Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 Kemampuan berbicara singkat untuk memperkenalkan diri atau merespons pertanyaan sederhana.

 

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem Based Learning (PBL) sesuai Kurikulum Merdeka.


Modul Ajar Bahasa Inggris


Identitas Modul

Informasi Modul

Deskripsi

Nama Sekolah

SMP Negeri 3 Mnj

Mata Pelajaran

Bahasa Inggris

Kelas/Semester

VII/2

Materi Pokok

School and Public Places

Alokasi Waktu

2 Pertemuan (2 x 80 menit)

Penyusun

Dody, S.Pd.


Kompetensi Awal

Siswa diharapkan sudah memiliki pemahaman dasar tentang:

  • Kosakata dasar dalam Bahasa Inggris.

  • Kemampuan menyimak instruksi sederhana dalam Bahasa Inggris.

  • Kemampuan berbicara singkat untuk memperkenalkan diri atau merespons pertanyaan sederhana.


Profil Pelajar Pancasila

  • Berkebinekaan Global: Siswa dapat memahami dan menghargai keragaman tempat dan lingkungan di sekitar mereka.

  • Bergotong Royong: Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas.

  • Mandiri: Siswa memiliki inisiatif dalam belajar dan mencari informasi.

  • Bernalar Kritis: Siswa mampu menganalisis informasi dan memecahkan masalah terkait tempat.

  • Kreatif: Siswa dapat menghasilkan ide-ide baru dan menyajikan informasi dengan cara yang menarik.


Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran ini, siswa mampu:

  • Mengidentifikasi nama-nama tempat di lingkungan sekolah dan sekitarnya (misalnya, perpustakaan, kantin, taman, pasar, rumah sakit) dengan tepat.

  • Menyebutkan nama-nama tempat di lingkungan sekolah dan sekitarnya (misalnya, perpustakaan, kantin, taman, pasar, rumah sakit) dengan pelafalan yang benar.


Indikator Keberhasilan

  • Siswa dapat mencocokkan gambar tempat dengan nama tempat dalam Bahasa Inggris.

  • Siswa dapat menyebutkan minimal 5 nama tempat di lingkungan sekolah dan 5 nama tempat di lingkungan sekitar sekolah dalam Bahasa Inggris.

  • Siswa dapat menggunakan kalimat sederhana untuk mendeskripsikan fungsi atau aktivitas di suatu tempat.


Pertanyaan Pemantik

  • Do you know where the library is in our school? What do you do there? (Tahukah kamu di mana perpustakaan di sekolah kita? Apa yang kamu lakukan di sana?)

  • If you are hungry, where do you go? (Jika kamu lapar, kamu pergi ke mana?)

  • What are some important places in our neighborhood? (Apa saja tempat-tempat penting di lingkungan sekitar kita?)

  • Why is it important to know the names of places in English? (Mengapa penting mengetahui nama-nama tempat dalam Bahasa Inggris?)


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Papan tulis/Whiteboard

  • Spidol/Alat tulis

  • Proyektor (jika ada)

  • Laptop

  • Pengeras suara (jika diperlukan untuk audio)

  • Kartu gambar/flashcards nama-nama tempat

  • Spidol warna

  • Kertas plano/karton

  • Lem (jika diperlukan untuk membuat peta)

  • Gunting (jika diperlukan untuk membuat peta)


Ringkasan Materi Ajar

Materi ajar ini akan fokus pada pengenalan kosakata nama-nama tempat di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Siswa akan belajar mengidentifikasi dan menyebutkan nama-nama tempat seperti:

Di Lingkungan Sekolah:

  • classroom (ruang kelas)

  • library (perpustakaan)

  • canteen (kantin)

  • school yard/playground (halaman sekolah/lapangan bermain)

  • teacher's office (kantor guru)

  • principal's office (kantor kepala sekolah)

  • restroom/toilet (toilet)

  • laboratory (laboratorium)

  • mosque/musala (masjid/musala)

  • school hall (aula sekolah)

Di Lingkungan Sekitar Sekolah:

  • market (pasar)

  • hospital (rumah sakit)

  • park (taman)

  • bus stop (halte bus)

  • bank (bank)

  • post office (kantor pos)

  • restaurant (restoran)

  • supermarket/grocery store (supermarket/toko kelontong)

  • police station (kantor polisi)

  • fire station (kantor pemadam kebakaran)

Siswa juga akan belajar menggunakan struktur kalimat sederhana untuk menunjukkan lokasi atau aktivitas di tempat-tempat tersebut, misalnya:

  • This is the library. We read books here.

