Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem Based Learning, fokus pada penggunaan kata ganti penunjuk (this, that, these, those).

 

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 1 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem Based Learning, fokus pada penggunaan kata ganti penunjuk (this, that, these, those).


Modul Ajar Bahasa Inggris

Identitas Modul

Informasi Modul

Deskripsi

Nama Penyusun

Dody, S.Pd.

Institusi

SMP Negeri 3 Mnj

Tahun Pelajaran

2025/2026

Jenjang Sekolah

SMP

Fase

D

Kelas

VII (Tujuh)

Mata Pelajaran

Bahasa Inggris

Materi Pokok

Demonstrative Pronouns (This, That, These, Those)

Alokasi Waktu

2 x 80 menit (2 Pertemuan)

Model Pembelajaran

Problem Based Learning (PBL)


Kompetensi Awal yang Harus Dimiliki Siswa

Peserta didik diharapkan sudah memiliki pemahaman dasar tentang:

  • Kosakata benda-benda di sekitar mereka (misalnya: book, pen, bag, table, chair, dll.).

  • Konsep tunggal (singular) dan jamak (plural).

  • Kemampuan menyimak dan memahami instruksi sederhana dalam Bahasa Inggris.


Profil Pelajar Pancasila

  • Berkebinekaan Global: Peserta didik dapat memahami dan menghargai keberagaman budaya melalui penggunaan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi.

  • Bergotong Royong: Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas.

  • Mandiri: Peserta didik bertanggung jawab atas proses belajarnya sendiri dan mampu mengidentifikasi kebutuhan belajarnya.

  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis situasi, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi terkait penggunaan kata ganti penunjuk.

  • Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dan inovatif dalam mempraktikkan penggunaan kata ganti penunjuk.


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menggunakan kata ganti penunjuk (this, that, these, those) untuk menunjuk benda tunggal maupun jamak dengan tepat sesuai konteks jarak.


Indikator Keberhasilan

  • Peserta didik mampu mengidentifikasi perbedaan penggunaan this dan that untuk benda tunggal.

  • Peserta didik mampu mengidentifikasi perbedaan penggunaan these dan those untuk benda jamak.

  • Peserta didik mampu menentukan penggunaan this, that, these, atau those berdasarkan jarak benda dan jumlahnya.

  • Peserta didik mampu membuat kalimat sederhana menggunakan this, that, these, dan those secara lisan maupun tertulis.


Pertanyaan Pemantik

  • Bagaimana kita menunjukkan benda yang ada di dekat kita? Bagaimana dengan benda yang jauh?

  • Apakah ada perbedaan cara menunjuk satu benda dengan banyak benda?

  • Pernahkah kalian mendengar kata "ini" dan "itu" dalam Bahasa Inggris? Apa saja itu?


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Kartu gambar benda-benda (tunggal dan jamak)

  • Benda-benda konkret di kelas (buku, pensil, tas, meja, kursi, dll.)

  • Papan tulis/Whiteboard dan spidol

  • Proyektor (jika tersedia)

  • Komputer/Laptop

  • Lembar kerja peserta didik

  • Spidol warna-warni (untuk poster/mind map)

  • Kertas karton/HVS


Ringkasan Materi Ajar

Demonstrative Pronouns (Kata Ganti Penunjuk)

Kata ganti penunjuk digunakan untuk menunjuk benda atau orang. Penggunaannya bergantung pada jumlah benda (tunggal/jamak) dan jarak benda dari pembicara (dekat/jauh).

  1. This

  • Digunakan untuk menunjuk satu benda (tunggal) yang dekat dengan pembicara.

  • Contoh: This is a book. (Ini adalah sebuah buku.)

  1. That

  • Digunakan untuk menunjuk satu benda (tunggal) yang jauh dari pembicara.

  • Contoh: That is a chair. (Itu adalah sebuah kursi.)

  1. These

  • Digunakan untuk menunjuk banyak benda (jamak) yang dekat dengan pembicara.

  • Contoh: These are pencils. (Ini adalah pensil-pensil.)

  1. Those

  • Digunakan untuk menunjuk banyak benda (jamak) yang jauh dari pembicara.

  • Contoh: Those are bags. (Itu adalah tas-tas.)

Pola Kalimat Sederhana:

  • Singular (Tunggal): This/That + is + a/an + Noun (singular)

  • Plural (Jamak): These/Those + are + Noun (plural)


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Gambar-gambar benda tunggal dan jamak

  • Daftar kosakata benda-benda dalam bahasa Inggris

  • Contoh-contoh kalimat dengan this, that, these, those

  • Teks dialog sederhana yang mengandung demonstrative pronouns


Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (80 Menit) - Fokus: This & That

Pendahuluan (15 menit)

  1. Pembukaan (5 menit): Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar, dan memeriksa kehadiran.

  2. Apersepsi (5 menit): Guru bertanya tentang cara mereka menunjuk benda dalam Bahasa Indonesia (ini/itu) dan menghubungkannya dengan Bahasa Inggris. Guru dapat menunjuk benda di dekatnya ("This is a pen.") dan benda yang agak jauh ("That is a whiteboard.") untuk memancing pertanyaan pemantik.

