Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester fokus pada menanyakan dan menyatakan waktu.

 


Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning, fokus pada menanyakan dan menyatakan waktu.


Modul Ajar Bahasa Inggris: Telling the Time

Identitas Modul

  • Nama Penyusun: Dody, S.Pd.

  • Institusi: SMP Negeri 3 Mnj

  • Tahun Ajaran: 2025/2026

  • Jenjang Sekolah: SMP

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

  • Fase: D (Kelas VII)

  • Materi Pokok: Telling the Time (Menanyakan dan Menyatakan Waktu)

  • Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit)


Kompetensi Awal yang Harus Dimiliki Siswa

  • Peserta didik memiliki pengetahuan dasar tentang angka dalam bahasa Inggris (1-60).

  • Peserta didik mampu mengucapkan beberapa kosakata dasar dalam bahasa Inggris.

  • Peserta didik memiliki kemampuan untuk berinteraksi dasar dalam bahasa Inggris.


Profil Pelajar Pancasila

  • Bergotong royong: Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan tugas.

  • Mandiri: Peserta didik bertanggung jawab atas proses belajarnya sendiri dan aktif mencari informasi.

  • Bernalar kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi.

  • Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dan menyajikan informasi dengan cara yang inovatif.


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu menanyakan dan menyatakan waktu dengan benar dalam bahasa Inggris.


Indikator Keberhasilan

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengidentifikasi kosakata terkait waktu (o'clock, half past, quarter past, quarter to, past, to) dengan tepat.

  2. Menanyakan waktu menggunakan frasa “What time is it?” atau “What's the time?” dengan benar.

  3. Menyatakan waktu dalam bahasa Inggris secara lisan dan tertulis dengan format jam formal (o'clock, half past, quarter past/to) dan informal (menit + past/to + jam).

  4. Mengaplikasikan kemampuan menanyakan dan menyatakan waktu dalam konteks percakapan sehari-hari.


Pertanyaan Pemantik

  • “Look at your watch/clock! What time is it now?” (Lihat jam tangan/jam dindingmu! Jam berapa sekarang?)

  • “Do you know how to say 'jam dua siang' in English?” (Apakah kalian tahu bagaimana cara mengatakan 'jam dua siang' dalam bahasa Inggris?)

  • “Why is it important to know how to tell the time in English?” (Mengapa penting untuk tahu cara menyatakan waktu dalam bahasa Inggris?)


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Whiteboard/Blackboard dan spidol/kapur

  • Proyektor (jika ada)

  • Speaker/pengeras suara (untuk audio)

  • Kartu jam (flashcards jam dengan berbagai waktu)

  • Gambar atau video kegiatan sehari-hari dengan waktu yang berbeda

  • Alat tulis dan buku catatan

  • Jam dinding analog (jika memungkinkan)

  • Lembar kerja

  • Kartu teka-teki waktu (time riddles)

  • Aplikasi/website belajar waktu (misalnya, online interactive clock)


Ringkasan Materi Ajar

Materi ini akan membahas cara menanyakan dan menyatakan waktu dalam bahasa Inggris.

  1. Kosakata Waktu:

  • O'clock (untuk jam tepat, misal: one o'clock)

  • Half past (setengah jam lewat, misal: half past nine = 09.30)

  • Quarter past (seperempat jam lewat, misal: quarter past seven = 07.15)

  • Quarter to (kurang seperempat jam, misal: quarter to three = 02.45)

  • Past (lewat, digunakan untuk menit 1-29, misal: ten past eight = 08.10)

  • To (menuju, digunakan untuk menit 31-59, misal: twenty to five = 04.40)

  • A.M. (ante meridiem - dari tengah malam sampai tengah hari)

  • P.M. (post meridiem - dari tengah hari sampai tengah malam)

  1. Frasa Menanyakan Waktu:

  • What time is it?

  • What's the time?

