modul ajar Bahasa Inggris dengan pendekatan Deep Learning dan model Problem-Based Learning untuk topik "Food and Drinks" di kelas 7, SMP Negeri 3 Manonjaya.

modul ajar Bahasa Inggris dengan pendekatan Deep Learning dan model Problem-Based Learning untuk topik "Food and Drinks" di kelas 7, SMP Negeri 3 Manonjaya.


Modul Ajar Bahasa Inggris: Food and Drinks



A. Informasi Umum


  • Nama Penulis/Penyusun: Beni Alpian, S.Pd

  • Institusi: SMP Negeri 3 Manonjaya

  • Tahun Penyusunan: 2025

  • Jenjang Sekolah/Tingkat: Fase D / Kelas 7

  • Semester: Ganjil

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

  • Topik/Materi Pokok: Food and Drinks

  • Alokasi Waktu: 4 Pertemuan (320 menit)

  • Kata Kunci: Food, Drinks, Daily life, Nutrition, Healthy habits, Problem-Based Learning, Deep Learning.

  • Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)

  • Pendekatan: Deep Learning

  • Sarana & Prasarana:

  • Ruang kelas yang dilengkapi proyektor/layar, speaker.

  • Komputer/Laptop, smartphone (opsional, untuk riset).

  • Kamus Bahasa Inggris (online/offline).

  • Papan tulis/Whiteboard, spidol.

  • Gambar/kartu bergambar makanan dan minuman.

  • Contoh kemasan makanan/minuman (kosong).

  • Akses internet (untuk riset dan video).

  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

  • Target Peserta Didik: Peserta didik reguler, dengan atau tanpa kesulitan belajar (diferensiasi disesuaikan).


B. Komponen Inti



Capaian Pembelajaran (CP) / Tujuan Pembelajaran (TP)


Capaian Pembelajaran (Elemen Menyimak - Membaca - Berbicara - Menulis)

Peserta didik memahami instruksi dasar, informasi faktual, dan deskripsi sederhana terkait lingkungan sekitar dan diri. Mereka mampu merespon pertanyaan, memberikan informasi pribadi, dan berpartisipasi dalam interaksi sosial sederhana.

Tujuan Pembelajaran (TP):

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengidentifikasi nama-nama makanan dan minuman dalam bahasa Inggris dengan benar. (Menyimak, Membaca)

  2. Menggunakan kosakata makanan dan minuman dalam kalimat sederhana untuk mendeskripsikan preferensi atau kebiasaan makan/minum. (Berbicara, Menulis)

  3. Menanyakan dan memberikan informasi tentang makanan dan minuman kesukaan atau yang tidak disukai. (Berbicara)

  4. Mengklasifikasikan makanan dan minuman berdasarkan kategori tertentu (misalnya, sehat/tidak sehat, buah/sayur/protein, dll.). (Membaca, Menulis)

  5. Membuat daftar belanja sederhana atau menu makanan sehat menggunakan kosakata yang tepat. (Menulis)

  6. Memecahkan masalah terkait pola makan tidak sehat dan mengusulkan solusi untuk meningkatkan kebiasaan makan yang lebih baik. (Menulis, Berbicara)


Pemahaman Bermakna


  • Memahami dan menggunakan kosakata makanan dan minuman dalam bahasa Inggris membantu kita berkomunikasi tentang kebutuhan dasar dan budaya makan.

  • Menganalisis jenis makanan dan minuman memungkinkan kita untuk membuat pilihan yang lebih baik untuk kesehatan.

  • Mengetahui kosakata ini juga penting saat bepergian atau berinteraksi dengan orang dari budaya lain.


Pertanyaan Pemantik


  • "What is your favorite food? Why do you like it?" (Makanan favoritmu apa? Mengapa kamu menyukainya?)

  • "What kind of drinks do you usually have every day?" (Minuman apa saja yang biasanya kamu minum setiap hari?)

  • "Do you think what you eat and drink affects your body? How?" (Apakah menurutmu apa yang kamu makan dan minum memengaruhi tubuhmu? Bagaimana?)

  • "If you have to choose between a bag of chips and an apple, which one will you choose? Why?" (Jika kamu harus memilih antara sebungkus keripik dan sebuah apel, mana yang akan kamu pilih? Mengapa?)


