modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 Peserta didik mampu menggunakan ungkapan-ungkapan sederhana untuk mengungkapkan perasaan (suka/tidak suka
modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning (PBL) sesuai Kurikulum Merdeka. Modul ini dirancang untuk 2 kali pertemuan dengan durasi 80 menit per pertemuan.
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan sudah memiliki kemampuan dasar dalam:
Mengenali dan memahami beberapa kosakata dasar dalam Bahasa Inggris.
Merespons instruksi sederhana dalam Bahasa Inggris.
Menggunakan kata ganti personal dasar (I, you, he, she, it, we, they).
Profil Pelajar Pancasila
Bergotong royong: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas.
Mandiri: Peserta didik mampu mengidentifikasi masalah dan mencari solusi secara mandiri maupun dalam kelompok.
Bernalar kritis: Peserta didik mampu menganalisis situasi dan merumuskan ungkapan yang tepat.
Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dalam memecahkan masalah komunikasi.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menggunakan ungkapan-ungkapan sederhana untuk mengungkapkan perasaan (suka/tidak suka) dan berinteraksi sosial (misalnya, thank you, I'm sorry) dalam konteks percakapan sehari-hari.
Indikator Keberhasilan
Peserta didik dikatakan berhasil jika mampu:
Mengidentifikasi ungkapan-ungkapan suka dan tidak suka (likes/dislikes).
Menggunakan ungkapan I like..., I don't like..., I love..., I hate... dengan tepat.
Mengidentifikasi ungkapan thank you dan I'm sorry.
Menggunakan ungkapan thank you dan responsnya (you're welcome) dengan tepat.
Menggunakan ungkapan I'm sorry dan responsnya (that's okay/no problem) dengan tepat.
Berinteraksi dengan menggunakan ungkapan suka/tidak suka dan interaksi sosial sederhana dalam simulasi percakapan.
Pertanyaan Pemantik
Pernahkah kamu merasa sangat suka atau tidak suka terhadap sesuatu? Bagaimana cara mengungkapkannya dalam Bahasa Indonesia?
Bagaimana perasaanmu ketika seseorang membantumu atau ketika kamu melakukan kesalahan? Apa yang biasanya kamu katakan?
Apakah penting untuk mengungkapkan perasaan suka/tidak suka atau meminta maaf/berterima kasih dalam pergaulan sehari-hari? Mengapa?
Daftar Perlengkapan Ajar
Whiteboard/spidol
Proyektor (opsional)
Speaker/audio (untuk mendengarkan contoh dialog)
Kartu gambar/flashcards (tentang makanan, aktivitas, benda-benda, emosi)
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Spidol warna, kertas HVS/karton
Benda-benda di sekitar kelas (untuk aktivitas likes/dislikes)
Ringkasan Materi Ajar
Pertemuan 1: Expressing Likes/Dislikes
Ungkapan Menyatakan Suka:
I like... (Saya suka...)
I love... (Saya sangat suka/cinta...)
I enjoy... (Saya menikmati...)
Contoh: I like pizza. I love playing football. I enjoy reading books.
Ungkapan Menyatakan Tidak Suka:
I don't like... (Saya tidak suka...)
I dislike... (Saya tidak suka...)
I hate... (Saya benci...)
Contoh: I don't like spicy food. I dislike waking up early. I hate spiders.
Cara bertanya tentang kesukaan:
Do you like...? (Apakah kamu suka...?)
What do you like? (Apa yang kamu suka?)
Contoh dialog sederhana:
A: Do you like apples?
B: Yes, I do. I like apples very much.
A: What kind of music do you like?
B: I like pop music.
Pertemuan 2: Social Interactions (Thank You, I'm Sorry)
Ungkapan Terima Kasih:
Thank you. (Terima kasih.)
Thank you very much. (Terima kasih banyak.)
Thanks a lot. (Terima kasih banyak.)
Respon Terhadap Ungkapan Terima Kasih:
You're welcome. (Sama-sama.)
No problem. (Tidak masalah.)
My pleasure. (Dengan senang hati.)
Ungkapan Permintaan Maaf:
I'm sorry. (Saya minta maaf.)
I'm so sorry. (Saya sangat menyesal.)
Excuse me. (Permisi – digunakan saat ingin menarik perhatian atau melewati seseorang)
Respon Terhadap Ungkapan Permintaan Maaf:
That's okay. (Tidak apa-apa.)
No worries. (Jangan khawatir.)
Forget about it. (Lupakan saja.)
Contoh dialog sederhana:
A: Thank you for helping me.
