Modul Ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning (PBL), fokus pada kosakata terkait aktivitas, mata pelajaran, dan fasilitas sekolah.
Modul Ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning (PBL), fokus pada kosakata terkait aktivitas, mata pelajaran, dan fasilitas sekolah.
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Ajaran: 2024/2025
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase/Kelas: D/VII (Tujuh)
Semester: 2 (Dua)
Elemen: Menulis (Writing) dan Berbicara (Speaking)
Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit = 160 menit)
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)
Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi
Kompetensi Awal yang Harus Dimiliki Siswa
Siswa telah memiliki pemahaman dasar tentang:
Kosakata dasar benda-benda di sekitar.
Struktur kalimat sederhana (Subjek-Predikat-Objek).
Kemampuan menyimak instruksi sederhana dalam Bahasa Inggris.
Profil Pelajar Pancasila
Bergotong royong: Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan berbagi ide.
Mandiri: Siswa memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam proses belajar, serta mampu mencari informasi secara independen.
Bernalar kritis: Siswa mampu menganalisis informasi, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi.
Kreatif: Siswa mampu menghasilkan ide-ide baru dan inovatif dalam menyampaikan informasi atau menyelesaikan tugas.
Tujuan Pembelajaran
Melalui model Problem-Based Learning, peserta didik dapat menggunakan kosakata yang relevan terkait aktivitas sekolah, mata pelajaran, dan fasilitas sekolah dalam konteks yang tepat secara lisan dan tulisan dengan percaya diri dan kolaboratif.
Indikator Keberhasilan
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:
Mengidentifikasi kosakata terkait aktivitas sekolah (misalnya: study, read, write, discuss, present).
Mengidentifikasi kosakata terkait mata pelajaran (misalnya: English, Math, Science, Art, PE).
Mengidentifikasi kosakata terkait fasilitas sekolah (misalnya: classroom, library, canteen, laboratory, playground).
Menggunakan kosakata tersebut dalam kalimat atau paragraf pendek untuk mendeskripsikan aktivitas atau lingkungan sekolah.
Menyusun dialog sederhana menggunakan kosakata terkait aktivitas dan fasilitas sekolah.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan percaya diri.
Pertanyaan Pemantik
"What do you usually do at school besides studying?" (Apa yang biasanya kalian lakukan di sekolah selain belajar?)
"What are your favorite subjects? Why?" (Apa mata pelajaran favoritmu? Mengapa?)
"What facilities does our school have?" (Fasilitas apa saja yang ada di sekolah kita?)
"Imagine you are a new student. How would you describe our school to your parents using English?" (Bayangkan kamu adalah siswa baru. Bagaimana kamu akan mendeskripsikan sekolah kita kepada orang tuamu menggunakan Bahasa Inggris?)
Daftar Perlengkapan Ajar
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/Marker
Proyektor (jika ada)
Komputer/Laptop
Speaker (jika diperlukan untuk audio)
Kartu gambar/flashcards (aktivitas, mata pelajaran, fasilitas sekolah)
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Alat tulis (buku, pulpen/pensil)
Kertas manila/karton
Spidol warna/pensil warna
Ringkasan Materi Ajar
Materi ajar ini akan fokus pada penguasaan kosakata yang berhubungan dengan:
Aktivitas sekolah: contohnya study, read, write, draw, sing, discuss, play, eat, pray, do homework, attend ceremony, practice.
Mata pelajaran: contohnya English, Indonesian Language, Mathematics, Science, Social Studies, Arts, Physical Education (PE), Religion, Civic Education, Information and Communication Technology (ICT).
Fasilitas sekolah: contohnya classroom, library, laboratory, canteen, mosque, hall, main office, teacher's room, toilet, playground, sport field, computer lab, school garden.
Siswa akan belajar mengidentifikasi, memahami makna, dan menggunakan kosakata ini dalam berbagai konteks melalui kegiatan yang bervariasi.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Flashcards bergambar aktivitas, mata pelajaran, dan fasilitas sekolah.
Daftar kosakata (glossary) dengan gambar atau definisi singkat.
Contoh dialog sederhana.
Teks deskripsi singkat tentang sekolah.
