Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning, dengan tujuan "Berinteraksi untuk menanyakan dan memberikan informasi tentang kegiatan sekolah."

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas VII semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model Problem-Based Learning, dengan tujuan "Berinteraksi untuk menanyakan dan memberikan informasi tentang kegiatan sekolah."


Modul Ajar Bahasa Inggris

Identitas Modul

  • Nama Penyusun: Dody, S.Pd.

  • Institusi: SMP Negeri 3 Mnj

  • Tahun Pelajaran: 2024/2025

  • Jenjang Sekolah: SMP

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

  • Fase/Kelas: D/VII (Tujuh)

  • Semester: 2 (Dua)

  • Materi Pokok: Kegiatan Sekolah (School Activities)

  • Alokasi Waktu: 2 Pertemuan x 80 menit (Total 160 menit)

  • Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)

  • Pendekatan Pembelajaran: Berdiferensiasi


Kompetensi Awal

Siswa diharapkan sudah memiliki kemampuan dasar dalam:

  • Mengenali kosakata sederhana terkait lingkungan sekolah dan aktivitas sehari-hari.

  • Menyebutkan angka dan waktu dasar.

  • Memahami instruksi sederhana dalam bahasa Inggris.

  • Membuat kalimat tanya dan kalimat pernyataan dasar.


Profil Pelajar Pancasila

  • Bergotong Royong: Siswa berkolaborasi dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dan berbagi informasi.

  • Mandiri: Siswa mampu mencari informasi secara mandiri dan bertanggung jawab atas proses belajarnya.

  • Bernalar Kritis: Siswa mampu menganalisis informasi, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi.

  • Kreatif: Siswa mampu menghasilkan ide-ide baru dalam mempresentasikan informasi dan mencari solusi.


Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran Problem-Based Learning dan pendekatan berdiferensiasi, siswa mampu:

  • Mengidentifikasi dan menggunakan kosakata terkait kegiatan sekolah.

  • Mengajukan pertanyaan untuk menanyakan informasi tentang kegiatan sekolah.

  • Memberikan informasi tentang kegiatan sekolah secara lisan dan tulisan sederhana.

  • Berinteraksi dengan teman untuk menanyakan dan memberikan informasi mengenai jadwal atau detail kegiatan sekolah dengan rasa percaya diri.


Indikator Keberhasilan

  • Siswa dapat menuliskan minimal 5 kosakata baru tentang kegiatan sekolah.

  • Siswa dapat membuat minimal 3 kalimat tanya tentang kegiatan sekolah dengan struktur yang benar.

  • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang kegiatan sekolah dengan informasi yang relevan.

  • Siswa dapat melakukan percakapan singkat (minimal 3-4 turns) dengan teman tentang kegiatan sekolah.


Pertanyaan Pemantik

  • "Apa saja kegiatan yang biasanya kalian lakukan di sekolah ini selain belajar di kelas?" (What activities do you usually do at school besides studying in the classroom?)

  • "Pernahkah kalian merasa kesulitan mencari informasi tentang suatu kegiatan di sekolah?" (Have you ever found it difficult to find information about a school activity?)

  • "Menurut kalian, mengapa penting untuk mengetahui informasi tentang kegiatan sekolah?" (In your opinion, why is it important to know about school activities?)


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Papan tulis/Whiteboard

  • Spidol/Alat tulis

  • Proyektor (jika ada)

  • Laptop/Komputer

  • Speaker

  • Kartu kosakata (flashcards) gambar kegiatan sekolah

  • Lembar kerja siswa (LKS)

  • Kertas plano/Flip chart

  • Spidol warna-warni


Ringkasan Materi Ajar

Materi akan berfokus pada kosakata dan frasa yang relevan untuk menanyakan dan memberikan informasi mengenai kegiatan sekolah (school activities), jadwal (schedule), dan lokasi (location) kegiatan.

