Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 1 Peserta didik mampu merespons dan mengajukan pertanyaan yang relevan untuk mendapatkan atau memberikan informasi

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 1 di SMP Negeri 3 Mnj, sesuai Kurikulum Merdeka dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem Based Learning (PBL).


Modul Ajar Bahasa Inggris

Informasi Umum Modul

Informasi

Detail

Nama Penyusun

Dody, S.Pd.

Institusi

SMP Negeri 3 Mnj

Tahun Penyusunan

2024

Jenjang Sekolah

SMP

Mata Pelajaran

Bahasa Inggris

Fase/Kelas

D / VIII (Delapan)

Semester

Ganjil

Alokasi Waktu

3 Pertemuan x 80 menit (Total 240 menit)

Model Pembelajaran

Problem Based Learning (PBL)

Pendekatan Pembelajaran

Berdiferensiasi


Kompetensi Awal

Peserta didik telah memiliki kemampuan dasar dalam:

  • Mengenali dan memahami kosa kata sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Memahami struktur kalimat dasar (subjek-predikat-objek) dalam bahasa Inggris.

  • Mengajukan dan menjawab pertanyaan dasar menggunakan kata tanya seperti "What," "Who," "Where," "When."


Profil Pelajar Pancasila

  • Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu menghargai dan berinteraksi dengan berbagai informasi dan budaya, serta memahami pentingnya komunikasi efektif dalam konteks global.

  • Bergotong Royong: Peserta didik mampu berkolaborasi secara aktif dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama, berbagi ide, dan saling membantu dalam proses pembelajaran.

  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi untuk merumuskan pertanyaan dan solusi yang relevan.

  • Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dan orisinal dalam merespons dan mengajukan pertanyaan, serta dalam memecahkan masalah.


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu merespons dan mengajukan pertanyaan yang relevan untuk mendapatkan atau memberikan informasi spesifik tentang topik sederhana dalam interaksi lisan maupun tulisan.


Indikator Keberhasilan

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  • Mengidentifikasi informasi spesifik dari teks lisan dan tulisan sederhana.

  • Mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi spesifik (Who, What, Where, When, Why, How).

  • Merespons pertanyaan dengan memberikan informasi spesifik secara akurat.

  • Menggunakan kosa kata dan struktur kalimat yang tepat dalam merespons dan mengajukan pertanyaan.

  • Berinteraksi secara lisan dan tulisan dengan percaya diri dalam konteks pemberian dan perolehan informasi.


Pertanyaan Pemantik

  • Pernahkah kalian bertanya tentang sesuatu yang ingin kalian ketahui?

  • Bagaimana cara kalian mendapatkan informasi dari teman atau orang lain?

  • Mengapa penting untuk bisa bertanya dengan jelas dan memberikan jawaban yang tepat?


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Papan tulis/Whiteboard

  • Spidol/Alat tulis

  • Proyektor/Layar (jika tersedia)

  • Speaker/Audio (untuk materi audio)

  • Laptop/Komputer


Ringkasan Materi Ajar

Materi ajar ini berfokus pada pengembangan kemampuan peserta didik dalam merespons dan mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan atau memberikan informasi spesifik. Materi akan mencakup:

  1. Jenis-jenis Pertanyaan:

  • Wh-questions: Who, What, Where, When, Why, How.

  • Yes/No questions: Pertanyaan yang jawabannya hanya "ya" atau "tidak".

  1. Struktur Kalimat dalam Pertanyaan dan Jawaban:

  • Penggunaan auxiliary verbs (do, does, did, is, am, are, was, were, has, have, had) dalam pertanyaan.

  • Penyusunan kalimat jawaban yang informatif.

  1. Kosa Kata Terkait Topik Sederhana:

  • Topik sehari-hari seperti deskripsi diri, jadwal, hobi, tempat, atau aktivitas.

  1. Strategi Mendapatkan dan Memberikan Informasi:

  • Teknik bertanya yang efektif.

  • Teknik merespons pertanyaan dengan jelas dan detail.