  3. Penyampaian Tujuan (5 menit): Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu memahami penggunaan this dan that.

Kegiatan Inti (50 menit) - Problem Based Learning

  1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)

  • Guru menempelkan beberapa kartu gambar benda tunggal (misal: satu apel, satu buku, satu tas) di papan tulis. Beberapa gambar ditempel dekat guru, beberapa agak jauh.

  • Guru memancing pertanyaan: Bagaimana kita bisa menunjuk benda-benda ini dalam Bahasa Inggris? Apakah ada perbedaan cara menunjuk jika benda itu dekat atau jauh?

  • Guru menstimulasi diskusi: Jika kita ingin menyuruh teman mengambil pensil yang dekat dengan kita, kata apa yang tepat digunakan? Bagaimana jika pensilnya ada di ujung ruangan?

  • Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil (3-4 orang).

  1. Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar (10 menit)

  • Guru memberikan setiap kelompok satu set kartu gambar benda tunggal.

  • Setiap kelompok diminta untuk mengamati gambar dan mencoba mengkategorikannya menjadi "benda dekat" dan "benda jauh" (tanpa menyebut this/that dulu).

  • Guru memberikan ringkasan materi singkat tentang this dan that (tanpa terlalu mendetail).

  1. Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (15 menit)

  • Peserta didik dalam kelompok mencoba membuat kalimat sederhana untuk setiap gambar menggunakan this atau that berdasarkan pemahaman awal mereka dan ringkasan materi.

  • Guru berkeliling, memantau, dan memberikan bimbingan. Guru dapat memberikan contoh atau klarifikasi jika ada miskonsepsi.

  • Diferensiasi Proses:

  • Untuk peserta didik dengan pemahaman awal yang baik: Berikan tantangan untuk membuat kalimat tanya atau kalimat negatif menggunakan this/that.

  • Untuk peserta didik yang membutuhkan dukungan lebih: Berikan flashcards dengan kalimat rumpang ("This is a ______." atau "That is a ______.") untuk diisi.

  1. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)

  • Setiap kelompok secara bergiliran maju ke depan kelas. Satu anggota kelompok menunjuk benda (fisik atau gambar) dan anggota lain mengucapkan kalimat menggunakan this atau that.

  • Misalnya, satu siswa menunjuk buku di mejanya, siswa lain mengatakan "This is a book." Kemudian, siswa lain menunjuk kursi di belakang kelas, siswa lain mengatakan "That is a chair."

Penutup (15 menit)

  1. Analisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah (10 menit): Guru bersama peserta didik merangkum pembelajaran tentang penggunaan this dan that. Guru memberikan contoh kasus lain dan meminta peserta didik menentukan penggunaan this atau that.

  • Guru memberikan penguatan materi dan meluruskan konsep yang mungkin masih keliru.

  1. Refleksi dan Tindak Lanjut (5 menit): Guru meminta peserta didik untuk menuliskan satu hal baru yang mereka pelajari dan satu pertanyaan yang masih mereka miliki. Guru memberikan penugasan untuk mencari 5 benda di rumah dan membuat kalimat menggunakan this atau that.


Pertemuan 2 (80 Menit) - Fokus: These & Those dan Latihan Gabungan

Pendahuluan (15 menit)

  1. Pembukaan (5 menit): Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar. Guru mengajak peserta didik mengingat kembali materi sebelumnya (this dan that).

  2. Apersepsi (5 menit): Guru menunjukkan beberapa benda jamak di dekatnya ("These are pens.") dan benda jamak yang agak jauh ("Those are books on the shelf.") untuk memancing pertanyaan pemantik tentang benda jamak.

  3. Penyampaian Tujuan (5 menit): Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu memahami penggunaan these dan those serta melatih penggunaan this, that, these, those secara keseluruhan.

Kegiatan Inti (50 menit) - Problem Based Learning

  1. Orientasi Peserta Didik pada Masalah (10 menit)

  • Guru menampilkan gambar-gambar benda jamak (misal: tiga apel, dua buku, empat tas). Beberapa gambar ditempel dekat, beberapa jauh.

  • Guru bertanya: Jika kita memiliki lebih dari satu pensil di dekat kita, apakah kita masih menggunakan 'this'? Bagaimana jika banyak tas di ujung kelas?

  • Guru memberikan ringkasan materi singkat tentang these dan those.

  1. Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar (10 menit)

  • Peserta didik kembali ke kelompok yang sama.

