modul ajar untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII semester 2 Mengidentifikasi struktur teks (generic structure) dan unsur kebahasaan (language features) teks prosedur sederhana.

 

modul ajar untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII semester 2 dengan topik Prosedur Teks Sederhana, menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), yang dirancang untuk dua kali pertemuan dengan durasi masing-masing 80 menit.


Modul Ajar Bahasa Inggris

Identitas Modul

  • Nama Penyusun: Dody, S.Pd.

  • Institusi: SMP Negeri 3 Mnj

  • Tahun Pelajaran: 2024/2025 (Asumsi)

  • Jenjang Sekolah: SMP

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

  • Fase/Kelas: D/VII (Tujuh)

  • Semester: 2 (Dua)

  • Materi Pokok: Prosedur Teks (Simple Procedure Text)

  • Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit)


Kompetensi Awal

Peserta didik diharapkan sudah memiliki kemampuan dasar dalam:

  • Memahami kosakata dasar bahasa Inggris.

  • Menyusun kalimat sederhana dalam bahasa Inggris.

  • Mengidentifikasi informasi umum dari teks lisan atau tertulis sederhana.


Profil Pelajar Pancasila

Sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang dirancang, profil pelajar Pancasila yang akan dikembangkan adalah:

  1. Bergotong royong: Melalui diskusi kelompok dan kolaborasi dalam menyusun teks prosedur.

  2. Mandiri: Dalam mencari informasi dan menyelesaikan tugas secara individu maupun kelompok.

  3. Bernalar kritis: Saat menganalisis contoh teks prosedur dan menemukan solusi untuk membuat teks prosedur yang efektif.

  4. Kreatif: Dalam menyusun teks prosedur dengan ide-ide orisinal dan presentasi yang menarik.


Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  • Mengidentifikasi struktur teks (generic structure) dan unsur kebahasaan (language features) teks prosedur sederhana.

  • Menganalisis informasi dari teks prosedur sederhana tentang cara membuat sesuatu atau melakukan suatu aktivitas.

  • Menyusun teks prosedur sederhana secara tertulis dengan tepat untuk membuat sesuatu atau melakukan suatu aktivitas, dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.

  • Mempresentasikan teks prosedur sederhana yang telah dibuat secara kolaboratif.


Indikator Keberhasilan

Peserta didik dinyatakan berhasil jika:

  • Dapat menyebutkan bagian-bagian teks prosedur (tujuan, bahan/alat, langkah-langkah).

  • Dapat mengidentifikasi penggunaan imperative verbs dan connectives dalam teks prosedur.

  • Dapat menuliskan setidaknya 3 langkah prosedur dengan urutan yang benar.

  • Mampu menyusun teks prosedur sederhana (minimal 5-7 kalimat) yang koheren dan kohesif.

  • Mampu mempresentasikan teks prosedur yang dibuat dengan jelas.


Pertanyaan Pemantik

  • "Pernahkah kalian mengikuti instruksi untuk membuat sesuatu, seperti membuat mi instan atau kopi? Apa saja langkah-langkahnya?"

  • "Menurut kalian, mengapa urutan langkah-langkah dalam instruksi itu penting?"

  • "Bagaimana cara menyampaikan instruksi agar orang lain mudah mengikutinya?"


Daftar Perlengkapan Ajar

  • Papan tulis/Whiteboard

  • Spidol/Markers

  • Proyektor (jika ada)

  • Laptop

  • Speaker (jika ada)

  • Kertas HVS/Folio

  • Alat tulis

  • Kartu kata/gambar (untuk diferensiasi konten)

  • Contoh-contoh produk jadi yang akan dijelaskan prosedurnya (contoh: mi instan kemasan, bungkus kopi, resep minuman sederhana)


Ringkasan Materi Ajar

Prosedur Teks (Procedure Text) adalah teks yang berisi instruksi atau langkah-langkah untuk membuat sesuatu atau melakukan suatu aktivitas.

Generic Structure (Struktur Umum):

  1. Goal/Aim (Tujuan): Menjelaskan tujuan dari prosedur tersebut (contoh: "How to Make a Cup of Coffee").

  2. Materials/Ingredients (Bahan/Alat): Daftar bahan atau alat yang dibutuhkan (contoh: coffee, sugar, hot water, spoon, cup).