  • Pentingnya mendengarkan aktif dan membaca pemahaman.


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Flashcard kata tanya (Who, What, Where, When, Why, How).

  • Contoh dialog pendek yang berisi tanya jawab.

  • Gambar-gambar yang dapat memicu pertanyaan (misal: gambar situasi, orang, atau benda).

  • Teks naratif singkat atau deskriptif.

  • Rekaman audio dialog atau monolog sederhana.

  • Daftar kosa kata kunci.


Langkah Pembelajaran

Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)

Pertemuan 1 (80 menit)

Topik: Pengenalan Wh-Questions dan Informasi Spesifik

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran peserta didik.

  2. Guru mengajak peserta didik melakukan brainstorming tentang pentingnya bertanya dalam kehidupan sehari-hari (Pertanyaan Pemantik).

  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti (60 menit)

Fase 1: Orientasi peserta didik kepada masalah (15 menit)

  1. Guru menampilkan sebuah gambar atau video pendek yang memunculkan situasi di mana informasi dibutuhkan (misal: seseorang tersesat, mencari barang hilang, atau merencanakan sesuatu).

  2. Guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi "masalah" atau "informasi yang dibutuhkan" dari gambar/video tersebut.

  3. Guru memfasilitasi diskusi tentang bagaimana cara mendapatkan informasi tersebut.

Fase 2: Mengorganisasi peserta didik untuk belajar (20 menit)

  1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil (4-5 orang). Pembagian kelompok dapat dilakukan secara berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar (minat/gaya belajar). Misalnya:

  • Kelompok A (Visual/Audio): Diberikan gambar/video dan rekaman dialog.

  • Kelompok B (Kinestetik/Interpersonal): Diberikan kartu peran untuk melakukan simulasi dialog.

  • Kelompok C (Verbal/Analitis): Diberikan teks naratif singkat.

  1. Setiap kelompok menerima "masalah" yang berbeda namun berkaitan dengan perolehan informasi spesifik (misal: mencari tahu jadwal kereta, deskripsi seseorang yang dicari, atau detail suatu acara).

  2. Guru membagikan Flashcard Wh-questions kepada setiap kelompok dan menjelaskan fungsi masing-masing kata tanya.

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok (25 menit)

  1. Setiap kelompok berdiskusi untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang relevan berdasarkan masalah yang diberikan. Mereka didorong untuk menggunakan Wh-questions yang telah dipelajari.

  2. Guru berkeliling membimbing, memberikan arahan, dan memastikan setiap anggota kelompok berpartisipasi aktif. Guru memberikan scaffolding sesuai kebutuhan kelompok (misalnya, memberikan contoh kalimat, membantu menemukan kosa kata yang tepat).

  3. Peserta didik mulai mencatat pertanyaan-pertanyaan yang mereka rumuskan.

Kegiatan Penutup (10 menit)

  1. Setiap kelompok mempresentasikan 2-3 pertanyaan terbaik yang mereka rumuskan dari "masalah" mereka.

  2. Guru memberikan umpan balik dan penguatan tentang penggunaan Wh-questions.

  3. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya (fokus pada memberikan respons).


Pertemuan 2 (80 menit)

Topik: Merespons Pertanyaan dan Praktik Dialog

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik merefleksi materi pertemuan sebelumnya (Wh-questions).

  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti (60 menit)

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (30 menit)

  1. Guru mengulas kembali pertanyaan-pertanyaan dari pertemuan sebelumnya.

  2. Setiap kelompok sekarang diberikan "jawaban" atau "informasi" yang relevan dengan pertanyaan yang mereka buat di pertemuan sebelumnya (namun tidak langsung menjawab semua pertanyaan, agar memicu diskusi).

  3. Peserta didik secara berkelompok membuat dialog pendek (lisan dan tertulis) berdasarkan "masalah" dan "informasi" yang mereka miliki. Mereka harus memasukkan pertanyaan Wh-questions dan respons yang relevan.

