modul ajar dengan pendekatan Deep Learning untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 8.
modul ajar dengan pendekatan Deep Learning untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 8.
Modul Ajar Bahasa Inggris
A. Informasi Umum
Nama Penulis/Penyusun: Doddy, S.Pd
Institusi: SMP Negeri 3 Tgr
Tahun Penyusunan: 2025
Jenjang Sekolah/Tingkat: Fase D / Kelas 8
Semester: Ganjil
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Topik/Materi Pokok:
Perkenalan Diri (nama lengkap, nama panggilan, asal, hobi, cita-cita)
Deskripsi Diri dan Orang Lain (penampilan fisik, sifat)
Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 80 menit = 160 menit)
Kata Kunci: Perkenalan diri, deskripsi diri, deskripsi orang lain, appearance, personality, introductions, descriptions.
Model Pembelajaran: Problem-Based Learning (PBL)
Pendekatan: Deep Learning
Sarana & Prasarana: Papan tulis/layar proyektor, spidol/pena, laptop/komputer, speaker, proyektor, kamus Bahasa Inggris (cetak/digital), kartu kosakata, gambar/foto orang, video pendek tentang perkenalan dan deskripsi, akses internet (opsional).
Target Peserta Didik: Peserta didik reguler, dengan atau tanpa kesulitan belajar (diferensiasi disesuaikan).
B. Komponen Inti
Kompetensi Awal
Peserta didik diharapkan sudah memiliki kemampuan dasar dalam:
Mengenali dan menyebutkan anggota keluarga inti.
Menggunakan kata kerja dasar (to be, have).
Menyebutkan beberapa kosakata dasar tentang warna, ukuran, dan bentuk.
Memahami instruksi sederhana dalam Bahasa Inggris.
Profil Pelajar Pancasila
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: Peserta didik menunjukkan sikap santun dan menghargai keberagaman dalam berinteraksi sosial.
Berkebinekaan global: Peserta didik mampu menghargai dan memahami perbedaan karakteristik individu dalam perkenalan dan deskripsi diri.
Mandiri: Peserta didik mampu mengidentifikasi kebutuhan belajarnya sendiri dan aktif mencari solusi dalam menghadapi kesulitan berbahasa.
Bernalar kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi yang diberikan dan menyusun deskripsi yang logis dan relevan.
Kreatif: Peserta didik mampu menghasilkan ide-ide baru dalam mempresentasikan perkenalan dan deskripsi diri.
Capaian Pembelajaran (CP) / Tujuan Pembelajaran (TP)
Capaian Pembelajaran (CP) Elemen Menyimak - Berbicara (Fase D):
Peserta didik menggunakan Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pandangan, dan pendapat dengan beragam pola interaksi (interaksi intrapersonal, interpersonal, dan kelompok) dalam lingkup sosial dan lingkungan sekolah. Mereka berpartisipasi aktif dalam diskusi dan presentasi.
Tujuan Pembelajaran (TP):
Peserta didik mampu memperkenalkan diri secara mendalam (nama lengkap, nama panggilan, asal, hobi, cita-cita) dengan menggunakan struktur kalimat dan kosakata yang tepat.
Peserta didik mampu mendeskripsikan diri sendiri dan orang lain secara lisan dan tertulis berdasarkan penampilan fisik dan sifat dengan kosakata yang sesuai.
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menggunakan kata sifat (adjectives) yang relevan untuk mendeskripsikan orang.
Peserta didik mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan terkait informasi pribadi dan deskripsi orang lain.
Pemahaman Bermakna
Mempelajari cara memperkenalkan dan mendeskripsikan diri serta orang lain akan membantu peserta didik membangun koneksi sosial yang lebih kuat, menghargai keberagaman individu, dan meningkatkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris untuk berbagai situasi nyata di kehidupan sehari-hari maupun di masa depan. Pemahaman mendalam ini bukan sekadar menghafal kosakata, tetapi menginternalisasi penggunaannya dalam konteks interaksi sosial.
Pertanyaan Pemantik
Bagaimana kamu memperkenalkan dirimu kepada teman baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya?
Apa saja hal menarik tentang dirimu yang ingin kamu bagikan kepada orang lain?
Jika kamu bertemu seseorang yang baru, apa saja yang ingin kamu ketahui tentang mereka?
Bagaimana kamu akan menjelaskan ciri-ciri fisik atau sifat temanmu kepada orang lain yang belum pernah bertemu dengannya?