  3. Steps/Methods (Langkah-langkah): Urutan instruksi yang harus diikuti secara kronologis untuk mencapai tujuan (contoh: "First, prepare a cup...", "Then, pour hot water...", "Finally, stir well...").

Language Features (Ciri Kebahasaan):

  • Menggunakan Imperative Verbs (Kata Kerja Perintah): add, stir, cut, pour, mix, wash, turn on.

  • Menggunakan Connectives (Kata Penghubung Urutan): first, then, next, after that, finally, meanwhile, while.

  • Menggunakan Action Verbs (Kata Kerja Aksi): make, take, put, etc.

  • Menggunakan Simple Present Tense.

  • Fokus pada general participants (contoh: "You" implied).

Contoh Sederhana:

How to Make a Cup of Coffee

Ingredients:

  • 1 spoon of coffee powder

  • 2 spoons of sugar

  • Hot water

  • A cup

  • A spoon Steps:

<!-- end list -->

  1. First, prepare a cup, coffee powder, sugar, and hot water.

  2. Then, put one spoon of coffee powder into the cup.

  3. After that, add two spoons of sugar.

  4. Next, pour hot water into the cup.

  5. Finally, stir it well until the sugar dissolves. Your coffee is ready to drink.


Daftar Lampiran Materi Pendukung

  1. Contoh-contoh Teks Prosedur Sederhana: (Dicetak atau ditampilkan via proyektor)

  • Cara membuat teh manis

  • Cara menggunakan remote TV

  • Cara membuat sandwich

  • Cara mencuci tangan

  1. Daftar Kosakata terkait Prosedur Teks: (Misalnya: ingredients, steps, slice, boil, mix, stir, peel, pour, turn on/off)

  2. Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk setiap pertemuan.

  3. Rubrik Penilaian Teks Prosedur dan Presentasi.


Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (80 menit): Mengidentifikasi dan Menganalisis Teks Prosedur

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan teks prosedur sederhana serta menganalisis informasi dari teks prosedur.

Model Pembelajaran: Problem-Based Learning

Pendekatan: Berdiferensiasi (Konten dan Proses)

Tahap Pembelajaran (PBL)

Kegiatan Guru

Kegiatan Peserta Didik

Waktu

Pendahuluan (10 menit)

- Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. <br> - Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran. <br> - Guru melakukan apersepsi dengan pertanyaan pemantik tentang pengalaman membuat/mengikuti instruksi. <br> - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan yang akan dicapai. <br> - Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

- Peserta didik menjawab salam dan berdoa. <br> - Peserta didik merespons pertanyaan guru. <br> - Peserta didik mendengarkan penjelasan guru.

10 menit

Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)

- Guru menyajikan masalah/skenario: "Bayangkan teman kalian ingin membuat minuman kesukaan kalian, tapi dia tidak tahu caranya. Bagaimana cara kalian menjelaskan langkah-langkahnya agar teman kalian berhasil membuat minuman itu?" <br> - Guru menampilkan beberapa contoh teks prosedur (misalnya, "How to Make a Cup of Tea" atau "How to Make Instant Noodles") dalam bentuk visual (kartu/gambar/video singkat).

- Peserta didik menyimak skenario yang diberikan guru. <br> - Peserta didik mengamati contoh teks prosedur yang ditampilkan. <br> - Peserta didik mulai berpikir tentang bagaimana menjelaskan instruksi.

15 menit

Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (20 menit)

- Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil (4-5 orang). <br> - Guru memberikan LKS 1 yang berisi beberapa teks prosedur sederhana (dengan tingkat kesulitan yang bervariasi untuk diferensiasi konten) dan meminta setiap kelompok untuk: <br> 1. Mengidentifikasi tujuan teks. <br> 2. Mendaftar bahan/alat yang dibutuhkan. <br> 3. Mengurutkan langkah-langkah yang ada. <br> 4. Mencari kata kerja perintah (imperative verbs) dan kata penghubung urutan (connectives). <br> - Diferensiasi Proses: Guru berkeliling membimbing kelompok, memberikan dukungan lebih kepada kelompok yang kesulitan, atau memberikan tantangan lebih kepada kelompok yang cepat menyelesaikan. <br> - Untuk peserta didik yang membutuhkan dukungan lebih: sediakan daftar kosakata kunci atau kalimat rumpang. <br> - Untuk peserta didik yang sudah mahir: minta mereka mengidentifikasi lebih banyak contoh atau mengkategorikan jenis teks prosedur berdasarkan tujuannya.