Materi Pembelajaran


  • Kosakata: Nama-nama makanan (fruits, vegetables, meats, grains, dairy, snacks, desserts), nama-nama minuman (water, juice, milk, coffee, tea, soda).

  • Frasa umum: "I like...", "I don't like...", "What do you like?", "Do you like...?", "I prefer...", "My favorite food is...", "Is it healthy?", "How much/many...?"

  • Struktur kalimat: Simple present tense untuk menyatakan preferensi dan kebiasaan. Quantifiers (some, any, much, many, a lot of) (pengenalan sederhana).

  • Topik terkait: Healthy vs. unhealthy food, balanced diet (pengenalan konsep).


Kegiatan Pembelajaran



Pertemuan 1 (80 menit) - Mengenal Kosakata Makanan & Minuman


Pendahuluan (10 menit):

  1. Guru memberi salam dan memulai kelas dengan doa.

  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik.

  3. Pertanyaan Pemantik: Guru menampilkan gambar berbagai makanan dan minuman, kemudian bertanya, "What can you see in these pictures? What are your favorite foods and drinks?" (Aktivitas Think-Pair-Share sederhana).

  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini: Mengenal dan mengidentifikasi kosakata makanan dan minuman dalam bahasa Inggris.

Kegiatan Inti (60 menit):

  • Eksplorasi Konsep (20 menit):

  • Guru menampilkan gambar/flashcards makanan dan minuman. Peserta didik secara berpasangan menebak nama dalam bahasa Inggris. Guru mengoreksi dan memberikan pronunciation yang benar.

  • Guru memutarkan video pendek tentang makanan dan minuman populer dari berbagai negara. Peserta didik mencatat kosakata baru yang mereka dengar.

  • Guru memperkenalkan kategori makanan (fruits, vegetables, meats, dairy, etc.) dan minuman (water, juice, etc.). Peserta didik diminta untuk mengelompokkan kosakata yang sudah dipelajari ke dalam kategori tersebut.

  • Diskusi Kelompok (25 menit):

  • Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil (4-5 orang).

  • Setiap kelompok diberikan set kartu bergambar makanan dan minuman. Mereka diminta untuk mendiskusikan "What is your favorite food/drink in this group? Why?" dan "Which one do you think is healthy/unhealthy?"

  • Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi singkat di depan kelas.

  • Praktikum/Hands-on (15 menit):

  • Activity: "Guess the Food/Drink!"

  • Guru menyiapkan beberapa contoh kemasan makanan/minuman kosong (misal: bungkus mie instan, kotak susu, botol air mineral). Peserta didik dalam kelompok diminta untuk mengidentifikasi nama makanan/minuman dari kemasan tersebut dan menuliskan minimal 3 kata sifat yang mendeskripsikan (misal: "This is milk. It's white, healthy, and good for bones.").

Penutup (10 menit):

  1. Guru mereview kosakata yang telah dipelajari dengan melakukan kuis singkat (misal: menunjukkan gambar, peserta didik menyebutkan nama).

  2. Guru memberikan penekanan pada pentingnya mengenali makanan dan minuman dalam bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari.

  3. Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya (membahas preferensi dan kebiasaan).

  4. Guru menutup pelajaran dengan salam.


Pertemuan 2 (80 menit) - Mengekspresikan Preferensi dan Kebiasaan


Pendahuluan (10 menit):

  1. Guru membuka pelajaran dan melakukan review singkat tentang kosakata yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

  2. Pertanyaan Pemantik: "What do you usually eat for breakfast? What do you usually drink when you are thirsty?"

  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran: Menggunakan kosakata makanan dan minuman untuk mengekspresikan preferensi dan kebiasaan.

Kegiatan Inti (60 menit):

  • Eksplorasi Konsep (20 menit):

  • Guru memperkenalkan frasa "I like...", "I don't like...", "My favorite food is...", "Do you like...?", "I prefer..." melalui contoh-contoh kalimat.

  • Guru menampilkan dialog pendek antara dua orang yang menanyakan dan menjawab preferensi makanan/minuman. Peserta didik diminta mengulang dan memahami.