Audio/Video klip singkat tentang aktivitas di sekolah.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 Menit)
Topik: Mengenal Kosakata Aktivitas dan Mata Pelajaran Sekolah
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.
Guru mengaitkan materi dengan kehidupan siswa sehari-hari melalui pertanyaan pemantik (misalnya: "What do you usually do at school besides studying?").
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Guru menjelaskan sekilas model pembelajaran Problem-Based Learning dan kaitannya dengan kegiatan yang akan dilakukan.
Kegiatan Inti (55 menit)
Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)
Guru menampilkan gambar atau video singkat tentang kegiatan di sekolah (misalnya: siswa di perpustakaan, di kantin, di lapangan olahraga).
Guru memberikan stimulus berupa pertanyaan: "Imagine you are a new student in this school. You want to tell your friend about your daily activities and favorite subjects. What words would you use?" (Bayangkan kamu siswa baru di sekolah ini. Kamu ingin menceritakan kepada temanmu tentang aktivitas harian dan mata pelajaran favoritmu. Kata-kata apa yang akan kamu gunakan?)
Siswa diminta menuliskan kosakata yang muncul di pikiran mereka (brainstorming).
Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (15 menit)
Guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil (3-4 siswa) secara heterogen (berdasarkan kemampuan atau gaya belajar yang berbeda).
Guru membagikan flashcards aktivitas dan mata pelajaran, serta LKPD 1.
Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan dan mengelompokkan flashcards tersebut, kemudian menuliskan kosakata yang relevan pada LKPD.
Diferensiasi Proses:
Untuk siswa dengan kemampuan lebih cepat, guru dapat meminta mereka untuk membuat kalimat sederhana dari setiap kosakata.
Untuk siswa yang membutuhkan dukungan, guru menyediakan daftar kosakata dengan terjemahan atau gambar pendukung.
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (25 menit)
Setiap kelompok berdiskusi tentang bagaimana menggunakan kosakata aktivitas dan mata pelajaran untuk membuat deskripsi kegiatan harian atau jadwal pelajaran mereka.
Guru berkeliling, memantau, dan memberikan bimbingan, memancing siswa untuk berpikir kritis (misalnya: "Why do you choose that word?", "Can you use this word in a different sentence?").
Kegiatan Kolaboratif & Aktif: Siswa aktif berdiskusi, berbagi ide, dan saling membantu dalam kelompok. Mereka juga bisa berinteraksi dengan kelompok lain untuk mendapatkan ide baru.
Kegiatan Kreatif: Siswa diminta untuk membuat "poster mini" atau mind map sederhana tentang jadwal pelajaran favorit mereka atau aktivitas harian di sekolah menggunakan kosakata yang telah didapat.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Setiap kelompok secara singkat mempresentasikan poster mini/mind map mereka di depan kelas (2-3 kelompok).
Guru memberikan penguatan dan feedback positif.
Guru bersama siswa merangkum pembelajaran hari ini.
Guru memberikan tugas rumah untuk mencari lebih banyak kosakata tentang fasilitas sekolah sebagai persiapan pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2 (80 Menit)
Topik: Menggunakan Kosakata Fasilitas Sekolah dalam Konteks
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.
Guru mereview materi pertemuan sebelumnya dengan bertanya: "What are some school activities and subjects we learned last time?"
Guru mengaitkan materi hari ini dengan tugas rumah: "Last time, I asked you to find more words about school facilities. What did you find?"
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti (55 menit)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (25 menit)
Guru memberikan kasus: "Our school wants to make a short video promoting our school to new students. Your group needs to write a short script describing the school facilities and activities, encouraging new students to join." (Sekolah kita ingin membuat video pendek untuk promosi sekolah kepada siswa baru. Kelompokmu perlu menulis skrip pendek yang mendeskripsikan fasilitas dan aktivitas sekolah, mengajak siswa baru untuk bergabung.)
Guru membagikan flashcards fasilitas sekolah dan LKPD 2.
Siswa bekerja dalam kelompok yang sama (atau dipecah menjadi kelompok baru jika diperlukan).