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1: Perkenalan Diri Mendalam
Kosakata terkait identitas diri: full name, nickname, origin (where are you from?), hobbies, ambitions/dreams.
Struktur kalimat untuk perkenalan: "My name is...", "You can call me...", "I'm from...", "My hobbies are...", "I want to be a/an...".
Frasa untuk menanyakan informasi pribadi: "What's your full name?", "Where are you from?", "What are your hobbies?", "What do you want to be?".
Pertemuan 2: Deskripsi Diri dan Orang Lain
Kosakata deskripsi penampilan fisik: tall, short, slim, fat/overweight, thin, strong, weak, handsome, beautiful, pretty, ugly, long/short/curly/straight hair, big/small eyes, fair/dark/tan skin.
Kosakata deskripsi sifat/kepribadian: kind, generous, smart, funny, serious, shy, outgoing, friendly, honest, patient, diligent, lazy.
Struktur kalimat untuk deskripsi: "He/She is...", "He/She has...", "They are...", "They have...".
Penggunaan adjectives (kata sifat) dalam kalimat deskripsi.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit per pertemuan)
Apersepsi: Guru menyapa peserta didik, memeriksa kehadiran, dan menanyakan kabar. Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya (jika ada relevansinya).
Motivasi: Guru menunjukkan gambar atau video singkat yang relevan (misalnya, video perkenalan diri dalam berbagai budaya atau video deskripsi karakter kartun/tokoh terkenal). Guru mengajukan pertanyaan pemantik.
Orientasi Masalah (Problem-Based Learning): Guru menyajikan sebuah skenario atau masalah yang terkait dengan perkenalan/deskripsi.
Pertemuan 1: "Bayangkan kalian akan mengikuti program pertukaran pelajar internasional dan harus memperkenalkan diri di hadapan teman-teman dari negara lain. Informasi apa saja yang penting untuk kalian sampaikan agar mereka benar-benar mengenal kalian?"
Pertemuan 2: "Kalian diminta untuk membuat poster 'Orang Hilang' atau 'Pahlawan Lingkungan' dan harus mendeskripsikan ciri-ciri fisik dan sifatnya agar orang lain mudah mengenali mereka. Bagaimana kalian akan mendeskripsikannya?"
Penyampaian Tujuan Pembelajaran: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
Kegiatan Inti (Variatif)
Pertemuan 1: Perkenalan Diri Mendalam (55 menit)
Eksplorasi Konsep (15 menit):
Guru membagikan kartu kosakata baru terkait perkenalan diri (nama lengkap, nama panggilan, asal, hobi, cita-cita). Peserta didik secara berpasangan menebak arti dan menggunakannya dalam kalimat sederhana.
Guru memutarkan rekaman audio/video contoh perkenalan diri yang lebih mendalam (bukan hanya nama, tapi juga hobi, asal, cita-cita). Peserta didik mencatat informasi penting dari rekaman tersebut.
Guru menstimulus diskusi tentang mengapa penting untuk memberikan informasi lebih dari sekadar nama saat memperkenalkan diri.
Diskusi Kelompok (20 menit):
Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil (3-4 orang).
Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk merancang sebuah "profil diri" yang mencakup nama lengkap, nama panggilan, asal, hobi, dan cita-cita. Mereka dapat menggunakan format mind map atau poster mini.
Peserta didik mendiskusikan frasa dan kalimat terbaik untuk menyampaikan setiap informasi tersebut secara efektif.
Setiap anggota kelompok berlatih memperkenalkan diri mereka secara bergiliran kepada anggota kelompok lainnya.
Praktikum/Hands-on Coding (20 menit):
Peserta didik melakukan "Speed Dating Introduction". Setiap 2-3 menit, mereka berpindah pasangan dan memperkenalkan diri secara mendalam kepada teman baru. Fokus pada penggunaan informasi yang telah dipelajari.
Guru berkeliling, memantau, dan memberikan umpan balik langsung terkait penggunaan kosakata dan tata bahasa.
Opsional: Peserta didik membuat video singkat (1-2 menit) perkenalan diri menggunakan smartphone mereka (jika memungkinkan).
Pertemuan 2: Deskripsi Diri dan Orang Lain (55 menit)
Eksplorasi Konsep (15 menit):
Guru menampilkan beberapa gambar tokoh terkenal atau karakter fiksi. Peserta didik secara spontan menyebutkan ciri-ciri fisik yang mereka lihat. Guru menuliskan kosakata yang muncul di papan tulis.
