Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 tujuan pembelajaran "Bertanya dan memberikan informasi tentang lokasi atau keberadaan suatu tempat/benda.
Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning (PBL) untuk tujuan pembelajaran "Bertanya dan memberikan informasi tentang lokasi atau keberadaan suatu tempat/benda."
Modul Ajar Bahasa Inggris
Mempertanyakan dan Memberikan Informasi Lokasi (Asking and Giving Information about Location)
Identitas Modul
Modul Ajar Bahasa Inggris
Menanyakan dan Memberikan Informasi Lokasi (Asking and Giving Information about Location)
Identitas Modul
Kompetensi Awal yang Harus Dimiliki Siswa
Siswa diharapkan telah memiliki pemahaman dasar tentang:
Kosakata dasar benda-benda di sekitar mereka (misalnya, book, table, chair, bag).
Kosakata dasar nama tempat umum (misalnya, school, hospital, park, market).
Penggunaan 'to be' (is/are) dalam kalimat sederhana.
Frasa sederhana seperti "What is this?" atau "Where is the...?"
Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila yang relevan dalam modul ini adalah:
Bergotong Royong: Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas.
Mandiri: Siswa mengambil inisiatif dalam mencari informasi dan menyelesaikan masalah.
Bernalar Kritis: Siswa menganalisis situasi, mengevaluasi informasi, dan merumuskan solusi.
Kreatif: Siswa mengembangkan ide-ide baru dan menyajikan informasi dengan cara yang inovatif.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat:
Mengidentifikasi berbagai preposisi tempat (on, in, under, next to, between, in front of, behind, near, far from, opposite).
Mempertanyakan lokasi atau keberadaan suatu tempat/benda dengan menggunakan frasa dan struktur kalimat yang tepat (Where is...?, Is there a...?, How can I get to...?).
Memberikan informasi tentang lokasi atau keberadaan suatu tempat/benda dengan menggunakan preposisi dan kosakata yang sesuai.
Berinteraksi secara lisan dan tertulis untuk menanyakan dan memberikan informasi lokasi dalam konteks sehari-hari.
Indikator Keberhasilan
Siswa dikatakan berhasil jika mampu:
Menggunakan minimal 5 preposisi tempat dengan benar dalam kalimat.
Membuat 3-4 pertanyaan tentang lokasi dengan struktur yang tepat.
Memberikan 3-4 jawaban tentang lokasi dengan informasi yang jelas dan akurat.
Berpartisipasi aktif dalam simulasi dialog atau permainan peran terkait lokasi.
Menyajikan hasil diskusi kelompok tentang suatu lokasi dengan bahasa Inggris sederhana.
Pertanyaan Pemantik
"Bayangkan kamu tersesat di suatu tempat yang belum pernah kamu datangi. Bagaimana cara kamu bertanya kepada orang lain untuk menemukan jalan?"
"Jika temanmu bertanya di mana letak pensilnya, bagaimana kamu memberitahunya dalam bahasa Inggris?"
"Apa yang kamu katakan jika ingin tahu di mana letak perpustakaan di sekolah ini?"
Daftar Perlengkapan Ajar
Kartu gambar/flashcards benda dan tempat.
Denah/peta sederhana (misalnya, peta sekolah, peta lingkungan).
Spidol/kapur, papan tulis.
Proyektor/laptop dan speaker (jika tersedia).
Speaker/Headphone untuk mendengarkan audio (jika ada).
Kertas karton/manila paper, spidol warna, alat mewarnai.
Smartphone/tablet (jika memungkinkan untuk mencari informasi online atau membuat video singkat).
Ringkasan Materi Ajar
Materi akan berfokus pada:
Preposisi Tempat (Prepositions of Place): on, in, under, next to, between, in front of, behind, near, far from, opposite, above, below.
Frasa untuk Bertanya Lokasi:
Where is...? (Di mana...?)
Is there a...? (Apakah ada...?)
Are there any...? (Apakah ada...?)
How can I get to...? (Bagaimana saya bisa ke...?)
Excuse me, could you tell me where the... is? (Permisi, bisakah Anda memberitahu saya di mana...?)
Frasa untuk Memberikan Informasi Lokasi:
It's on/in/under/next to/between the...
