Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 1tujuan pembelajaran "Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menamai benda-benda yang umum ditemukan di lingkungan sekitar

 


Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem Based Learning (PBL) sesuai Kurikulum Merdeka. Modul ini akan berfokus pada tujuan pembelajaran "Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menamai benda-benda yang umum ditemukan di lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dll.)." dan dibagi dalam 3 pertemuan masing-masing 80 menit.


Modul Ajar Bahasa Inggris

Topik: Mengenal Benda-benda di Sekitar Kita

Identitas Modul

  • Nama Penyusun: Dody, S.Pd.

  • Institusi: SMP Negeri 3 Mnj

  • Tahun Pelajaran: 2025/2026

  • Jenjang Sekolah: SMP

  • Kelas: VII (Tujuh)

  • Fase: D

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

  • Alokasi Waktu: 3 Pertemuan (3 x 80 menit = 240 menit)

  • Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)

  • Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi

Kompetensi Awal

Peserta didik diharapkan sudah memiliki kemampuan dasar dalam:

  • Mengenali beberapa kata benda sederhana dalam Bahasa Indonesia.

  • Memiliki motivasi untuk belajar kosakata baru dalam Bahasa Inggris.

Profil Pelajar Pancasila

  • Bergotong royong: Peserta didik berkolaborasi dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah.

  • Mandiri: Peserta didik bertanggung jawab atas proses belajarnya sendiri dan mencari informasi tambahan jika diperlukan.

  • Bernalar kritis: Peserta didik menganalisis informasi, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi.

  • Kreatif: Peserta didik menghasilkan ide-ide baru dan menyajikan hasil karyanya dengan cara yang inovatif.


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menamai benda-benda yang umum ditemukan di lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dll.) dalam Bahasa Inggris.

Indikator Keberhasilan

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

  • Mengidentifikasi minimal 10 nama benda yang ada di kelas/rumah dalam Bahasa Inggris.

  • Menyebutkan nama benda-benda yang ditunjukkan oleh guru atau teman sebaya.

  • Menuliskan nama benda-benda yang umum ditemukan di lingkungan sekitar.

  • Menggunakan kosakata benda dalam kalimat sederhana.

Pertanyaan Pemantik

  • "Coba sebutkan apa saja benda yang ada di kelas ini?" (dalam Bahasa Indonesia)

  • "Apakah kalian tahu nama-nama benda ini dalam Bahasa Inggris?"

  • "Mengapa penting bagi kita untuk mengetahui nama-nama benda di sekitar kita dalam Bahasa Inggris?"


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Alat Tulis: Pulpen, pensil, buku tulis, penghapus.

  • Kertas: Kertas HVS/karton untuk poster/mini project.

  • Pewarna: Spidol, pensil warna, krayon.

  • Gunting & Lem: Untuk membuat poster/mini project.

  • Laptop/Komputer & Proyektor: Untuk menampilkan materi, gambar, video.

  • Speaker: Untuk memutar audio (jika ada).

  • Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan poin-poin penting.

  • Kartu gambar (Flashcards): Gambar-gambar benda sehari-hari.

  • Benda-benda nyata: Benda-benda sederhana yang ada di kelas (pulpen, buku, meja, kursi, tas, dll.).

Ringkasan Materi Ajar

Materi akan berfokus pada pengenalan kosakata (vocabulary) benda-benda umum yang ditemukan di lingkungan sekitar, seperti rumah dan sekolah. Peserta didik akan belajar nama-nama benda seperti:

  • Di rumah: table, chair, bed, lamp, cupboard, book, clock, television, refrigerator, etc.

  • Di sekolah: desk, blackboard, whiteboard, marker, eraser, pencil, pen, ruler, bag, uniform, etc.

  • Penggunaan artikel 'a'/'an' dan 'the' (opsional, disesuaikan dengan kemampuan awal siswa).

  • Penggunaan 'It is a/an...' atau 'This is a/an...' untuk menamai benda.

