Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 ,Kurikulum Merdeka Peserta didik mampu mendeskripsikan lokasi suatu benda atau tempat dengan menggunakan preposisi tempat (in, on, under, between, behind, in front of, next to, near) secara tepat


Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 dengan
pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning, sesuai dengan Kurikulum Merdeka.


Modul Ajar Bahasa Inggris: Describing LocationIdentitas Modul

Informasi

Deskripsi

Nama Penyusun

Dody, S.Pd.

Institusi

SMP Negeri 3 Mnj

Tahun Penyusunan

2025

Jenjang Sekolah

SMP

Fase/Kelas

D/VII

Mata Pelajaran

Bahasa Inggris

Materi Pokok

Describing Location (Prepositions of Place)

Alokasi Waktu

2 Pertemuan (2 x 80 menit)

Model Pembelajaran

Problem-Based Learning (PBL)


Kompetensi Awal

Siswa diharapkan sudah memiliki pemahaman dasar tentang:

  • Kosakata benda-benda di sekitar (misalnya, table, chair, book, bag, pen).

  • Kosakata tempat-tempat umum (misalnya, school, park, library, hospital).

  • Struktur kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris (subjek + kata kerja + objek).


Profil Pelajar Pancasila

  • Bergotong Royong: Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan pembelajaran.

  • Bernalar Kritis: Siswa menganalisis masalah, mengidentifikasi informasi yang relevan, dan mengambil keputusan berdasarkan bukti.

  • Kreatif: Siswa menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif dalam menyelesaikan masalah.


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu mendeskripsikan lokasi suatu benda atau tempat dengan menggunakan preposisi tempat (in, on, under, between, behind, in front of, next to, near) secara tepat.


Indikator Keberhasilan

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi preposisi tempat (in, on, under, between, behind, in front of, next to, near) dengan benar.

  • Peserta didik dapat menggunakan preposisi tempat untuk membentuk kalimat deskriptif tentang lokasi benda atau tempat.

  • Peserta didik dapat mendeskripsikan lokasi benda atau tempat dalam konteks nyata melalui kegiatan praktik.


Pertanyaan Pemantik

  • "Di mana buku saya?" ("Where is my book?")

  • "Bagaimana cara kamu memberitahu temanmu letak pulpen yang kamu sembunyikan di dalam kotak pensil?" ("How would you tell your friend where the pen you hid inside the pencil case is?")

  • "Pernahkah kamu kesulitan menemukan sesuatu atau seseorang karena tidak tahu di mana posisinya?" ("Have you ever had difficulty finding something or someone because you didn't know their position?")


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Whiteboard/Spidol

  • Proyektor (opsional)

  • Kartu gambar benda dan tempat

  • Benda-benda di sekitar kelas (misalnya, buku, tas, pulpen, kursi)

  • Gambar denah sederhana (misalnya, denah rumah, denah kelas)

  • Aplikasi kamus online atau fisik

  • Kertas A4 atau buku catatan

  • Alat tulis

  • Spidol warna-warni


Ringkasan Materi Ajar

Preposisi Tempat (Prepositions of Place):

Preposisi tempat adalah kata-kata yang digunakan untuk menunjukkan posisi atau lokasi sesuatu. Beberapa preposisi tempat yang umum:

  • In: di dalam (untuk ruang tertutup, kota, negara, cairan)

  • Contoh: The book is in the bag. (Buku itu ada di dalam tas.)

  • On: di atas (menempel pada permukaan)

  • Contoh: The pen is on the table. (Pulpen itu ada di atas meja.)

  • Under: di bawah

  • Contoh: The cat is under the chair. (Kucing itu ada di bawah kursi.)

  • Between: di antara dua benda/tempat

  • Contoh: The park is between the school and the library. (Taman itu ada di antara sekolah dan perpustakaan.)

  • Behind: di belakang

  • Contoh: The whiteboard is behind the teacher's desk. (Papan tulis itu ada di belakang meja guru.)

  • In front of: di depan

  • Contoh: The students are sitting in front of the teacher. (Murid-murid sedang duduk di depan guru.)

  • Next to: di sebelah (berdekatan)

  • Contoh: The pencil case is next to the book. (Kotak pensil itu ada di sebelah buku.)

