modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2, Mengidentifikasi struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur sederhana (misalnya, resep, petunjuk penggunaan) dengan tepat.
modul ajar Bahasa Inggris dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk kelas VII semester 2,sesuai Kurikulum Merdeka dan model Problem Based Learning.
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Pelajaran: 2024/2025
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase/Kelas: D/VII (Tujuh)
Semester: 2 (Dua)
Materi Pokok: Prosedur Teks Sederhana (Simple Procedure Text)
Alokasi Waktu: 2 Pertemuan x 80 menit (Total 160 menit)
Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)
Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan sudah memiliki kemampuan dasar dalam:
Memahami kosakata dasar bahasa Inggris.
Memahami struktur kalimat sederhana dalam bahasa Inggris.
Mampu membaca teks pendek dalam bahasa Inggris.
Profil Pelajar Pancasila
Bergotong Royong: Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan berbagi pengetahuan.
Mandiri: Peserta didik secara individu mencari informasi dan mengelola pembelajaran mereka.
Bernalar Kritis: Peserta didik menganalisis informasi, mengevaluasi solusi, dan mengambil keputusan berdasarkan bukti.
Kreatif: Peserta didik menghasilkan ide-ide baru dan inovatif dalam memecahkan masalah dan menyajikan hasil.
Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasi struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur sederhana (misalnya, resep, petunjuk penggunaan) dengan tepat.
Memahami langkah-langkah dalam teks prosedur sederhana (misalnya, resep, petunjuk penggunaan) secara mandiri.
Menganalisis perbedaan dan persamaan antara berbagai jenis teks prosedur sederhana.
Menyusun teks prosedur sederhana (misalnya, resep, petunjuk penggunaan) secara kolaboratif dengan benar.
Indikator Keberhasilan
Peserta didik dikatakan berhasil jika mampu:
Mengidentifikasi tujuan komunikatif dari teks prosedur sederhana.
Menyebutkan bagian-bagian teks prosedur sederhana (tujuan, bahan/alat, langkah-langkah).
Menjelaskan fungsi kata kerja tindakan (action verbs) dan kata penghubung (connectives) dalam teks prosedur.
Menceritakan kembali langkah-langkah dalam teks prosedur sederhana yang disajikan.
Membuat teks prosedur sederhana tentang topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Pertanyaan Pemantik
"Pernahkah kalian membuat sesuatu berdasarkan petunjuk? Misalnya, membuat mi instan, atau menggunakan aplikasi di ponsel?"
"Menurut kalian, mengapa petunjuk atau panduan itu penting?"
"Apa yang akan terjadi jika petunjuk penggunaan suatu barang tidak jelas?"
Daftar Perlengkapan Ajar
Proyektor/layar
Papan tulis/spidol
Speaker (opsional, jika ada video)
Spidol warna-warni, kertas manila/karton, lem, gunting (untuk kegiatan kolaborasi)
Contoh teks prosedur (resep, petunjuk penggunaan alat elektronik sederhana, petunjuk membuat kerajinan tangan sederhana)
Laptop/komputer dengan akses internet (opsional, untuk mencari referensi)
Kartu kata kerja (action verbs) dan kata penghubung (connectives)
Ringkasan Materi Ajar
Teks Prosedur Sederhana (Simple Procedure Text)
Teks prosedur adalah jenis teks yang memberikan instruksi atau petunjuk tentang cara melakukan sesuatu. Tujuan utamanya adalah untuk memandu pembaca agar dapat mencapai tujuan atau hasil tertentu.
Struktur Teks Prosedur Sederhana:
Goal/Aim (Tujuan): Menjelaskan tujuan dari prosedur yang akan dilakukan. Biasanya berupa judul. Contoh: "How to Make Fried Rice," "How to Use a Mobile Phone."
Materials/Ingredients (Bahan/Alat): Daftar bahan atau alat yang diperlukan untuk melakukan prosedur tersebut. Tidak semua teks prosedur memiliki bagian ini (misalnya, petunjuk penggunaan).
Steps/Methods (Langkah-langkah): Serangkaian instruksi yang harus diikuti secara berurutan. Biasanya menggunakan kata kerja tindakan (action verbs) dan kata penghubung (connectives) untuk menunjukkan urutan.
Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Sederhana:
Menggunakan Simple Present Tense.
Menggunakan Action Verbs (kata kerja tindakan): cut, slice, pour, mix, turn on, open, press.
Menggunakan Connectives (kata penghubung) untuk menunjukkan urutan: first, then, next, after that, finally.
Menggunakan Imperative Sentences (kalimat perintah): Cut the onion, Add the salt, Turn on the TV.
Menggunakan Adverbial Phrases (frasa keterangan) untuk menunjukkan detail waktu, tempat, atau cara: for 5 minutes, in a bowl, slowly.