It's in front of/behind/near/far from the...
Go straight ahead, turn left/right.
It's on your left/right.
It's about... meters from here.
You can find it at...
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Lampiran 1: Kumpulan Flashcards Preposisi dan Benda/Tempat. (Gambar visual untuk on, in, under, next to, dll., serta gambar benda-benda umum seperti book, desk, bag dan tempat-tempat seperti park, hospital, school).
Lampiran 2: Contoh Dialog Singkat Asking and Giving Location. (Dialog sederhana yang menggunakan frasa dan preposisi yang dipelajari).
Lampiran 3: Latihan Mengisi Rumpang dan Mencocokkan. (Latihan tata bahasa dan kosakata untuk menguji pemahaman preposisi dan frasa).
Lampiran 4: Peta/Denah Sederhana (contoh: Peta Kelas, Peta Sekolah, Peta Lingkungan Rumah). (Dapat berupa gambar atau sketsa).
Lampiran 5: Rubrik Penilaian Dialog/Presentasi.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 Menit)
Topik: Mengenal dan Menggunakan Preposisi Tempat Sederhana
Pendahuluan (10 menit)
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.
Guru memantik diskusi dengan pertanyaan pemantik: "Bayangkan kamu tersesat di suatu tempat yang belum pernah kamu datangi. Bagaimana cara kamu bertanya kepada orang lain untuk menemukan jalan?"
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: siswa akan belajar bagaimana menanyakan dan memberikan informasi tentang lokasi suatu benda atau tempat.
Guru menjelaskan model pembelajaran PBL dan pendekatan berdiferensiasi yang akan digunakan.
Kegiatan Inti (60 menit)
Orientasi Siswa pada Masalah (Problem Presentation) (15 menit)
Guru menampilkan gambar ruang kelas yang "berantakan" atau "tidak teratur" (benda-benda tidak pada tempatnya) atau gambar sebuah ruangan dengan benda-benda yang lokasinya perlu dijelaskan.
Guru bertanya: "Look at this picture. Can you tell me where the bag is? Where is the book?" (Lihat gambar ini. Bisakah kalian memberitahu saya di mana tas itu? Di mana bukunya?)
Siswa mencoba menjawab dengan pengetahuan awal mereka, mungkin masih dalam Bahasa Indonesia atau campur kode. Guru menerima semua jawaban.
Aktivitas Kolaboratif: Secara berpasangan, minta siswa untuk mengidentifikasi setidaknya 3 benda dan mencoba mendeskripsikan lokasinya dalam bahasa Inggris, meskipun belum sempurna.
Mengorganisasi Siswa untuk Belajar (Problem Organization) (15 menit)
Guru memperkenalkan preposisi tempat (on, in, under, next to, between, in front of, behind) dengan menggunakan flashcards atau benda-benda nyata di kelas. Guru mendemonstrasikan artinya dengan meletakkan benda di lokasi yang sesuai.
Guru meminta siswa untuk menirukan pengucapan preposisi.
Guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil (3-4 orang) secara heterogen (berdasarkan kemampuan, minat, dan gaya belajar).
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Investigation) (20 menit)
Guru memberikan setiap kelompok sebuah denah kelas/sekolah sederhana (Lampiran 4).
Tugas Kelompok: Setiap kelompok diberikan beberapa benda/tempat (bisa berupa gambar kecil yang ditempel) dan diminta untuk menempatkannya di denah. Kemudian, mereka harus menuliskan setidaknya 5 kalimat yang mendeskripsikan lokasi benda-benda tersebut menggunakan preposisi yang telah dipelajari.
Diferensiasi Proses:
Siswa yang Butuh Dukungan Lebih: Guru memberikan kartu preposisi dengan gambar bantu, atau contoh kalimat rumpang yang bisa mereka lengkapi. Guru lebih sering mendekati kelompok ini untuk memberikan bimbingan langsung.
Siswa Umum: Guru memastikan mereka menggunakan preposisi yang bervariasi dan menyusun kalimat yang benar.
Siswa yang Memiliki Pemahaman Lebih: Guru dapat menantang mereka untuk menggunakan preposisi yang lebih kompleks (above, below, opposite, near, far from) atau membuat kalimat dengan dua preposisi (misalnya, The book is on the table next to the lamp.).
