Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning untuk materi ungkapan perpisahan.
Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning untuk materi ungkapan perpisahan.
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Kompetensi Awal
Peserta didik sudah memiliki pemahaman dasar tentang sapaan dan perkenalan dalam Bahasa Inggris.
Profil Pelajar Pancasila
Berkebinekaan Global: Peserta didik menghargai dan memahami keberagaman cara orang berinteraksi dalam berbagai budaya.
Bergotong Royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan pembelajaran.
Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dan orisinal dalam menggunakan ungkapan perpisahan.
Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis situasi dan memilih ungkapan perpisahan yang paling tepat.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menggunakan ungkapan perpisahan (farewell expressions) yang tepat dalam berbagai situasi formal dan informal.
Indikator Keberhasilan
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai ungkapan perpisahan dalam Bahasa Inggris.
Peserta didik dapat membedakan penggunaan ungkapan perpisahan formal dan informal.
Peserta didik dapat menggunakan ungkapan perpisahan secara lisan dalam simulasi percakapan.
Peserta didik dapat menuliskan dialog singkat yang mengandung ungkapan perpisahan.
Pertanyaan Pemantik
"Bagaimana cara kita mengucapkan selamat tinggal kepada teman yang mau pulang ke rumah?"
"Apa yang kamu katakan jika kamu harus pergi dari sekolah lebih awal karena sakit?"
"Apakah ada perbedaan cara mengucapkan selamat tinggal kepada guru dan kepada teman?"
Daftar Perlengkapan Ajar
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/Marker
Speaker/Sound system (untuk audio)
Komputer/Laptop dengan proyektor (jika tersedia)
Kartu situasi (berisi skenario percakapan)
Lembar kerja peserta didik
Ringkasan Materi Ajar
Ungkapan Perpisahan (Farewell Expressions)
Ungkapan perpisahan digunakan ketika seseorang akan berpisah dengan orang lain. Ada dua jenis utama ungkapan perpisahan:
Formal (Formal Farewells): Digunakan dalam situasi resmi atau dengan orang yang dihormati (guru, orang tua, orang yang lebih tua, atau orang yang baru dikenal).
Good-bye
Have a good day/evening/night
See you later/tomorrow (bisa juga informal tergantung konteks)
It was nice meeting you
Take care
Farewell (sangat formal, jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari)
Informal (Informal Farewells): Digunakan dengan teman, keluarga, atau orang-orang yang dikenal baik.
Bye/Bye-bye
See ya!
Later!
So long!
Catch you later!
I'm off!
Gotta go!
Contoh Penggunaan dalam Kalimat:
Formal:
A: "Thank you for the meeting, Mr. Budi. Good-bye."
B: "You're welcome, Dody. Have a good day."
Informal:
A: "I have to go now. Bye, guys!"
B: "See ya, Rina! Don't forget our homework!"
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Audio percakapan yang berisi ungkapan perpisahan (formal dan informal).
Contoh dialog singkat yang menampilkan ungkapan perpisahan.
Daftar kosakata ungkapan perpisahan (untuk peserta didik yang memerlukan bantuan).
Langkah Pembelajaran
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning
Pendahuluan (10 menit)
Pembukaan (5 menit):
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran peserta didik.
Guru memotivasi peserta didik dengan menanyakan pengalaman mereka mengucapkan selamat tinggal dalam berbagai situasi (sesuai pertanyaan pemantik).
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini dan kaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Apersepsi (5 menit):
Guru memutarkan audio percakapan singkat yang berisi ungkapan perpisahan (misalnya, percakapan antara teman yang berpisah setelah bermain dan percakapan antara siswa dan guru setelah pelajaran).
Guru bertanya: "Ungkapan apa yang kalian dengar saat mereka berpisah?" dan "Apakah ada perbedaan cara mereka berpisah?"
Kegiatan Inti (60 menit)
Tahap 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil (4-5 orang).
Guru menyajikan masalah berupa skenario: "Bayangkan kalian berada dalam berbagai situasi di mana kalian harus berpisah dengan seseorang. Situasi-situasi ini berbeda, ada yang formal dan ada yang informal. Bagaimana kalian akan mengucapkan selamat tinggal agar sesuai dengan situasi tersebut?"