  • Singular dan plural nouns (pengenalan awal).

Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Flashcards gambar benda-benda.

  • Daftar kosakata benda-benda di rumah dan sekolah (Wordlist).

  • Contoh kalimat sederhana yang menggunakan kosakata benda.

  • Teks/gambar untuk kegiatan problem solving (misalnya: "Membantu menata ruangan").


Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (80 Menit): Pengenalan dan Identifikasi Benda di Kelas

Pendahuluan (10 Menit)

  1. Pembukaan: Guru menyapa peserta didik, menanyakan kabar, dan mempersiapkan kelas.

  2. Apersepsi: Guru menunjukkan beberapa benda di kelas (pulpen, buku, meja) dan bertanya, "What is this?" (dalam Bahasa Indonesia) atau "Coba sebutkan nama benda ini." Guru kemudian memancing jawaban dalam Bahasa Inggris jika ada yang tahu.

  3. Pertanyaan Pemantik: Guru mengajukan pertanyaan pemantik: "Apakah kalian tahu nama-nama benda ini dalam Bahasa Inggris?" dan "Mengapa penting bagi kita untuk mengetahui nama-nama benda di sekitar kita dalam Bahasa Inggris?".

  4. Menyampaikan Tujuan: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Hari ini kita akan belajar mengidentifikasi dan menamai benda-benda yang ada di kelas kita dalam Bahasa Inggris."

Kegiatan Inti (60 Menit)

  1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Solving - Identification): Guru menunjukkan gambar/flashcards benda-benda di kelas. Guru juga bisa menunjuk langsung benda di kelas.

  • Diferensiasi Konten:

  • Visual: Guru menggunakan flashcards besar dan jelas, menunjuk benda nyata.

  • Auditory: Guru mengucapkan nama benda dengan jelas, meminta siswa menirukan.

  • Kinesthetic: Guru meminta siswa menyentuh benda atau mengangkat flashcard sesuai nama yang disebutkan.

  1. Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (Collaborative Exploration):

  • Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil (3-4 orang) secara heterogen (campuran kemampuan).

  • Tugas Kelompok (Diferensiasi Proses):

  • Kelompok A (Perlu Bimbingan Lebih): Diberikan daftar kosakata dengan gambar dan diminta mencocokkan nama dengan benda nyata di kelas. Mereka juga diminta menamai minimal 5 benda di kelas.

  • Kelompok B (Cukup Mandiri): Diberikan gambar-gambar benda di kelas tanpa nama, dan diminta mencari nama benda tersebut dari kamus/aplikasi daring, lalu menamai minimal 8 benda di kelas.

  • Kelompok C (Tantangan Lebih): Diberikan tantangan untuk tidak hanya menamai benda di kelas, tetapi juga membuat kalimat sederhana menggunakan nama benda tersebut (misalnya: It is a white board.). Mereka juga diminta menamai minimal 10 benda.

  1. Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (Active Investigation):

  • Peserta didik dalam kelompok berdiskusi, mengidentifikasi benda-benda di kelas, dan menuliskan nama-namanya dalam Bahasa Inggris.

  • Guru berkeliling, membimbing, dan memberikan bantuan jika ada kesulitan.

  • Melatih Kreativitas: Setiap kelompok diminta membuat "daftar harta karun" (treasure list) berupa benda-benda yang mereka temukan di kelas dan namanya dalam Bahasa Inggris, bisa berupa daftar atau poster mini.

  1. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Creative Presentation):

  • Setiap kelompok mempresentasikan "daftar harta karun" mereka di depan kelas.

  • Peserta didik lain dapat bertanya atau menambahkan nama benda yang belum disebutkan.

  • Melatih Kolaborasi: Anggota kelompok bertanggung jawab untuk menjelaskan bagian mereka masing-masing.

Penutup (10 Menit)

  1. Refleksi: Guru dan peserta didik merefleksikan pembelajaran hari ini. "Apa saja nama benda yang sudah kalian ketahui hari ini?"