Contoh Kosakata:

  • School activities: flag ceremony, sports day, extracurricular activities (e.g., scout, English club, traditional dance), school celebration, library visit, school fair, clean-up day, art performance.

  • Time expressions: in the morning, in the afternoon, in the evening, at 7 a.m., from 8 to 10 a.m., every Monday, once a week.

  • Location: school hall, classroom, library, sports field, canteen, laboratory.

Contoh Frasa untuk Menanyakan Informasi:

  • What is...? (e.g., What is the activity on Tuesday?)

  • When is...? (e.g., When is the English club meeting?)

  • Where is...? (e.g., Where is the flag ceremony held?)

  • Who is in charge of...?

  • Could you tell me about...?

Contoh Frasa untuk Memberikan Informasi:

  • It is... (e.g., It is the sports day.)

  • It is held on/at... (e.g., It is held on Friday, at 9 a.m.)

  • It is in/at... (e.g., It is in the school hall.)

  • The person in charge is...


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  • Contoh dialog tentang kegiatan sekolah.

  • Gambar-gambar kegiatan sekolah.

  • Tabel kosakata baru.

  • Contoh jadwal kegiatan sekolah (fiktif).

  • Audio/video pendek tentang pengumuman kegiatan sekolah (jika memungkinkan).


Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (80 menit)

Topik: Mengenali dan Menanyakan Kegiatan Sekolah

Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.

  2. Pertanyaan Pemantik: Guru mengajukan pertanyaan pemantik ("Apa saja kegiatan yang biasanya kalian lakukan di sekolah ini selain belajar di kelas?" dan "Pernahkah kalian merasa kesulitan mencari informasi tentang suatu kegiatan di sekolah?"). Siswa diajak untuk berbagi pengalaman.

  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: siswa akan belajar menanyakan informasi tentang kegiatan sekolah.

Kegiatan Inti (60 menit)

Fase 1: Orientasi Siswa pada Masalah (Problem Presentation)

  1. Diferensiasi Konten:

  • Guru menayangkan gambar-gambar berbagai kegiatan sekolah. Siswa diminta untuk mengidentifikasi kegiatan tersebut dan menyebutkannya dalam bahasa Inggris (jika tahu).

  • Siswa dengan kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik bisa diminta menyebutkan lebih banyak detail atau kalimat lengkap.

  • Guru menampilkan sebuah "pengumuman sekolah" (bisa berupa teks pendek atau audio singkat) yang memuat informasi tentang beberapa kegiatan sekolah, namun ada beberapa informasi yang tidak lengkap (misal: waktu atau lokasi tidak disebutkan).

  1. Guru mengajukan pertanyaan: "Apa yang ingin kalian ketahui lebih lanjut dari pengumuman ini?" atau "Informasi apa yang hilang dari pengumuman ini?"

  • Masalah: Siswa merasa kesulitan mendapatkan informasi lengkap tentang kegiatan sekolah dari pengumuman tersebut.

Fase 2: Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar (Organization for Study)

  1. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil (4-5 orang). Guru memastikan kelompok heterogen (memiliki beragam kemampuan) untuk mendorong kolaborasi.

  2. Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan: "Informasi apa yang dibutuhkan agar pengumuman ini lengkap?" dan "Bagaimana cara kalian menanyakan informasi tersebut dalam bahasa Inggris?"

  3. Diferensiasi Proses:

  • Kelompok dengan dukungan: Guru memberikan lembar kerja yang berisi scaffolding berupa daftar pertanyaan dasar (misalnya, What is...?, When is...?) atau contoh kalimat tanya.

  • Kelompok mandiri: Guru hanya memberikan masalah dan meminta mereka menyusun pertanyaan sendiri.

  • Guru berkeliling, membimbing, dan memfasilitasi diskusi.

Fase 3: Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Individual and Group Investigation)

  1. Setiap kelompok diberikan lembar kerja yang berisi skenario: mereka adalah siswa baru yang ingin tahu lebih banyak tentang kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

  2. Mereka harus menyusun daftar pertanyaan yang akan mereka ajukan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang minimal 3 kegiatan ekstrakurikuler (misal: jadwal, tempat, siapa pembimbingnya).