Guru membagikan kartu situasi kepada setiap kelompok. Setiap kartu berisi skenario berbeda (misalnya: berpisah dengan teman sekelas setelah jam pulang, berpisah dengan kepala sekolah setelah rapat, berpisah dengan orang tua setelah diantar ke sekolah, dll.). Guru memastikan ada variasi tingkat kesulitan dan jenis situasi pada kartu.
Setiap kelompok diminta untuk membaca dan memahami skenario yang mereka dapatkan.
Tahap 2: Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (15 menit)
Guru meminta setiap kelompok untuk mengidentifikasi ungkapan perpisahan yang mungkin digunakan dalam skenario mereka dan mengapa ungkapan tersebut cocok atau tidak cocok.
Peserta didik secara individu atau berpasangan di dalam kelompok dapat menggunakan kamus, catatan, atau sumber daya lain yang tersedia untuk mencari tahu ungkapan perpisahan yang relevan.
Guru berkeliling untuk memantau dan memberikan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan.
Tahap 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (15 menit)
Setiap kelompok berdiskusi untuk memilih ungkapan perpisahan yang paling tepat untuk skenario mereka, mempertimbangkan konteks formalitas dan lawan bicara.
Peserta didik didorong untuk menciptakan dialog singkat (2-4 kalimat) yang mengintegrasikan ungkapan perpisahan yang telah mereka pilih.
Guru mengingatkan peserta didik untuk memikirkan ekspresi dan intonasi yang sesuai saat mengucapkan ungkapan tersebut.
Tahap 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)
Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan dialog mereka di depan kelas. Mereka dapat melakukan role-play atau membacakan dialog tersebut.
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan masukan atau tanggapan terhadap presentasi.
Tahap 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (5 menit)
Guru dan peserta didik secara bersama-sama merefleksikan ungkapan perpisahan yang telah digunakan.
Guru bertanya: "Apakah ungkapan yang dipilih sudah tepat untuk setiap situasi? Mengapa?"
Guru memberikan umpan balik konstruktif dan mengklarifikasi konsep-konsep yang mungkin masih membingungkan.
Penutup (10 menit)
Refleksi (5 menit):
Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan beberapa ungkapan perpisahan formal dan informal yang telah mereka pelajari.
Guru meminta peserta didik untuk mengungkapkan pelajaran paling penting yang mereka dapatkan hari ini.
Penguatan (3 menit):
Guru merangkum kembali materi penting tentang perbedaan ungkapan perpisahan formal dan informal.
Guru memberikan motivasi untuk terus berlatih menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.
Penugasan (2 menit):
Peserta didik diminta untuk menulis 3 contoh dialog singkat (formal dan informal) di rumah yang mengandung ungkapan perpisahan.
Guru mengucapkan salam penutup.
Rencana Asesmen
Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran): Melalui pertanyaan pemantik dan observasi awal saat apersepsi untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang ungkapan perpisahan.
Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran):
Observasi: Guru mengamati keaktifan, kreativitas, dan kolaborasi peserta didik selama kegiatan kelompok dan presentasi.
Penilaian Kinerja: Penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam menggunakan ungkapan perpisahan yang tepat saat role-play atau presentasi dialog. (Lihat rubrik di Lembar Kerja/Latihan/Asesmen).
Diskusi Kelompok: Penilaian partisipasi dan kontribusi peserta didik dalam diskusi kelompok.
Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran - Penugasan Mandiri): Penilaian terhadap dialog yang ditulis oleh peserta didik di rumah, berfokus pada ketepatan penggunaan ungkapan perpisahan.
Rencana Diferensiasi
Diferensiasi Konten:
Bagi peserta didik yang cepat memahami: Disediakan kartu situasi dengan skenario yang lebih kompleks atau meminta mereka untuk mengembangkan dialog yang lebih panjang. Mereka juga bisa diminta untuk mengidentifikasi nuansa perbedaan antar ungkapan (misalnya, goodbye vs. farewell).