  1. Struktur Menyatakan Waktu:

  • Format Formal (Jam Analogi):

  • Jam tepat: It's [number] o'clock.

  • Lewat 30 menit: It's half past [number].

  • Lewat 15 menit: It's quarter past [number].

  • Kurang 15 menit: It's quarter to [number].

  • Lewat menit (1-29): It's [minutes] past [hour].

  • Kurang menit (31-59): It's [minutes to the next hour] to [next hour].

  • Format Digital:

  • Langsung menyebutkan angka jam dan menit: It's [hour] [minutes]. (Misal: 07.45 = It's seven forty-five).


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Lampiran 1: Poster/Infografis tentang kosakata waktu.

  • Lampiran 2: Contoh percakapan menanyakan dan menyatakan waktu.

  • Lampiran 3: Gambar jam analog dan digital dengan berbagai waktu.

  • Lampiran 4: Kumpulan latihan soal: mencocokkan, melengkapi kalimat, menuliskan waktu.

  • Lampiran 5: Kartu kegiatan sehari-hari dengan jadwal (misalnya, “I wake up at 6 o'clock.”).


Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (80 menit): Pengenalan dan Latihan Dasar

A. Pendahuluan (15 menit)

  1. Pembukaan: Guru menyapa peserta didik dan memeriksa kehadiran.

  2. Apersepsi: Guru menunjukkan gambar jam dinding atau jam digital dan mengajukan pertanyaan pemantik: “What time is it now?”, “Do you know how to say 'jam tiga sore' in English?”. Guru meminta peserta didik untuk menunjukkan jam tangan atau ponsel mereka.

  3. Motivasi: Guru menjelaskan pentingnya memahami waktu dalam bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari dan perjalanan.

  4. Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

B. Kegiatan Inti (55 menit)

Model Pembelajaran: Problem-Based Learning

Sintaks 1: Orientasi peserta didik pada masalah (15 menit)

  • Guru memutarkan sebuah video pendek atau menampilkan gambar yang menunjukkan situasi di mana seseorang terlambat atau kebingungan karena tidak tahu cara menanyakan atau menyatakan waktu (misalnya, janjian bertemu teman, ketinggalan kereta, dll.).

  • Setelah video/gambar, guru bertanya: “What is the problem in this situation?” atau “Why do you think this person faced a problem?” (Apa masalah dalam situasi ini? Mengapa menurut kalian orang ini menghadapi masalah?).

  • Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil (4-5 orang).

  • Guru memberikan masalah kepada setiap kelompok: "Bayangkan kalian berada di sebuah negara berbahasa Inggris dan harus menanyakan jam berapa sebuah toko akan tutup atau jam berapa kereta akan berangkat. Namun, kalian tidak tahu cara menanyakan atau memahami jawabannya. Bagaimana kalian akan mengatasi situasi ini?"

Sintaks 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar (15 menit)

  • Guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi apa yang perlu mereka pelajari untuk mengatasi masalah tersebut. (Jawaban yang diharapkan: mereka perlu belajar kosakata waktu, cara menanyakan waktu, dan cara menyatakan waktu).

  • Guru menyajikan materi ringkasan mengenai kosakata waktu (o'clock, half past, quarter past/to, past, to) menggunakan Lampiran 1 (Poster/Infografis). Guru mengucapkan kosakata tersebut dan meminta peserta didik untuk mengulanginya.

  • Guru menggunakan Lampiran 3 (Gambar jam analog dan digital) untuk menunjukkan contoh waktu dan cara membacanya.

Sintaks 3: Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok (25 menit)

  • Setiap kelompok diberikan set kartu jam atau gambar jam dengan berbagai waktu.

  • Aktivitas Berdiferensiasi:

  • Untuk peserta didik dengan kesiapan rendah (visual/auditori): Guru memberikan kartu jam dengan waktu yang lebih sederhana (misalnya, hanya o'clock dan half past) dan meminta mereka untuk menyebutkan waktu secara lisan, dengan panduan kosakata di poster. Guru juga memberikan rekaman audio untuk melatih pendengaran.