  3. Siswa mencari kosakata dan frasa yang dibutuhkan (dari ringkasan materi, kamus, atau bantuan guru).

  4. Aktivitas Kreatif & Kolaboratif: Setiap kelompok membuat "peta pikiran" (mind map) atau poster sederhana yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan mereka ajukan.

Penutup (10 menit)

  1. Setiap kelompok secara singkat mempresentasikan daftar pertanyaan yang sudah mereka susun.

  2. Guru memberikan umpan balik dan mengoreksi jika ada kesalahan tata bahasa atau kosakata.

  3. Guru memberikan penekanan pada pentingnya kemampuan bertanya untuk mendapatkan informasi.

  4. Guru memberikan tugas rumah: mencari tahu 2 kegiatan sekolah yang mereka minati dan menuliskan 3 pertanyaan tentang kegiatan tersebut untuk persiapan pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2 (80 menit)

Topik: Memberikan dan Berinteraksi Informasi Kegiatan Sekolah

Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa.

  2. Review singkat materi sebelumnya: Guru meminta beberapa siswa untuk menyebutkan pertanyaan tentang kegiatan sekolah yang sudah mereka pelajari.

  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: siswa akan belajar memberikan informasi tentang kegiatan sekolah dan berinteraksi dalam percakapan.

Kegiatan Inti (60 menit)

Fase 4: Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (Developing and Presenting Artifacts)

  1. Aktivitas Aktif & Kolaboratif: Guru menampilkan "Jadwal Kegiatan Sekolah SMP Negeri 3 Mnj" (fiktif, bisa berupa poster besar atau tayangan di proyektor) yang berisi informasi lengkap tentang beberapa kegiatan.

  2. Problem: Siswa diminta untuk berpura-pura menjadi "guru piket informasi" dan siswa lain sebagai "siswa yang bertanya". Mereka harus dapat memberikan informasi dari jadwal tersebut.

  3. Diferensiasi Produk:

  • Opsi 1 (Visual/Kinestetik): Siswa membuat role-play singkat (dialog) di depan kelas di mana satu siswa bertanya dan siswa lain menjawab menggunakan informasi dari jadwal. Mereka bisa menggunakan properti sederhana atau gerakan untuk membuat peran lebih hidup.

  • Opsi 2 (Auditori/Verbal): Siswa membuat podcast atau rekaman audio pendek berisi percakapan tanya jawab tentang kegiatan sekolah.

  • Opsi 3 (Tulis): Siswa dengan dukungan atau yang lebih suka menulis, membuat skrip dialog atau mengisi formulir "Permintaan Informasi Kegiatan Sekolah" yang berisi pertanyaan dan jawaban.

  1. Siswa bekerja dalam kelompok yang sama dari pertemuan sebelumnya. Mereka berlatih dialog atau menyiapkan produk sesuai pilihan mereka. Guru berkeliling memberikan bimbingan dan feedback.

Fase 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah (Analyzing and Evaluating Problem-Solving)

  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil karyanya (melakukan role-play, memutar rekaman, atau mempresentasikan skrip/formulir).

  2. Siswa lain memberikan umpan balik konstruktif (misalnya, "Cara bertanya teman saya sudah jelas," "Informasi yang diberikan mudah dipahami").

  3. Guru memfasilitasi diskusi tentang keberhasilan mereka dalam mendapatkan dan memberikan informasi, serta kesulitan yang dihadapi.

  4. Guru menekankan pentingnya kejelasan dan akurasi dalam menyampaikan informasi.

Penutup (10 menit)

  1. Refleksi: Guru mengajak siswa merefleksikan pembelajaran hari ini dengan pertanyaan:

  • "Apa yang paling mudah/sulit kalian lakukan hari ini?"