  4. Guru memberikan penekanan pada keterampilan kolaborasi dan kreativitas dalam menyusun dialog.

Fase 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (30 menit)

  1. Setiap kelompok mempraktikkan dialog mereka di depan kelas. Guru dan kelompok lain dapat memberikan umpan balik (misalnya, kejelasan pertanyaan, relevansi jawaban, atau pelafalan).

  2. Diferensiasi Produk:

  • Peserta didik yang lebih nyaman dengan tulisan dapat menyajikan dialog mereka dalam bentuk komik singkat atau cerita bergambar.

  • Peserta didik yang lebih suka lisan dapat membuat rekaman audio atau video dari dialog mereka.

  1. Guru memimpin diskusi kelas tentang tantangan dalam merumuskan pertanyaan dan memberikan respons.

Kegiatan Penutup (10 menit)

  1. Guru bersama peserta didik menyimpulkan poin-poin penting tentang cara merespons pertanyaan dengan efektif.

  2. Guru memberikan tugas rumah: mencari contoh pertanyaan dan jawaban dari kehidupan sehari-hari (misal: dari wawancara di TV, atau percakapan di sekitar mereka).


Pertemuan 3 (80 menit)

Topik: Aplikasi dan Simulasi Nyata

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan pengalaman peserta didik terkait tugas rumah.

  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti (60 menit)

Aplikasi dalam Konteks Nyata (30 menit)

  1. Guru membagikan beberapa skenario "kehidupan nyata" yang membutuhkan tanya jawab (misal: mewawancarai narasumber, mencari informasi di perpustakaan, memesan makanan di restoran).

  2. Setiap kelompok memilih satu skenario dan merancang sebuah simulasi role-play.

  3. Diferensiasi Konten/Proses:

  • Konten: Skenario dapat disesuaikan tingkat kesulitannya. Contoh: skenario sederhana (tanya jawab identitas) vs. skenario kompleks (menanyakan arah di tempat asing).

  • Proses: Guru memberikan kebebasan kepada kelompok untuk memilih bagaimana mereka ingin berlatih (misal: hanya verbal, menggunakan catatan, atau menggunakan props).

  1. Peserta didik menyiapkan role-play mereka, dengan fokus pada kemampuan bertanya dan merespons secara spontan.

Simulasi dan Refleksi (30 menit)

  1. Setiap kelompok menampilkan role-play mereka.

  2. Setelah setiap penampilan, peserta didik lain dapat memberikan pertanyaan tambahan atau meminta klarifikasi (melatih keaktifan dan berpikir kritis).

  3. Guru memimpin diskusi reflektif:

  • Apa tantangan yang kalian hadapi saat bertanya/menjawab secara spontan?

  • Bagaimana cara kalian mengatasi kesulitan tersebut?

  • Apa yang membuat sebuah pertanyaan efektif?

  • Apa yang membuat sebuah jawaban informatif?

Kegiatan Penutup (10 menit)

  1. Guru memberikan penguatan umum tentang pentingnya keterampilan bertanya dan menjawab.

  2. Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi diri tentang apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Guru memberikan apresiasi atas partisipasi aktif dan kreatif peserta didik.


Rencana Asesmen

Asesmen

Jenis Asesmen

Deskripsi

Asesmen Diagnostik

Observasi, pertanyaan lisan

Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang pertanyaan dasar dan kemampuan merespons. Dilakukan di awal pertemuan 1.

Asesmen Formatif

Observasi, Penilaian Kinerja (dialog/role-play), Produk (dialog tertulis/komik), Lembar Kerja

Pertemuan 1: Observasi partisipasi kelompok dalam merumuskan pertanyaan. Pertemuan 2: Penilaian dialog lisan/tertulis. Pertemuan 3: Penilaian role-play. Mengamati keaktifan, kreativitas, dan kolaborasi.

Asesmen Sumatif

Penugasan Projek (Opsional) atau Kuis Tertulis

Opsional Projek: Membuat video wawancara singkat atau presentasi informasi dari hasil wawancara. Kuis Tertulis: Pilihan ganda atau isian singkat tentang struktur pertanyaan dan jawaban.