  • Guru memberikan set kartu gambar benda jamak kepada setiap kelompok.

  • Setiap kelompok diminta untuk mengamati gambar dan mengkategorikannya menjadi "benda jamak dekat" dan "benda jamak jauh".

  1. Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (20 menit)

  • Aktivitas 1: Tebak Benda (Kolaboratif & Aktif):

  • Setiap kelompok diberikan kumpulan kartu gambar (campuran tunggal/jamak, dekat/jauh).

  • Satu anggota kelompok mengambil satu kartu tanpa diperlihatkan ke teman lain, lalu memerankan/menjelaskan ciri-ciri benda tersebut.

  • Anggota kelompok lain menebak dengan membuat kalimat menggunakan this/that/these/those. Contoh: "Is that a pen?" atau "Are these apples?"

  • Guru memfasilitasi dan memastikan semua anggota terlibat.

  • Aktivitas 2: "Gallery Walk" (Kreatif & Kolaboratif):

  • Setiap kelompok membuat poster sederhana yang berisi 4-6 gambar (benda tunggal/jamak, dekat/jauh) dan kalimat yang sesuai menggunakan this/that/these/those.

  • Setelah selesai, kelompok akan saling mengunjungi poster kelompok lain (gallery walk), mengamati, dan memberikan masukan atau pertanyaan.

  • Diferensiasi Proses:

  • Untuk peserta didik dengan kemampuan visual: Berikan kesempatan untuk menggambar atau menempel gambar pada poster.

  • Untuk peserta didik dengan kemampuan verbal: Berikan kesempatan lebih banyak untuk presentasi atau menjelaskan kalimat.

  1. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)

  • Setelah gallery walk, setiap kelompok mempresentasikan poster mereka di depan kelas, menjelaskan pilihan kalimat yang mereka buat.

  • Guru dan kelompok lain memberikan umpan balik.

Penutup (15 menit)

  1. Analisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah (10 menit): Guru mereview kembali semua demonstrative pronouns. Guru memberikan skenario atau gambar yang kompleks dan meminta peserta didik untuk membuat kalimat yang tepat secara mandiri atau berpasangan.

  2. Refleksi dan Tindak Lanjut (5 menit): Guru meminta peserta didik mengisi instrumen refleksi (terlampir). Guru memberikan penugasan individu untuk membuat 5 kalimat tentang benda-benda di sekitar sekolah menggunakan this, that, these, dan those.


Rencana Asesmen

Asesmen

Bentuk Asesmen

Teknik Asesmen

Indikator Keberhasilan yang Diukur

Asesmen Diagnostik

Pertanyaan lisan di awal pembelajaran

Observasi

Pemahaman awal tentang benda tunggal/jamak dan konsep jarak.

Asesmen Formatif

Observasi aktivitas kelompok

Observasi, Catatan Anekdot

Kemampuan berkolaborasi, keaktifan, kreativitas dalam membuat kalimat dan poster.


Presentasi kelompok

Rubrik Penilaian Presentasi

Ketepatan penggunaan this, that, these, those, kelancaran berbicara.


Lembar Kerja

Tes Tertulis (Isian singkat, melengkapi kalimat)

Identifikasi dan penentuan penggunaan kata ganti penunjuk.

Asesmen Sumatif

Penugasan individu (membuat kalimat)

Tes Tertulis

Kemampuan menerapkan konsep secara mandiri.


Rencana Diferensiasi

1. Diferensiasi Konten:

  • Visual: Menyediakan kartu gambar, flashcards, dan poster yang kaya visual.

  • Audio: Memberikan penjelasan lisan yang jelas, menggunakan contoh-contoh kalimat yang diucapkan dengan intonasi tepat.

  • Kinestetik: Menggunakan benda-benda konkret, melakukan simulasi menunjuk benda, aktivitas "Tebak Benda".

  • Bacaan: Menyiapkan materi ringkasan dan contoh kalimat dalam bentuk teks.

2. Diferensiasi Proses:

  • Kelompok Belajar: Membentuk kelompok heterogen dengan siswa yang memiliki kemampuan berbeda sehingga dapat saling membantu.

  • Scaffolding: Guru memberikan bantuan dan bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.

  • Untuk peserta didik yang membutuhkan dukungan lebih: Memberikan flashcards dengan kalimat rumpang, memberikan contoh lebih banyak, atau membimbing secara personal.

  • Untuk peserta didik dengan pemahaman awal yang baik: Memberikan tantangan berupa membuat kalimat yang lebih kompleks, dialog singkat, atau menjelaskan konsep kepada teman sebaya.

  • Fleksibilitas Tugas: Memungkinkan peserta didik untuk memilih cara mereka menunjukkan pemahaman (misalnya, presentasi lisan, menulis kalimat, membuat mind map).