  • "Bagaimana kalian akan menggunakan kemampuan ini di kehidupan sehari-hari?"

  1. Guru memberikan penguatan materi dan apresiasi atas partisipasi aktif siswa.

  2. Informasi untuk materi selanjutnya.


Rencana Asesmen

1. Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

  • Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal siswa tentang kosakata kegiatan sekolah dan kemampuan bertanya/menjawab dasar.

  • Bentuk: Observasi saat pertanyaan pemantik, kuis singkat identifikasi gambar kegiatan sekolah, atau pre-test lisan (menyebutkan nama kegiatan dalam bahasa Inggris).

2. Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)

  • Tujuan: Memantau kemajuan belajar siswa, memberikan umpan balik, dan menyesuaikan pembelajaran.

  • Bentuk:

  • Observasi: Pengamatan guru saat siswa berdiskusi kelompok, menyusun pertanyaan, dan berinteraksi. Catat partisipasi aktif, kolaborasi, dan kemandirian.

  • Penilaian Produk Kelompok: Penilaian peta pikiran/poster pertanyaan (Pertemuan 1) dan role-play/rekaman audio/skrip dialog (Pertemuan 2) berdasarkan rubrik yang disiapkan (fokus pada kejelasan pertanyaan, relevansi jawaban, dan penggunaan kosakata).

  • Diskusi/Tanya Jawab: Keterlibatan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan teman.

3. Asesmen Sumatif (Akhir Bab/Unit)

  • Tujuan: Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan.

  • Bentuk:

  • Tes Praktik Berbicara (Perorangan/Berpasangan): Siswa diminta melakukan percakapan pendek dengan guru atau teman tentang kegiatan sekolah yang ditanyakan atau diberikan informasinya.

  • Tes Tertulis:

  • Melengkapi dialog tentang kegiatan sekolah.

  • Menuliskan pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan.

  • Menuliskan jawaban berdasarkan pertanyaan.

Rubrik Penilaian Berbicara (Contoh)

Aspek Penilaian

Skor 4 (Sangat Baik)

Skor 3 (Baik)

Skor 2 (Cukup)

Skor 1 (Perlu Perbaikan)

Kosa Kata

Menggunakan kosa kata yang beragam dan relevan dengan tepat.

Menggunakan kosa kata yang relevan, sesekali ada kesalahan minor.

Kosa kata terbatas, sering ada kesalahan.

Kosa kata sangat terbatas, banyak kesalahan.

Tata Bahasa

Struktur kalimat tanya/jawab sangat akurat.

Struktur kalimat tanya/jawab umumnya akurat, sesekali ada kesalahan minor.

Struktur kalimat tanya/jawab sering salah.

Banyak kesalahan tata bahasa, sulit dipahami.

Kelancaran

Berbicara lancar, jeda wajar.

Berbicara cukup lancar, sesekali ada jeda/keraguan.

Berbicara kurang lancar, sering jeda/ragu.

Berbicara tersendat, sering berhenti.

Kejelasan

Suara jelas, mudah dipahami.

Suara cukup jelas, sebagian besar mudah dipahami.

Suara kurang jelas, terkadang sulit dipahami.

Suara tidak jelas, sangat sulit dipahami.

Interaksi

Berinteraksi aktif, merespon dengan tepat.

Berinteraksi cukup aktif, merespon dengan tepat.

Kurang interaktif, respon kurang tepat.

Tidak berinteraksi atau tidak merespon.


Rencana Diferensiasi

1. Diferensiasi Konten:

  • Materi Pendukung Bervariasi: Menyediakan materi pendukung dalam berbagai format: gambar, teks, audio, dan video. Siswa dapat memilih format yang paling sesuai dengan gaya belajar mereka.

  • Kosakata Bertingkat: Menyediakan daftar kosakata dasar untuk semua siswa, dan daftar kosakata tambahan/ekstensi untuk siswa yang lebih cepat dalam menguasai materi.