- Peserta didik bergabung dengan kelompok masing-masing. <br> - Peserta didik secara kolaboratif membaca dan menganalisis teks prosedur dalam LKS 1. <br> - Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan.

20 menit

Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (20 menit)

- Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil analisis mereka di depan kelas. <br> - Guru memberikan umpan balik dan penguatan terhadap pemahaman struktur teks dan unsur kebahasaan. <br> - Guru meluruskan jika ada miskonsepsi.

- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. <br> - Peserta didik lain mendengarkan dan bertanya jika ada yang kurang jelas. <br> - Peserta didik mencatat poin-poin penting dari presentasi kelompok lain dan penguatan dari guru.

20 menit

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)

- Guru mengajak peserta didik merangkum temuan mereka tentang struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur. <br> - Guru memberikan penekanan pada pentingnya urutan langkah-langkah yang jelas.

- Peserta didik bersama-sama guru menyimpulkan poin-poin penting materi.

10 menit

Penutup (5 menit)

- Guru merefleksi pembelajaran hari ini: "Apa yang sudah kita pelajari hari ini? Apa manfaatnya bagi kalian?" <br> - Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya (menyusun teks prosedur). <br> - Guru menutup pembelajaran dengan salam.

- Peserta didik menjawab pertanyaan refleksi. <br> - Peserta didik mendengarkan informasi pertemuan berikutnya. <br> - Peserta didik menjawab salam.

5 menit


Pertemuan 2 (80 menit): Menyusun dan Mempresentasikan Teks Prosedur

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyusun teks prosedur sederhana secara tertulis dengan tepat dan mempresentasikannya secara kolaboratif.

Model Pembelajaran: Problem-Based Learning

Pendekatan: Berdiferensiasi (Produk dan Lingkungan Belajar)

Tahap Pembelajaran (PBL)

Kegiatan Guru

Kegiatan Peserta Didik

Waktu

Pendahuluan (10 menit)

- Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. <br> - Guru mengulang kembali materi pertemuan sebelumnya secara singkat (struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur). <br> - Guru menanyakan kesiapan peserta didik untuk membuat teks prosedur. <br> - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan hari ini.

- Peserta didik menjawab salam dan berdoa. <br> - Peserta didik merespons pertanyaan guru dan mengingat kembali materi sebelumnya. <br> - Peserta didik mendengarkan penjelasan guru.

10 menit

Orientasi Peserta Didik pada Masalah (15 menit)

- Guru menyajikan masalah/tantangan: "Kalian akan berpartisipasi dalam festival 'Kreasi Mudah' di sekolah. Setiap kelompok diminta untuk membuat sebuah poster atau buku resep mini yang berisi teks prosedur cara membuat sesuatu atau melakukan aktivitas yang mudah dan menarik. Kalian harus memastikan teks prosedur kalian jelas sehingga siapa pun bisa mengikutinya." <br> - Guru menampilkan contoh-contoh produk akhir (poster, buku resep sederhana) sebagai inspirasi.

- Peserta didik menyimak masalah/tantangan yang diberikan guru. <br> - Peserta didik mengamati contoh produk akhir. <br> - Peserta didik mulai memikirkan ide untuk teks prosedur yang akan mereka buat.

15 menit

Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar (20 menit)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk kembali ke kelompok masing-masing (kelompok yang sama dengan pertemuan 1). <br> - Guru menjelaskan tugas proyek: membuat teks prosedur sederhana (tentang membuat makanan/minuman sederhana, melakukan aktivitas sederhana seperti how to wash hands, how to make a paper plane). <br> - Guru memberikan LKS 2 yang memandu mereka dalam proses penulisan. <br> - Diferensiasi Proses: Guru memberikan kebebasan kepada kelompok untuk memilih topik teks prosedur sesuai minat mereka. <br> - Diferensiasi Lingkungan Belajar: Guru dapat menyediakan beberapa sudut di kelas dengan referensi buku resep sederhana, majalah, atau akses internet terbatas (jika memungkinkan) sebagai sumber inspirasi.