3. Diferensiasi Produk:

  • Presentasi Poster: Peserta didik menghasilkan poster yang menunjukkan pemahaman mereka tentang demonstrative pronouns. Desain dan konten poster bisa bervariasi sesuai kreativitas kelompok.

  • Latihan/Penugasan:

  • Peserta didik yang telah mahir: Membuat cerita singkat/dialog menggunakan demonstrative pronouns.

  • Peserta didik yang masih kesulitan: Membuat kalimat sederhana dengan bantuan gambar atau tabel.


Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman

  • Papan tulis/Whiteboard

  • Spidol/kapur

  • Proyektor dan layar (opsional)

  • Komputer/laptop

  • Speaker (opsional)

  • Benda-benda konkret di sekitar kelas

  • Kartu gambar/flashcards

  • Kertas karton, spidol warna, alat tulis


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Paket Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.

  • Situs web pembelajaran Bahasa Inggris (misalnya: British Council LearnEnglish, EnglishClub.com).

  • Video-video pembelajaran di YouTube tentang demonstrative pronouns (misalnya: "This, That, These, Those for Kids").

  • Aplikasi kamus Bahasa Inggris daring.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

Lembar Kerja Peserta Didik 1 (Pertemuan 1)

Nama: ______________________________ Kelas: ______________

A. Lengkapi kalimat di bawah ini dengan This atau That!

  1. _____ is a book. (Gambar buku di dekat siswa)

  2. _____ is a pen. (Gambar pen di jauh siswa)

  3. _____ is an apple. (Gambar apel di dekat siswa)

  4. _____ is a bag. (Gambar tas di jauh siswa)

  5. _____ is a table. (Gambar meja di dekat siswa)

B. Buatlah kalimat menggunakan This atau That sesuai gambar!

  1. (Gambar satu pensil di dekat) ________________________________________________________

  2. (Gambar satu kursi di jauh) ________________________________________________________


Lembar Kerja Peserta Didik 2 (Pertemuan 2)

Nama: ______________________________ Kelas: ______________

A. Lengkapi kalimat di bawah ini dengan These atau Those!

  1. _____ are pencils. (Gambar beberapa pensil di dekat siswa)

  2. _____ are chairs. (Gambar beberapa kursi di jauh siswa)

  3. _____ are books. (Gambar beberapa buku di dekat siswa)

  4. _____ are rulers. (Gambar beberapa penggaris di jauh siswa)

  5. _____ are bags. (Gambar beberapa tas di dekat siswa)

B. Pilihlah kata yang tepat (this, that, these, those) untuk melengkapi kalimat!

  1. (Siswa menunjuk satu buku di dekatnya) _________ is a book.

  2. (Siswa menunjuk dua apel di meja yang jauh) _________ are apples.

  3. (Siswa menunjuk satu pensil di saku temannya) _________ is a pencil.

  4. (Siswa menunjuk banyak tas di rak dekatnya) _________ are bags.


Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok (Asesmen Formatif)

Kriteria

Skor 4 (Sangat Baik)

Skor 3 (Baik)

Skor 2 (Cukup)

Skor 1 (Perlu Perbaikan)

Ketepatan Penggunaan Demonstrative Pronouns

Semua kalimat menggunakan this, that, these, those dengan tepat sesuai konteks.

Sebagian besar kalimat tepat, ada sedikit kesalahan minor.

Beberapa kesalahan dalam penggunaan, namun masih bisa dipahami.

Banyak kesalahan, menunjukkan kurangnya pemahaman.

Kelancaran Berbicara

Berbicara sangat lancar, jelas, dan percaya diri.

Berbicara cukup lancar dan jelas.

Berbicara agak ragu-ragu dan kurang jelas.

Berbicara tidak lancar dan sulit dipahami.

Kerja Sama Kelompok

Semua anggota aktif berpartisipasi dan saling mendukung.

Sebagian besar anggota berpartisipasi.

Hanya beberapa anggota yang aktif.

Hanya satu/dua anggota yang bekerja.

Kreativitas Poster

Poster sangat menarik, informatif, dan kreatif.

Poster menarik dan informatif.

Poster cukup informatif namun kurang menarik.

Poster kurang informatif dan tidak menarik.


Instrumen Refleksi Peserta Didik

Nama: ______________________________ Kelas: ______________

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur:

  1. Apa yang paling kamu pahami dari pembelajaran hari ini?

  2. Bagian mana yang masih membuatmu bingung?

  3. Apa yang akan kamu lakukan untuk lebih memahami materi ini?

  4. Apakah kamu merasa aktif dan berani mencoba dalam kegiatan hari ini? Mengapa/mengapa tidak?

  5. Bagaimana perasaanmu belajar bahasa Inggris dengan cara ini?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process