B: You're welcome.
A: Oh, I'm sorry. I broke your pencil.
B: That's okay. No problem.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Contoh Dialog Pendek: Beberapa skrip dialog sederhana untuk ungkapan suka/tidak suka dan interaksi sosial.
Daftar Kosakata: Daftar kosakata terkait hobi, makanan, benda, dan kegiatan untuk mendukung ungkapan suka/tidak suka.
Flashcards/Gambar: Gambar-gambar yang dapat digunakan untuk aktivitas tebak-tebakan atau ekspresi suka/tidak suka.
Audio/Video: Rekaman percakapan singkat atau video kartun yang menampilkan penggunaan ungkapan-ungkapan tersebut.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 menit): Expressing Likes/Dislikes
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Pembukaan (5 menit):
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran peserta didik.
Guru memulai dengan pertanyaan pemantik: "Pernahkah kamu merasa sangat suka atau tidak suka terhadap sesuatu? Bagaimana cara mengungkapkannya dalam Bahasa Indonesia?" (Melatih Bernalar Kritis).
Apersepsi (5 menit):
Guru menunjukkan beberapa gambar (makanan, hewan, aktivitas) dan meminta peserta didik untuk menyebutkan mana yang mereka suka/tidak suka dalam Bahasa Indonesia.
Guru menghubungkan jawaban peserta didik dengan materi yang akan dipelajari: "Hari ini kita akan belajar bagaimana mengungkapkan perasaan suka atau tidak suka dalam Bahasa Inggris."
Motivasi & Tujuan (5 menit):
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Setelah pelajaran ini, kalian diharapkan bisa mengungkapkan apa yang kalian suka dan tidak suka dalam Bahasa Inggris."
Guru menjelaskan model PBL yang akan digunakan: "Kita akan menyelesaikan masalah komunikasi dengan ungkapan suka/tidak suka."
Kegiatan Inti (55 menit)
Sintaks PBL 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)
Pemberian Masalah: Guru menampilkan sebuah skenario singkat/gambar/video (misalnya, dua teman yang memiliki selera berbeda tentang makanan/film/musik) dan menanyakan: "Bagaimana cara mereka menyampaikan pendapat mereka yang berbeda ini dalam Bahasa Inggris agar tidak terjadi salah paham?" (Melatih Bernalar Kritis).
Brainstorming Awal: Peserta didik diminta menuliskan apa yang mereka ketahui tentang ungkapan suka/tidak suka di secarik kertas (bisa dalam Bahasa Indonesia/Inggris seadanya).
Identifikasi Kata Kunci: Guru menuliskan beberapa kata kunci dari skenario di papan tulis dan meminta peserta didik untuk menebak maknanya atau mencari padanannya.
Sintaks PBL 2: Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (20 menit)
Pembentukan Kelompok: Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil (4-5 orang) secara heterogen (diferensiasi berdasarkan kesiapan belajar).
Penyampaian Materi: Guru menyajikan ringkasan materi tentang "Expressing Likes/Dislikes" melalui powerpoint/penjelasan singkat, disertai contoh-contoh pengucapan yang benar. Guru juga menyediakan lampiran materi pendukung berupa daftar ungkapan dan kosakata.
Latihan Berpasangan: Masing-masing kelompok mendapatkan kartu gambar yang berbeda. Dalam kelompok, peserta didik berlatih menyebutkan suka/tidak suka mereka terhadap gambar tersebut dengan ungkapan yang telah diajarkan. Contoh: "I like... ", "I don't like...". (Melatih Aktif, Kolaboratif).
Sintaks PBL 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (20 menit)
Penyelesaian Masalah dalam Kelompok: Setiap kelompok diberikan sebuah masalah/kasus (misalnya, "Bagaimana cara mengajak teman yang seleranya berbeda untuk melakukan aktivitas bersama?"). Peserta didik harus merancang dialog singkat menggunakan ungkapan suka/tidak suka. (Melatih Kreatif, Kolaboratif, Bernalar Kritis).
Bantuan Guru: Guru berkeliling membimbing kelompok, memberikan umpan balik, dan menjawab pertanyaan. Untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan lebih, guru memberikan contoh kalimat tambahan atau memfasilitasi diskusi lebih mendalam.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Presentasi Singkat: Beberapa kelompok secara acak diminta untuk menampilkan dialog mereka di depan kelas. (Melatih Aktif).
Refleksi Diri: Peserta didik secara individu mengisi lembar refleksi singkat tentang apa yang telah mereka pelajari dan bagian mana yang masih sulit.