  • Untuk peserta didik dengan kesiapan sedang (kinestetik/visual): Peserta didik diberikan berbagai waktu dan diminta untuk menempelkan jarum jam pada jam dinding analog yang mereka buat dari karton (jika memungkinkan) atau menggambar jam sesuai waktu yang diberikan. Mereka juga diminta untuk menuliskan waktu tersebut.

  • Untuk peserta didik dengan kesiapan tinggi (verbal/logis): Peserta didik diberikan waktu yang lebih kompleks (melibatkan past dan to) dan diminta untuk membuat kalimat sederhana yang menggunakan waktu tersebut dalam konteks kegiatan sehari-hari (misalnya, “I have breakfast at seven o'clock.”).

  • Setiap kelompok mendiskusikan dan mempraktikkan cara menanyakan dan menyatakan waktu menggunakan kartu jam tersebut.

C. Penutup (10 menit)

  1. Refleksi: Guru meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Guru memberikan feedback positif dan mengoreksi jika ada kesalahan.

  2. Rangkuman: Guru bersama peserta didik merangkum poin-poin penting tentang cara menanyakan dan menyatakan waktu.

  3. Tugas Rumah: Guru memberikan tugas rumah dari Lampiran 4 (Latihan Soal) untuk mengidentifikasi dan menuliskan waktu yang tertera pada gambar jam.

  4. Penutup: Guru mengakhiri pembelajaran.


Pertemuan 2 (80 menit): Penerapan dan Kolaborasi

A. Pendahuluan (15 menit)

  1. Pembukaan: Guru menyapa peserta didik dan memeriksa kehadiran.

  2. Apersepsi: Guru bertanya kepada beberapa peserta didik tentang waktu dan kegiatan mereka saat ini. “What time is it now?”, “What do you usually do at [time]?” (Jam berapa sekarang? Apa yang biasanya kamu lakukan pada jam [waktu]?).

  3. Ulasan Tugas Rumah: Guru membahas tugas rumah dari pertemuan sebelumnya.

  4. Tujuan Pembelajaran: Guru mengingatkan kembali tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

B. Kegiatan Inti (55 menit)

Model Pembelajaran: Problem-Based Learning

Sintaks 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (30 menit)

  • Aktivitas Berdiferensiasi (lanjutan dari Sintaks 3, disesuaikan kebutuhan):

  • Setiap kelompok diminta untuk membuat sebuah dialog singkat (minimal 4-6 kalimat) yang melibatkan menanyakan dan menyatakan waktu. Dialog ini harus relevan dengan masalah yang diberikan di awal (misalnya, menanyakan jam buka/tutup toko, jam keberangkatan transportasi, dll.).

  • Diferensiasi Produk:

  • Kelompok dengan kesiapan rendah: Boleh menggunakan bantuan gambar atau properti sederhana. Fokus pada dialog yang sangat dasar dan singkat.

  • Kelompok dengan kesiapan sedang: Membuat dialog yang lebih kompleks dan dapat menambahkan gerakan/ekspresi.

  • Kelompok dengan kesiapan tinggi: Membuat dialog yang lebih panjang, memasukkan lebih banyak variasi waktu, dan mungkin menyertakan beberapa kegiatan sehari-hari. Mereka juga bisa membuat mini-skit yang diperankan.

  • Kolaborasi dan Kreativitas: Peserta didik berkolaborasi dalam kelompok untuk menyusun dialog. Mereka didorong untuk berpikir kreatif dalam penyajiannya (misalnya, dengan gerakan, nada suara, atau alat peraga sederhana).

  • Guru berkeliling, membimbing, dan memberikan feedback kepada setiap kelompok selama proses pengerjaan.