  • The canteen is next to the principal's office. I eat lunch there.

  • The market is near the school. My mother buys vegetables there.


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Flashcards nama-nama tempat dengan gambar.

  • Worksheet latihan mencocokkan gambar dan nama tempat.

  • Audio rekaman pelafalan nama-nama tempat.

  • Contoh peta sederhana lingkungan sekolah atau lingkungan sekitar.

  • Rubrik Penilaian proyek dan presentasi.


Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (80 menit)

Topik: Mengenal nama-nama tempat di lingkungan sekolah.

Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)

A. Pendahuluan (15 menit)

  1. Pembukaan (5 menit):

  • Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.

  • Guru mengajak siswa berdoa bersama.

  • Guru melakukan apersepsi dengan bertanya, "Who knows what 'library' means?" (Siapa yang tahu arti 'library'?).

  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: mengidentifikasi dan menyebutkan nama-nama tempat di lingkungan sekolah dalam Bahasa Inggris.

  1. Pertanyaan Pemantik (10 menit):

  • Guru menampilkan gambar-gambar tempat di sekolah (perpustakaan, kantin, dll.).

  • Guru bertanya: "What place is this?" (Tempat apa ini?). "What do you do here?" (Apa yang kamu lakukan di sini?).

  • Guru mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan dipelajari, memancing rasa ingin tahu siswa tentang nama-nama tempat dalam Bahasa Inggris.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Sintaks PBL 1: Orientasi Siswa pada Masalah

  1. Situasi Masalah (10 menit): Guru menampilkan sebuah skenario: "Imagine a new student just joined our school. They are from another country and don't know the names of places in our school in English. They need to find the library, the canteen, and the teacher's office. How can we help them?" (Bayangkan ada siswa baru yang baru bergabung di sekolah kita. Mereka dari negara lain dan tidak tahu nama-nama tempat di sekolah kita dalam Bahasa Inggris. Mereka perlu menemukan perpustakaan, kantin, dan kantor guru. Bagaimana kita bisa membantu mereka?).

  2. Identifikasi Masalah (5 menit): Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi masalah utama: "What is the problem the new student faces?" (Masalah apa yang dihadapi siswa baru?). (Jawaban yang diharapkan: mereka tidak tahu nama-nama tempat dalam Bahasa Inggris).

Sintaks PBL 2: Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar

3. Pembentukan Kelompok (5 menit): Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil (4-5 siswa) secara heterogen (berdasarkan kemampuan).

4. Pembagian Tugas (5 menit): Guru memberikan setiap kelompok sebuah "Mystery Map" (peta sederhana sekolah dengan beberapa tempat penting yang belum diberi nama dalam Bahasa Inggris). Tugas mereka adalah mencari tahu nama-nama tempat tersebut dalam Bahasa Inggris.

Sintaks PBL 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok

5. Eksplorasi (15 menit):

* Guru membagikan flashcards nama-nama tempat di sekolah dan flashcards gambar tempat di sekolah.

* Setiap kelompok diminta untuk mencocokkan flashcards gambar dengan flashcards nama tempat.

* Guru membimbing siswa untuk mencari informasi (misalnya dari buku teks, kamus mini, atau bertanya kepada guru) untuk memastikan kecocokan dan pelafalan yang benar. Guru berkeliling untuk memfasilitasi dan memberikan bantuan kepada kelompok yang membutuhkan.

* Diferensiasi Konten: Bagi siswa yang kesulitan, guru memberikan flashcards dengan nama tempat yang sudah tertulis di belakang gambar. Bagi siswa yang lebih cepat, guru meminta mereka untuk mencari fungsi dari masing-masing tempat.

6. Pelafalan (10 menit): Guru memutar rekaman audio pelafalan nama-nama tempat dan meminta siswa untuk mengulanginya secara bersama-sama dan individu. Guru mengoreksi pelafalan yang salah.

C. Penutup (15 menit)

  1. Refleksi dan Kesimpulan (10 menit):

  • Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyebutkan 2-3 nama tempat yang mereka pelajari beserta pelafalannya.