Tindak Lanjut: Guru memberikan penguatan materi dan memberikan tugas rumah sederhana: mencari 5 benda/aktivitas di rumah dan menuliskan perasaan suka/tidak suka mereka terhadapnya dalam Bahasa Inggris.
Pertemuan 2 (80 menit): Social Interactions (Thank You, I'm Sorry)
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Pembukaan (5 menit):
Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran.
Guru mengajak peserta didik mengingat kembali materi sebelumnya tentang "likes/dislikes" dengan pertanyaan: "Siapa yang bisa memberikan contoh kalimat suka/tidak suka dalam Bahasa Inggris?"
Apersepsi (5 menit):
Guru memulai dengan pertanyaan pemantik: "Bagaimana perasaanmu ketika seseorang membantumu atau ketika kamu melakukan kesalahan? Apa yang biasanya kamu katakan?"
Guru mengaitkan jawaban peserta didik dengan ungkapan terima kasih dan permintaan maaf.
Motivasi & Tujuan (5 menit):
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Hari ini kita akan belajar bagaimana mengucapkan terima kasih dan meminta maaf dalam Bahasa Inggris, serta bagaimana meresponsnya."
Guru mengingatkan bahwa model PBL akan tetap digunakan.
Kegiatan Inti (55 menit)
Sintaks PBL 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)
Pemberian Masalah: Guru menayangkan sebuah video pendek atau menampilkan beberapa gambar skenario (misalnya, seseorang menjatuhkan barang temannya, seseorang membantu orang tua menyeberang jalan). Guru bertanya: "Apa yang akan kamu katakan jika kamu berada dalam situasi ini? Mengapa?" (Melatih Bernalar Kritis).
Diskusi Singkat: Peserta didik mendiskusikan secara singkat dalam kelompok tentang ungkapan yang mungkin digunakan dalam skenario tersebut.
Sintaks PBL 2: Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (20 menit)
Penyampaian Materi: Guru menyajikan ringkasan materi tentang "Thank You" dan "I'm Sorry" beserta responsnya, dilengkapi dengan contoh-contoh pengucapan yang benar. Guru juga menyediakan lampiran materi pendukung berupa daftar ungkapan dan respons.
Latihan Interaktif: Guru memberikan kartu situasi yang berbeda kepada setiap kelompok (misalnya, "Kamu tidak sengaja menabrak temanmu," "Temanmu meminjamkan pensil," "Kamu membantu gurumu membawa buku"). Peserta didik berlatih bermain peran singkat sesuai situasi, menggunakan ungkapan thank you atau I'm sorry. (Melatih Aktif, Kolaboratif).
Sintaks PBL 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (20 menit)
Penyelesaian Masalah dalam Kelompok: Setiap kelompok diberikan "misi" untuk membuat sebuah drama pendek (maksimal 2 menit) yang menggabungkan ungkapan suka/tidak suka (dari pertemuan 1) dengan ungkapan thank you dan I'm sorry (dari pertemuan 2). Contoh skenario: "Seorang teman membantu temannya yang kesulitan mengerjakan tugas favoritnya, lalu teman yang dibantu tidak sengaja menumpahkan minuman." (Melatih Kreatif, Kolaboratif, Bernalar Kritis).
Bantuan Guru: Guru berkeliling, membimbing, dan memberikan umpan balik konstruktif. Guru memberikan scaffolding kepada kelompok yang membutuhkan ide atau bantuan dalam menyusun dialog.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Presentasi Akhir: Beberapa kelompok menampilkan drama pendek mereka di depan kelas. (Melatih Aktif).
Penguatan Konsep: Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menggunakan ungkapan-ungkapan ini dalam interaksi sosial.
Refleksi & Penutup: Peserta didik mengisi instrumen refleksi untuk mengevaluasi pemahaman mereka dan area yang masih perlu ditingkatkan. Guru menutup pelajaran.
Rencana Asesmen
Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran Dimulai/di awal pertemuan 1):
Format: Observasi dan pertanyaan singkat secara lisan.
Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang ungkapan dasar Bahasa Inggris.
Contoh: "Coba sebutkan 3 kata dalam Bahasa Inggris yang kamu ketahui!" atau "Apa yang kamu katakan kalau kamu suka sesuatu?"
Asesmen Formatif (Selama Proses Pembelajaran):
Observasi Partisipasi (Melatih Aktif & Kolaboratif):
Mengamati keaktifan peserta didik dalam diskusi kelompok dan kegiatan praktik.
Mencatat keaktifan dalam menjawab pertanyaan guru.