Bagi peserta didik yang memerlukan bantuan: Diberikan daftar ungkapan perpisahan dengan artinya dalam Bahasa Indonesia, contoh dialog yang lebih sederhana, atau diberikan flashcards bergambar untuk membantu visualisasi. Guru juga dapat memberikan bimbingan individual yang lebih intensif.
Diferensiasi Proses:
Dukungan scaffolding: Guru memberikan dukungan bertahap. Misalnya, pada awalnya guru memberikan prompts atau kalimat rumpang untuk diisi, kemudian secara bertahap mengurangi bantuan.
Pengelompokan fleksibel: Kelompok dibentuk heterogen untuk mendorong tutor sebaya. Guru dapat memfasilitasi peran dalam kelompok sehingga setiap anggota memiliki kontribusi yang jelas.
Pilihan cara presentasi: Peserta didik dapat memilih cara presentasi yang paling nyaman bagi mereka (misalnya, role-play langsung, membaca dialog, atau bahkan membuat ilustrasi dialog jika memungkinkan).
Diferensiasi Produk:
Variasi produk akhir: Peserta didik dapat diminta untuk menghasilkan produk yang berbeda sesuai preferensi mereka (misalnya, bagi yang suka menulis, membuat naskah drama pendek; bagi yang suka berbicara, membuat rekaman audio percakapan).
Tingkat kedalaman: Peserta didik yang mampu dapat diminta untuk menambahkan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang sesuai saat presentasi.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman.
Papan tulis/whiteboard dan spidol.
Proyektor dan layar (jika tersedia).
Perangkat audio (speaker).
Kamus Bahasa Inggris (fisik atau digital).
Lembar kerja peserta didik.
Kartu situasi.
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Bahasa Inggris kelas VII Kurikulum Merdeka.
Online resources (YouTube videos tentang farewell expressions, website pembelajaran Bahasa Inggris seperti British Council atau ESL Kids Stuff).
Kamus Bahasa Inggris (Oxford Learner's Dictionaries, Cambridge Dictionary).
Aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris (misalnya Duolingo, Memrise) sebagai referensi tambahan.
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Nama Kelompok:
Anggota:
Tugas Kelompok:
Baca dan pahami skenario yang diberikan oleh guru.
Diskusikan dalam kelompok, ungkapan perpisahan apa yang paling tepat digunakan dalam skenario tersebut (formal atau informal?).
Tuliskan dialog singkat (minimal 3 baris) yang berisi ungkapan perpisahan yang kalian pilih.
Bersiaplah untuk mempresentasikan dialog kalian di depan kelas.
Skenario (Contoh Kartu Situasi):
Situasi 1 (Formal): Kamu baru saja selesai wawancara dengan Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk mengikuti lomba. Kamu harus mengucapkan selamat tinggal.
Situasi 2 (Informal): Kamu dan teman-temanmu selesai bermain bola di lapangan. Sekarang sudah sore dan kalian harus pulang.
Situasi 3 (Semi-Formal): Kamu bertemu dengan tetangga baru di depan rumah. Setelah mengobrol sebentar, kamu harus masuk karena ada urusan.
Situasi 4 (Informal): Kakakmu akan pergi ke luar kota untuk kuliah selama beberapa bulan. Kamu mengantar Kakak ke stasiun.
Rubrik Penilaian Kinerja (Presentasi Dialog)
Skor Maksimal: 16
Instrumen Refleksi Peserta Didik
Nama:
Kelas:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur:
Apa yang paling kamu sukai dari pembelajaran hari ini?
Apa yang paling sulit kamu pahami tentang ungkapan perpisahan?
Bagaimana kamu akan menggunakan ungkapan perpisahan yang sudah kamu pelajari dalam kehidupan sehari-hari?
Apa yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menggunakan Bahasa Inggris?
Apakah kamu merasa aktif, kreatif, dan berkolaborasi dengan baik dalam kelompokmu? Jelaskan alasannya.
Semoga modul ajar ini bermanfaat untuk Bapak Dody dan peserta didik di SMP Negeri 3 Mnj! Jika ada bagian yang perlu disesuaikan atau ditambahkan, jangan ragu untuk memberitahu saya.
Komentar
Posting Komentar