Guru memperkenalkan kosakata baru terkait penampilan fisik dan sifat menggunakan flashcards atau slide presentasi.
Guru menstimulus diskusi tentang pentingnya kata sifat dalam mendeskripsikan orang. "Mengapa penting untuk bisa mendeskripsikan orang secara detail?"
Diskusi Kelompok (20 menit):
Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan 2-3 gambar orang (boleh selebriti, tokoh sejarah, atau orang biasa).
Setiap kelompok ditugaskan untuk mendeskripsikan orang-orang dalam gambar tersebut, baik penampilan fisik maupun sifat yang mungkin mereka miliki (berdasarkan asumsi atau informasi umum jika ada). Mereka harus menggunakan minimal 5 kata sifat berbeda untuk setiap orang.
Peserta didik berdiskusi dan menyusun deskripsi dalam bentuk tulisan atau lisan.
Praktikum/Hands-on Coding (20 menit):
"Guess Who?" Game: Setiap peserta didik secara berpasangan. Satu orang memikirkan seorang teman sekelasnya (tanpa menyebutkan namanya), lalu mendeskripsikannya kepada pasangannya (ciri fisik dan sifat). Pasangannya harus menebak siapa yang dideskripsikan. Mereka bergantian peran.
"Describe Your Dream Job's Ideal Candidate": Peserta didik diminta untuk mendeskripsikan kriteria fisik dan sifat ideal untuk seseorang yang akan mengisi pekerjaan impian mereka di masa depan (misalnya, guru, dokter, seniman).
Penutup (10 menit per pertemuan)
Refleksi: Guru memandu peserta didik untuk merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan.
"Apa yang paling mudah dan paling sulit dalam memperkenalkan diri hari ini?"
"Kata sifat baru apa yang kalian pelajari hari ini? Bagaimana kalian akan menggunakannya?"
"Mengapa penting untuk bisa mendeskripsikan orang dengan baik?"
Rangkuman: Guru dan peserta didik bersama-sama merangkum poin-poin penting materi yang telah dipelajari.
Tindak Lanjut: Guru memberikan instruksi untuk tugas di rumah (jika ada) atau informasi untuk pertemuan berikutnya. Guru memberikan motivasi dan apresiasi atas partisipasi aktif peserta didik.
Asesmen
Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Observasi Guru: Mengamati kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi sederhana di kelas (misalnya, saat memperkenalkan diri secara singkat di awal tahun ajaran).
Pertanyaan Lisan Singkat: Guru mengajukan pertanyaan sederhana seperti "What's your name?" atau "How old are you?" untuk mengukur pemahaman awal.
Permainan Kosakata: Guru menunjukkan gambar acak dan meminta peserta didik menyebutkan ciri-ciri yang mereka kenal dalam Bahasa Inggris
Asesmen Formatif (Selama Pembelajaran)
Observasi partisipasi dalam diskusi kelompok: Penilaian keaktifan, kolaborasi, dan penggunaan bahasa.
Penilaian produk mini: Poster/mind map perkenalan diri, deskripsi orang dalam gambar.
Penilaian performa lisan: Saat "Speed Dating Introduction" atau "Guess Who?" game (ketepatan penggunaan kosakata, kelancaran, tata bahasa).
Umpan balik langsung: Guru memberikan koreksi dan saran saat peserta didik berlatih.
Jurnal Belajar: Peserta didik menuliskan 3 hal yang mereka pelajari dan 1 hal yang masih membingungkan.
Asesmen Sumatif (Setelah Pembelajaran 2 Pertemuan)
Ujian Tertulis:
Pilihan Ganda/Menjodohkan: Mengidentifikasi arti kosakata tentang perkenalan dan deskripsi.
Melengkapi Kalimat: Mengisi bagian yang rumpang dalam teks perkenalan atau deskripsi.
Menulis Deskripsi: Peserta didik menulis deskripsi singkat tentang teman sebangku atau anggota keluarganya (minimal 5-7 kalimat, mencakup penampilan dan sifat).
Praktikum/Proyek:
Presentasi Video Perkenalan Diri: Peserta didik membuat video singkat (2-3 menit) yang memperkenalkan diri secara mendalam dan mendeskripsikan 1-2 teman/anggota keluarga mereka. Video ini dinilai berdasarkan kelancaran, ketepatan kosakata, tata bahasa, dan kreativitas.