Penilaian Produk Kelompok (Melatih Kreatif & Kolaboratif):
Penilaian dialog/drama pendek yang dibuat oleh kelompok.
Fokus pada ketepatan penggunaan ungkapan dan kelancaran berbicara.
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) (Melatih Bernalar Kritis):
LKPD berisi latihan mengisi bagian rumpang pada dialog atau mencocokkan situasi dengan ungkapan yang tepat.
Penilaian dilakukan terhadap ketepatan jawaban.
Asesmen Sumatif (Akhir Pembelajaran/Setelah pertemuan 2):
Penugasan Individu: Membuat rekaman suara atau video singkat (1-2 menit) yang berisi percakapan mereka sendiri (bisa dengan teman/anggota keluarga) menggunakan ungkapan likes/dislikes, thank you, dan I'm sorry dalam konteks yang relevan.
Rubrik Penilaian (Contoh): | Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Bimbingan (1) | | :------- | :-------------- | :------- | :-------- | :------------------ | | Ketepatan Ungkapan | Menggunakan ungkapan dengan sangat tepat dan alami. | Menggunakan ungkapan dengan tepat, sesekali ada sedikit kekeliruan. | Sering melakukan kekeliruan dalam penggunaan ungkapan. | Sulit menggunakan ungkapan dengan tepat. | | Kelancaran Berbicara | Berbicara sangat lancar dan percaya diri. | Berbicara lancar, kadang terhenti sebentar. | Berbicara kurang lancar, sering terhenti. | Berbicara tidak lancar, sering ragu-ragu. | | Pelafalan | Pelafalan sangat jelas dan mudah dipahami. | Pelafalan jelas, sesekali ada ketidakjelasan. | Pelafalan kurang jelas, sulit dipahami. | Pelafalan tidak jelas. | | Kolaborasi (saat berkelompok) | Berkontribusi aktif dan membantu anggota kelompok. | Berkontribusi, namun sesekali perlu diingatkan. | Kurang berpartisipasi dalam kelompok. | Tidak berpartisipasi. |
Rencana Diferensiasi
1. Diferensiasi Konten:
Kesiapan Belajar:
Peserta didik yang sudah mahir: Disediakan ungkapan-ungkapan yang lebih bervariasi (misalnya, I'm keen on..., I can't stand..., respons yang lebih kompleks). Mereka juga bisa diberikan materi audio/video berbahasa Inggris asli untuk memperkaya kosa kata.
Peserta didik yang sedang berkembang: Materi utama sesuai ringkasan materi ajar, dengan contoh yang jelas dan berulang.
Peserta didik yang membutuhkan dukungan: Disediakan flashcards dengan gambar dan tulisan yang sangat jelas, serta panduan langkah demi langkah yang lebih sederhana. Guru memberikan perhatian ekstra dan bimbingan langsung.
Minat:
Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih topik atau konteks ungkapan suka/tidak suka yang relevan dengan minat mereka (misalnya, olahraga, game, musik, film, makanan).
Skenario role play dapat disesuaikan dengan minat kelompok.
2. Diferensiasi Proses:
Kelompok Belajar:
Pembentukan kelompok heterogen memungkinkan peserta didik saling membantu (peer tutoring).
Guru juga bisa membentuk kelompok homogen sesekali untuk memberikan bimbingan intensif bagi peserta didik yang masih kesulitan, atau memberikan tantangan lebih bagi peserta didik yang sudah mahir.
Waktu Pengerjaan:
Memberikan fleksibilitas waktu bagi kelompok atau individu yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas, asalkan tidak mengganggu jalannya kegiatan selanjutnya.
Media Pembelajaran:
Menyediakan beragam media (audio, visual, kinestetik) untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda. Contoh: video, kartu gambar, aktivitas fisik role play.
Scaffolding:
Memberikan dukungan bertahap: mulai dari model contoh oleh guru, latihan terbimbing, hingga latihan mandiri.
Untuk peserta didik yang kesulitan, berikan sentence frames atau prompts untuk membantu mereka menyusun kalimat.
3. Diferensiasi Produk:
Bentuk Penugasan Akhir:
Peserta didik dapat memilih bentuk produk akhir mereka sesuai minat dan kemampuannya:
Audio/Video: Rekaman percakapan.
Teks: Menulis cerita pendek/dialog yang mengandung ungkapan yang dipelajari.
Visual: Membuat poster infografis tentang ungkapan-ungkapan tersebut disertai gambar.