  • Guru menjelaskan penggunaan simple present tense untuk menyatakan kebiasaan (e.g., "I eat rice every day.", "She drinks juice in the morning.").

  • Diskusi Kelompok (25 menit):

  • Peserta didik berpasangan. Mereka mewawancarai satu sama lain tentang preferensi makanan dan minuman. Contoh pertanyaan: "What's your favorite food?", "Do you like vegetables?", "What do you usually drink for lunch?"

  • Pasangan tersebut kemudian membuat daftar preferensi satu sama lain dan membandingkannya.

  • Beberapa pasangan diminta untuk mempraktikkan dialog mereka di depan kelas.

  • Praktikum/Hands-on (15 menit):

  • Activity: "My Daily Meal Plan"

  • Setiap peserta didik membuat "My Daily Meal Plan" sederhana (Breakfast, Lunch, Dinner) di lembar kerja yang disediakan, mencantumkan makanan dan minuman yang biasa mereka konsumsi.

  • Mereka juga diminta untuk menuliskan minimal 2 makanan/minuman yang mereka tidak suka.

Penutup (10 menit):

  1. Guru memilih beberapa peserta didik untuk membacakan "My Daily Meal Plan" mereka.

  2. Guru memberikan umpan balik dan mengoreksi kesalahan (jika ada) secara konstruktif.

  3. Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya (mengklasifikasikan makanan sehat/tidak sehat dan masalah terkait nutrisi).

  4. Guru menutup pelajaran.


Pertemuan 3 (80 menit) - Makanan Sehat vs. Tidak Sehat & Masalah Nutrisi


Pendahuluan (10 menit):

  1. Guru membuka pelajaran dan mereview singkat ekspresi preferensi.

  2. Pertanyaan Pemantik: "What makes a food healthy? What makes it unhealthy? Can you give examples?"

  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran: Mengklasifikasikan makanan sehat/tidak sehat dan mengidentifikasi masalah terkait nutrisi sederhana.

Kegiatan Inti (60 menit):

  • Eksplorasi Konsep (20 menit):

  • Guru mempresentasikan konsep healthy food dan unhealthy food dengan gambar dan contoh.

  • Guru memperkenalkan beberapa masalah kesehatan sederhana yang berkaitan dengan pola makan (e.g., obesity, cavities, feeling tired).

  • Guru memutarkan video singkat (animasi) tentang pentingnya makan makanan sehat dan dampak makanan tidak sehat. Peserta didik mencatat poin-poin penting.

  • Diskusi Kelompok (25 menit):

  • Problem Scenario: Guru memberikan studi kasus singkat atau skenario masalah (misal: "A student always feels tired and has trouble concentrating in class. What could be the reason, and what food/drink choices might be contributing to this?")

  • Dalam kelompok, peserta didik mengidentifikasi makanan/minuman yang mungkin menyebabkan masalah dan mengusulkan solusi makanan/minuman yang lebih sehat. Mereka juga mendiskusikan mengapa pilihan tersebut lebih baik.

  • Setiap kelompok menyiapkan presentasi singkat tentang analisis masalah dan solusi mereka.

  • Praktikum/Hands-on (15 menit):

  • Activity: "Healthy Plate Challenge"

  • Setiap kelompok diberikan gambar piring kosong dan berbagai potongan gambar makanan (sehat dan tidak sehat). Mereka diminta untuk menempelkan gambar makanan ke piring untuk membuat "healthy plate" yang seimbang.

  • Setelah itu, mereka menjelaskan pilihan mereka menggunakan kosakata yang telah dipelajari.

Penutup (10 menit):

  1. Guru meminta beberapa kelompok untuk mempresentasikan "Healthy Plate" mereka dan menjelaskan alasannya.

  2. Guru merangkum poin-poin penting tentang pentingnya makan sehat dan bahaya makanan tidak sehat.

  3. Guru menyampaikan bahwa pertemuan berikutnya akan fokus pada penerapan pengetahuan ini dalam situasi praktis (membuat daftar belanja/menu).