  • Near: dekat (tidak harus menempel atau di sebelah persis, namun dalam jangkauan dekat)

  • Contoh: The cafe is near my house. (Kafe itu dekat rumah saya.)

Struktur Kalimat Sederhana:

Subjek + Kata Kerja (is/are) + Preposisi Tempat + Objek

  • Contoh: The book is on the table.


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Lembar Kerja Siswa (LKS):

  • LKS 1: Mencocokkan gambar dengan preposisi yang tepat.

  • LKS 2: Melengkapi kalimat dengan preposisi yang sesuai.

  • LKS 3: Membuat kalimat deskripsi lokasi berdasarkan gambar denah.

  • Kartu Preposisi dan Gambar: Kumpulan kartu bergambar objek dan preposisi untuk permainan atau matching activity.

  • Gambar Denah: Berbagai contoh denah sederhana (ruangan, lingkungan sekolah, dsb.) untuk latihan deskripsi.

  • Daftar Kosakata Tambahan: Daftar kosakata benda dan tempat yang relevan.


Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (80 menit)

Topik: Pengenalan dan Pemahaman Preposisi Tempat (in, on, under)

Model Pembelajaran: Problem-Based Learning

Pendahuluan (15 menit)

  1. Pembukaan (5 menit):

  • Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.

  • Guru mengajak siswa melakukan ice breaking singkat atau brainstorming tentang mencari benda yang hilang.

  • Guru mengaitkan ice breaking dengan materi yang akan dipelajari: "Bagaimana cara kita memberi tahu orang lain di mana suatu benda atau tempat berada?"

  1. Apersepsi (5 menit):

  • Guru menunjukkan beberapa benda di kelas (misalnya, buku, pulpen, tas).

  • Guru meletakkan benda-benda tersebut di berbagai lokasi (di atas meja, di dalam tas, di bawah kursi) dan bertanya: "Di mana buku ini?" (dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sederhana).

  • Guru mengarahkan siswa pada pentingnya preposisi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Penyampaian Tujuan Pembelajaran (5 menit):

  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Hari ini kita akan belajar cara mendeskripsikan lokasi benda menggunakan kata-kata seperti 'in', 'on', dan 'under'."

  • Guru menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, siswa akan mampu menggunakan preposisi tersebut dengan tepat.

Kegiatan Inti (55 menit)

Fase 1: Orientasi Siswa pada Masalah (15 menit)

  1. Pemberian Masalah (10 menit):

  • Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil (3-4 siswa).

  • Guru memberikan "Mystery Box Challenge". Setiap kelompok mendapatkan sebuah kotak tertutup (atau tas) yang berisi beberapa benda acak. Di dalam kotak tersebut, ada sebuah benda "misteri" yang disembunyikan.

  • Guru menjelaskan bahwa setiap kelompok harus menemukan benda misteri tersebut hanya dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh kelompok lain yang sudah tahu lokasi benda misteri itu, menggunakan petunjuk preposisi in, on, under.

  • Guru memberikan contoh kalimat petunjuk sederhana.

  1. Brainstorming Awal (5 menit):

  • Setiap kelompok berdiskusi dan mencatat apa yang mereka ketahui tentang "di dalam", "di atas", dan "di bawah" dalam Bahasa Indonesia, dan mencoba mencari padanannya dalam Bahasa Inggris jika mereka sudah tahu.

Fase 2: Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar (15 menit)

  1. Eksplorasi Konsep (10 menit):

  • Guru memfasilitasi setiap kelompok untuk mengeksplorasi penggunaan in, on, under dengan benda-benda yang ada di kelas.

  • Siswa diminta untuk meletakkan benda di berbagai posisi dan mengucapkan kalimat deskriptifnya (misalnya, "The book is in the bag," "The pencil is on the table," "The ruler is under the chair").

  • Guru berkeliling dan membimbing setiap kelompok, memberikan koreksi dan penguatan.

  1. Pemberian LKS (5 menit):

  • Guru membagikan LKS 1 (Mencocokkan gambar dengan preposisi yang tepat untuk in, on, under).

  • Siswa secara kolaboratif mengerjakan LKS di kelompok masing-masing.

Fase 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (20 menit)

  1. Presentasi Hasil LKS (10 menit):

  • Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan jawaban LKS 1 mereka.

