iklanmu menarik perhatian, menjelaskan produk/jasa dengan baik, dan membujuk orang untuk membeli/menggunakan.
Skenario 1: Iklan jual beli buku bekas.
Skenario 2: Iklan jasa les privat.
Skenario 3: Iklan makanan/minuman baru di kantin.
Sertakan rubrik penilaian mandiri.
Instrumen Refleksi
Refleksi Peserta Didik (dapat diisi di akhir setiap pertemuan atau di akhir keseluruhan materi):
Apa hal baru yang saya pelajari hari ini?
Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling saya pahami?
Bagian mana yang masih membuat saya bingung atau perlu dipelajari lagi?
Apa yang akan saya lakukan untuk memahami bagian yang masih membingungkan?
Bagaimana perasaan saya selama mengikuti pembelajaran hari ini? (Senang, tertantang, biasa saja, bingung, dll.)
Saya merasa aktif/kreatif/kolaboratif saat melakukan kegiatan... (berikan contoh).
Refleksi Guru (setelah setiap pertemuan):
Apakah tujuan pembelajaran tercapai?
Bagian mana dari pembelajaran yang berjalan dengan baik? Mengapa?
Bagian mana dari pembelajaran yang perlu perbaikan? Mengapa?
Bagaimana respons peserta didik terhadap materi dan aktivitas?
Apakah ada peserta didik yang membutuhkan perhatian atau bantuan khusus?
Apakah diferensiasi yang diterapkan sudah efektif? Apa yang perlu disesuaikan di pertemuan berikutnya?
Semoga modul ajar ini bermanfaat
Komentar
Posting Komentar