  2. Penguatan: Guru mengulang kembali kosakata penting dan memberikan penguatan positif atas usaha peserta didik.

  3. Tindak Lanjut: Peserta didik diminta mencari tahu nama-nama benda yang ada di rumah mereka (minimal 5 benda) untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2 (80 Menit): Mengidentifikasi Benda di Rumah dan Sekitarnya

Pendahuluan (10 Menit)

  1. Pembukaan: Guru menyapa peserta didik, menanyakan kabar, dan mengulas materi pertemuan sebelumnya.

  2. Apersepsi: Guru bertanya, "Benda apa saja yang kalian temukan di rumah kemarin?" Peserta didik menyebutkan dalam Bahasa Indonesia, guru membantu menerjemahkan ke Bahasa Inggris.

  3. Pertanyaan Pemantik: "Bagaimana cara kita menceritakan kepada teman tentang benda-benda yang ada di rumah kita dalam Bahasa Inggris?"

  4. Menyampaikan Tujuan: "Hari ini kita akan belajar menamai benda-benda yang ada di rumah dan lingkungan sekitar kita dalam Bahasa Inggris, dan mencoba menceritakannya."

Kegiatan Inti (60 Menit)

  1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Solving - Scenario-Based): Guru menampilkan gambar/video rumah dengan berbagai benda di dalamnya. Guru bisa memberikan skenario: "Bayangkan ada teman dari luar negeri datang ke rumah kalian, bagaimana cara kalian memperkenalkan benda-benda di rumah kalian?"

  • Diferensiasi Konten: Guru bisa menunjukkan video kartun sederhana atau gambar interaktif rumah.

  1. Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (Collaborative Challenge):

  • Peserta didik kembali ke kelompok yang sama atau kelompok baru.

  • Tugas Kelompok (Diferensiasi Proses):

  • Kelompok A (Perlu Bimbingan Lebih): Diberikan gambar rumah dengan beberapa benda berlabel dan diminta menamai benda-benda lain yang belum berlabel. Mereka fokus pada identifikasi dasar.

  • Kelompok B (Cukup Mandiri): Diberikan gambar denah rumah kosong dan diminta menempatkan/menggambar benda-benda yang umum ditemukan di setiap ruangan (misalnya dapur: stove, refrigerator, sink) dan menamainya.

  • Kelompok C (Tantangan Lebih): Diberikan skenario untuk membuat "tur virtual" rumah mereka. Mereka harus memilih 5-7 benda penting di rumah dan menyiapkan deskripsi singkat (misalnya: This is a lamp. It is in the living room.).

  1. Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (Active Design & Planning):

  • Kelompok berdiskusi dan merancang cara mereka untuk mengidentifikasi dan menamai benda-benda di rumah/lingkungan sekitar.

  • Melatih Kolaborasi & Kreativitas: Mereka dapat membuat poster denah rumah, daftar benda per ruangan, atau skrip presentasi singkat.

  • Guru memberikan daftar kosakata tambahan yang relevan.

  1. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Creative Presentation):

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

  • Diferensiasi Produk:

  • Kelompok A bisa menunjukkan poster mereka dan menamai benda-benda di dalamnya.

  • Kelompok B bisa menjelaskan denah rumah mereka dan benda-benda yang mereka tempatkan.

  • Kelompok C bisa memerankan "tur virtual" rumah mereka.

  • Peserta didik lain dapat memberikan umpan balik atau bertanya.

Penutup (10 Menit)

  1. Refleksi: Guru dan peserta didik merefleksikan, "Sekarang, kalian sudah bisa menamai benda-benda di rumah dan sekolah dalam Bahasa Inggris. Kira-kira benda apa lagi yang ingin kalian ketahui namanya?"