  • Guru merangkum pembelajaran hari ini dan menekankan pentingnya mengetahui nama-nama tempat di sekolah.

  • Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari.

  1. Tindak Lanjut (5 menit):

  • Guru memberikan tugas rumah: Siswa diminta untuk menggambar peta sederhana sekolah mereka dan menuliskan nama-nama tempat yang sudah dipelajari di peta tersebut.

  • Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya: nama-nama tempat di lingkungan sekitar sekolah.

  • Guru menutup pelajaran dengan salam.

Pertemuan 2 (80 menit)

Topik: Mengenal nama-nama tempat di lingkungan sekitar sekolah.

Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)

A. Pendahuluan (15 menit)

  1. Pembukaan (5 menit):

  • Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.

  • Guru mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya dengan meminta beberapa siswa menyebutkan nama-nama tempat di sekolah.

  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: mengidentifikasi dan menyebutkan nama-nama tempat di lingkungan sekitar sekolah dalam Bahasa Inggris.

  1. Pertanyaan Pemantik (10 menit):

  • Guru menampilkan gambar-gambar tempat di sekitar lingkungan (pasar, rumah sakit, taman, dll.).

  • Guru bertanya: “Where do you go when you need to buy vegetables?” (Ke mana kamu pergi saat perlu membeli sayuran?). “What about when you are sick?” (Bagaimana kalau kamu sakit?).

  • Guru mengaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan dipelajari.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

Sintaks PBL 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

  1. Perencanaan Proyek (15 menit):

  • Situasi Masalah Lanjutan: Guru menjelaskan: "Now, the new student needs to explore our neighborhood. They want to go to the market, the park, and the hospital. Your group's task is to create a 'Neighborhood Map' that shows these places and their English names, along with a short description of what you do there." (Sekarang, siswa baru itu perlu menjelajahi lingkungan sekitar kita. Mereka ingin pergi ke pasar, taman, dan rumah sakit. Tugas kelompokmu adalah membuat 'Peta Lingkungan' yang menunjukkan tempat-tempat ini dan nama Bahasa Inggrisnya, beserta deskripsi singkat tentang apa yang kamu lakukan di sana).

  • Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang sama seperti pertemuan sebelumnya.

  • Setiap kelompok merencanakan desain peta lingkungan mereka, termasuk tempat-tempat yang akan dimasukkan.

  • Diferensiasi Proses:

  • Visual: Siswa dapat menggambar peta dengan detail yang lebih banyak.

  • Auditory: Siswa dapat fokus pada pelafalan dan presentasi lisan.

  • Kinestetik: Siswa dapat membuat peta fisik yang dapat disentuh atau bahkan diatur ulang.

  • Diferensiasi Produk:

  • Kelompok dapat memilih untuk membuat peta digital sederhana menggunakan alat presentasi, peta fisik dengan gambar, atau peta yang disertai narasi lisan.

Sintaks PBL 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

2. Pengerjaan Proyek (20 menit):

* Setiap kelompok mulai membuat "Neighborhood Map" mereka. Guru menyediakan kertas plano/karton, spidol warna, dan alat lain yang dibutuhkan.

* Guru berkeliling, memberikan bimbingan, memfasilitasi diskusi dalam kelompok, dan memastikan semua anggota berpartisipasi aktif.

* Guru mengingatkan siswa untuk menuliskan nama-nama tempat dalam Bahasa Inggris dan menambahkan deskripsi singkat.

3. Presentasi Kelompok (15 menit):

* Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan "Neighborhood Map" mereka di depan kelas.

* Siswa menyebutkan nama-nama tempat dan menjelaskan apa yang dapat dilakukan di sana.

* Guru dan siswa lain memberikan pertanyaan atau tanggapan.

* Diferensiasi Penilaian: Guru memperhatikan partisipasi setiap siswa dalam presentasi, tidak hanya yang berbicara.

C. Penutup (15 menit)

  1. Refleksi dan Kesimpulan (10 menit):

  • Guru meminta siswa untuk melakukan refleksi singkat: "What was challenging about creating the map?" (Apa yang menantang dalam membuat peta?). "What new words did you learn today?" (Kata-kata baru apa yang kamu pelajari hari ini?).

  • Guru memberikan umpan balik positif atas usaha dan kerja keras siswa.

