modul ajar untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII semester 2 Mengidentifikasi struktur teks (generic structure) dan unsur kebahasaan (language features) teks prosedur sederhana.
modul ajar untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII semester 2 dengan topik Prosedur Teks Sederhana, menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), yang dirancang untuk dua kali pertemuan dengan durasi masing-masing 80 menit.
Modul Ajar Bahasa Inggris
Identitas Modul
Nama Penyusun: Dody, S.Pd.
Institusi: SMP Negeri 3 Mnj
Tahun Pelajaran: 2024/2025 (Asumsi)
Jenjang Sekolah: SMP
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase/Kelas: D/VII (Tujuh)
Semester: 2 (Dua)
Materi Pokok: Prosedur Teks (Simple Procedure Text)
Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit)
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan sudah memiliki kemampuan dasar dalam:
Memahami kosakata dasar bahasa Inggris.
Menyusun kalimat sederhana dalam bahasa Inggris.
Mengidentifikasi informasi umum dari teks lisan atau tertulis sederhana.
Profil Pelajar Pancasila
Sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang dirancang, profil pelajar Pancasila yang akan dikembangkan adalah:
Bergotong royong: Melalui diskusi kelompok dan kolaborasi dalam menyusun teks prosedur.
Mandiri: Dalam mencari informasi dan menyelesaikan tugas secara individu maupun kelompok.
Bernalar kritis: Saat menganalisis contoh teks prosedur dan menemukan solusi untuk membuat teks prosedur yang efektif.
Kreatif: Dalam menyusun teks prosedur dengan ide-ide orisinal dan presentasi yang menarik.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
Mengidentifikasi struktur teks (generic structure) dan unsur kebahasaan (language features) teks prosedur sederhana.
Menganalisis informasi dari teks prosedur sederhana tentang cara membuat sesuatu atau melakukan suatu aktivitas.
Menyusun teks prosedur sederhana secara tertulis dengan tepat untuk membuat sesuatu atau melakukan suatu aktivitas, dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.
Mempresentasikan teks prosedur sederhana yang telah dibuat secara kolaboratif.
Indikator Keberhasilan
Peserta didik dinyatakan berhasil jika:
Dapat menyebutkan bagian-bagian teks prosedur (tujuan, bahan/alat, langkah-langkah).
Dapat mengidentifikasi penggunaan imperative verbs dan connectives dalam teks prosedur.
Dapat menuliskan setidaknya 3 langkah prosedur dengan urutan yang benar.
Mampu menyusun teks prosedur sederhana (minimal 5-7 kalimat) yang koheren dan kohesif.
Mampu mempresentasikan teks prosedur yang dibuat dengan jelas.
Pertanyaan Pemantik
"Pernahkah kalian mengikuti instruksi untuk membuat sesuatu, seperti membuat mi instan atau kopi? Apa saja langkah-langkahnya?"
"Menurut kalian, mengapa urutan langkah-langkah dalam instruksi itu penting?"
"Bagaimana cara menyampaikan instruksi agar orang lain mudah mengikutinya?"
Daftar Perlengkapan Ajar
Papan tulis/Whiteboard
Spidol/Markers
Proyektor (jika ada)
Laptop
Speaker (jika ada)
Kertas HVS/Folio
Alat tulis
Kartu kata/gambar (untuk diferensiasi konten)
Contoh-contoh produk jadi yang akan dijelaskan prosedurnya (contoh: mi instan kemasan, bungkus kopi, resep minuman sederhana)
Ringkasan Materi Ajar
Prosedur Teks (Procedure Text) adalah teks yang berisi instruksi atau langkah-langkah untuk membuat sesuatu atau melakukan suatu aktivitas.
Generic Structure (Struktur Umum):
Goal/Aim (Tujuan): Menjelaskan tujuan dari prosedur tersebut (contoh: "How to Make a Cup of Coffee").
Materials/Ingredients (Bahan/Alat): Daftar bahan atau alat yang dibutuhkan (contoh: coffee, sugar, hot water, spoon, cup).