  • Guru memberikan feedback dan mengklarifikasi pemahaman siswa.

  1. Kegiatan "Mystery Box Challenge" Lanjutan (10 menit):

  • Setiap kelompok secara bergiliran memberikan petunjuk (menggunakan in, on, under) kepada kelompok lain untuk menemukan benda misteri di dalam kotak mereka.

  • Kelompok yang mendapatkan petunjuk berusaha menemukan benda tersebut.

  • Guru memfasilitasi dan mengamati penggunaan preposisi oleh siswa.

Penutup (10 menit)

  1. Refleksi (5 menit):

  • Guru meminta siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari hari ini.

  • "Apa saja preposisi yang sudah kita pelajari hari ini?"

  • "Bagaimana cara kita menggunakan preposisi ini untuk mendeskripsikan lokasi?"

  1. Rangkuman (3 menit):

  • Guru merangkum poin-poin penting pembelajaran hari ini tentang in, on, under.

  1. Tindak Lanjut & Informasi Pertemuan Berikutnya (2 menit):

  • Guru memberikan pekerjaan rumah singkat (misalnya, mencari 3 benda di rumah dan mendeskripsikan lokasinya menggunakan in, on, under).

  • Guru memberitahu siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari preposisi tempat lainnya.


Pertemuan 2 (80 menit)

Topik: Penggunaan Preposisi Tempat Lanjutan (between, behind, in front of, next to, near) dan Aplikasi Kontekstual

Model Pembelajaran: Problem-Based Learning

Pendahuluan (15 menit)

  1. Pembukaan (5 menit):

  • Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.

  • Guru mengulang kembali materi pertemuan sebelumnya tentang in, on, under dengan beberapa pertanyaan singkat atau flashcard.

  1. Apersepsi (5 menit):

  • Guru menampilkan gambar denah sederhana (misalnya, denah rumah atau denah sekolah).

  • Guru bertanya: "Bagaimana cara kita menjelaskan di mana taman itu berada jika diapit oleh sekolah dan perpustakaan?" atau "Bagaimana cara kita menjelaskan posisi kursi di depan meja?"

  • Guru memperkenalkan kebutuhan akan preposisi tempat lainnya.

  1. Penyampaian Tujuan Pembelajaran (5 menit):

  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Hari ini kita akan melanjutkan belajar preposisi tempat, yaitu 'between', 'behind', 'in front of', 'next to', dan 'near'. Kalian akan mampu menggunakan semua preposisi ini untuk mendeskripsikan lokasi benda dan tempat secara lebih kompleks."

Kegiatan Inti (55 menit)

Fase 1: Orientasi Siswa pada Masalah (15 menit)

  1. Pemberian Masalah Kontekstual (15 menit):

  • Guru menampilkan sebuah "Lost and Found" scenario: "Ada tas yang hilang di sekolah! Kita harus menemukan tas itu. Di papan tulis ini, ada beberapa gambar benda dan denah sekolah. Kalian harus mencari tahu di mana tas itu berada berdasarkan petunjuk-petunjuk yang akan Ibu/Bapak berikan secara bertahap."

  • Guru menjelaskan bahwa petunjuk akan menggunakan preposisi tempat, termasuk yang baru.

Fase 2: Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar (15 menit)

  1. Pengenalan Preposisi Baru (10 menit):

  • Guru memperkenalkan preposisi between, behind, in front of, next to, near satu per satu menggunakan gerakan, benda-benda di kelas, atau gambar untuk visualisasi.

  • Siswa diminta untuk menirukan dan memberikan contoh singkat.

  1. Pemberian LKS (5 menit):

  • Guru membagikan LKS 2 (Melengkapi kalimat dengan preposisi yang sesuai, mencakup semua preposisi).

  • Siswa secara kolaboratif mengerjakan LKS di kelompok masing-masing.

Fase 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (25 menit)

  1. Presentasi Hasil LKS (10 menit):

  • Setiap kelompok mempresentasikan jawaban LKS 2 mereka. Guru memberikan feedback dan klarifikasi.

  1. Kegiatan "Lost and Found" - Mencari Tas Hilang (15 menit):

  • Guru memberikan serangkaian petunjuk (menggunakan semua preposisi tempat yang sudah dipelajari) untuk menemukan lokasi tas yang hilang di denah sekolah.