  • Guru merangkum pembelajaran dari kedua pertemuan.

  1. Tindak Lanjut (5 menit):

  • Guru memberikan tugas penguatan: Siswa diminta untuk membuat 3 kalimat tentang tempat favorit mereka di lingkungan sekitar.

  • Guru memberikan informasi tentang materi selanjutnya.

  • Guru menutup pelajaran dengan salam.


Rencana Asesmen

A. Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

  • Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal siswa tentang nama-nama tempat dalam Bahasa Inggris.

  • Bentuk: Tanya jawab singkat di awal pertemuan 1. Misalnya, menunjukkan gambar tempat dan meminta siswa menyebutkan namanya (jika tahu).

B. Asesmen Formatif (Selama Proses Pembelajaran)

  1. Observasi partisipasi dan kolaborasi kelompok (Pertemuan 1 & 2): Guru mengamati keaktifan siswa dalam diskusi kelompok, kerja sama, dan pemecahan masalah. (Dinilai menggunakan catatan anekdot atau skala penilaian sederhana).

  2. Kesesuaian Flashcards (Pertemuan 1): Guru memeriksa hasil pencocokan flashcards oleh kelompok.

  3. Pelafalan (Pertemuan 1): Guru mendengarkan pelafalan siswa saat mengulang kosakata.

  4. Kinerja Proyek "Mystery Map" (Pertemuan 1, Tugas Rumah): Penilaian sederhana terhadap kelengkapan dan kejelasan peta yang dibuat siswa.

  5. Kinerja Proyek "Neighborhood Map" (Pertemuan 2):

  • Produk (Peta): Penilaian berdasarkan kelengkapan nama tempat, kejelasan gambar/peta, dan penulisan nama tempat dalam Bahasa Inggris.

  • Presentasi: Penilaian berdasarkan kelancaran, kepercayaan diri, dan kejelasan dalam menyebutkan nama tempat dan mendeskripsikan aktivitas.

C. Asesmen Sumatif (Akhir Bab/Unit)

  • Bentuk: Tes tertulis atau lisan.

  • Contoh soal:

  • Mencocokkan gambar tempat dengan nama Bahasa Inggris.

  • Melengkapi kalimat dengan nama tempat yang tepat.

  • Menyebutkan nama tempat berdasarkan deskripsi.

  • Membuat kalimat sederhana tentang fungsi suatu tempat.


Rencana Diferensiasi

Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi akan diterapkan pada:

  1. Diferensiasi Konten:

  • Bagi siswa yang kesulitan: Guru memberikan flashcards dengan nama tempat yang sudah tertulis di belakang gambar atau memberikan daftar kosakata dengan terjemahan. Guru juga bisa memberikan contoh kalimat yang lebih sederhana dan fokus pada sedikit kosakata kunci.

  • Bagi siswa yang sudah mahir: Guru dapat meminta siswa untuk mencari informasi tambahan tentang fungsi detail dari setiap tempat, atau membuat kalimat yang lebih kompleks untuk mendeskripsikan tempat tersebut. Mereka juga bisa diminta untuk mencari sinonim atau antonim dari kata-kata yang dipelajari.

  1. Diferensiasi Proses:

  • Melalui Pengerjaan Proyek (Neighborhood Map):

  • Siswa dengan gaya belajar visual dapat lebih fokus pada gambar dan detail desain peta.

  • Siswa dengan gaya belajar auditori dapat mengambil peran lebih dalam presentasi lisan dan melatih pelafalan.

  • Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat terlibat aktif dalam menggambar, menempel, atau mengatur tata letak peta.

  • Dukungan Guru: Guru akan berkeliling dan memberikan bimbingan yang disesuaikan. Bagi siswa yang kesulitan, guru akan memberikan lebih banyak scaffolding dan pertanyaan pemandu. Bagi siswa yang lebih cepat, guru akan memberikan tantangan tambahan (misalnya, meminta mereka membuat kalimat tanya jawab tentang tempat).

  1. Diferensiasi Produk:

  • Siswa dapat memilih cara penyajian "Neighborhood Map" yang sesuai dengan minat dan kekuatan mereka:

  • Peta fisik yang digambar tangan.

  • Peta digital sederhana (jika fasilitas memungkinkan).