Steps/Methods (Langkah-langkah): Urutan instruksi yang harus diikuti secara kronologis untuk mencapai tujuan (contoh: "First, prepare a cup...", "Then, pour hot water...", "Finally, stir well...").
Language Features (Ciri Kebahasaan):
Menggunakan Imperative Verbs (Kata Kerja Perintah): add, stir, cut, pour, mix, wash, turn on.
Menggunakan Connectives (Kata Penghubung Urutan): first, then, next, after that, finally, meanwhile, while.
Menggunakan Action Verbs (Kata Kerja Aksi): make, take, put, etc.
Menggunakan Simple Present Tense.
Fokus pada general participants (contoh: "You" implied).
Contoh Sederhana:
How to Make a Cup of Coffee
Ingredients:
1 spoon of coffee powder
2 spoons of sugar
Hot water
A cup
A spoon Steps:
<!-- end list -->
First, prepare a cup, coffee powder, sugar, and hot water.
Then, put one spoon of coffee powder into the cup.
After that, add two spoons of sugar.
Next, pour hot water into the cup.
Finally, stir it well until the sugar dissolves. Your coffee is ready to drink.
Daftar Lampiran Materi Pendukung
Contoh-contoh Teks Prosedur Sederhana: (Dicetak atau ditampilkan via proyektor)
Cara membuat teh manis
Cara menggunakan remote TV
Cara membuat sandwich
Cara mencuci tangan
Daftar Kosakata terkait Prosedur Teks: (Misalnya: ingredients, steps, slice, boil, mix, stir, peel, pour, turn on/off)
Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk setiap pertemuan.
Rubrik Penilaian Teks Prosedur dan Presentasi.
Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (80 menit): Mengidentifikasi dan Menganalisis Teks Prosedur
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan teks prosedur sederhana serta menganalisis informasi dari teks prosedur.
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning
Pendekatan: Berdiferensiasi (Konten dan Proses)
Pertemuan 2 (80 menit): Menyusun dan Mempresentasikan Teks Prosedur
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyusun teks prosedur sederhana secara tertulis dengan tepat dan mempresentasikannya secara kolaboratif.
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning
Pendekatan: Berdiferensiasi (Produk dan Lingkungan Belajar)
Rencana Asesmen
Rencana Diferensiasi
1. Diferensiasi Konten:
Materi Tambahan: Untuk peserta didik yang cepat menguasai materi, sediakan teks prosedur dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi (misalnya, teks prosedur untuk aktivitas yang lebih kompleks) atau minta mereka mengidentifikasi perbedaan antara procedure text dan manual.
Bahan Ajar Beragam: Sajikan materi dalam berbagai format: teks tertulis, gambar berseri, video pendek, atau audio.
2. Diferensiasi Proses:
Pendampingan Guru: Guru memberikan bimbingan intensif kepada peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami konsep atau menyusun kalimat.
Kelompok Belajar: Bentuk kelompok heterogen agar peserta didik yang lebih mahir dapat membantu teman-temannya.
Alat Bantu: Sediakan kamus bergambar, daftar action verbs, atau flashcards untuk membantu peserta didik dalam menyusun kalimat.
Waktu Fleksibel: Berikan sedikit kelonggaran waktu bagi kelompok yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas, atau tantangan tambahan bagi yang lebih cepat.
3. Diferensiasi Produk:
Pilihan Format: Peserta didik memiliki pilihan untuk menyajikan teks prosedur mereka dalam berbagai format (misalnya, poster, buku resep mini, video singkat, presentasi lisan dengan alat peraga, infografis digital sederhana).
Tingkat Kerumitan Produk: Biarkan peserta didik memilih topik teks prosedur sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Misalnya, peserta didik yang masih kurang bisa memulai dengan "How to Make a Cup of Tea", sementara yang sudah mahir bisa mencoba "How to Make a Simple Healthy Smoothie".