Sintaks 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (25 menit)

  • Setiap kelompok mempresentasikan dialog/skitnya di depan kelas.

  • Setelah setiap presentasi, peserta didik lain dan guru memberikan feedback konstruktif. Guru menekankan pada kejelasan pengucapan, kebenaran tata bahasa (khususnya dalam menyatakan waktu), dan kelancaran percakapan.

  • Guru mengajukan pertanyaan evaluasi kepada setiap kelompok: “What challenges did you face when creating the dialogue?” (Tantangan apa yang kalian hadapi saat membuat dialog?), “How did you solve it?” (Bagaimana kalian menyelesaikannya?).

  • Aktivitas Tambahan (Jika waktu memungkinkan): Guru memberikan Kartu Teka-Teki Waktu (Time Riddles) kepada setiap kelompok. Misalnya, "Saya ada di jam 7.00 pagi. Siapakah saya?" (Jawaban: I am seven o'clock.). Kelompok harus menebak jawabannya dan menuliskannya dalam bahasa Inggris.

C. Penutup (10 menit)

  1. Refleksi Diri: Guru meminta peserta didik untuk mengisi Instrumen Refleksi (Lampiran 7) tentang apa yang telah mereka pelajari dan apa yang masih perlu mereka tingkatkan.

  2. Penguatan: Guru menegaskan kembali pentingnya kemampuan menanyakan dan menyatakan waktu dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Apresiasi: Guru memberikan apresiasi atas partisipasi aktif dan kreativitas peserta didik.

  4. Penutup: Guru mengakhiri pembelajaran.


Rencana Asesmen

Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

  • Lisan: Guru menanyakan secara lisan kepada beberapa peserta didik tentang pengetahuan dasar mereka tentang angka dalam bahasa Inggris (1-60) dan beberapa kosakata terkait waktu yang mungkin sudah mereka ketahui.

  • Tertulis: Guru bisa memberikan tes singkat untuk menuliskan angka atau mencocokkan angka dengan kata.

Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)

  1. Observasi Guru:

  • Mengamati partisipasi aktif peserta didik dalam diskusi kelompok.

  • Mencatat kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menggunakan kosakata waktu.

  • Memperhatikan keaktifan dan kolaborasi dalam kelompok.

  1. Penilaian Kinerja:

  • Penilaian presentasi dialog/skit antar kelompok (fokus pada kejelasan, kebenaran tata bahasa, dan kelancaran).

  • Penilaian saat menjawab teka-teki waktu.

  1. Penilaian Produk:

  • Kebenaran jawaban pada latihan soal di lembar kerja.

  • Kelengkapan dan kebenaran dialog yang dibuat kelompok.

Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran)

  • Tes Tertulis:

  • Pilihan ganda: mencocokkan gambar jam dengan tulisan waktu yang benar.

  • Melengkapi kalimat dengan waktu yang tepat.

  • Menuliskan waktu dalam bahasa Inggris berdasarkan angka yang diberikan.

  • Menuliskan dialog singkat tentang menanyakan dan menyatakan waktu.


Rencana Diferensiasi

1. Diferensiasi Konten

  • Menyediakan berbagai sumber belajar: Selain buku teks, guru akan menyediakan poster, video, rekaman audio, dan aplikasi interaktif tentang waktu.

  • Menyesuaikan tingkat kesulitan materi:

  • Untuk peserta didik dengan kesiapan rendah: fokus pada o'clock, half past, dan format digital sederhana.

  • Untuk peserta didik dengan kesiapan sedang: memperkenalkan quarter past/to, past, dan to.

  • Untuk peserta didik dengan kesiapan tinggi: memperdalam pemahaman tentang penggunaan A.M./P.M. dan konteks penggunaan waktu dalam berbagai situasi.

2. Diferensiasi Proses

  • Pendampingan Kelompok: Guru akan lebih intens mendampingi kelompok dengan kesiapan rendah, memberikan penjelasan tambahan, dan memecah instruksi menjadi langkah-langkah yang lebih kecil.