  • Contoh petunjuk: "The bag is next to the library.", "It is behind the big tree.", "It is between the gym and the canteen."

  • Setiap kelompok harus berdiskusi, menganalisis petunjuk, dan menandai lokasi di denah mereka.

  • Guru mendorong siswa untuk membuat kalimat lengkap saat menjelaskan lokasi.

  • Kelompok yang pertama kali menemukan lokasi yang tepat dan dapat mendeskripsikannya dengan benar adalah pemenangnya.

Penutup (10 menit)

  1. Refleksi (5 menit):

  • Guru meminta siswa untuk merefleksikan penggunaan preposisi tempat secara keseluruhan.

  • "Bagaimana preposisi tempat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari?"

  • "Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling menantang dan paling mudah?"

  1. Rangkuman (3 menit):

  • Guru merangkum semua preposisi tempat yang telah dipelajari dan penggunaannya.

  1. Tindak Lanjut & Informasi Pertemuan Berikutnya (2 menit):

  • Guru memberikan tugas proyek mini: Setiap siswa diminta untuk membuat denah kamar mereka sendiri dan menulis 3-5 kalimat mendeskripsikan lokasi benda-benda di kamar mereka menggunakan preposisi tempat yang sudah dipelajari.

  • Guru mengapresiasi partisipasi dan kerja keras siswa.


Rencana Asesmen

Aspek Asesmen

Jenis Asesmen

Bentuk Instrumen

Kriteria Keberhasilan

Pengetahuan

Formatif

LKS 1 & 2 (Mencocokkan dan Melengkapi Kalimat)

Peserta didik dapat mencocokkan minimal 80% gambar dengan preposisi yang tepat (LKS 1). <br> Peserta didik dapat melengkapi minimal 80% kalimat dengan preposisi yang sesuai (LKS 2).



Kuis Lisan/Tanya Jawab

Peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang preposisi tempat dengan benar.

Keterampilan

Formatif

Observasi partisipasi dalam kegiatan kelompok ("Mystery Box Challenge", "Lost and Found")

Peserta didik aktif berpartisipasi dalam diskusi kelompok. <br> Peserta didik mampu menggunakan preposisi tempat untuk memberikan/mengikuti petunjuk dengan tepat. <br> Peserta didik mampu mendeskripsikan lokasi benda/tempat dengan kalimat yang jelas dan benar.


Sumatif

Proyek Mini (Denah Kamar dan Deskripsi)

Peserta didik mampu membuat denah sederhana dan menulis 3-5 kalimat deskripsi lokasi benda di kamar dengan menggunakan minimal 5 preposisi tempat yang berbeda secara tepat (sesuai tata bahasa dan makna).

Sikap

Observasi

Rubrik Observasi Profil Pelajar Pancasila

Bergotong Royong: Terlibat aktif dalam diskusi, berkontribusi dalam kelompok, menghargai pendapat anggota lain. <br> Bernalar Kritis: Mampu menganalisis masalah, mengidentifikasi petunjuk, dan menemukan solusi. <br> Kreatif: Menunjukkan ide-ide orisinal dalam memecahkan masalah atau membuat deskripsi.


Rencana Diferensiasi

Diferensiasi Konten:

  • Siswa yang Membutuhkan Bantuan Lebih (Visual Learners/Kinesthetic Learners):

  • Sediakan lebih banyak flashcard bergambar, manipulatif (benda nyata) untuk praktik langsung.

  • Berikan kalimat contoh yang lebih sederhana dan berulang.

  • Gunakan gestur dan demonstrasi yang jelas saat menjelaskan preposisi.

  • Sediakan glosarium mini dengan gambar untuk setiap preposisi.

  • Siswa Cepat Belajar/Mahir:

  • Berikan teks deskriptif yang lebih panjang untuk dianalisis.

  • Tantang mereka untuk membuat kalimat yang lebih kompleks menggunakan lebih dari satu preposisi dalam satu kalimat.

  • Ajak mereka untuk membuat teka-teki "Guess the Location" untuk teman-temannya.

  • Dorong untuk mendeskripsikan lokasi dengan detail yang lebih spesifik (misalnya, menggunakan right in front of, just behind).