Rubrik Penilaian Kinerja (Dialog/Role-Play)

Aspek Penilaian

Sangat Baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Bimbingan (1)

Kemampuan Mengajukan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan yang sangat relevan, jelas, dan bervariasi dengan struktur yang tepat.

Mengajukan pertanyaan yang relevan dan jelas dengan struktur yang sebagian besar tepat.

Mengajukan beberapa pertanyaan relevan namun kurang jelas atau struktur kurang tepat.

Kesulitan mengajukan pertanyaan yang relevan dan jelas.

Kemampuan Merespons Pertanyaan

Memberikan respons yang sangat informatif, akurat, dan detail dengan struktur yang tepat.

Memberikan respons yang informatif dan akurat dengan struktur yang sebagian besar tepat.

Memberikan respons yang kurang informatif atau kurang akurat.

Kesulitan memberikan respons yang informatif dan akurat.

Kosa Kata dan Tata Bahasa

Menggunakan kosa kata yang kaya dan tata bahasa yang sangat akurat.

Menggunakan kosa kata yang memadai dan tata bahasa yang sebagian besar akurat.

Menggunakan kosa kata terbatas dan banyak kesalahan tata bahasa.

Kosa kata sangat terbatas dan banyak kesalahan tata bahasa yang mengganggu pemahaman.

Kelancaran dan Kejelasan

Berbicara dengan sangat lancar, jelas, dan percaya diri.

Berbicara dengan lancar dan jelas.

Berbicara kurang lancar dan kurang jelas.

Berbicara sangat tidak lancar dan tidak jelas.

Kolaborasi (dalam kelompok)

Berpartisipasi aktif, memberikan ide, dan menghargai masukan teman dengan sangat baik.

Berpartisipasi aktif dan menghargai masukan teman.

Berpartisipasi kurang aktif atau kurang menghargai masukan teman.

Tidak berpartisipasi atau mengganggu kolaborasi kelompok.


Rencana Diferensiasi

Diferensiasi Konten

  • Teks/Audio/Visual: Menyediakan materi dalam berbagai format (teks tertulis, rekaman audio, video, gambar) untuk mengakomodasi gaya belajar auditori, visual, dan membaca/menulis.

  • Tingkat Kesulitan: Menyediakan teks/dialog dengan tingkat kesulitan kosa kata dan struktur yang bervariasi. Peserta didik yang cepat memahami dapat diberikan materi yang lebih kompleks.

  • Topik Pilihan: Memungkinkan peserta didik memilih topik sederhana yang diminati untuk membuat pertanyaan dan jawaban.

Diferensiasi Proses

  • Pengelompokan Fleksibel: Mengelompokkan peserta didik berdasarkan kesiapan belajar, minat, atau gaya belajar untuk tugas-tugas tertentu. Kelompok dapat berubah sesuai kebutuhan.

  • Scaffolding Bervariasi:

  • Untuk Peserta Didik yang Membutuhkan Dukungan Lebih: Menyediakan kalimat rumpang, daftar kosa kata, panduan pertanyaan, atau pendampingan langsung dari guru.

  • Untuk Peserta Didik yang Cepat Menguasai: Mendorong mereka untuk menciptakan dialog yang lebih panjang, melakukan wawancara dengan topik yang lebih luas, atau berperan sebagai "mentor" bagi teman sebaya.

  • Waktu Pengerjaan: Memberikan fleksibilitas waktu untuk menyelesaikan tugas bagi peserta didik yang membutuhkan waktu lebih atau yang lebih cepat.

Diferensiasi Produk

  • Pilihan Bentuk Output: Memberikan pilihan kepada peserta didik untuk menyajikan hasil karya mereka dalam berbagai bentuk (dialog tertulis, komik, poster berisi pertanyaan & jawaban, rekaman audio, video role-play, presentasi lisan).