Pengayaan dan Remedial
Pengayaan:
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, dapat diberikan tugas tambahan untuk mendeskripsikan tokoh sejarah atau fiksi yang lebih kompleks.
Mencari dan mempelajari idioms atau expressions yang berkaitan dengan sifat/karakter seseorang.
Membuat role-play skenario wawancara kerja di mana mereka harus memperkenalkan diri dan mendeskripsikan kemampuan mereka.
Remedial:
Mengulang penjelasan materi inti dengan metode yang berbeda (misalnya, menggunakan visualisasi yang lebih banyak, latihan berpasangan yang lebih terstruktur).
Memberikan latihan kosakata dan tata bahasa tambahan.
Memberikan bimbingan personal atau kelompok kecil untuk siswa yang kesulitan dalam mengucapkan atau menyusun kalimat.
Fokus pada penggunaan kalimat-kalimat dasar terlebih dahulu.
C. Lampiran
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
LKPD Pertemuan 1: My Detailed Introduction
Warm-up: Fill in the blanks with your information.
My full name is __________________________.
You can call me __________________________.
I'm from __________________________.
My hobbies are _________________________ and _________________________.
I want to be a/an __________________________.
Listen & Complete: Listen to the audio/video of someone introducing themselves. Fill in the table below.
| Information | Detail |
| :-------------- | :----- |
| Full Name | |
| Nickname | |
| Origin | |
| Hobbies | |
| Ambition/Dream | |Group Discussion & Mind Map: In your group, create a mind map for "Introducing Myself". Include branches for Full Name, Nickname, Origin, Hobbies, and Ambition. Write down useful phrases for each.
Practice Time: Practice introducing yourself to your group members using your mind map. Get feedback from your friends!
LKPD Pertemuan 2: Describing People
Vocabulary Match: Match the adjectives with their meanings/antonyms.
Tall ( ) a. Pendek
Slim ( ) b. Jujur
Kind ( ) c. Gemuk
Shy ( ) d. Tinggi
Honest ( ) e. Ramah
Outgoing ( ) f. Pemalu
Fat ( ) g. Kurus
Short ( ) h. Baik hati
Describe the Picture: Look at the picture below (attach a picture of a famous person/character). Write a short description of this person. Include at least 3 physical descriptions and 2 personality traits.
Example: This is... He/She is... He/She has... He/She looks... He/She seems...Guess Who? Game Sheet: Work with your partner.
Partner A: Think of a classmate. Describe him/her using physical appearance and personality traits. Do NOT say the name.
Partner B: Guess who Partner A is describing.
Switch roles!
Example phrases: "He/She is quite tall...", "He/She has short, curly hair...", "He/She is very friendly...", "He/She likes to tell jokes..."
Bahan Bacaan Guru & Peserta Didik
Untuk Guru:
Buku Teks Bahasa Inggris Kelas 8: Sesuai kurikulum yang berlaku (misal: Buku Bahasa Inggris "When English Rings a Bell").
Artikel tentang Problem-Based Learning (PBL): Memahami implementasi PBL secara efektif.
Artikel tentang Deep Learning dalam Pendidikan: Konsep dan aplikasinya untuk pembelajaran bermakna.
Sumber Online: Situs web pengajaran Bahasa Inggris (misalnya, British Council, ESLflow, ThoughtCo) untuk ide kegiatan dan lembar kerja tambahan.
Kamus Bahasa Inggris: Oxford Learner's Dictionaries, Cambridge Dictionary.
Untuk Peserta Didik:
Buku Teks Bahasa Inggris Kelas 8: Bagian yang relevan dengan perkenalan dan deskripsi.
Daftar Kosakata: Lembar daftar kosakata baru yang diberikan oleh guru.
Kamus Bahasa Inggris: Kamus saku atau aplikasi kamus di smartphone untuk mencari arti kata.
Video Pembelajaran: Link video YouTube tentang "Self-Introduction" atau "Describing People" yang direkomendasikan guru.
Artikel Sederhana: Artikel singkat tentang tokoh inspiratif yang dapat mereka deskripsikan.
Modul ini dirancang untuk mendorong Deep Learning dengan cara melibatkan peserta didik secara aktif dalam memecahkan masalah (PBL), bereksplorasi, berdiskusi, dan mempraktikkan langsung apa yang mereka pelajari. Fokusnya bukan hanya pada hafalan, tetapi pada pemahaman konsep dan kemampuan mengaplikasikannya dalam berbagai konteks nyata.
Komentar
Posting Komentar