  2. Penguatan: Guru memuji upaya dan keberanian peserta didik dalam berbicara Bahasa Inggris.

  3. Tindak Lanjut: Peserta didik diminta memilih satu benda favorit mereka di rumah dan menyiapkan 2-3 kalimat untuk mendeskripsikannya secara singkat untuk pertemuan berikutnya (misalnya: This is my bed. It is soft. I like to sleep here.).

Pertemuan 3 (80 Menit): Aplikasi dan Proyek Kreatif

Pendahuluan (10 Menit)

  1. Pembukaan: Guru menyapa peserta didik, menanyakan kabar, dan mengulas materi sebelumnya.

  2. Apersepsi: Guru meminta beberapa peserta didik secara acak untuk mendeskripsikan benda favorit mereka yang sudah disiapkan.

  3. Pertanyaan Pemantik: "Setelah kita tahu banyak nama benda, bagaimana kita bisa menggunakan pengetahuan ini dalam situasi yang lebih nyata?"

  4. Menyampaikan Tujuan: "Hari ini kita akan menerapkan pengetahuan kita tentang nama-nama benda untuk menyelesaikan sebuah proyek kreatif dan praktis."

Kegiatan Inti (60 Menit)

  1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah (Problem Solving - Real-World Application): Guru memberikan masalah nyata, misalnya: "Ada teman kita yang kebingungan mencari barang-barang di sekolah/rumah. Bagaimana kita bisa membantunya dengan memberikan petunjuk menggunakan nama-nama benda?" Atau "Sekolah kita akan mengadakan bazar barang bekas, bagaimana cara kita menjelaskan barang-barang yang kita jual kepada pembeli asing?"

  • Diferensiasi Konten: Guru bisa menunjukkan gambar benda-benda yang tidak sesuai tempatnya (misal: shoe on the table) dan meminta siswa untuk mengoreksinya.

  1. Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (Creative Project Design):

  • Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil atau bekerja secara mandiri, sesuai minat dan preferensi belajar mereka.

  • Tugas Proyek (Diferensiasi Produk & Proses):

  • Opsi 1 (Produk Visual/Audio): Membuat "Peta Harta Karun Benda" di sekolah atau rumah mini (dibuat dari kotak bekas) dengan label Bahasa Inggris. Atau membuat video singkat "My Room Tour" (jika memungkinkan).

  • Opsi 2 (Produk Tulis): Membuat "Katalog Benda" (misalnya benda-benda di kamar mereka) lengkap dengan gambar dan deskripsi sederhana. Atau membuat daftar belanja (grocery list) dalam Bahasa Inggris.

  • Opsi 3 (Produk Lisan/Peran): Membuat skenario percakapan singkat tentang mencari atau memperkenalkan benda (misal: Can you find my book? It is on the desk.) dan memerankannya.

  • Melatih Kreativitas: Bebaskan peserta didik untuk memilih format proyek yang paling mereka minati (menggambar, menulis, berbicara, membuat maket, dll.).

  1. Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (Active Production):

  • Peserta didik bekerja dalam kelompok/mandiri untuk menyelesaikan proyek mereka.

  • Guru memberikan bimbingan, memantau kemajuan, dan memberikan saran.

  • Melatih Kolaborasi: Jika bekerja dalam kelompok, anggota saling berbagi tugas dan tanggung jawab.

  1. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Showcase & Sharing):

  • Setiap kelompok/individu mempresentasikan proyek mereka.

  • Mereka dapat saling memberikan umpan balik dan pertanyaan.

Penutup (10 Menit)

  1. Refleksi: Guru mengajak peserta didik merefleksikan seluruh proses pembelajaran dari pertemuan 1 hingga 3. "Apa yang paling kalian sukai dari pembelajaran ini?" "Apa manfaat mengetahui nama benda dalam Bahasa Inggris?"