- Peserta didik bergabung dengan kelompoknya. <br> - Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk memilih topik teks prosedur. <br> - Peserta didik mulai merencanakan struktur dan isi teks prosedur.

20 menit

Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok (20 menit)

- Guru membimbing setiap kelompok dalam proses penyusunan teks prosedur. <br> - Guru berkeliling, memberikan umpan balik, membantu dengan kosakata atau struktur kalimat, serta memastikan setiap anggota berkontribusi. <br> - Diferensiasi Produk: Guru mendorong setiap kelompok untuk menyajikan teks prosedur mereka dalam bentuk yang berbeda sesuai minat dan kemampuan: <br> - Kelompok A: Poster visual dengan gambar. <br> - Kelompok B: Buku resep mini sederhana. <br> - Kelompok C: Presentasi lisan dengan bantuan flashcards bergambar. <br> - Kelompok D: Video singkat (jika sarana memungkinkan dan waktu cukup).

- Peserta didik berkolaborasi dalam kelompok untuk menyusun teks prosedur. <br> - Peserta didik memanfaatkan waktu untuk mencari ide, menulis draf, dan merevisi. <br> - Peserta didik secara aktif bertanya kepada guru jika ada kesulitan.

20 menit

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya (10 menit)

- Setiap kelompok mempresentasikan hasil karya teks prosedur mereka di depan kelas. <br> - Guru memberikan pujian dan apresiasi terhadap karya dan upaya peserta didik. <br> - Guru memberikan umpan balik konstruktif tentang kejelasan, kelengkapan, dan penggunaan bahasa.

- Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan teks prosedur mereka (sesuai format produk yang dipilih). <br> - Peserta didik lain memberikan respons positif dan bertanya jika ada hal yang ingin diketahui lebih lanjut.

10 menit

Penutup (5 menit)

- Guru bersama peserta didik merangkum pembelajaran hari ini, fokus pada keberhasilan dalam menyusun teks prosedur. <br> - Guru memberikan penguatan tentang pentingnya komunikasi yang jelas dan terstruktur. <br> - Guru memberikan motivasi untuk terus berlatih. <br> - Guru menutup pembelajaran dengan salam.

- Peserta didik menyimpulkan pembelajaran. <br> - Peserta didik mendengarkan motivasi dari guru. <br> - Peserta didik menjawab salam.

5 menit


Rencana Asesmen

Jenis Asesmen

Bentuk Asesmen

Indikator Penilaian

Waktu Pelaksanaan

Asesmen Diagnostik

Pertanyaan lisan di awal pembelajaran

Pemahaman awal tentang instruksi.

Pertemuan 1, awal

Asesmen Formatif

Observasi selama diskusi kelompok

Keaktifan, kolaborasi, kemampuan mengidentifikasi struktur teks dan ciri kebahasaan.

Sepanjang P1 dan P2


LKS 1 (mengidentifikasi)

Ketepatan identifikasi tujuan, bahan, langkah, imperative verbs, dan connectives.

Pertemuan 1


LKS 2 (menyusun teks prosedur)

Kelengkapan struktur teks, ketepatan penggunaan unsur kebahasaan, koherensi dan kohesi teks.

Pertemuan 2


Presentasi kelompok

Kejelasan penyampaian, kemampuan menjawab pertanyaan, kerja sama tim.

Pertemuan 2

Asesmen Sumatif

Penilaian produk (teks prosedur yang dibuat)

Sesuai rubrik penilaian teks prosedur (ketepatan struktur, unsur kebahasaan, kreativitas, kejelasan).

Setelah P2


Penilaian presentasi

Sesuai rubrik penilaian presentasi (kelancaran, intonasi, penguasaan materi, interaksi).

Setelah P2


Rencana Diferensiasi

1. Diferensiasi Konten:

  • Materi Tambahan: Untuk peserta didik yang cepat menguasai materi, sediakan teks prosedur dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi (misalnya, teks prosedur untuk aktivitas yang lebih kompleks) atau minta mereka mengidentifikasi perbedaan antara procedure text dan manual.

  • Bahan Ajar Beragam: Sajikan materi dalam berbagai format: teks tertulis, gambar berseri, video pendek, atau audio.