Contoh Teks Prosedera Sederhana:
How to Make a Glass of Tea
Ingredients:
1 tea bag
1 spoon of sugar
Hot water
A glass
A spoon
Steps:
First, prepare a glass and a spoon.
Then, put the tea bag into the glass.
Next, add one spoon of sugar into the glass.
After that, pour hot water into the glass.
Finally, stir the tea slowly. Your tea is ready to drink.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Gambar-gambar yang merepresentasikan teks prosedur (misalnya, langkah-langkah membuat sandwich, cara mengoperasikan blender).
Video tutorial sederhana (misalnya, cara membuat origami, cara membuat jus buah).
Kartu-kartu kecil berisi action verbs dan connectives.
Contoh-contoh teks prosedur dari berbagai sumber (buku resep, manual alat elektronik, petunjuk permainan).
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 menit)
Topik: Mengenali dan Mengidentifikasi Teks Prosedur Sederhana
Pendahuluan (10 menit)
Pembukaan: Guru mengucapkan salam, berdoa, dan mengecek kehadiran peserta didik.
Apersepsi: Guru menampilkan beberapa gambar atau video singkat tentang kegiatan yang melibatkan langkah-langkah (misalnya, orang sedang memasak, merakit sesuatu).
Pertanyaan Pemantik: Guru mengajukan pertanyaan pemantik: "Pernahkah kalian membuat sesuatu berdasarkan petunjuk? Apa pentingnya petunjuk itu?"
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Hari ini kita akan belajar mengidentifikasi dan memahami langkah-langkah dalam teks prosedur sederhana."
Kegiatan Inti (60 menit)
Fase 1: Orientasi Peserta Didik pada Masalah
Guru menampilkan beberapa contoh teks prosedur sederhana (misalnya, resep kue, petunjuk penggunaan remote TV) yang berbeda tingkat kesulitannya (diferensiasi konten).
Level 1 (Mudah): Teks prosedur dengan kalimat sangat sederhana dan gambar pendukung.
Level 2 (Sedang): Teks prosedur dengan kalimat lebih kompleks tanpa terlalu banyak gambar.
Level 3 (Sulit): Teks prosedur yang lebih detail, mungkin dengan beberapa istilah baru.
Peserta didik diminta untuk membaca dan mengamati teks-teks tersebut secara individu.
Guru bertanya: "Apa kesamaan dari semua teks ini? Apa tujuannya?"
Fase 2: Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (Diferensiasi Proses & Produk)
Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil (3-4 orang) secara heterogen (diferensiasi proses).
Setiap kelompok diberikan satu atau lebih teks prosedur yang berbeda untuk dianalisis lebih lanjut (sesuai level pemahaman awal).
Guru memberikan Lembar Kerja 1 (terlampir) yang berisi pertanyaan-pertanyaan panduan untuk mengidentifikasi:
Tujuan teks
Bahan/alat yang dibutuhkan (jika ada)
Langkah-langkah yang harus dilakukan
Kata kerja tindakan yang digunakan
Kata penghubung yang digunakan
Kegiatan Kolaboratif: Dalam kelompok, peserta didik berdiskusi, berbagi pemahaman, dan mencatat hasil identifikasi mereka di Lembar Kerja. Guru berkeliling, membimbing, dan memberikan bantuan jika diperlukan. Bagi kelompok yang kesulitan, guru dapat memberikan kartu-kartu kata kerja atau kata penghubung sebagai petunjuk.
Fase 3: Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok
Setiap kelompok mempresentasikan hasil identifikasi mereka di depan kelas.
Aktivitas Kreatif: Setelah presentasi, guru meminta setiap kelompok untuk membuat mind map atau poster sederhana yang menggambarkan struktur teks prosedur dan ciri kebahasaannya berdasarkan teks yang mereka analisis. Mereka dapat menggunakan spidol warna-warni dan kertas manila.
Guru mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan dari teks-teks yang dianalisis oleh setiap kelompok, dan menguatkan konsep tentang struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur.
Penutup (10 menit)
Refleksi: Guru mengajak peserta didik untuk merangkum pembelajaran hari ini: "Apa yang sudah kita pelajari hari ini tentang teks prosedur? Apa saja bagian-bagiannya?"
Tindak Lanjut: Guru memberikan tugas membaca dua contoh teks prosedur yang berbeda untuk pertemuan berikutnya.
Penutup: Guru menyampaikan salam dan mengakhiri pelajaran.
Pertemuan 2 (80 menit)
Topik: Menganalisis dan Menyusun Teks Prosedur Sederhana
Pendahuluan (10 menit)
Pembukaan: Guru mengucapkan salam, berdoa, dan mengecek kehadiran peserta didik.