  4. Guru menutup pelajaran.


Pertemuan 4 (80 menit) - Penerapan: Membuat Daftar Belanja/Menu Sehat


Pendahuluan (10 menit):

  1. Guru membuka pelajaran dan mereview singkat tentang makanan sehat dan tidak sehat.

  2. Pertanyaan Pemantik: "If you want to cook a healthy meal, what ingredients do you need? How do you plan your meals?"

  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran: Mampu membuat daftar belanja atau menu makanan sehat sederhana.

Kegiatan Inti (60 menit):

  • Eksplorasi Konsep (20 menit):

  • Guru menampilkan contoh daftar belanja sederhana dan menu makanan dalam bahasa Inggris.

  • Guru menjelaskan beberapa frasa yang biasa digunakan dalam daftar belanja ("a kilo of...", "a bottle of...", "some...", "any..."). Pengenalan sederhana quantifiers (much/many/some/any).

  • Guru memfasilitasi diskusi tentang bagaimana merencanakan makan sehat untuk satu hari atau satu minggu.

  • Diskusi Kelompok (25 menit):

  • Problem Scenario: "Your family wants to have a healthy picnic this weekend. You are responsible for planning the menu and making the shopping list. What will you prepare?"

  • Dalam kelompok, peserta didik merancang menu piknik sehat (misal: untuk 4 orang) dan membuat daftar belanjanya. Mereka harus mempertimbangkan keseimbangan gizi dan kosakata yang tepat.

  • Setiap kelompok menyiapkan presentasi tentang menu dan daftar belanja mereka.

  • Praktikum/Hands-on (15 menit):

  • Activity: "My Healthy Menu Design"

  • Setiap kelompok mendesain "Menu Sehat" untuk satu hari (Breakfast, Lunch, Dinner, Snacks) dalam bentuk poster sederhana atau infografis. Mereka harus menyertakan nama makanan/minuman, dan mengapa menu tersebut sehat.

Penutup (10 menit):

  1. Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan "My Healthy Menu Design" mereka.

  2. Guru memberikan umpan balik dan penguatan positif.

  3. Guru merangkum seluruh materi yang telah dipelajari selama 4 pertemuan, menekankan pentingnya komunikasi dalam Bahasa Inggris terkait makanan dan minuman, serta kesadaran akan pola makan sehat.

  4. Guru memberikan pengantar singkat untuk asesmen sumatif.

  5. Guru menutup pelajaran.


Asesmen



Asesmen Diagnostik:


  • Tujuan: Mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang kosakata makanan dan minuman dalam bahasa Inggris.

  • Bentuk:

  • Kuis singkat lisan: Guru menunjukkan gambar makanan/minuman, peserta didik menyebutkan nama dalam bahasa Inggris.

  • Menyebutkan 3 makanan/minuman yang mereka kenal dalam bahasa Inggris.


Asesmen Formatif:


  • Tujuan: Memantau kemajuan peserta didik selama proses pembelajaran.

  • Bentuk:

  • Observasi partisipasi: Keaktifan dalam diskusi kelompok, kerja sama, dan presentasi.

  • Penilaian Lisan: Kemampuan menjawab pertanyaan guru, berpartisipasi dalam wawancara antar teman, dan presentasi kelompok.

  • Penilaian Tertulis: Hasil "My Daily Meal Plan" (Pertemuan 2), hasil "Healthy Plate Challenge" (Pertemuan 3), hasil "My Healthy Menu Design" (Pertemuan 4).

  • Peer Assessment: Peserta didik saling menilai dalam kegiatan diskusi kelompok (menggunakan rubrik sederhana).


Asesmen Sumatif:


  • Tujuan: Mengukur pemahaman komprehensif peserta didik terhadap topik "Food and Drinks".

  • Bentuk:

  • Ujian Tertulis (30 menit):

  • Mencocokkan: Gambar makanan/minuman dengan namanya dalam bahasa Inggris.

  • Melengkapi kalimat: Menggunakan kosakata makanan/minuman yang tepat.

  • Menuliskan preferensi: Menulis 5 kalimat tentang makanan/minuman yang disukai/tidak disukai.

  • Klasifikasi: Mengelompokkan daftar makanan/minuman ke dalam kategori sehat/tidak sehat.

  • Menuliskan solusi: Menuliskan 3 saran makanan sehat untuk teman yang selalu merasa lemas.