2. Diferensiasi Proses:

  • Pendampingan Guru: Guru memberikan bimbingan intensif kepada peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami konsep atau menyusun kalimat.

  • Kelompok Belajar: Bentuk kelompok heterogen agar peserta didik yang lebih mahir dapat membantu teman-temannya.

  • Alat Bantu: Sediakan kamus bergambar, daftar action verbs, atau flashcards untuk membantu peserta didik dalam menyusun kalimat.

  • Waktu Fleksibel: Berikan sedikit kelonggaran waktu bagi kelompok yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas, atau tantangan tambahan bagi yang lebih cepat.

3. Diferensiasi Produk:

  • Pilihan Format: Peserta didik memiliki pilihan untuk menyajikan teks prosedur mereka dalam berbagai format (misalnya, poster, buku resep mini, video singkat, presentasi lisan dengan alat peraga, infografis digital sederhana).

  • Tingkat Kerumitan Produk: Biarkan peserta didik memilih topik teks prosedur sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Misalnya, peserta didik yang masih kurang bisa memulai dengan "How to Make a Cup of Tea", sementara yang sudah mahir bisa mencoba "How to Make a Simple Healthy Smoothie".

4. Diferensiasi Lingkungan Belajar:

  • Pengaturan Duduk: Atur tempat duduk agar kondusif untuk diskusi kelompok dan kerja sama.

  • Sudut Baca/Referensi: Sediakan buku-buku resep, majalah, atau akses internet terbatas sebagai sumber inspirasi dan referensi tambahan.


Sarana dan Prasarana

  • Ruang kelas yang nyaman dan memungkinkan pengaturan tempat duduk berkelompok.

  • Papan tulis/whiteboard, spidol, penghapus.

  • Proyektor dan layar (opsional, jika tersedia).

  • Laptop dan speaker (opsional, untuk memutar video contoh).

  • Kertas HVS/Folio, alat tulis.

  • Materi cetak (contoh teks prosedur, LKS, rubrik).

  • Kartu kata/gambar untuk kosakata (opsional).


Referensi Materi/Media Pembelajaran

  • Buku Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum Merdeka.

  • Video tutorial sederhana dari YouTube (contoh: "How to Make Pancake for Kids").

  • Website-website yang menyediakan contoh teks prosedur sederhana (misalnya, situs resep makanan anak-anak).

  • Contoh kemasan produk dengan instruksi penggunaan (misalnya, kemasan mi instan).

  • Kamus Bahasa Inggris.


Lembar Kerja/Latihan/Asesmen

Lembar Kerja Siswa 1 (Pertemuan 1)

Nama Kelompok:

Anggota:

Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawahnya!

Teks Prosedur A:

How to Make a Cup of Hot Chocolate

Ingredients:

  • 2 spoons of chocolate powder

  • 1 spoon of sugar

  • Hot water

  • A cup

  • A spoon Steps:

<!-- end list -->

  1. First, prepare a cup and a spoon.

  2. Then, put two spoons of chocolate powder and one spoon of sugar into the cup.

  3. Next, pour hot water into the cup.

  4. After that, stir it well until everything dissolves.

  5. Finally, your hot chocolate is ready to drink.

Pertanyaan:

  1. Apa tujuan dari teks prosedur di atas?

  2. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan?

  3. Tuliskan langkah-langkahnya secara berurutan!

  4. Cari 3 kata kerja perintah (imperative verbs) yang ada di teks!

  5. Cari 3 kata penghubung urutan (connectives) yang ada di teks!


Lembar Kerja Siswa 2 (Pertemuan 2)

Nama Kelompok:

Anggota:

Pilih salah satu topik di bawah ini (atau usulkan topik lain yang disetujui guru), lalu susunlah teks prosedur sederhana!

  • How to make a glass of iced tea.

  • How to make a simple paper airplane.

  • How to clean your shoes.

  • How to use a fan.

Rencana Teks Prosedur Kelompok Kami:

  1. Judul/Tujuan:

  2. Bahan/Alat:

  3. Langkah-langkah: (Tuliskan langkah-langkah secara berurutan dengan menggunakan imperative verbs dan connectives.)

  • 1.

  • 2.

  • 3.

  • 4.


  1. (dan seterusnya jika ada)

Setelah selesai, salin teks prosedermu ke kertas lain atau media yang kamu pilih (poster/buku mini) untuk dipresentasikan!