Setiap kelompok menyusun skrip promosi yang berfokus pada penggunaan kosakata fasilitas sekolah, dilengkapi dengan aktivitas yang bisa dilakukan di sana.
Diferensiasi Produk:
Kelompok dengan kemampuan menulis yang lebih baik dapat diminta untuk menambahkan dialog antar karakter.
Kelompok lain dapat fokus pada deskripsi naratif sederhana.
Guru bisa memberikan template skrip atau sentence starters untuk siswa yang membutuhkan.
Kegiatan Kolaboratif & Kreatif: Siswa berkolaborasi dalam menyusun skrip, berbagi ide, dan berkreasi dalam menyajikan informasi. Mereka juga bisa merencanakan bagaimana video tersebut akan dibuat (meskipun tidak diproduksi sungguhan).
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (30 menit)
Setelah skrip selesai, setiap kelompok mempersiapkan diri untuk mempresentasikan skrip mereka di depan kelas.
Kegiatan Aktif: Siswa diminta untuk membacakan skrip mereka dengan intonasi dan ekspresi yang tepat, seolah-olah sedang mempromosikan sekolah.
Setelah setiap presentasi, siswa lain diminta untuk memberikan feedback positif atau saran. Guru juga memberikan feedback konstruktif terkait penggunaan kosakata, kelancaran, dan kekompakan kelompok.
Guru mendorong siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi: "Did your script effectively promote our school? What words made it interesting?" (Apakah skripmu efektif mempromosikan sekolah kita? Kata-kata apa yang membuatnya menarik?)
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan pentingnya menguasai kosakata untuk berkomunikasi secara efektif.
Guru memberikan tugas pengayaan: menulis deskripsi singkat tentang sekolah impian mereka menggunakan kosakata yang telah dipelajari.
Guru menutup pelajaran dengan salam.
Rencana Asesmen
Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal siswa tentang kosakata terkait sekolah.
Bentuk: Guru meminta siswa menyebutkan 3-5 kata dalam Bahasa Inggris yang berhubungan dengan sekolah, mata pelajaran, atau kegiatan di sekolah. (Dilakukan saat pertanyaan pemantik).
Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)
Tujuan: Memantau pemahaman siswa dan memberikan umpan balik segera.
Bentuk:
Observasi: Pengamatan guru terhadap keaktifan, kolaborasi, dan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok.
LKPD 1 & 2: Penilaian terhadap kemampuan siswa mengelompokkan kosakata dan menyusun skrip/deskripsi sederhana.
Presentasi Kelompok: Penilaian kemampuan siswa menggunakan kosakata dalam konteks lisan dan kelancaran berbicara.
Instrumen: Rubrik observasi partisipasi, rubrik penilaian LKPD, rubrik penilaian presentasi.
Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran)
Tujuan: Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan.
Bentuk:
Tulis: Siswa diminta menulis paragraf pendek (3-5 kalimat) mendeskripsikan kegiatan atau fasilitas favorit mereka di sekolah, menggunakan minimal 5 kosakata yang telah dipelajari.
Lisan (Opsional): Siswa membuat rekaman suara singkat (1-2 menit) tentang "My School Life" atau "What I Like About My School", berfokus pada penggunaan kosakata yang relevan.
Instrumen: Rubrik penilaian tulisan (keterkaitan isi, penggunaan kosakata, tata bahasa) atau rubrik penilaian rekaman suara (kelancaran, pelafalan, penggunaan kosakata).
Rencana Diferensiasi
1. Diferensiasi Konten
Sumber belajar bervariasi: Guru menyediakan flashcards, daftar kosakata dengan gambar, atau audio/video klip untuk memenuhi preferensi belajar visual, auditori, dan kinestetik.
Tingkat kesulitan kosakata: Untuk siswa yang cepat, guru bisa memperkenalkan kosakata yang lebih spesifik (misalnya: auditorium, gymnasium, infirmary). Untuk siswa yang membutuhkan dukungan, fokus pada kosakata dasar dan sering digunakan.
2. Diferensiasi Proses
Pengelompokan heterogen: Siswa dikelompokkan secara heterogen agar dapat saling membantu dan belajar satu sama lain.