Diferensiasi Proses:

  • Pengelompokan Fleksibel:

  • Pada awal pembelajaran, siswa bisa bekerja secara acak, lalu di tengah pembelajaran, guru bisa membuat kelompok yang heterogen (campuran kemampuan) untuk saling membantu.

  • Untuk tugas yang lebih kompleks (misalnya proyek mini), siswa bisa memilih bekerja secara individu atau berpasangan.

  • Dukungan Scaffolding:

  • Untuk siswa yang kesulitan: Sediakan sentence starters atau sentence frames (misalnya, "The ___ is ___ the ___."). Berikan petunjuk langkah demi langkah yang lebih detail.

  • Untuk siswa yang mahir: Berikan kebebasan lebih dalam mengekspresikan diri, minimalkan scaffolding.

  • Modifikasi Tugas:

  • LKS: Untuk siswa yang kesulitan, fokuskan pada penguasaan 3-4 preposisi dasar terlebih dahulu. Untuk siswa yang mahir, berikan LKS dengan lebih banyak variasi kalimat atau tugas membuat narasi singkat.

  • Aktivitas "Lost and Found": Untuk siswa yang kesulitan, petunjuk yang diberikan lebih sederhana dan langsung. Untuk siswa yang mahir, petunjuk bisa lebih ambigu dan membutuhkan penalaran lebih.

Diferensiasi Produk:

  • Pilihan Proyek Mini:

  • Siswa dapat memilih cara presentasi proyek denah kamar:

  • Menggambar denah di kertas dan menulis deskripsi.

  • Membuat video singkat tentang kamar mereka dan mendeskripsikan lokasi benda-benda.

  • Mempresentasikan denah dan deskripsi secara lisan di depan kelas.

  • Kriteria Penilaian Fleksibel (sesuai kemampuan awal siswa):

  • Meskipun ada kriteria umum, guru dapat memberikan bobot lebih pada aspek tertentu (misalnya, keakuratan preposisi untuk siswa yang berjuang, atau kreativitas dan detail untuk siswa yang mahir).


Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Ruangan yang cukup luas untuk aktivitas kelompok dan pergerakan.

  • Benda Nyata: Berbagai benda di kelas (buku, pensil, tas, meja, kursi, papan tulis, dll.).

  • Media Visual: Papan tulis, spidol, proyektor (jika ada), gambar/poster preposisi.

  • Materi Cetak: LKS, kartu gambar, denah.

  • Akses Internet (opsional): Untuk mencari kamus online atau contoh penggunaan preposisi.


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Paket Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.

  • Sumber belajar online:

  • Kamus Bahasa Inggris-Indonesia.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

(Contoh Lembar Kerja - Akan Dibuat Secara Terpisah sebagai Lampiran)

Lampiran 1: LKS 1 - Mencocokkan Preposisi (Pertemuan 1)

Nama: ______________________________ Kelas: ____________________________

Petunjuk: Cocokkan gambar dengan preposisi yang tepat dengan menarik garis atau menulis huruf preposisi di samping gambar.

Preposisi:

A. IN

B. ON

C. UNDER

Gambar:

  1. [Gambar kucing di dalam kotak] ___

  2. [Gambar buku di atas meja] ___

  3. [Gambar bola di bawah kursi] ___

  4. [Gambar anak di dalam rumah] ___

  5. [Gambar apel di atas kepala] ___

  6. [Gambar tikus di bawah tempat tidur] ___

Lampiran 2: LKS 2 - Melengkapi Kalimat (Pertemuan 2)

Nama: ______________________________ Kelas: ____________________________

Petunjuk: Lengkapi kalimat berikut dengan preposisi tempat yang tepat (in, on, under, between, behind, in front of, next to, near).

  1. The cat is ___________ the table. (Gambar: Kucing di bawah meja)

  2. The school is ___________ the park and the library. (Gambar: Sekolah di antara taman dan perpustakaan)

  3. My bag is ___________ my chair. (Gambar: Tas di belakang kursi)

  4. The whiteboard is ___________ the students. (Gambar: Papan tulis di depan siswa)

  5. The pencil is ___________ the book. (Gambar: Pensil di sebelah buku)

  6. The lamp is ___________ the desk. (Gambar: Lampu di atas meja)

  7. The swimming pool is ___________ the hotel. (Gambar: Kolam renang dekat hotel)

  8. The keys are ___________ the box. (Gambar: Kunci di dalam kotak)

Lampiran 3: Rubrik Asesmen Proyek Mini (Denah Kamar dan Deskripsi)

Kriteria

4 (Sangat Baik)

3 (Baik)

2 (Cukup)

1 (Perlu Perbaikan)

Akurasi Preposisi

Menggunakan 5+ preposisi tempat yang berbeda dengan sangat akurat (tidak ada kesalahan atau sangat sedikit kesalahan).