Rubrik Penilaian Teks Prosedur (Produk)

Kriteria

4 (Sangat Baik)

3 (Baik)

2 (Cukup)

1 (Perlu Bimbingan)

Struktur Teks

Memuat semua bagian (tujuan, bahan/alat, langkah-langkah) dengan lengkap dan jelas.

Memuat semua bagian namun ada sedikit kurang jelas di salah satu bagian.

Ada 1-2 bagian yang tidak lengkap atau kurang jelas.

Struktur teks tidak lengkap atau tidak jelas.

Urutan Langkah

Langkah-langkah tersusun sangat logis, runtut, dan mudah diikuti.

Langkah-langkah tersusun logis dan runtut, namun ada sedikit bagian yang kurang mengalir.

Urutan langkah kurang runtut, sehingga agak sulit diikuti.

Urutan langkah tidak runtut dan membingungkan.

Unsur Kebahasaan

Penggunaan imperative verbs dan connectives sangat tepat dan bervariasi.

Penggunaan imperative verbs dan connectives tepat, namun kurang bervariasi.

Ada beberapa kesalahan dalam penggunaan imperative verbs dan connectives.

Banyak kesalahan dalam penggunaan imperative verbs dan connectives.

Kosakata & Tata Bahasa

Kosakata luas dan tata bahasa akurat.

Kosakata cukup dan tata bahasa sebagian besar akurat.

Kosakata terbatas dan beberapa kesalahan tata bahasa.

Kosakata sangat terbatas dan banyak kesalahan tata bahasa.

Kreativitas & Kejelasan Produk

Produk sangat kreatif, menarik, dan informasinya sangat mudah dipahami.

Produk kreatif dan menarik, informasi mudah dipahami.

Produk cukup menarik, namun informasi agak sulit dipahami.

Produk kurang menarik dan informasi sulit dipahami.


Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok

Kriteria

4 (Sangat Baik)

3 (Baik)

2 (Cukup)

1 (Perlu Bimbingan)

Kelancaran Berbicara

Berbicara sangat lancar, jelas, dan mudah dimengerti.

Berbicara lancar dan jelas, namun ada sedikit jeda.

Berbicara cukup lancar, namun kurang jelas di beberapa bagian.

Berbicara tidak lancar dan sulit dimengerti.

Penguasaan Materi

Menguasai materi dengan sangat baik, mampu menjawab pertanyaan.

Menguasai materi dengan baik, mampu menjawab sebagian besar pertanyaan.

Cukup menguasai materi, namun kesulitan menjawab beberapa pertanyaan.

Tidak menguasai materi.

Kerja Sama Kelompok

Semua anggota berkontribusi aktif dan bekerja sama dengan sangat baik.

Sebagian besar anggota berkontribusi aktif, kerja sama baik.

Hanya beberapa anggota yang berkontribusi, kerja sama kurang.

Tidak ada kerja sama yang terlihat.

Keterlibatan Audiens

Mampu menarik perhatian dan melibatkan audiens dengan sangat baik.

Mampu menarik perhatian audiens.

Kurang mampu menarik perhatian audiens.

Tidak mampu menarik perhatian audiens.


Instrumen Refleksi

Refleksi Diri Peserta Didik (dapat diisi setelah setiap pertemuan atau setelah keseluruhan materi):

  1. Apa yang paling kalian pelajari hari ini tentang teks prosedur?

  2. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling kalian sukai? Mengapa?

  3. Apakah ada bagian yang masih kalian anggap sulit? Apa itu?

  4. Bagaimana perasaan kalian saat bekerja dalam kelompok?

  5. Apa yang akan kalian lakukan berbeda di lain waktu saat membuat teks prosedur?

  6. Menurut kalian, apa manfaat mempelajari teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari?

Refleksi Guru:

  1. Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan baik?

  2. Apakah peserta didik aktif dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran?

  3. Bagian mana dari modul ajar ini yang perlu diperbaiki atau disesuaikan?

  4. Strategi diferensiasi mana yang paling efektif? Mengapa?

  5. Kendala apa saja yang saya temui selama proses pembelajaran dan bagaimana saya mengatasinya?


Semoga modul ajar ini dapat membantu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process