  • Pemberian Pilihan Aktivitas (dalam batasan tujuan):

  • Pada aktivitas praktik, peserta didik dapat memilih apakah mereka ingin lebih banyak berlatih secara lisan, menulis, atau menggambar jam.

  • Dalam membuat dialog, kelompok dengan kesiapan tinggi didorong untuk membuat naskah yang lebih panjang dan kompleks, sementara kelompok lain dapat fokus pada struktur dasar.

  • Pengaturan Kelompok Fleksibel: Guru akan membentuk kelompok secara heterogen agar peserta didik dengan kesiapan yang berbeda dapat saling membantu, atau sesekali membentuk kelompok homogen untuk memberikan tugas yang lebih spesifik.

3. Diferensiasi Produk

  • Variasi Bentuk Hasil Karya:

  • Peserta didik dapat menyajikan pemahaman mereka tentang waktu melalui:

  • Presentasi lisan (dialog, role-play).

  • Produk tertulis (lembar kerja, dialog tertulis).

  • Produk visual (gambar jam, flashcards buatan sendiri).

  • Kriteria Penilaian yang Jelas dan Fleksibel: Kriteria penilaian akan disesuaikan dengan tingkat kerumitan tugas yang diberikan kepada setiap kelompok. Fokus pada perkembangan individu.


Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman.

  • Papan tulis/Whiteboard dan spidol/kapur.

  • Proyektor dan layar.

  • Komputer/laptop.

  • Speaker/pengeras suara.

  • Koneksi internet (jika menggunakan sumber daring).

  • Kartu jam/flashcards.

  • Jam dinding analog (jika memungkinkan).

  • Buku teks Bahasa Inggris kelas VII.

  • Alat tulis dan buku catatan peserta didik.


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Teks Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.

  • Situs web edukasi: British Council LearnEnglish (learnenglish.britishcouncil.org), YouTube (video pembelajaran telling the time).

  • Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris interaktif yang berfokus pada waktu.

  • Gambar dan infografis mengenai waktu dari berbagai sumber terpercaya.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

Lampiran 4: Lembar Kerja Peserta Didik (Contoh)

Nama: _______________ Kelas: _______________

A. Match the clock with the correct time! (Jodohkan jam dengan waktu yang benar!)

(Gambar jam analog dengan berbagai waktu, misal: 07.00, 09.30, 02.15, 11.45)

  1. (Gambar jam 07.00) a. It's quarter to twelve.

  2. (Gambar jam 09.30) b. It's seven o'clock.

  3. (Gambar jam 02.15) c. It's half past nine.

  4. (Gambar jam 11.45) d. It's quarter past two.

B. Write the time in English! (Tuliskan waktu dalam bahasa Inggris!)

  1. 05:00 = ________________________

  2. 03:30 = ________________________

  3. 08:15 = ________________________

  4. 06:45 = ________________________

  5. 10:20 = ________________________

C. Complete the dialogue! (Lengkapi dialog berikut!)

Andi: Excuse me, ____ ____ ____?

Budi: It's ____ ____.

Andi: Thank you!

Budi: You're welcome.


Instrumen Refleksi

Lampiran 7: Lembar Refleksi Peserta Didik

Nama: _______________ Kelas: _______________

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur!

  1. Apa yang paling kalian pelajari hari ini tentang menanyakan dan menyatakan waktu?


  2. Bagian mana yang paling sulit bagi kalian?


  3. Bagaimana perasaan kalian saat bekerja dalam kelompok? Apakah kalian merasa terbantu?


  4. Apa yang akan kalian lakukan untuk meningkatkan pemahaman kalian tentang waktu dalam bahasa Inggris?


  5. Satu hal baru yang saya ketahui tentang diri saya sebagai pembelajar adalah...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process