Dukungan scaffolding: Guru memberikan bimbingan dan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, seperti sentence starters, panduan langkah demi langkah, atau contoh kalimat.
Fleksibilitas waktu: Memberikan waktu tambahan bagi kelompok yang membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
Peran dalam kelompok: Mendorong siswa untuk mengambil peran yang berbeda dalam kelompok (misalnya: penulis, presenter, timekeeper, pencari ide) sesuai dengan kekuatan mereka.
3. Diferensiasi Produk
Pilihan output: Siswa dapat memilih bentuk output yang bervariasi (misalnya: poster mini, mind map, skrip dialog, deskripsi tertulis) sesuai dengan preferensi atau kekuatan mereka.
Tingkat kompleksitas output: Untuk siswa yang mahir, tantangan dapat ditingkatkan dengan meminta mereka membuat dialog yang lebih panjang atau menambahkan detail deskriptif yang lebih kaya. Untuk siswa yang membutuhkan dukungan, fokus pada struktur kalimat sederhana dan penggunaan kosakata kunci.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman.
Papan tulis/Whiteboard, spidol.
Proyektor dan laptop (jika tersedia).
Alat tulis dan buku siswa.
Kartu gambar/flashcards.
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Teks Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.
Kamus Bahasa Inggris (cetak atau daring).
Video singkat tentang kegiatan sekolah di YouTube (dengan subtitle Bahasa Inggris).
Gambar-gambar fasilitas dan aktivitas sekolah dari internet.
Aplikasi pembelajaran kosakata (misalnya: Quizlet, Duolingo).
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
LKPD 1: My School Life in Words (Pertemuan 1)
Nama Kelompok:
Anggota:
Bagian 1: Categorize and Write!
Lihat flashcards yang diberikan. Kelompokkan dan tuliskan kosakata ke dalam kategori yang tepat.
Bagian 2: Create a Mini-Poster/Mind Map!
Pilih 5-7 kosakata dari daftar di atas. Buatlah poster mini atau mind map sederhana yang menggambarkan "My Favorite School Day" atau "My School Schedule" menggunakan kosakata tersebut. Kamu bisa menambahkan gambar atau simbol.
LKPD 2: Our School Promotion Script (Pertemuan 2)
Nama Kelompok:
Anggota:
Bagian 1: Explore School Facilities!
Tuliskan 5-7 fasilitas sekolah yang ada di sekolah kita dan apa yang bisa dilakukan di sana.
Bagian 2: Write a Promotion Script!
Buatlah skrip pendek (minimal 8-10 kalimat) untuk mempromosikan sekolah kita kepada siswa baru. Gunakan kosakata tentang aktivitas sekolah, mata pelajaran, dan fasilitas sekolah yang sudah kamu pelajari. Libatkan 2-3 karakter dalam skripmu jika memungkinkan.
Contoh Awal:
Student A: "Hi, welcome to SMP Negeri 3 Mnj! Do you know what we have here?"
Student B: "Not yet! Tell me more."
Student A: "Well, we have a great ______ (fasilitas) where we can ______ (aktivitas). And my favorite subject is ______."
Instrumen Refleksi
Refleksi Guru
Apakah tujuan pembelajaran tercapai sepenuhnya?
Apakah ada siswa yang tidak mencapai tujuan pembelajaran? Mengapa?
Bagian pembelajaran mana yang paling efektif?
Bagian mana yang perlu diperbaiki di masa mendatang?
Bagaimana diferensiasi yang saya terapkan mempengaruhi partisipasi dan pemahaman siswa?
Apakah siswa menunjukkan profil Pelajar Pancasila yang diharapkan (gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif)?
Refleksi Siswa
Apa yang paling kalian pelajari hari ini?
Kosakata baru apa yang kalian dapatkan?
Bagian mana dari pelajaran ini yang paling kalian sukai? Mengapa?
Bagian mana yang paling sulit? Mengapa?
Apakah kalian merasa terbantu dengan bekerja dalam kelompok?
Bagaimana kalian akan menggunakan kosakata ini di luar kelas?
Semoga modul ajar ini bermanfaat
Komentar
Posting Komentar