Menggunakan 4-5 preposisi tempat yang berbeda dengan akurat (beberapa kesalahan kecil yang tidak menghambat pemahaman).

Menggunakan 2-3 preposisi tempat yang berbeda dengan cukup akurat (beberapa kesalahan yang terkadang menghambat pemahaman).

Menggunakan kurang dari 2 preposisi atau banyak kesalahan dalam penggunaan preposisi.

Kualitas Deskripsi

Menulis 5+ kalimat deskripsi yang jelas, lengkap, dan mudah dipahami, menunjukkan pemahaman yang mendalam.

Menulis 4-5 kalimat deskripsi yang cukup jelas dan lengkap, menunjukkan pemahaman yang baik.

Menulis 3-4 kalimat deskripsi yang cukup jelas, namun kurang lengkap atau ada sedikit kebingungan.

Menulis kurang dari 3 kalimat deskripsi atau deskripsi tidak jelas dan sulit dipahami.

Kesesuaian Denah

Denah yang dibuat sangat jelas, rapi, dan semua objek yang dideskripsikan tergambar dengan akurat pada lokasi yang sesuai.

Denah yang dibuat jelas dan rapi, sebagian besar objek tergambar akurat pada lokasi yang sesuai.

Denah yang dibuat cukup jelas, namun ada beberapa ketidaksesuaian antara gambar objek dan lokasi yang dideskripsikan.

Denah kurang jelas atau tidak rapi, banyak ketidaksesuaian antara gambar objek dan lokasi yang dideskripsikan.

Kreativitas/Usaha

Menunjukkan kreativitas tinggi dalam desain denah atau penyajian deskripsi (misalnya, pewarnaan, detail tambahan). Usaha yang sangat baik.

Menunjukkan kreativitas yang baik dalam desain denah atau penyajian deskripsi. Usaha yang baik.

Menunjukkan sedikit kreativitas dalam desain denah atau penyajian deskripsi. Usaha yang cukup.

Kurang menunjukkan kreativitas. Usaha minimal.


Instrumen Refleksi

Refleksi Siswa

Petunjuk: Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur setelah pembelajaran.

  1. Apa yang paling kamu sukai dari pembelajaran hari ini?

  2. Bagian mana yang paling menantang bagimu? Mengapa?

  3. Preposisi tempat apa saja yang sudah kamu pelajari? Tuliskan setidaknya 3.

  4. Apakah kamu merasa lebih percaya diri dalam mendeskripsikan lokasi suatu benda atau tempat sekarang?

  5. Apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan pemahamanmu tentang preposisi tempat?

  6. Bagaimana perasaanmu saat bekerja sama dalam kelompok? Apa yang kamu pelajari dari teman-temanmu?

Refleksi Guru

Petunjuk: Gunakan pertanyaan berikut untuk merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

  1. Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan baik? Indikator keberhasilan apa yang paling terlihat?

  2. Bagaimana respons siswa terhadap model Problem-Based Learning? Apakah mereka aktif dan terlibat?

  3. Apakah strategi diferensiasi yang diterapkan efektif dalam mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang beragam? Apa yang perlu disesuaikan?

  4. Apakah kegiatan yang dirancang (Mystery Box Challenge, Lost and Found) berhasil melatih kreativitas, kolaborasi, dan keaktifan siswa?

  5. Bagian mana dari modul ajar ini yang perlu diperbaiki atau disesuaikan untuk pertemuan berikutnya?

  6. Apa tantangan terbesar yang saya hadapi selama pembelajaran ini dan bagaimana saya mengatasinya?

  7. Apa pembelajaran penting yang saya dapatkan dari pelaksanaan modul ini?


Semoga modul ajar ini bermanfaat, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process