4. Diferensiasi Lingkungan Belajar:
Pengaturan Duduk: Atur tempat duduk agar kondusif untuk diskusi kelompok dan kerja sama.
Sudut Baca/Referensi: Sediakan buku-buku resep, majalah, atau akses internet terbatas sebagai sumber inspirasi dan referensi tambahan.
Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang nyaman dan memungkinkan pengaturan tempat duduk berkelompok.
Papan tulis/whiteboard, spidol, penghapus.
Proyektor dan layar (opsional, jika tersedia).
Laptop dan speaker (opsional, untuk memutar video contoh).
Kertas HVS/Folio, alat tulis.
Materi cetak (contoh teks prosedur, LKS, rubrik).
Kartu kata/gambar untuk kosakata (opsional).
Referensi Materi/Media Pembelajaran
Buku Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.
Video tutorial sederhana dari YouTube (contoh: "How to Make Pancake for Kids").
Website-website yang menyediakan contoh teks prosedur sederhana (misalnya, situs resep makanan anak-anak).
Contoh kemasan produk dengan instruksi penggunaan (misalnya, kemasan mi instan).
Kamus Bahasa Inggris.
Lembar Kerja/Latihan/Asesmen
Lembar Kerja Siswa 1 (Pertemuan 1)
Nama Kelompok:
Anggota:
Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawahnya!
Teks Prosedur A:
How to Make a Cup of Hot Chocolate
Ingredients:
2 spoons of chocolate powder
1 spoon of sugar
Hot water
A cup
A spoon Steps:
<!-- end list -->
First, prepare a cup and a spoon.
Then, put two spoons of chocolate powder and one spoon of sugar into the cup.
Next, pour hot water into the cup.
After that, stir it well until everything dissolves.
Finally, your hot chocolate is ready to drink.
Pertanyaan:
Apa tujuan dari teks prosedur di atas?
Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan?
Tuliskan langkah-langkahnya secara berurutan!
Cari 3 kata kerja perintah (imperative verbs) yang ada di teks!
Cari 3 kata penghubung urutan (connectives) yang ada di teks!
Lembar Kerja Siswa 2 (Pertemuan 2)
Nama Kelompok:
Anggota:
Pilih salah satu topik di bawah ini (atau usulkan topik lain yang disetujui guru), lalu susunlah teks prosedur sederhana!
How to make a glass of iced tea.
How to make a simple paper airplane.
How to clean your shoes.
How to use a fan.
Rencana Teks Prosedur Kelompok Kami:
Judul/Tujuan:
Bahan/Alat:
Langkah-langkah: (Tuliskan langkah-langkah secara berurutan dengan menggunakan imperative verbs dan connectives.)
1.
2.
3.
4.
(dan seterusnya jika ada)
Setelah selesai, salin teks prosedermu ke kertas lain atau media yang kamu pilih (poster/buku mini) untuk dipresentasikan!
Rubrik Penilaian Teks Prosedur (Produk)
Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok
Instrumen Refleksi
Refleksi Diri Peserta Didik (dapat diisi setelah setiap pertemuan atau setelah keseluruhan materi):
Apa yang paling kalian pelajari hari ini tentang teks prosedur?
Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling kalian sukai? Mengapa?
Apakah ada bagian yang masih kalian anggap sulit? Apa itu?
Bagaimana perasaan kalian saat bekerja dalam kelompok?
Apa yang akan kalian lakukan berbeda di lain waktu saat membuat teks prosedur?
Menurut kalian, apa manfaat mempelajari teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari?
Refleksi Guru:
Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan baik?
Apakah peserta didik aktif dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran?
Bagian mana dari modul ajar ini yang perlu diperbaiki atau disesuaikan?
Strategi diferensiasi mana yang paling efektif? Mengapa?
Kendala apa saja yang saya temui selama proses pembelajaran dan bagaimana saya mengatasinya?
Semoga modul ajar ini dapat membantu
Komentar
Posting Komentar