  2. Penguatan: Guru memberikan apresiasi atas kerja keras dan kreativitas peserta didik.

  3. Tindak Lanjut: Guru mengingatkan pentingnya terus mempraktikkan kosakata baru di kehidupan sehari-hari.


Rencana Asesmen

Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

  • Observasi: Mengamati partisipasi dan pengetahuan awal peserta didik saat apersepsi.

  • Pertanyaan Lisan: Guru menanyakan beberapa nama benda sederhana dalam Bahasa Indonesia dan meminta terjemahan ke Bahasa Inggris (jika ada yang tahu).

Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)

  • Observasi:

  • Aktivitas Kelompok: Mengamati keaktifan, kreativitas, dan kolaborasi peserta didik dalam kelompok saat mengidentifikasi, menulis, dan mempresentasikan.

  • Partisipasi Kelas: Mencatat keaktifan peserta didik dalam tanya jawab dan diskusi.

  • Penilaian Produk:

  • Pertemuan 1: Penilaian "daftar harta karun" atau poster mini (kelengkapan, kebenaran penulisan kosakata).

  • Pertemuan 2: Penilaian poster denah rumah/daftar benda/skrip presentasi (kelengkapan, kebenaran kosakata, kelancaran).

  • Pertemuan 3: Penilaian proyek kreatif (sesuai rubrik proyek yang akan dibuat guru: misalnya "Peta Harta Karun Benda", "Katalog Benda", "Skenario Percakapan").

  • Penilaian Teman Sebaya: Peserta didik dapat saling memberikan umpan balik atas presentasi kelompok.

Asesmen Sumatif (Akhir Bab/Unit)

  • Tes Tertulis:

  • Menulis: Peserta didik diberikan gambar benda dan diminta menuliskan namanya dalam Bahasa Inggris.

  • Melengkapi Kalimat: Peserta didik melengkapi kalimat rumpang dengan nama benda yang sesuai.

  • Tes Lisan:

  • Identifikasi: Guru menunjukkan gambar/benda dan meminta peserta didik menyebutkan namanya.

  • Deskripsi Sederhana: Peserta didik memilih 3-5 benda dan mendeskripsikannya dalam 1-2 kalimat sederhana.


Rencana Diferensiasi

Diferensiasi Konten

  • Materi Tambahan: Menyediakan daftar kosakata dengan gambar yang lebih banyak untuk peserta didik yang cepat memahami.

  • Penyederhanaan: Memberikan kosakata yang lebih sedikit dan fundamental bagi peserta didik yang masih kesulitan.

  • Visual, Auditory, Kinesthetic: Menggunakan beragam media (flashcards, video, benda nyata, audio) untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda.

Diferensiasi Proses

  • Bimbingan Bertahap: Memberikan bimbingan yang lebih intensif kepada kelompok/individu yang membutuhkan.

  • Waktu Fleksibel: Memberikan waktu tambahan bagi peserta didik tertentu untuk menyelesaikan tugas jika diperlukan.

  • Tugas Berjenjang: Menyediakan tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda (seperti dijelaskan di langkah pembelajaran per pertemuan: Kelompok A, B, C).

  • Pilihan Aktivitas: Memberikan pilihan kegiatan untuk mempraktikkan kosakata (misalnya: membuat daftar, menggambar, berbicara).

Diferensiasi Produk

  • Format Fleksibel: Memungkinkan peserta didik menyajikan hasil belajarnya dalam berbagai format (poster, daftar, presentasi lisan, video, gambar, skenario).

  • Ekspektasi Berbeda: Menentukan ekspektasi hasil yang berbeda untuk setiap kelompok/individu sesuai dengan kemampuannya (misalnya, jumlah benda yang diidentifikasi, kompleksitas kalimat yang digunakan).


Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman dengan penataan meja dan kursi yang fleksibel untuk kerja kelompok.

  • Papan tulis/whiteboard, spidol/kapur.

  • Proyektor dan layar.

  • Laptop/komputer.

  • Speaker.

  • Kamus Bahasa Inggris (cetak/digital).