Apersepsi: Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan kembali struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Review Tugas: Guru meminta beberapa peserta didik untuk menceritakan kembali salah satu teks prosedur yang mereka baca sebagai tugas.
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: "Hari ini kita akan menganalisis lebih dalam berbagai teks prosedur dan mencoba menyusun teks prosedur sederhana kita sendiri."
Kegiatan Inti (60 menit)
Fase 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Diferensiasi Produk)
Identifikasi Masalah: Guru memberikan beberapa masalah atau tantangan yang membutuhkan solusi berupa teks prosedur. Contoh:
"Bagaimana cara membuat secangkir kopi instan?"
"Bagaimana cara menanam bibit cabai di pot?"
"Bagaimana cara mengisi ulang pulsa handphone?"
"Bagaimana cara membuat akun email baru?"
"Bagaimana cara membuat origami sederhana?"
Pilihan Topik: Peserta didik memilih satu masalah atau topik yang paling menarik bagi mereka untuk dibuatkan teks prosedurnya (diferensiasi produk berdasarkan minat).
Perencanaan Kolaboratif: Dalam kelompok, peserta didik merencanakan teks prosedur yang akan mereka buat. Mereka harus menentukan:
Judul (Goal)
Bahan/Alat (Materials/Ingredients)
Langkah-langkah (Steps)
Kegiatan Aktif & Kreatif: Setiap kelompok diberikan kebebasan untuk menyajikan teks prosedur mereka dalam bentuk yang beragam (diferensiasi produk):
Kelompok A (Visual Learner): Membuat poster bergambar dengan langkah-langkah yang jelas.
Kelompok B (Auditory Learner): Membuat rekaman suara atau presentasi lisan tentang langkah-langkahnya.
Kelompok C (Kinesthetic Learner): Membuat demonstrasi singkat (jika memungkinkan dan aman) atau serangkaian kartu instruksi yang bisa diurutkan.
Kelompok D (Literary Learner): Menulis teks prosedur yang lebih detail dan deskriptif.
Guru berkeliling memberikan bimbingan, memastikan penggunaan ciri kebahasaan yang benar, dan membantu dalam penyajian.
Fase 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
Setiap kelompok mempresentasikan atau menampilkan hasil karya mereka.
Diskusi Kritis & Kolaboratif: Kelompok lain memberikan umpan balik (feedback) tentang kejelasan, kelengkapan, dan ketepatan teks prosedur yang disajikan. Guru membimbing diskusi agar konstruktif.
Guru dan peserta didik bersama-sama mengevaluasi proses pembuatan teks prosedur dan hasil akhir, mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan.
Penutup (10 menit)
Refleksi: Guru mengajak peserta didik untuk merenungkan apa yang mereka pelajari dan rasakan selama proses membuat teks prosedur: "Apa tantangan yang kalian hadapi? Apa yang paling menyenangkan dari kegiatan ini?"
Tindak Lanjut: Guru memberikan tantangan kepada peserta didik untuk mempraktikkan salah satu teks prosedur yang mereka buat di rumah.
Penutup: Guru menyampaikan salam dan mengakhiri pelajaran.
Rencana Asesmen
1. Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang teks prosedur.
Bentuk: Pertanyaan lisan singkat di awal pertemuan 1, atau meminta peserta didik menuliskan "apa yang kamu tahu tentang petunjuk" di secarik kertas.
2. Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)
Observasi: Mengamati keaktifan, kolaborasi, dan partisipasi peserta didik dalam diskusi kelompok dan presentasi.
Penilaian Kinerja:
Lembar Kerja 1: Penilaian terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur.
Produk Akhir (Teks Prosedur): Penilaian terhadap kejelasan, kelengkapan, ketepatan struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur yang dibuat oleh kelompok. Rubrik penilaian akan fokus pada:
Kelengkapan Goal, Materials/Ingredients (jika ada), Steps.
Penggunaan action verbs dan connectives yang tepat.
Urutan langkah yang logis.
Kejelasan dan kemudahan dipahami.
Penilaian Diri & Antar Teman: Peserta didik mengisi lembar refleksi diri atau memberikan umpan balik kepada kelompok lain.
3. Asesmen Sumatif (Akhir Unit/Bab)
Tujuan: Mengukur pemahaman keseluruhan peserta didik tentang teks prosedur sederhana.
Bentuk:
Tes Tertulis: Meminta peserta didik untuk mengidentifikasi struktur teks prosedur yang diberikan atau melengkapi teks prosedur yang rumpang.
Produk Individu: Meminta peserta didik untuk membuat teks prosedur sederhana secara individu berdasarkan topik yang ditentukan atau pilihan mereka.