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Development and Presentation) (10 menit)
Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan denah mereka dan membacakan kalimat deskripsi lokasi benda-benda yang telah mereka buat.
Aktivitas Kreatif: Dorong siswa untuk menggunakan gerakan tangan atau menunjuk langsung pada denah saat presentasi.
Kelompok lain memberikan feedback atau bertanya tentang lokasi benda yang belum disebutkan.
Penutup (10 menit)
Guru mereviu kembali preposisi tempat yang telah dipelajari melalui game sederhana (misalnya, "Simon Says" dengan preposisi).
Guru memberikan tugas rumah: mencari 5 benda di rumah dan mendeskripsikan lokasinya dalam bahasa Inggris menggunakan preposisi yang berbeda.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya: menanyakan dan memberikan arah.
Pertemuan 2 (80 Menit)
Topik: Bertanya dan Memberikan Arah/Informasi Lokasi yang Lebih Kompleks
Pendahuluan (10 menit)
Guru menyapa siswa dan mengajak mereka me-review tugas rumah (siswa bisa saling membacakan hasil tugasnya).
Guru memantik dengan pertanyaan: "Jika kamu ingin pergi ke perpustakaan di sekolah kita, bagaimana cara kamu bertanya ke temanmu? Atau bagaimana kamu memberitahunya arahnya?"
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: siswa akan melatih kemampuan menanyakan dan memberikan informasi lokasi/arah dengan lebih kompleks melalui simulasi dan permainan peran.
Kegiatan Inti (60 menit)
Orientasi Siswa pada Masalah (Problem Presentation) (15 menit)
Guru memutar video pendek (jika memungkinkan) atau menampilkan serangkaian gambar tentang seseorang yang tersesat dan mencoba bertanya arah di suatu tempat baru.
Guru bertanya: "What kind of questions did the person ask? How did the other person give directions?" (Pertanyaan apa yang diajukan orang itu? Bagaimana orang lain memberikan arahnya?)
Guru memperkenalkan frasa-frasa kunci untuk bertanya lokasi (Where is...?, How can I get to...?) dan memberikan arah (Go straight, turn left/right, it's on your left/right, it's next to...).
Mengorganisasi Siswa untuk Belajar (Problem Organization) (15 menit)
Guru membagi siswa kembali ke dalam kelompok kecil yang sama atau kelompok baru untuk memfasilitasi kolaborasi yang beragam.
Setiap kelompok diberikan sebuah skenario masalah: "Kamu adalah turis yang tersesat di kota Mnj. Kamu ingin mencari [sebutkan 3-4 tempat umum di sekitar Mnj atau yang familiar bagi siswa, misalnya: hospital, post office, market, park]. Buatlah dialog di mana satu orang bertanya dan satu orang memberikan arah."
Guru menekankan pentingnya menggunakan preposisi dan frasa arah yang telah dipelajari.
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Investigation) (20 menit)
Tugas Kelompok: Masing-masing kelompok bekerja sama untuk menyusun sebuah dialog berdasarkan skenario yang diberikan. Mereka harus menuliskan dialog tersebut dan berlatih mempraktikkannya.
Aktivitas Kolaboratif: Dorong setiap anggota kelompok untuk berkontribusi dalam menyusun dialog dan mempraktikkannya.
Diferensiasi Produk/Konten:
Siswa yang Butuh Dukungan Lebih: Guru dapat memberikan kerangka dialog rumpang (Lampiran 2) atau kosakata bantu untuk tempat-tempat umum. Mereka dapat membuat dialog yang lebih sederhana, mungkin hanya melibatkan 1-2 preposisi/arah.
Siswa Umum: Mereka diharapkan dapat membuat dialog yang lebih lengkap dengan 3-4 tempat dan menggunakan beberapa preposisi/arah.