  • Peta dengan narasi lisan yang lebih panjang (berupa rekaman suara atau video singkat).

  • Menciptakan "role play" singkat tentang siswa baru yang bertanya arah.

  1. Diferensiasi Penilaian:

  • Guru akan menilai proses dan produk. Dalam presentasi, guru akan memastikan setiap anggota kelompok memiliki kesempatan untuk berkontribusi sesuai dengan kekuatan mereka, bukan hanya yang berbicara paling banyak.

  • Untuk tugas rumah, siswa yang kesulitan dapat membuat daftar nama tempat, sedangkan siswa yang mahir dapat membuat deskripsi singkat tentang fungsi setiap tempat.


Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Kondusif untuk diskusi kelompok dan presentasi.

  • Media Pembelajaran: Papan tulis/whiteboard, spidol, proyektor, laptop, pengeras suara.

  • Alat Pembelajaran: Kartu gambar/flashcards, spidol warna, kertas plano/karton, lem, gunting.

  • Sumber Daya Lain: Akses internet (jika memungkinkan untuk mencari gambar atau informasi), buku teks Bahasa Inggris kelas VII.


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Bahasa Inggris kelas VII Kurikulum Merdeka.

  • Kamus Bahasa Inggris-Indonesia.

  • Situs web pembelajaran Bahasa Inggris yang relevan (misalnya British Council LearnEnglish Kids, ESL Kids Stuff).

  • Video YouTube tentang nama-nama tempat dalam Bahasa Inggris.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

Contoh Lembar Kerja (Pertemuan 1):

Worksheet 1: Match the Pictures with the Names

Instructions: Look at the pictures below and draw a line to match them with the correct English names.

(Gambar-gambar tempat di sekolah: perpustakaan, kantin, ruang kelas, kantor guru, toilet)

  • Library

  • Canteen

  • Classroom

  • Teacher's Office

  • Restroom


Contoh Lembar Latihan (Pertemuan 2):

Worksheet 2: Where Do You Go?

Instructions: Complete the sentences with the correct place from the box.

(Box: market, hospital, park, bus stop, bank)

  1. I go to the __________ to buy vegetables.

  2. When I'm sick, I go to the __________.

  3. We play and relax in the __________.

  4. I wait for the bus at the __________.

  5. My mom withdraws money from the __________.


Contoh Asesmen Sumatif (Akhir Unit):

Quiz: Places Around Us

Part A: Multiple Choice

Choose the best answer for each question.

  1. You borrow books from the... a. canteen b. library c. market d. hospital

Part B: Short Answer

Answer the questions based on the pictures.

  1. (Gambar: Rumah Sakit) What place is this?
    Answer: _______________________

  2. (Gambar: Pasar) What do people usually do here?
    Answer: _______________________


Instrumen Refleksi

A. Refleksi Guru:

  • Apakah tujuan pembelajaran tercapai sepenuhnya? Jika tidak, mengapa?

  • Bagian mana dari pembelajaran yang paling efektif?

  • Bagian mana yang perlu diperbaiki di masa mendatang?

  • Bagaimana keterlibatan siswa secara keseluruhan?

  • Apakah pendekatan diferensiasi telah diterapkan secara optimal?

  • Apa tantangan terbesar yang saya hadapi selama pembelajaran dan bagaimana saya mengatasinya?

B. Refleksi Siswa:

Nama: __________________

Kelas: __________________

Lingkari jawaban yang sesuai dengan pengalamanmu:

  1. Saya merasa senang belajar tentang nama-nama tempat hari ini.

  • Sangat setuju

  • Setuju

  • Cukup setuju

  • Tidak setuju

  1. Saya bisa menyebutkan nama-nama tempat di sekolah dan lingkungan sekitar dalam Bahasa Inggris.

  • Sangat bisa

  • Bisa

  • Cukup bisa

  • Belum bisa

  1. Saya suka bekerja dalam kelompok.

  • Sangat suka

  • Suka

  • Cukup suka

  • Tidak suka

  1. Bagian mana dari pelajaran ini yang paling kamu suka? Mengapa?


  2. Bagian mana dari pelajaran ini yang paling sulit bagimu? Mengapa?


  3. Apa yang akan kamu lakukan untuk mengingat nama-nama tempat ini?



Semoga modul ajar ini bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process