  • Teks Berjenjang: Menyediakan contoh dialog atau pengumuman dengan tingkat kesulitan yang bervariasi (kalimat lebih sederhana untuk siswa yang membutuhkan dukungan, kalimat lebih kompleks untuk siswa yang cakap).

2. Diferensiasi Proses:

  • Pengelompokan Fleksibel: Mengelompokkan siswa secara heterogen (berdasarkan kemampuan) untuk mendorong peer tutoring dan kolaborasi. Sesekali bisa juga homogen untuk memberikan dukungan spesifik atau tantangan tambahan.

  • Scaffolding Bervariasi:

  • Untuk siswa yang membutuhkan dukungan: Memberikan panduan langkah demi langkah, lembar kerja dengan petunjuk yang lebih detail, contoh kalimat rumpang untuk diisi, atau cue cards (kartu petunjuk) dengan frasa kunci.

  • Untuk siswa yang siap tantangan: Memberikan tugas yang lebih kompleks, seperti membuat dialog yang lebih panjang, melakukan debat sederhana tentang kegiatan sekolah, atau menyusun pengumuman sekolah yang lebih rinci.

  • Waktu Pengerjaan Fleksibel: Memberikan kelonggaran waktu bagi siswa yang membutuhkan waktu lebih lama, atau tugas pengayaan bagi siswa yang selesai lebih cepat.

  • Bantuan Individu: Memberikan perhatian dan bimbingan lebih intensif kepada siswa yang kesulitan, atau memberikan tantangan tambahan kepada siswa yang sudah menguasai.

3. Diferensiasi Produk:

  • Pilihan Output: Memberikan siswa pilihan dalam cara mereka mendemonstrasikan pemahaman dan keterampilan mereka (misalnya, membuat role-play, rekaman audio, menulis skrip dialog, atau membuat poster).

  • Rubrik Berjenjang: Menggunakan rubrik penilaian yang memungkinkan adanya rentang kualitas produk, sehingga setiap siswa merasa dihargai atas usahanya dan dapat melihat area peningkatannya.


Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman.

  • Meja dan kursi yang dapat diatur untuk diskusi kelompok.

  • Papan tulis/whiteboard dan spidol.

  • Proyektor dan layar (jika tersedia).

  • Laptop/komputer.

  • Speaker.

  • Akses internet (jika diperlukan untuk mencari informasi tambahan).

  • Alat tulis dan kertas.


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Teks Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.

  • Modul Bahasa Inggris yang relevan.

  • Kamus Bahasa Inggris (cetak atau daring).

  • Situs web atau platform pembelajaran daring (misalnya, British Council LearnEnglish Kids, Duolingo, YouTube) untuk video atau audio singkat tentang kegiatan sekolah atau percakapan sehari-hari.

  • Contoh pengumuman sekolah atau jadwal kegiatan dari internet.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

(Contoh Lembar Kerja Siswa - Pertemuan 1)

Nama Kelompok:

Anggota:

Skenario: Kalian adalah siswa baru di SMP Negeri 3 Mnj. Kalian ingin tahu lebih banyak tentang beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah ini agar kalian bisa memutuskan untuk bergabung.

Tugas:

  1. Pilih minimal 3 kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah (misal: English Club, Football, Traditional Dance).

  2. Susunlah pertanyaan-pertanyaan yang akan kalian ajukan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang kegiatan tersebut. Pikirkan tentang:

  • Nama kegiatan: Apa namanya?

  • Waktu: Kapan dilaksanakan? Hari apa? Jam berapa?

  • Lokasi: Di mana tempatnya?

  • Pembimbing/Pelatih: Siapa yang membimbingnya?

  • Persyaratan: Apakah ada syarat tertentu untuk bergabung?

Contoh Pertanyaan (Bantuan):

  • What is the activity on...?

  • When is the... club?

  • Where is the... practice?

Daftar Pertanyaan Kelompok Kami:

  1. Kegiatan 1: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 1: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 2: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 3: .....................................................................................................