Siswa yang Memiliki Pemahaman Lebih: Mereka dapat ditantang untuk membuat dialog yang lebih panjang, melibatkan lebih banyak tempat, menggunakan preposisi yang lebih kompleks, atau bahkan membuat denah kecil sebagai panduan arah dalam dialog mereka. Mereka juga bisa membuat dialog yang melibatkan giving warnings (misalnya: Be careful, the road is slippery!) atau landmarks.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Development and Presentation) (10 menit)
Aktivitas Kreatif: Setiap kelompok secara bergantian mempraktikkan dialog mereka di depan kelas. Guru dapat mendorong mereka untuk menggunakan properti sederhana atau gerakan tubuh untuk membuat presentasi lebih menarik.
Aktivitas Aktif: Setelah setiap presentasi, siswa lain dapat mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang tampil (misalnya, "Where is the post office again?").
Penutup (10 menit)
Guru memberikan feedback konstruktif terhadap penampilan siswa, memuji usaha mereka, dan mengoreksi kesalahan umum secara klasikal.
Guru bersama siswa menyimpulkan poin-poin penting dari pembelajaran hari ini tentang bertanya dan memberikan informasi lokasi.
Refleksi: Guru meminta siswa menuliskan di selembar kertas kecil (atau berbicara singkat): "Hal baru apa yang saya pelajari hari ini?" dan "Bagian mana yang paling saya sukai/paling sulit?"
Guru memberikan tugas rumah: Mencari 3-5 tempat menarik di lingkungan rumah mereka dan mencoba menjelaskan arahnya kepada seseorang yang belum pernah ke sana, ditulis dalam bahasa Inggris.
Rencana Asesmen
Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran):
Pengamatan partisipasi awal siswa dalam menjawab pertanyaan pemantik atau tugas awal.
Tes lisan singkat/pertanyaan cepat mengenai kosakata benda dan tempat umum.
Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran):
Pengamatan: Observasi aktivitas kelompok (kolaborasi, keaktifan, kreativitas dalam menyelesaikan tugas).
Kinerja: Penilaian presentasi denah (Pertemuan 1) dan praktik dialog/drama pendek (Pertemuan 2) menggunakan rubrik.
Lisan: Respon siswa terhadap pertanyaan guru dan pertanyaan teman.
Tertulis: Penilaian kalimat deskripsi lokasi benda di denah (Pertemuan 1) dan naskah dialog (Pertemuan 2).
Asesmen Sumatif (Akhir Unit):
Tes Tertulis: Melengkapi kalimat dengan preposisi yang benar, menjawab pertanyaan berdasarkan peta/denah, menyusun dialog singkat.
Tes Lisan/Praktik: Bermain peran menanyakan dan memberikan arah ke suatu tempat baru menggunakan denah yang disediakan.
Rencana Diferensiasi
Diferensiasi akan dilakukan pada aspek konten, proses, dan produk.
Diferensiasi Konten:
Siswa yang Membutuhkan Dukungan Lebih: Menyediakan flashcards dengan gambar, kosakata kunci, pre-teaching beberapa preposisi dasar, dialog rumpang.
Siswa Umum: Menggunakan teks/dialog dengan tingkat kesulitan sedang.
Siswa yang Memiliki Pemahaman Lebih: Menyediakan teks/dialog yang lebih kompleks, kosakata tambahan (misalnya, intersection, roundabout, pedestrian crossing), dan tantangan untuk menjelaskan arah ke tempat yang lebih jauh/tidak familiar.
Diferensiasi Proses:
Pemberian Bantuan: Guru memberikan bimbingan lebih intensif kepada kelompok/individu yang kesulitan. Guru bisa memberikan petunjuk langkah demi langkah.
Pilihan Aktivitas: Siswa dapat memilih cara berlatih yang paling nyaman (misalnya, berlatih dialog secara tertulis dulu, atau langsung praktik dengan bantuan kartu).
Waktu: Memberikan waktu tambahan kepada siswa yang membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
Pengelompokan: Mengelompokkan siswa secara heterogen agar siswa dengan kemampuan lebih dapat membantu yang lain (peer tutoring), atau mengelompokkan berdasarkan minat untuk proyek kreatif.
Diferensiasi Produk:
Siswa yang Membutuhkan Dukungan Lebih: Hasil produk berupa kalimat deskripsi sederhana atau dialog pendek dengan frasa kunci yang terbatas.
Siswa Umum: Produk berupa dialog yang lebih lengkap dan penggunaan beberapa preposisi/arah.