  • Praktikum/Proyek (dilakukan dalam kelompok kecil, 50 menit):

  • Tugas Proyek: Setiap kelompok merancang dan mempresentasikan "Campaign for Healthy Eating at School".

  • Isi Campaign:

  • Nama campaign dan slogan dalam bahasa Inggris.

  • Daftar makanan/minuman sehat yang direkomendasikan.

  • Daftar makanan/minuman tidak sehat yang sebaiknya dihindari.

  • Alasan mengapa makan sehat itu penting (minimal 3 alasan).

  • Visualisasi (poster/infografis digital atau manual).

  • Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan campaign mereka secara lisan di depan kelas (durasi 5-7 menit per kelompok).


Pengayaan dan Remedial:


  • Pengayaan:

  • Peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran dapat mendesain resep makanan sehat sederhana dalam bahasa Inggris.

  • Menulis cerita pendek atau dialog tentang pengalaman berbelanja makanan atau makan di restoran.

  • Meneliti dan mempresentasikan tentang makanan tradisional dari berbagai negara.

  • Remedial:

  • Memberikan bimbingan personal atau kelompok kecil untuk peserta didik yang masih kesulitan dalam mengidentifikasi kosakata atau membentuk kalimat sederhana.

  • Mengulang latihan identifikasi gambar dan pengulangan frasa dasar.

  • Memberikan lembar kerja tambahan dengan fokus pada pengulangan dan pemahaman konsep dasar.


C. Lampiran



Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD):


  • LKPD 1: Food & Drinks Vocabulary Match: Mencocokkan gambar dengan nama makanan/minuman.

  • LKPD 2: My Food & Drink Preferences: Tabel untuk mengisi makanan/minuman kesukaan dan yang tidak disukai.

  • LKPD 3: Healthy vs. Unhealthy Sort: Mengkategorikan daftar makanan ke dalam sehat atau tidak sehat.

  • LKPD 4: Daily Meal Planner: Lembar untuk merencanakan menu harian.

  • LKPD 5: Shopping List Template: Template untuk membuat daftar belanja.

  • Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok: Rubrik sederhana untuk menilai kerja sama, isi, dan presentasi.


Bahan Bacaan Guru & Peserta Didik:


  • Untuk Guru:

  • Buku Guru Bahasa Inggris kelas 7.

  • Artikel tentang Problem-Based Learning dan Deep Learning dalam pembelajaran bahasa.

  • Situs web dengan materi pengajaran bahasa Inggris untuk anak SMP (misal: British Council LearnEnglish Teens, ESL Kids World).

  • Untuk Peserta Didik:

  • Modul/handout kosakata makanan dan minuman.

  • Gambar-gambar infografis tentang makanan sehat.

  • Tautan video pendek edukasi tentang nutrisi (disaring sesuai usia).

  • Kamus Bahasa Inggris (cetak atau aplikasi).


Glosarium:


  • Deep Learning: Pendekatan pembelajaran yang fokus pada pemahaman mendalam, koneksi antar konsep, dan aplikasi pengetahuan, bukan hanya hafalan.

  • Problem-Based Learning (PBL): Model pembelajaran di mana peserta didik belajar melalui penyelesaian masalah nyata.

  • Healthy Food: Makanan yang baik untuk tubuh dan memberikan nutrisi.

  • Unhealthy Food: Makanan yang kurang bergizi dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

  • Vocabulary: Kosakata.

  • Preference: Pilihan atau kesukaan.

  • Habit: Kebiasaan.

  • Nutrition: Gizi.

  • Quantifiers: Kata-kata yang menunjukkan jumlah (misal: much, many, some, any).


Daftar Pustaka:


  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

  • Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Pearson Longman.

  • Websites: (cantumkan link spesifik jika ada yang digunakan, misal: British Council, ESL websites).


Semoga modul ajar ini bermanfaat, Beni Alpian, S.Pd! Anda bisa menyesuaikan bagian-bagiannya sesuai dengan kebutuhan spesifik peserta didik dan sumber daya yang tersedia di sekolah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ajar IPS untuk kelas 7 semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka dengan tema Interaksi Sosial

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 8 semester 2 dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, sesuai Kurikulum Merdeka,

Mobile Application (Mobile-Assisted Language Learning/MALL) into the learning process