  • Kriteria Keberhasilan yang Berbeda: Menyesuaikan kriteria penilaian untuk beberapa aspek sesuai dengan kemampuan awal peserta didik, namun tetap memastikan tujuan pembelajaran tercapai.


Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman

  • Meja dan kursi yang dapat diatur untuk kerja kelompok

  • Papan tulis/whiteboard

  • Spidol/kapur

  • Proyektor dan layar (jika ada)

  • Komputer/laptop

  • Speaker (untuk memutar audio)

  • Koneksi internet (opsional, untuk mencari referensi atau contoh video)

  • Alat tulis peserta didik


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Teks Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

  • Situs web pembelajaran Bahasa Inggris (misalnya: British Council LearnEnglish Teens, EnglishClub.com).

  • Video-video edukasi di YouTube tentang cara bertanya dan menjawab dalam Bahasa Inggris.

  • Kamus Bahasa Inggris (online/cetak).

  • Contoh-contoh dialog dari film atau serial TV anak-anak/remaja.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

Contoh Lembar Kerja Pertemuan 1: Merumuskan Pertanyaan

Nama Kelompok:

Anggota:

Skenario Masalah:

Kamu dan temanmu tersesat di sebuah kota baru. Kalian ingin mencari tahu letak stasiun kereta, jam berapa kereta terakhir, dan berapa biaya tiketnya.

Tugas:

Rumuskan pertanyaan-pertanyaan yang perlu kalian ajukan untuk mendapatkan informasi tersebut, menggunakan kata tanya yang tepat (Who, What, Where, When, Why, How).

  1. _______________________________________________________? (Untuk mencari tahu letak stasiun)

  2. _______________________________________________________? (Untuk mencari tahu jam kereta terakhir)

  3. _______________________________________________________? (Untuk mencari tahu biaya tiket)

  4. _______________________________________________________? (Pertanyaan tambahan yang relevan)


Contoh Latihan Pertemuan 2: Melengkapi Dialog

Lengkapi dialog berikut dengan pertanyaan atau jawaban yang tepat!

Situasi: Andi ingin mengetahui lebih banyak tentang hobi baru Budi.

Andi: Hi Budi! Kamu terlihat sibuk sekali akhir-akhir ini.

Budi: Oh, hi Andi! Iya, aku sedang mencoba hobi baru.

Andi: (1) _______________________________________________________? (Tanyakan hobinya)

Budi: Aku sedang belajar bermain gitar.

Andi: Wow! (2) _______________________________________________________? (Tanyakan kapan dia mulai)

Budi: Aku baru mulai sekitar dua bulan yang lalu.

Andi: (3) _______________________________________________________? (Tanyakan siapa yang mengajarinya)

Budi: Aku belajar dari video YouTube dan sesekali bertanya pada kakakku.

Andi: Itu keren! (4) _______________________________________________________? (Tanyakan di mana dia berlatih)

Budi: Biasanya aku latihan di kamar atau di teras rumah.


Instrumen Refleksi

Refleksi Peserta Didik

  • Apa yang paling kalian sukai dari pembelajaran hari ini?

  • Bagian mana yang paling sulit bagi kalian? Mengapa?

  • Informasi atau keterampilan baru apa yang kalian dapatkan hari ini?

  • Bagaimana kalian akan menggunakan kemampuan bertanya dan menjawab ini dalam kehidupan sehari-hari?

  • Apakah kalian merasa lebih percaya diri untuk bertanya atau menjawab pertanyaan dalam Bahasa Inggris?

Refleksi Guru

  • Apakah tujuan pembelajaran tercapai?

  • Bagian mana dari pembelajaran yang berjalan dengan baik?

  • Bagian mana yang perlu diperbaiki di pertemuan selanjutnya?

  • Bagaimana partisipasi peserta didik secara keseluruhan?

  • Apakah strategi diferensiasi yang diterapkan efektif?

  • Apa tantangan yang saya hadapi selama pembelajaran dan bagaimana saya mengatasinya?


Semoga modul ajar ini bermanfaat, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process