Tingkat Kerumitan:
Untuk peserta didik yang sudah mahir, tantang untuk menggunakan ungkapan yang lebih kompleks, atau membuat dialog dengan alur cerita yang lebih rumit.
Untuk peserta didik yang masih kesulitan, fokus pada penggunaan ungkapan dasar dengan tepat.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman dan cukup luas untuk kegiatan kelompok.
Papan tulis dan spidol.
Perangkat audio (speaker).
Proyektor (jika ada, untuk menampilkan materi visual dan video).
Kartu gambar, flashcards.
Kertas, alat tulis, spidol warna.
Benda-benda di sekitar kelas yang bisa digunakan sebagai objek untuk mengungkapkan suka/tidak suka.
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Paket Bahasa Inggris kelas VII Kurikulum Merdeka.
Modul ajar Bahasa Inggris dari platform guru belajar Kemendikbudristek.
Video pembelajaran dari YouTube (misalnya, kanal "English Singsing," "Kids Learning Tube," atau saluran pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak).
Situs web pembelajaran Bahasa Inggris interaktif (misalnya, BBC Learning English, ESL Kids Stuff).
Aplikasi kamus Bahasa Inggris-Indonesia.
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
(Contoh LKPD - Pertemuan 1)
Nama:
Kelas:
Tanggal: \
LKPD 1: Expressing Likes/Dislikes
Bagian A: Lengkapi Kalimat!
Lengkapi kalimat berikut dengan "like," "love," "don't like," atau "hate" sesuai perasaanmu tentang gambar di samping.
I _______ reading books. (Gambar buku)
I _______ spiders. (Gambar laba-laba)
I _______ pizza. (Gambar pizza)
I _______ waking up early. (Gambar jam alarm)
I _______ playing football. (Gambar orang bermain bola)
Bagian B: Pilih Jawaban yang Tepat!
Lingkari ungkapan yang paling sesuai dengan situasi.
Kamu melihat kucing. Kamu sangat menyukai kucing. Apa yang kamu katakan?
a. I don't like cats.
b. I love cats!
c. I hate cats.Temanmu menawarkan sayuran pahit. Kamu tidak menyukainya. Apa yang kamu katakan?
a. I like bitter vegetables.
b. I love bitter vegetables.
c. I don't like bitter vegetables.
Bagian C: Buatlah Dialog Sederhana!
Bersama teman kelompokmu, buatlah dialog singkat tentang suka dan tidak suka terhadap 2 benda/aktivitas. Tulis di bawah ini.
Contoh:
A: Do you like swimming?
B: Yes, I do. I like swimming very much. What about you?
A: I don't like swimming. I prefer playing games.
(Contoh LKPD - Pertemuan 2)
Nama:
Kelas:
Tanggal: \
LKPD 2: Thank You & I'm Sorry
Bagian A: Cocokkan!
Tarik garis dari situasi di kolom kiri ke ungkapan yang tepat di kolom kanan.
Bagian B: Lengkapi Dialog!
Lengkapi dialog berikut dengan ungkapan yang tepat (thank you, you're welcome, I'm sorry, that's okay).
A: Oh no! I dropped your book.
B: Don't worry, _______ _______.
A: I'm really _______ _______.A: Here's your pen.
B: Oh, _______ _______ _______ for finding it!
A: _______ _______.
Bagian C: Drama Singkat!
Bersama kelompokmu, buatlah drama pendek (1-2 menit) yang menggabungkan ungkapan suka/tidak suka, terima kasih, dan minta maaf. (Contoh ide: Seseorang membantu temannya yang kesulitan, lalu tidak sengaja menjatuhkan sesuatu). Siapkan diri untuk menampilkannya!
Instrumen Refleksi
(Untuk Peserta Didik - Setelah setiap pertemuan)
Nama:
Kelas:
Tanggal: \
Berilah tanda centang (✓) pada kolom yang sesuai.
Apa bagian yang paling mudah kamu pahami hari ini?
Apa bagian yang paling sulit kamu pahami hari ini?
Apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan pemahamanmu?
Saran untuk pembelajaran berikutnya:
(Untuk Guru - Setelah setiap pertemuan)
Bagaimana partisipasi peserta didik secara keseluruhan?
Apakah tujuan pembelajaran tercapai pada sebagian besar peserta didik?
Bagaimana saya bisa lebih efektif dalam memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi?
Apa saja tantangan yang muncul dan bagaimana saya mengatasinya?
Apa yang akan saya ubah atau pertahankan untuk pertemuan berikutnya?
Semoga modul ajar ini bermanfaat,
Komentar
Posting Komentar