  1. Kegiatan 2: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 1: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 2: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 3: .....................................................................................................

  1. Kegiatan 3: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 1: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 2: .....................................................................................................

  • Pertanyaan 3: .....................................................................................................


(Contoh Lembar Kerja Siswa - Pertemuan 2: Role-Play / Dialog)

Nama Kelompok:

Anggota:

Skenario: Kalian adalah siswa di SMP Negeri 3 Mnj. Satu orang berperan sebagai "Siswa yang Bertanya" dan satu orang berperan sebagai "Petugas Informasi Sekolah" yang memegang jadwal kegiatan.

Tugas:

Buatlah dialog singkat (minimal 5-7 turns) tentang dua atau tiga kegiatan sekolah yang ada di jadwal. Pastikan "Siswa yang Bertanya" mengajukan pertanyaan yang jelas, dan "Petugas Informasi Sekolah" memberikan jawaban yang akurat berdasarkan jadwal.

Jadwal Kegiatan Sekolah SMP Negeri 3 Mnj

Hari

Waktu

Kegiatan

Lokasi

Pembimbing/Keterangan

Senin

14.00 - 15.30

English Club

Ruang Perpustakaan

Mr. Budi

Selasa

07.00 - 08.00

Upacara Bendera (mingguan)

Lapangan Utama

Semua Guru

Rabu

15.00 - 16.30

Latihan Futsal

Lapangan Olahraga

Coach Doni

Kamis

14.30 - 16.00

Klub Sains

Laboratorium IPA

Ms. Ani

Jumat

07.30 - 09.00

Kerja Bakti Sekolah

Area Sekolah

Ketua Kelas

Contoh Dialog:

Siswa A: Excuse me, I want to ask about the English Club.

Siswa B: Sure, what do you want to know?

Siswa A: When is the English Club?

Siswa B: It's on Monday, from 2 p.m. to 3.30 p.m.

Siswa A: And where is it?

Siswa B: It's in the library.

Siswa A: Who is the teacher?

Siswa B: Mr. Budi is the teacher.

Siswa A: Thank you for the information.

Siswa B: You're welcome.


Instrumen Refleksi

(Untuk Siswa)

Nama:

Kelas:

Setelah mempelajari tentang menanyakan dan memberikan informasi kegiatan sekolah, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apa yang paling kamu pahami dari pembelajaran hari ini? (Misalnya: kosakata baru, cara bertanya, cara menjawab) .....................................................................................................

  2. Bagian mana yang menurutmu paling sulit? Mengapa? .....................................................................................................

  3. Bagaimana perasaanmu saat melakukan diskusi kelompok dan berinteraksi dengan teman? .....................................................................................................

  4. Apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menanyakan dan memberikan informasi dalam bahasa Inggris? .....................................................................................................

  5. Apakah kamu merasa pembelajaran ini membantumu menjadi lebih aktif, kreatif, dan kolaboratif? Jelaskan! .....................................................................................................

(Untuk Guru)

Nama Guru: Dody, S.Pd.

Setelah melaksanakan pembelajaran ini, silakan renungkan hal-hal berikut:

  1. Apakah tujuan pembelajaran tercapai? Mengapa (tidak)? .....................................................................................................

  2. Bagian mana dari rencana pembelajaran yang berjalan dengan baik? .....................................................................................................

  3. Bagian mana yang perlu ditingkatkan di masa mendatang? .....................................................................................................

  4. Apakah strategi diferensiasi sudah efektif mengakomodasi kebutuhan belajar siswa? Jelaskan! .....................................................................................................

  5. Bagaimana partisipasi siswa secara keseluruhan? Apakah mereka menunjukkan sifat aktif, kreatif, dan kolaboratif? .....................................................................................................

  6. Apa tantangan yang saya hadapi dan bagaimana cara mengatasinya? .....................................................................................................


Semoga modul ajar ini bermanfaat,


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process