Rencana Diferensiasi
1. Diferensiasi Konten:
Menyediakan teks prosedur dengan tingkat kesulitan yang bervariasi (teks yang lebih sederhana dengan banyak gambar untuk siswa yang kesulitan, teks yang lebih kompleks untuk siswa yang cepat menangkap).
Menyediakan materi tambahan (video, infografis) bagi peserta didik yang membutuhkan penjelasan lebih visual atau auditori.
2. Diferensiasi Proses:
Pengelompokan: Mengelompokkan peserta didik secara heterogen, namun memberikan dukungan ekstra kepada kelompok yang berisi peserta didik yang membutuhkan bantuan lebih banyak.
Waktu: Memberikan waktu tambahan bagi peserta didik yang membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
Bimbingan: Memberikan bimbingan yang lebih terarah dan intensif kepada peserta didik yang kesulitan, serta memberikan tantangan tambahan bagi peserta didik yang sudah mahir.
Alat Bantu: Menyediakan kartu kata kerja atau kata penghubung sebagai alat bantu bagi peserta didik yang kesulitan dalam mengidentifikasi ciri kebahasaan.
3. Diferensiasi Produk:
Memberikan pilihan kepada peserta didik tentang bagaimana mereka ingin menyajikan teks prosedur mereka (poster, rekaman suara, demonstrasi, tulisan).
Menyesuaikan ekspektasi terhadap produk akhir berdasarkan kemampuan awal peserta didik. Misalnya, siswa yang kesulitan mungkin hanya diminta untuk membuat teks prosedur dengan 3-4 langkah, sementara siswa yang mahir diminta membuat yang lebih detail.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman dan cukup luas untuk kegiatan kelompok.
Meja dan kursi yang dapat diatur untuk diskusi kelompok.
Papan tulis dan spidol.
Proyektor dan layar.
Akses internet (opsional, jika digunakan untuk video atau pencarian referensi).
Alat tulis, kertas HVS, kertas manila/karton, spidol warna-warni, gunting, lem.
Contoh nyata benda-benda yang petunjuk penggunaannya akan dipelajari (misalnya, remote TV, kemasan mi instan).
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Teks Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.
Video tutorial dari YouTube (misalnya, "How to Make a Simple Omelette," "How to Make Paper Airplane").
Website edukasi berbahasa Inggris yang menyediakan contoh teks prosedur sederhana (misalnya, ESL websites).
Buku resep masakan sederhana.
Manual penggunaan alat elektronik rumah tangga.
Lampiran
Lembar Kerja 1: Identifikasi Teks Prosedur Sederhana
Nama Kelompok:
Nama Anggota:
......................................................
......................................................
......................................................
......................................................
Baca teks prosedur yang diberikan gurumu, lalu jawab pertanyaan berikut:
Judul Teks Prosedur: ....................................................................................
Apa tujuan dari teks prosedur ini? (Apa yang ingin diajarkan/dibuat oleh teks ini?)
....................................................................................................................................................Apa saja bahan/alat yang dibutuhkan untuk melakukan prosedur ini? (Jika ada)
....................................................................................................................................................Tuliskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam teks prosedur ini secara berurutan!
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
.................................................................................................................................... (... tambahkan baris jika lebih dari 5 langkah)
Temukan dan tuliskan 5 kata kerja tindakan (action verbs) yang digunakan dalam teks ini!
..........................................
..........................................
..........................................
..........................................
..........................................
Temukan dan tuliskan 3 kata penghubung (connectives) yang menunjukkan urutan waktu dalam teks ini!
..........................................
..........................................
..........................................
Rubrik Penilaian Produk (Teks Prosedur Kelompok)
Instrumen Refleksi Peserta Didik
Nama:
Kelas:
Tanggal:
Lingkari jawaban yang paling sesuai:
Saya merasa saya memahami apa itu teks prosedur sederhana.
Sangat setuju
Setuju
Kurang setuju
Tidak setuju
Saya bisa mengidentifikasi bagian-bagian dari teks prosedur.
Sangat setuju
Setuju
Kurang setuju
Tidak setuju
Saya merasa percaya diri menggunakan kata kerja tindakan (action verbs) dan kata penghubung (connectives) dalam teks prosedur.
Sangat setuju
Setuju
Kurang setuju
Tidak setuju
Saya menikmati bekerja sama dengan teman-teman kelompok saya.
Sangat setuju
Setuju
Kurang setuju
Tidak setuju
Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling mudah bagi saya?
....................................................................................................................................................Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling menantang bagi saya? Mengapa?
....................................................................................................................................................Satu hal baru yang saya pelajari hari ini adalah...
....................................................................................................................................................Apa yang bisa saya lakukan agar lebih baik dalam memahami atau membuat teks prosedur?
....................................................................................................................................................
Semoga modul ajar ini bermanfaat
Komentar
Posting Komentar