Siswa yang Memiliki Pemahaman Lebih: Produk berupa dialog yang panjang dan kompleks, pembuatan denah sendiri, atau bahkan presentasi interaktif tentang sebuah "tour" di suatu tempat menggunakan bahasa Inggris. Mereka bisa membuat video pendek simulasi bertanya/memberi arah.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman.
Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
Proyektor/Laptop dan speaker.
Benda-benda nyata di kelas untuk demonstrasi preposisi.
Kartu gambar/flashcards.
Lembar kerja siswa.
Kertas karton, spidol warna, alat mewarnai.
Akses internet (jika memungkinkan untuk video/gambar).
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku teks Bahasa Inggris kelas VII Kurikulum Merdeka.
Youtube: Video-video tentang preposisi tempat dan asking/giving directions (contoh: "Prepositions of Place for Kids", "Giving Directions in English").
Website edukasi Bahasa Inggris (misalnya, British Council LearnEnglish Kids, ESL Kids Lab).
Gambar-gambar denah/peta sederhana dari internet.
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
Contoh Lembar Kerja Siswa (LKS) - Pertemuan 1
Nama:
Kelas:
Aktivitas 1: Lihat dan Lingkari!
Lihat gambar benda-benda di ruang kelasmu. Lingkari preposisi yang tepat untuk mendeskripsikan lokasi benda tersebut.
Contoh: The book is (on / in / under) the table.
Aktivitas 2: Lengkapi Kalimat!
Lengkapi kalimat di bawah ini dengan preposisi yang tepat (on, in, under, next to, between, in front of, behind).
The pen is ______ the pencil case.
The whiteboard is ______ the teacher's desk.
The dustbin is ______ the door.
My bag is ______ my chair.
Rina sits ______ Budi and Siti.
Aktivitas 3: Gambarkan dan Deskripsikan!
Gambarkan 3 benda di dalam kotak ini dan deskripsikan lokasinya menggunakan preposisi yang berbeda.
[Kotak kosong untuk menggambar]
Contoh Lembar Kerja Siswa (LKS) - Pertemuan 2
Nama:
Kelas:
Aktivitas 1: Mencocokkan Arah!
Cocokkan kalimat pertanyaan dengan jawaban yang paling sesuai.
Where is the canteen? a. Go straight, then turn left.
How can I get to the library? b. It's next to the laboratory.
Is there a restroom near here? c. Yes, it's behind the principal's office.
Aktivitas 2: Susun Dialog!
Susunlah kata-kata acak berikut menjadi dialog yang benar.
A: to / how / can / I / get / the / park / ?
B: straight / go / , / then / right / turn / . / It's / your / on / left / .
Aktivitas 3: Buat Dialogmu Sendiri!
Buatlah dialog pendek (minimal 4 baris) antara dua orang yang bertanya dan memberikan informasi lokasi di lingkungan sekolahmu.
A: _________________________________________
B: _________________________________________
A: _________________________________________
B: _________________________________________
Instrumen Refleksi
Refleksi Guru:
Apakah tujuan pembelajaran tercapai?
Bagian mana dari pembelajaran yang berjalan dengan baik? Mengapa?
Bagian mana yang perlu ditingkatkan? Apa alasannya?
Bagaimana keterlibatan siswa dalam pembelajaran? Apakah ada siswa yang kurang aktif atau kesulitan? Bagaimana cara mengatasinya di pertemuan berikutnya?
Apakah diferensiasi yang diterapkan efektif? Apa yang bisa saya lakukan untuk lebih memenuhi kebutuhan semua siswa?
Bagaimana model PBL memfasilitasi pembelajaran aktif dan kolaboratif siswa?
Refleksi Siswa:
Apa yang paling saya sukai dari pelajaran hari ini?
Hal baru apa yang saya pelajari tentang menanyakan dan memberikan lokasi?
Bagian mana yang paling sulit bagi saya? Mengapa?
Apa yang akan saya lakukan untuk meningkatkan pemahaman saya tentang materi ini?
Bagaimana perasaan saya ketika bekerja sama dengan teman-teman?
Apakah saya merasa lebih percaya diri untuk menanyakan atau memberikan arah dalam bahasa Inggris sekarang?
Komentar
Posting Komentar