  • Benda-benda nyata di lingkungan sekolah/rumah.

  • Kertas, alat tulis, alat warna, gunting, lem.

Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku teks Bahasa Inggris kelas VII Kurikulum Merdeka.

  • Kamus Bahasa Inggris-Indonesia.

  • Aplikasi belajar Bahasa Inggris (misalnya Duolingo, Quizlet).

  • Video edukasi dari YouTube tentang nama-nama benda (misalnya "Vocabulary of Objects").

  • Flashcards yang bisa diunduh atau dibuat sendiri.

  • Gambar-gambar benda dari internet.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

Lembar Kerja Siswa (Contoh)

Nama:

Kelas:

Tanggal:

Pertemuan 1: Kenali Benda di Kelasmu!

A. Amati dan Tuliskan:

Lihatlah benda-benda di kelasmu. Tuliskan nama benda-benda berikut dalam Bahasa Inggris.

  1. Buku: ____________________

  2. Meja: ____________________

  3. Kursi: ____________________

  4. Papan Tulis: ____________________

  5. Pulpen: ____________________

  6. Penghapus: ____________________

  7. Tas: ____________________

  8. Pensil: ____________________

  9. Pintu: ____________________

  10. Jendela: ____________________

B. Tebak Aku!

Guru akan menunjuk sebuah benda. Coba sebutkan namanya dalam Bahasa Inggris!


Pertemuan 2: Rumahku, Kebunku Kata!

A. Pasangkan!

Tarikan garis untuk memasangkan gambar benda dengan nama Bahasa Inggrisnya yang benar.

(Disertakan gambar benda-benda rumah tangga seperti: tempat tidur, kulkas, lampu, dll. dengan daftar nama Bahasa Inggrisnya di kolom berbeda.)

B. Dimana Aku?

Tuliskan nama ruangan di rumahmu, lalu sebutkan 3 benda yang ada di ruangan itu dalam Bahasa Inggris.

Contoh:

Ruangan: Bedroom

Benda: Bed, pillow, lamp

  1. Ruangan: ____________________ Benda: __________________________________________________

  2. Ruangan: ____________________ Benda: __________________________________________________


Asesmen Sumatif (Contoh)

A. Gambar & Nama:

Lihatlah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan nama benda tersebut dalam Bahasa Inggris.

(Disertakan 5-7 gambar benda acak dari lingkungan rumah/sekolah)






B. Isilah Titik-titik!

Lengkapi kalimat berikut dengan nama benda yang sesuai dalam Bahasa Inggris.

  1. I write with a _____. (pen/book)

  2. I sleep on a _____. (chair/bed)

  3. We sit on a _____ in the classroom. (desk/cupboard)

  4. My mother cooks in the _____. (living room/kitchen)

  5. There is a _____ on the wall. It shows the time. (table/clock)

Instrumen Refleksi

Untuk Peserta Didik:

  1. Apa yang paling kamu sukai dari pembelajaran hari ini?

  2. Apa yang paling sulit bagimu dalam mengidentifikasi atau menamai benda-benda dalam Bahasa Inggris?

  3. Benda apa yang baru kamu ketahui namanya dalam Bahasa Inggris hari ini?

  4. Bagaimana perasaanmu saat bekerja kelompok atau presentasi?

  5. Apa yang akan kamu lakukan untuk mengingat lebih banyak kosakata Bahasa Inggris tentang benda-benda di sekitar?

Untuk Guru (Setelah Pembelajaran):

  1. Apakah tujuan pembelajaran tercapai? Mengapa/mengapa tidak?

  2. Strategi diferensiasi apa yang paling efektif dan mengapa?

  3. Bagian mana dari pembelajaran yang perlu perbaikan di masa depan?

  4. Bagaimana partisipasi dan kolaborasi peserta didik selama pembelajaran?

  5. Apakah ada peserta didik yang membutuhkan perhatian khusus di pertemuan berikutnya?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process